cover
Contact Name
Veta Lidya Pasaribu
Contact Email
abdimasjurnal.unpam@gmail.com
Phone
+6289649781256
Journal Mail Official
andri.priadi91@gmail.com
Editorial Address
Jl. Surya Kencana No.1, Pamulang Baru, Kec. Pamulang, Kota Tangerang 15417 Tel / fax : 0858 8011 8922 / 0852 3993 0270
Location
Kota tangerang selatan,
Banten
INDONESIA
JURNAL ABDIMAS TRIDHARMA MANAJEMEN
Published by Universitas Pamulang
ISSN : 27157105     EISSN : 2716070X     DOI : DOI: 10.32493/ABMAS
Jurnal Abdimas Tri Dharma Manajemen : jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Prodi Manajemen Universitas Pamulang adalah jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat yang diterbitkan 3 edisi dalam setahun yaitu pada bulan Januari, Mei dan September oleh Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang. Terbit sejak bulan Januari tahun 2020. Fokus kajian jurnal ini adalah berkaitan dengan penelitian pada bidang ekonomi. Lingkup Jurnal Abdimas Tri Dharma Manajemen adalah Pengabdian Kepada Masyarakat oleh Dosen -Dosen Prodi Manajemen Universitas Pamulang meliputi penelitian pemasaran, sumber daya manusia ,keuangan ,dan Kewirausahaan. Mohon dibaca panduan dengan baik. Penulis yang ingin menyerahkan artikel ke Jurnal Abdimas Tri Dharma Manajemen :jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Prodi Manajemen Universitas Pamulang, harus mematuhi panduan penulisan. Jika artikel yang dikirim tidak sesuai atau ditulis dalam format yang berbeda dengan panduan, maka akan DITOLAK oleh editor sebelum ditinjau lebih lanjut. Para editor hanya menerima artikel yang sesuai dengan format yang telah ditetapkan. Artikel ditulis dalam bahasa indonesia. Proses penerimaan, review, dan penerbitan artikel pada Jurnal Abdimas Tri Dharma Manajemen sepenuhnya dilakukan melalui open journal system (OJS). Penulis yang akan mengirimkan artikel wajib memperhatikan pedoman penulisan dan menulis artikel sesuai dengan template artikel yang sudah disediakan. Artikel yang tidak sesuai ketentuan dan template serta memiliki tingkat kemiripan dengan sumber lain lebih dari 40% akan langsung ditolak.
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 3 (2021): ABDIMAS" : 15 Documents clear
PENYULUHAN PERAN ORGANISASI KARANG TARUNA DALAM PELATIHAN PENINGKATAN KESEHATAN DAN PERENCANAAN KEUANGAN DI MASA PANDEMI Intan Sari Budhiarjo; Fathan Arif; Susilawati Susilawati; Arief Rahman Akbar; Rizka Putri Anggraeni
Jurnal Abdimas Tri Dharma Manajemen Vol 2, No 3 (2021): ABDIMAS
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/ABMAS.v2i3.p62-74.y2021

