cover
Contact Name
Faisal Ashar
Contact Email
sipil@ft.unp.ac.id
Phone
+6282284597658
Journal Mail Official
sipil@ft.unp.ac.id
Editorial Address
Jln Hamka. Jurusan Teknik Sipil, Universitas Negeri Padang
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Jurnal Applied Science in Civil Engineering
ISSN : -     EISSN : 27221032     DOI : -
Jurnal Applied Science in Civil Engineering fokus mempublikasikan artikel pada bidang Pendidikan Teknik Bangunan dan Teknik Sipil. Ruang lingkup jurnal ini adalah 1. Pengembangan proses pembelajaran Teknik Bangunan dan Teknik Sipil 2. Studi kurikulum pendidikan Teknik Bangunan dan Teknik Sipil 3. Struktur baja, beton dan kayu 4. Manajemen Konstruksi 5. Transportasi 6. Mitigasi Bencana 7. Manajemen sumber daya air 8. Rekayasa Lingkungan 9. Hal lain yang berhubungan dengan Pendidikan Teknik Bangunan dan Teknik Sipil
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 3 (2020): Jurnal Applied Science in Civil Engineering" : 6 Documents clear
Faktor Kecelakaan Kerja Dominan yang Terjadi pada Praktik Plumbing M. Agphin Ramadhan; Febriyani Febriyani; Tuti Iriani
Jurnal Applied Science in Civil Engineering Vol 1 No 3 (2020): Jurnal Applied Science in Civil Engineering
Publisher : Teknik Sipil Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to determine the dominant work accident factors that occur in plumbing practice (Case Study in the Builiding Engineering Education Study Program UNJ). This research is a descriptive study using a survey method. The population of this study were the bachelor of Building Engineering Education study program who had implemented plumbing practical course, namely batch 2016 and part of 2017 in total 110 college students who were collected using a questionnaire. Analysis of the test instruments on the validity and reliability obtained reliability results = 0,911. The results of this study indicate that the dominant factors of work accident that occur in plumbing practice is the unsafe action, namely the sub indicators of the used personal protective equipment, work procedure, attitude when working and the used of work equipment above 80%.
Analisis Pengelolaan Workshop Kayu Jurusan Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Kota Pariaman Febry Mahdi Ramadhan; Rusnardi Rahmat Putra
Jurnal Applied Science in Civil Engineering Vol 1 No 3 (2020): Jurnal Applied Science in Civil Engineering
Publisher : Teknik Sipil Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian pengelolaan workshop kayu SMK N 1 Pariaman dengan standar minimal pemerintah. Penelitian ini memaparkan tentang pengelolaan workshop kayu dari segi data sarana dan prasarana, pemeliharaan, inventarisasi, dan penghapusan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang mengungkapkan keadaan sarana dan prasarana workshop kayu Jurusan TGB SMK N 1 Kota Pariaman. Responden dalam penelitian ini berjumlah 5 orang dan dipilih menggunakan teknik purpose sampling. Responden yang dipilih yaitu Waka Sarana dan Prasarana, Ketua Program Keahlian, Kepala Workshop, serta guru mata pelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan workshop kayu Jurusan TGB SMK N 1 Pariaman dari segi deskripsi standar sarana dan prasarana workshop yang mengacu pada Permendiknas No. 40 tahun 2008 dibagi menjadi dua variabel, yaitu: Kondisi ketersediaan alat di Workshop Kayu Jurusan TGB dikategorikan belum lengkap, Standar Prasarana Workshop Kayu Jurusan TGB terbagi menjadi empat variabel, yaitu Area kerja kayu tangan dikategorikan belum sesuai, Area kerja mesin-kayu dikategorikan belum sesuai, Area kerja kontruksi kayu dikategorikan belum sesuai, Ruang penyimpanan dan istruktur dikategorikan belum sesuai. Sedangkan pengelolaan berdasarkan standar Depdiknas tahun 2007 adalah pemeliharaan dikategorikan belum sesuai, inventarisasi dikategorikan belum sesuai, dan penghapusan dikategorikan belum sesuai.