Abstract

Tujuan dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah untuk melaksanakan salahsatu Tri Dharma Perguruan Tinggi. Selain itu, melalui kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakatini, keberadaan perguruan tinggi diharapkan dapat memberikan kontribusi besar kepadapengembangan dan penerapan keilmuan dalam masyarakat.Metode kegiatan yang digunakan adalah tim pelaksana mengunjungi Karang Taruna yangberalamat di Jalan Pondok Salak RT.005/RW.022, Kelurahan Pondok Benda, KecamatanPamulang Kota Tangerang Selatan dan memberikan pelatihan mulai tanggal 03 – 05 April 2021.Pelatihan ini bertujuan agar Karang Taruna yang rata-rata masih berusia remaja memahamipentingnya peran organisasi Karang Taruna atau pelatihan peningkatan kesehatan danperencanaan keuangan untuk meraih tujuan-tujuan keuangan yang lebih besar dan bisamenerapkan perencanaan keuangan tersebut dalam kehidupannya mulai sekarang, terutamasebagai bekal dalam menghadapi kesulitan ekonomi seperti di masa pandemi saat ini.Hasil kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah bertambahnya keilmuan danketerampilan remaja Karang Taruna, khususnya di bidang peningkatan kesehatan danperencanaan keuangan yaitu pelatihan yang akan menjadi bekal mereka dalam mengelolakesehatan dan keuangan, baik di masa normal maupun di masa kesulitan ekonomi sepertisekarang. Ilmu yang didapatkan pada kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini diharapkanmampu memberikan semangat dalam menyampaikan pengetahuan dan memberikan motivasiserta berkontribusi bagi generasi muda, baik di lingkungan sekolah, kampus maupun masyarakat.Kata kunci : Peningkatan Kesehatan, Perencanaan Keuangan, Masa Pandemi
MENCIPTAKAN UMKM TANGGUH MELALUI TERTIB LAPORAN KEUANGAN Suciati Muanifah; Yenni Cahyani; Syamsul Mu’arif; Yulianto Yulianto
Jurnal Abdimas Tri Dharma Manajemen Vol 2, No 3 (2021): ABDIMAS
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/ABMAS.v2i3.p102-107.y2021

Abstract

Pengabdian Kepada Masyarakat dapat diartikan sebagai respon akademik masyarakatkampus atas kebutuhan, tantangan atau persoalan yang dihadapi oleh masyarakat, baik secaralangsung maupun tidak langsung. Tujuan umum dari mendampingi UMKM yang tergabungdalam Persatuan UMKM Frozen Food. Persatuan UMKM Frozen Food Indonesia yangmerupakan suatu lembaga yang fokus meningkatkan kapasitas UMKM yang bergerak dibidangFrozen Food sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan melakukankegiatan pelatihan, seminar dan pendampingan.Adapun bentuk kegiatan dalam pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat dengan temaPelatihan Akuntansi dan Pengelolaan Keuangan. Dengan para pengajar dan narasumber yangdilibatkan adalah para Dosen Program Studi Sarjana Akuntansi dari Universitas Pamulang. HasilPelaksanaan PKM yang dilakukan tanggal 09 April sampai 02 Mei 2021 adalah pemahamanUMKM yang didampingi mengenai pembuatan laporan keuangan dengan tema “MenciptakanUMKM Tangguh Melalui Tertib Laporan Keuangan”. Beberapa permasalahan ditemukanpermasalahan dalam pemahaman pelaku usaha kecil dalam pengelolaan keuangan dalammenjalakan usaha mereka, maka dari itu adapun tujuan dari Program Kemitraan Masyarakat(PKM) ini adalah; 1) Untuk meningkatkan Pengetahuan Pelaku Usaha Kecil MengenaiPengelolaan Keuangan Sederhana, 2). Memberikan pelatihan mengenai Pengelolaan KeuanganSederhana Untuk Usaha Kecil. Hasil kegiatan ini memperlihatkan bahwa pihak yangberkepentingan, seperti pemerintah, organisasi profesi akuntan, institusi pendidikan memotivasi,memfasilitasi dan mendukung organisasi UMKM mampu untuk menyusun laporan keuangannyasendiri.Kata kunci: Pelatihan Akuntansi, Laporan Keuangan, Tertib Laporan Keuangan
PENYULUHAN DAN PEMBERIAN MATERI DAN DEMO/PRAKTEK PELATIHAN SALON KECANTIKAN KHUSUS PEMASANGAN BULU MATA DENGAN KONSENTRASI PADA PENGELOLAAN KEUANGAN Akhmad Akhmad; Supatmin Supatmin; Hengki Hermawan; Sutiman sutiman; Nurwita Nurwita
Jurnal Abdimas Tri Dharma Manajemen Vol 2, No 3 (2021): ABDIMAS
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/ABMAS.v2i3.p33-39.y2021

Abstract

Undang-undang No. 20 tahun 2003 pasal 20 serta pasal 24 mengatur perihal dasarhukum pelaksanaan dari salah satu tujuan Tridarma Perguruan Tinggi yaitu perihalPenelitian dan Pengabdian kepada masyaraat atau PKM. Adapun isi dari pasal tersebutperihal Sistem Pendidikan Nasional yang menyatakan bahwa adanya otonomi olehPerguruan Tinggi, Penelitian Ilmiah dan Pengabdian Kepada Masyarakat atau PKM.Sebagai pertanggungjawaban Dosen sebagai Beban kerjanya selain mengajar, makadalam melaksanakan tugas tersebut telah kami susun laporan kegiatan pengabdian kepadamasyarakat/PKM.Sealanjutnya pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat ini, dilakukanPengabdian Kepada Masyarakan dengan mengangkat judul “Penyuluhan dan pemberianmateri dan demo praktek salon kecantikan khusus Pemasangan Bulu Mata dengankonsentrasi pada pengelolaan Keuangan pada rumah yatim piatu”. Pelatihan iniditujukan agar warga panti asuhan dan seluruh pengelola dapat memiliki kemampuanmanajemen keuangan yang baik dan kemandirian dalam berwirausaha. Hal tersebutdisiapkan sejak dini dari awal dimulainya kegiatan wirausaha agar kedepannyakemampuan ini dapat mendukung proses berwirausaha dengan sangat maksimal dan tepatperhitungan sehingga usaha yang ditekuni dapat berkembang terus menerus dari waktuke waktu serta dapat membentuk kemandirian dalam berwirausaha.Sesuai dengan perihal tersebut diatas maka akan dilaksanakan PengabdianKepada Masyarakat (PKM) di Rumah yatim piatu Al-Amien, Ciater Kota TangerangSelatan. Dimana saat ini anak - anak panti asuhan Al - Amien sudah memulai merintisusaha secara bersama - sama guna mengajarkan dan mendidik kemandirian. Rintisanusaha tersebut masih dikelola secara sederhana oleh anak – anak panti asuhan denganmanjemen pengelolaan yang belum baik dan masih bersifat rutinitas, terutama mengenaipentingnya pengelolaan manajemen keuangannya.Kata Kunci : Kewirausahaan, Manajemen Keuangan
PENYULUHAN MARKETING DIGITAL YANG TEPAT UNTUK PRODUK OLAHAN IBU-IBU PKK KELURAHAN PAMULANG BARAT Eko Sudarso; Gos Ishak; Ali Zainal Abidin; Hendri Prasetyo; Bulan Oktrima
Jurnal Abdimas Tri Dharma Manajemen Vol 2, No 3 (2021): ABDIMAS
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/ABMAS.v2i3.p75-79.y2021

Abstract

Perdagangan dengan melalui media Elektronik adalah aktivitas penyebaran, penjualan,pembelian, pemasaran produk (barang dan jasa), dengan memanfaatkan jaringan internet. Adapuntujuan dari Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini adalah untuk menanamkan pemahamanbagaimana manajemen pemasaran yang efektif bagi ibu-ibu PKK; mengetahui peran usaha kecildan mikro dalam pemasaran online serta menanamkan pemahaman bagaimana pemasaran berbasisonline efektif melalui disiplin ilmu yang benar di Kelurahan Pamulang Barat, Kota TangerangSelatan.Dalam melaksanakan kegiatan PKM digunakan beberapa meode pelatihan, yaitu: 1)Metode Ceramah/Presentasi. Metode ceramah/presentasi dipilih untuk memberikan penjelasantentang: a. Memberikan pengetahuan terkait pemasaran online. b. Presentasi mengenai materi ecommerce; 2) Metode Tanya Jawab. Metode tanya jawab sangat penting bagi para pesertapelatihan. Metode ini memungkinkan menggali pengetahuan sebanyak-banyaknya tentangpengelolaan pemasaran online; 3) Sharing Session Tentang mengoptimalkan pemasaran melaluionline. Sharing session ini diberikan kepada para peserta pelatihan dalam memberikan masukandan bimbingan untuk mempraktekan materi yang diperoleh. Harapannya, peserta pelatihan dapatmenguasai materi pelatihan yang diterima dan dapat diaplikasikan dalam mengelola usahanya.Adapun hasil dari kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah pengenalanmanajemen pemasaran berbasis online di Kelurahan Pamulang Barat. Dengan cara manajemenyang benar dalam pemasara online dengan media E-commerce dapat meningkatkan keuntungandengan memperhatikan produk yang akan dijualnya melalui media online.Kata Kunci: Manajemen Pemasaran, E-commerce
TIME MANAGEMENT FOR MILLENIAL IN PANDEMIC ERA Krisnaldy Krisnaldy; M. Khadafi Ruslam; Andikah Putra Lesmana; Fery Khaeru Rizky; Alif Aria Putera; Johario Bahar Rahmaditomo
Jurnal Abdimas Tri Dharma Manajemen Vol 2, No 3 (2021): ABDIMAS
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/ABMAS.v2i3.p1-9.y2021