Hubungan Soft Skills Mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan dengan Kesiapan Menjadi Guru Profesional Ilham Akbar; Yuwalitas Gusmareta
Jurnal Applied Science in Civil Engineering Vol 1 No 3 (2020): Jurnal Applied Science in Civil Engineering
Publisher : Teknik Sipil Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Ilham Akbar, 2020 : Hubungan Soft Skills Mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan dengan Kesiapan Menjadi Guru Profesional Penelitian ini berasal dari masalah berkurangnya kualitas mahasiswa sebagai calon guru untuk menjadi pendidik yang profesional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara soft skills mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan dengan kesiapan menjadi guru profesional. Sampel pada penelitian ini berjumlah 48 orang mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan tahun masuk 2015 dan 2016 yang telah lulus mata kuliah PPLK. Jenis instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data menggunakan angket online dengan acuan skala Likert, yang terdiri dari 49 pertanyaan dengan 5 pilihan jawaban. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahawa terdata hubungan yang positif antara soft skills mahasiswa Pendidikan Tekinik Bangunan denga kesiapan menjadi guru profesional. Nilai korelasi yang diolah menggunakan aplikasi SPSS 23.0 mendapatkan hasil pada interval 0,600-0,799 yang tergolong dalam kategori tinggi yaitu sebesar 0,668. Hasil uji thitung yang dicari menggunakan rumus yaitu sebesar 6,088 dan nilai itu lebih besar dari nilai ttabel dengan nilai acuan 2,013 yang berarti terdapat hubungan yang signikan antara soft skills mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan dengan kesiapan menjadi guru profesional.
Persepsi Guru SMK di Kota Padang Terhadap RPP Satu Halaman Okta Triyudi; M. Giatman
Jurnal Applied Science in Civil Engineering Vol 1 No 3 (2020): Jurnal Applied Science in Civil Engineering
Publisher : Teknik Sipil Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penyederhanaan RPP menjadi satu halaman merupakan salah satu poin dari kebijkan merdeka belajar.Tujuan penelitian ini untuk mengungkap persepsi guru-guru SMK Negeri bidang keahlian teknik bangunan di Kota Padang terhadap penyederhanaan RPP. Penelitian ini adalah penelitian deskritif dengan analisis kuantitatif. Variabel penelitian ini yaitu persepsi guru terhadap penyederhanaan RPP dengan jumlah populasi sebanyak 38 guru. Sampel diambil secara total sampling sebanyak 38 guru. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket dengan penilaian skala likert, yang terdiri dari 5 pilihan jawaban dengan 40 butir pernyataan sebelum dilakukan uji validitas dan uji relabilitas, setelah dilakukan pengujian tersebut terdapat 33 butir pernyataan yang dijadikan instrumen penelitian. Hasil Penelitian mengungkapkan bahwa persepsi guru-guru SMK Negeri Bidang Keahlian Teknik Bangunan di Kota Padang terhadap penyederhanaan RPP tergolong dalam kategori baik. Hal ini ditunjukkan oleh hasil pengolahan data bahwasanya skor derajat pencapaian aspek pengetahuan sebesar 88,79%,penilaian sebesar 82,43%, dan sikap sebesar 86,26%. Secara keseluruhan skor derajat pencapaian yang diperoleh sebesar .
Persepsi Mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan Jurusan Teknik Sipil FT-UNP Terhadap Kesempatan Kerja Sebagai Guru Hartika Srinita; Rijal Abdullah
Jurnal Applied Science in Civil Engineering Vol 1 No 3 (2020): Jurnal Applied Science in Civil Engineering
Publisher : Teknik Sipil Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to determine the perceptions of Building Engineering Education students on job opportunities as teachers. The population in this study were students of the Building Engineering Education Study Program who were taking their thesis in the July-December 2020 semester totaling 70 students and a sample of 40 students. The research data was carried out through a questionnaire given to students who were the research samples to determine student perceptions of job opportunities as teachers using the Likert scale. Based on the research that has been carried out, it can be concluded that the results of the study indicate that the students' perceptions of building engineering education on job opportunities as teachers were 79.72%, the category was quite good. So it can be concluded that Building Engineering Education students who are taking their thesis July-December 2020 semester have a pretty good perception of job opportunities as teachers.
Efektifitas penggunaan workshop di jurusan Teknik Sipil FT-UNP Habil Fajrian; Yuwalitas Gusmareta
Jurnal Applied Science in Civil Engineering Vol 1 No 3 (2020): Jurnal Applied Science in Civil Engineering
Publisher : Teknik Sipil Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract : This study aims to determine the level of effectiveness of using workshop in the civil engineering department of UNP. This type of research is quantitative descriptive. The population in this study was 54 students of the 2018 FT-UNP building engineering study program who were active. Sampling was done using total sampling technique. The data then were analyzed statistically with the help of Microsoft excel 2019 and using the formula for degrees of Achievement (DP) from the result of data analysis it can be concluded that the effectiveness of using workshop in the civil engineering department of FT-UNP is classified as good, with the results of the degree of achievement (DP) of 80,52%.

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

2020 2020