Abstract

Tujuan dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah untuk melaksanakan salah satuTri Dharma Perguruan Tinggi. Selain itu, melalui kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini,keberadaan perguruan tinggi diharapkan dapat memberikan kontribusi besar kepada pengembangandan penerapan keilmuan dalam masyarakat.Metode kegiatan yang digunakan adalah tim pelaksana mengunjungi Yayasan pondokpesantren dan panti asuhan nurul ikhsan yang beralamat di KP.MOMONGGOR RT/01/01 DESAKERANGGAN KEC.SETU KABUPATEN TANGERANG SELATAN, Kranggan, Kec. Setu, KotaTangerang Selatan, Banten 15312 dan memberikan pengabdian kepada masyarakat mulai tanggal21Maret 2021. Pelatihan ini bertujuan agar siswa dan siswi mengunjungi Yayasan pondok pesantrendan panti asuhan nurul ikhsan yang masih berusia remaja memahami pentingnya time managementatau manajemen waktu untuk meraih tujuan-tujuan yang lebih besar dan bisa menerapkanperencanaan waktu tersebut dalam kehidupannya mulai sekarang, terutama sebagai bekal dalammenghadapi kesulitan ekonomi seperti di masa pandemi saat ini.Hasil kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah bertambahnya keilmuan danketerampilan siswa-siswi Yayasan pondok pesantren dan panti asuhan nurul ikhsan, khususnya dibidang manajemen yaitu perencanaan keuangan yang akan menjadi bekal mereka dalam mengelolawaktu, baik di masa normal maupun di masa kesulitan ekonomi seperti sekarang .Ilmu yang didapatkan pada kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini diharapkan mampumemberikan semangat dalam menyampaikan pengetahuan dan memberikan motivasi sertaberkontribusi bagi generasi muda, baik di lingkungan sekolah, kampus maupun masyarakat.Kata Kunci : Manajemen Waktu, Covid -19
MENCIPTAKAN UMKM HANDAL MELALUI TERTIB LAPORAN KEUANGAN Wulandari Cahyani Putri; Lindawati Lindawati; Anggun Anggraini; Siti Hanah; Indawati Indawati
Jurnal Abdimas Tri Dharma Manajemen Vol 2, No 3 (2021): ABDIMAS
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/ABMAS.v2i3.p108-115.y2021

Abstract

PKM ini berlokasi di Vicma Kitchen yang merupakan salah satu usaha UMKM yang didirikan oleh seorang ibu rumah tangga, bergerak dibidang pembuatan makanan beku/ frozen food didaerah Tangerang. Setelah melalui pengamatan oleh tim PKM diketahui bahwa ibu Vita selaku penggiat UMKM ini, merasa kesulitan untuk membuatan pencatatan keuangan sederhana. Berdasarkan pengamatan langsung terhadap pelaku usaha skala mikro dan kecil belum sepenuhnya bahkan sama sekali belum memanfaatkan Aplikasi keuangan berbasis teknologi untuk kemudahan usahanya. Tujuan yang dicapai pada program pengabdian masyarakat adalah meningkatkan pemahaman membuat laporan keuangan yang handal untuk menjalankan bisnis ibu Vita, memberikan pemahaman akuntansi dasar dan cara membuat laporan keuangan sederhana mulai dari pengklasifikasian/pemilahan transaksi dengan memisahkan catatan per transaksi sesuai dengan pengeluaran dan pemasukan bagi bisnisnya, meningkatkan pengetahuan dalam memanfaatkan teknologi/Aplikasi pembukuan untuk memudahkan mencatat keuangan vicma kitchen, melalui aplikasi buku kas yang dapat di download gratis pada ponsel android. Solusi yang ditawarkan dalam pengabdian masyarakat ini adalah Melakukan evaluasi terhadap pencatatan transaksi yang selama ini diterapkan. Memberikan sosialisasi pelatihan mengenai penggunaan Aplikasi Akuntansi Usaha Mikro Kecil (UMK) berbasis Android yaitu Buku Kas. Hasil pengabdian ini diharapkan dapat meningkatnya kualitas pembuatan laporan keuangan dan meningkatnya kemampuan pemanfaatan Aplikasi Akuntansi Usaha Mikro Kecil (UMK) berbasis Android yaitu Buku Kas. Kegiatan pengabdian yang dilakukan oleh dosen Prodi S1 Akuntansi Universitas Pamulang pada tanggal 9 April sampai dengan 4 Mei 2021 disambut baik oleh ibu Vita sebagai penggiat UMKM Frozen Food-Vicma Kitchen. Dengan menggunakan metode penyuluhan dan pelatihan secara daring dengan menggunakan aplikasi Zoom Meeting, kegiatan ini sangat efektif dalam bentuk waktu dan penerimaan materi. Dengan penyuluhan dan pelatihan meraka merespon dengan baik terutama peserta merekapun sangat senang terutapa pada saat praktek penggunaan aplikasi Buku Kas. Target luaran pada program ini adalah publikasi berbagi hasil dari kegiatan ini secara nasional agar dapat dimanfaatkan sebagai literatur dalam bidangnya seperti artikel pada media masa cetak/elektronik, dan peningkatan mutu keberadaan mitra. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan inspirasi dan motivasi bagi para dosen/peneliti selanjutnya yang akan melakukan kegiatan yang sama/sejenis dan berkelanjutan, ilmu yang diberikan dapat bermanfaat bagi masyarakat, akademisi dan penulis selanjutnya. Kata kunci: UMKM, Laporan Keuangan, SIA-Buku Kas
BAGAIMANA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA DIRI PESERTA DIDIK DI ERA PANDEMI COVID-19 PADA YPMS DARUSSALAM KEDAUNG PAMULANG Agrasadya Agrasadya; Muger Apriansyah; Putri Nilam Kencana; Ading Sunarto; Laila Irawati
Jurnal Abdimas Tri Dharma Manajemen Vol 2, No 3 (2021): ABDIMAS
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/ABMAS.v2i3.p40-45.y2021

Abstract

Kegiatan pegabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mensosialisasikanbagaimana meningkatkan motivasi belajar pada diri peserta didik di era pandemi covid-19 pada YPMS Darussalam agar menjadi siswa/i yang kreatif dalam menghadapitantangan di masa pandemic covid-19.Metode yang digunakan dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM)ini adalah memberikan sosialisasi serta role play dalam konteks mensosialisasikanbagaimana cara meningkatkan motivasi belajar pada diri peserta didik agar menjadisiswa/i yang kreatif dalam menghadapi pembelajaran di era pandemi covid-19. Adapuntahapan-tahapan yang dilakukan dalam kegiatan ini yaitu: Tahapan PersiapanMengunjungi YPMS Darussalam Kedaung Pamulang untuk mengajukan proposalPengabdian Kepada Masyarakat (PKM), Pembagian kerja (jobdesk) anggota kelompokPKM, Penyusunan bahan/materi yang akan dibawakan saat kegiatan PKM berlangsung,Tahapan Pelatihan, Membawakan materi pelatihan (training) tentang bagaimana carameningkatkan motivasi belajar pada diri peserta didik, Role Play, bagaimana mekanismenpembelajaran yang tepat agar menjadi siswa/i yang kreatif dalam menghadapi pandemicovid-19, Ice Breaking (games), agar peserta pelatihan (siswa/i YPMS Darussalam) tidakmengantuk dan tidak bosan dalam mendengarkan paparan materi.Hasil pengabdian masyarakat yaitu kami mengunjungi YPMS Darussalam danmengusulkan proposal yang telah kami buat agar kegiatan PKM dapat direalisasikan. Atasberbagai pertimbangan, akhirnya pimpinan YPMS Darussalam Kedaung Pamulangmemutuskan untuk memberikan izin kepada kami, Dosen Program Studi SarjanaManajemen Universitas Pamulang, untuk dapat mengadakan sosialisasi dan pelatihankepada peserta didik di YPMS Darussalam Kedaung Pamulang. Judul ini kami anggappenting karena dalam menghadapi era pandemi covid-19 dibutuhkan peningkatanmotivasi belajar siswa/i yang kreatif dan kompeten di bidangnya sehingga mampumelaksanakan tugas dan kewajibannya dengan baik dan maksimal. Dengan adanyasosialisasi dan pelatihan ini diharapkan dapat membawa dampak yang positif kepadaYPMS Darussalam pada umumnya dan para peserta didik pada khususnya agar semakintermotivasi dan mengembangkan motivasi belajarnya.Kata Kunci: Motivasi, Pandemi, Covid-19
PEMBUATAN TEH SEREH DALAM MEMANFAATKAN WAKTU LUANGMENAMBAH PENGHASILAN IBU IBU MAJELIS TAKLIM BINTARO Santi Octavianti; Rissa Hanny; Abdul Rahman Safiih; Cornelia Dumarya Manik; Arif Surahman
Jurnal Abdimas Tri Dharma Manajemen Vol 2, No 3 (2021): ABDIMAS
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/ABMAS.v2i3.p80-85.y2021

Abstract

Masyarakat Indonesia dan masyarakat dunia saat ini tengah disibukkan dengan sebuahpermasalahan bersama, yaitu pandemi virus korona. Demi memotong mata rantai penyebaran viruscovid-19, pemerintah memberlakukan berbagai kebijakan seperti, sosial distancing dan physicaldistancing, serta yang terbaru yaitu, Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Tentunya menjalankansetiap aktivitas saat ini memiliki tantangan tersendiri terutama pemenuhan kebutuhan yang wajibdipenuhi, seperti sandang, pangan dan papan. Dalam masyarakat, kaum perempuan biasanya menjadipihak yang tidak diuntungkan, kebanyakan dari mereka menggantungkan hidup mereka pada kaumlelaki sebagai pemberi nafkah. Oleh Karena itu perlu adanya pemberdayaan perempuan kususnya dalambidang pelatihan-pelatihan membuat suatu produk sehingga ibu ibu memiliki skill dalam hal ini ibu-ibujama’ah pengajian di RT 004 RW 005 Bintaro Pesanggrahan Jakarta Selatan sangat antusias dalammengikuti pelatihan salah satunya pelatihan pembuataan teh yang terbuat dari sereh jika hal ini sudahdimengerti maka akan bermanfaat untuk membuka usaha mandiri serta meningkatkan taraf hidupsehingga memiliki pengahasilan sendiri. Dengan adanya pelatihan tersebut maka akan memberikansolusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan hidup saat ini khususnya kaum ibu ibu yang inginmemiliki penghasilan sendiri di samping juga memberikan mereka pengetahuan berwirausaha yangmempunyai etika bisnis, menangani keluhan serta cara memasarkan produk yang ingin mereka jual.Kata Kunci : pandemi virus korona, pemberdayaan perempuan, wirausahaABSTRAC
MANAJEMEN PENGELOLAAN SUMBER DAYA MANUSIA DI KELURAHAN PAMULANG BARAT Angga Pratama; Waluyo Jati; Amun Soepandi; Senen Senen; Muhammad Arief
Jurnal Abdimas Tri Dharma Manajemen Vol 2, No 3 (2021): ABDIMAS
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/ABMAS.v2i3.p10-17.y2021

Abstract

Salah satu dari tujuan Tridharma Perguruan Tinggi selain Pendidikan danPenelitian adalah Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Hal ini diatur dalam Pasal 20dan 24 Undang-Undang. No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yangmenyatakan bahwa adanya otonomi oleh Perguruan Tinggi, Penelitian Ilmiah danPengabdian Kepada Masyarakat. Sebagai pertanggungjawaban kami, maka dalammelaksanakan tugas tersebut telah kami susun laporan kegiatan pengabdian kepadamasyarakat.Dengan mempertimbangkan latar belakang diatas maka kami berinisiatif untukmembentuk Pengabdian Kepada Masyarakat di Kelurahan Pamulang Barat khususnyakepada para pegawai agar dapat meningkatkan kinerjanya dalam rangka pelaksanaanprogram pengelolaan sumber daya manusia di Kelurahan Pamulang Barat. Tujuan daripengabdian ini adalah untuk meningkatkan kinerja para pegawai yang diukur darikemampuan pegawai dalam melakukan pelayanan.Semua kegiatan yang dilakukan dari pengabdian kepada masyarakat inidiharapkan akan memberikan manfaat baik secara internal (akademisi) dan eksternal(masyarakat umum). Dalam pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh dosenserta mahasiswa Fakultas Ekonomi program studi Manajemen Universitas Pamulangdiharapkan mampu memberikan solusi dan pembekalan teknis manajemen dalampeningkatan kinerja para pegawai di kelurahaan pamulang barat agar dapat bersaingdalam sebuah organisasi khususnya pegawai kelurahan pamulang barat dalam pentingnyapemanfaatan teknologi tepat guna yang ada di wilayah kelurahan pamulang baratselanjutnya lalu kemudian dilakukan evaluasi secara menyeluruh dan bertahap.Kata Kunci : Sumber Daya Manusia, Kinerja, Teknologi
PENYULUHAN STRATEGI PEMASARAN ONLINE DALAM MENGHADAPI PANDEMI COVID-19 DIKELURAHAN CINANGKA, KECAMATAN SAWANGAN, KOTA DEPOK Aceng Abdul Hamid; Laily Maknin Zubaedah; Ade Irawan; Nurselvy Nurselvy
Jurnal Abdimas Tri Dharma Manajemen Vol 2, No 3 (2021): ABDIMAS
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/ABMAS.v2i3.p46-53.y2021

Abstract

Kegiatan Pengabdian Masyarakat (PKM) merupakan salah satu Tridharma Perguruan Tinggi yangwajib dilakukan oleh setiap dosen di Universitas Pamulang. Kegiatan PKM ini bertujuan untukmembantu warga Kelurahan Cinangka dalam berinovasi dengan cara menggali potensi yang adaguna mensejahterakan kehidupan keluarga pada khususnya dan masyarakat pada umumnya. Secarakhusustujuan kegiatan PKM (1) Membangkitkan jiwa wirausaha warga dengan caraberinovasiuntuk memanfaatkan teknologi untuk melakukan penjualan via online (2) Meningkatkanpenghasilan warga di masa pandemi. (3) Memberikanpemahaman strategi pemasaran yang sesuaidengan masa pandemic covid-19. Kegiatan PKM ini dilakukan dengan peninjauan lokasi rencanaPKM dan mengetahui permasalahan yang ada di lokasi tersebut dengan cara brainstorming antaradosen dan beberapa pemuka masyarakat. Kemudian TIM PKM menawarkan solusi daripermasalahan yang ada dan disetujui maka dilakukanlah kegiatan PKMini dan diakhir PKMwarga akan diberikan kuesioner kepuasan dan perbaikan yangdiperlukan untuk kegiatan PKMlanjutan lainnya.Kata Kunci : Pemasaran online, pandemic covid 19, cinangka

Page 1 of 2 | Total Record : 15