cover
Contact Name
-
Contact Email
jurnalubs@gmail.com
Phone
+6221-27826500
Journal Mail Official
jurnalubs@gmail.com
Editorial Address
Jl. Terogong Raya No.32, RT.3/RW.6, West Cilandak, Cilandak, South Jakarta City, Jakarta 12430
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Journal of Economics and Business UBS
ISSN : 23028025     EISSN : 27747042     DOI : 10.52644
Core Subject : Economy,
Journal of Economics & Business UBS adalah jurnal yang diterbitkan sebulan sekali oleh STIE UniSadhuGuna. Jurnal Indonesia Sosial Sains akan menerbitkan artikel ilmiah dalam lingkup ilmu sosial dan ekonomi. Artikel yang diterbitkan adalah artikel dari penelitian, studi atau studi ilmiah kritis dan komprehensif tentang isu-isu penting dan terkini atau ulasan buku-buku ilmiah.
Articles 110 Documents
Search results for , issue "Vol. 12 No. 6 (2023): Special Issue" : 110 Documents clear
Human Capital Management Analysis And Organizational Cultures For New Entrance In Ev Station Electric Vehicle Charging Station Riski Ariani; Edi Hamdi
Journal of Economics and Business UBS Vol. 12 No. 6 (2023): Special Issue
Publisher : UniSadhuGuna Business School

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52644/joeb.v2i6.570

Abstract

As the demand for electric vehicles increases, the industry has seen significant growth in EV charging infrastructure. One key element supporting EV Station success is effective human capital management and an organizational culture that aligns with business objectives. This research method is based on short-term, medium-term and long-term goals followed by conducting a 3-stage analysis, namely Input Stage, Matching Stage, Decision Stage, Porter's Generic Strategy and ending by creating a Lean Business Canvas. The results of this study are the employee's work experience, the expertise he has, the combination of work experience and expertise possessed by the employee such as technical expertise in terms of charging and equipment maintenance is an important foundation in employee selection and promotion. In addition, smart corporate strategies in human capital management also include incentives and reward programmes.
Pengaruh Budaya Organisasi, Kualitas SDM, Motivasi dan Disiplin Terhadap Kinerja Karyawan PT. Asuransi Umum Bumida 1967 Muhammad Sadli; Hermawan Hermawan
Journal of Economics and Business UBS Vol. 12 No. 6 (2023): Special Issue
Publisher : UniSadhuGuna Business School

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52644/joeb.v2i6.574

Abstract

Kinerja karyawan tidak lepas dari pengaruhnya terhadap kinerja organisasi perusahaan, maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh budaya organisasi, kualitas sumber daya manusia, motivasi, disiplin terhadap kinerja karyawan pada PT. Asuransi Umum Bumida 1967 yang setiap tahunnya selalu mengalami keterpurukan baik. Hasil akhir penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan 3 (tiga) variabel terhadap kinerja pegawai yaitu variabel budaya organisasi (T-statistic 3,001 > P. Value 0,003), kualitas sumber daya manusia (T-statistic 3,495 > P. Value 0,000), kedisiplinan (T-statistic 8,475 > P. Value 0,000), sedangkan untuk variabel independen motivasi mempunyai pengaruh positif namun tidak signifikan (T-statistic 0,393 > P. Value 0,694), sedangkan jika diuji menggunakan regresi berganda (simultan) dimana keempat variabel independen mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan dengan nilai P seluruhnya 0 pada PT. Bumida General Insurance 1967 dimana hasil persentase total Q-Square variabel yang diteliti mempunyai pengaruh sebesar 84,9%, sisa pengaruhnya sebesar 15,1% dari variabel yang belum diteliti dan model ini sudah mempunyai nilai goodness of fit yang baik.
Implementasi Sistem Manajemen Akuntansi dalam Pengambilan Keputusan Risa Nurmala Dewi; Windhy Puspitasari
Journal of Economics and Business UBS Vol. 12 No. 6 (2023): Special Issue
Publisher : UniSadhuGuna Business School

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52644/joeb.v2i6.673

Abstract

Sistem informasi manajemen merupakan hal terpenting dalam suatu perusahaan. Sistem informasi manajemen ini dapat dijadikan sebagai dasar pengambilan keputusan. Sistem informasi akuntansi dibagi menjadi dua yakni untuk pihak internal dan pihak eksternal. Pada sistem informasi akuntansi internal disebut dengan sistem manajemen akuntansi yang berisi berbagai informasi dan nantinya berperan membantu seorang manajer dalam pengambilan keputusan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi sistem manajemen akuntansi dalam pengambilan keputusan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif untuk menganalisis, menggambarkan dan meringkas berbagai kondisi, dan situasi dari berbagai data yang dikumpulkan dari hasil pengamatan mengenai masalah yang diteliti pada saat penelitian berlangsung. Sedangkan, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan triangulasi (gabungan). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi sistem manajemen akuntansi untuk pengambilan keputusan dalam organisasi sangat penting karena sistem tersebut menyediakan informasi yang diperlukan oleh manajemen untuk perencanaan, pengendalian, evaluasi, dan pengambilan keputusan. Informasi akuntansi manajemen membantu manajemen dalam menghitung biaya, mengevaluasi kinerja, mengidentifikasi peluang perbaikan, dan memilih strategi yang paling masuk akal untuk pertumbuhan dan kelangsungan hidup perusahaan. Sistem informasi akuntansi manajemen juga membantu dalam menganalisis kondisi keuangan perusahaan, menyediakan informasi untuk keperluan pajak, dan mendukung fungsi-fungsi manajerial lainnya seperti produksi, pemasaran, manajemen sumber daya manusia, dan perencanaan strategis. Dengan adanya sistem informasi akuntansi yang baik, organisasi dapat mengevaluasi kinerja, memprediksi masa depan, dan mengambil keputusan yang tepat untuk mencapai tujuan mereka.
Analisis Pengaruh Implementasi Sistem Manajemen Akuntansi Berkelanjutan Terhadap Kinerja SDM Windhy Puspitasari; Risa Nurmala Dewi
Journal of Economics and Business UBS Vol. 12 No. 6 (2023): Special Issue
Publisher : UniSadhuGuna Business School

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52644/joeb.v2i6.685

Abstract

Sistem akuntansi berkelanjutan digunakan untuk mengukur dan melaporkan kinerja keuangan dan non-keuangan perusahaan dengan cara yang lebih holistik, yang mencerminkan dampak yang dihasilkan pada masyarakat, lingkungan, dan karyawan serta mencakup pertimbangan ekonomi, sosial, dan lingkungan dalam sebuah organisasi. Selain itu, ada SDM yang memiliki peran penting dalam organisasi sehingga perlunya penelitian mengenai kaitan antara sistem manajemen akuntansi berkelanjutan dengan kinerja SDM. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh implementasi sistem manajemen akuntansi berkelanjutan terhadap kinerja SDM. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yang digunakan untuk menganalisis, menggambarkan dan meringkas berbagai kondisi, dan situasi dari berbagai data yang dikumpulkan dari hasil pengamatan mengenai masalah yang diteliti pada saat penelitian berlangsung. Sedangkan, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan triangulasi (gabungan). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa praktik akuntansi berkelanjutan membantu organisasi untuk mempertimbangkan dampak ekonomi, lingkungan, dan sosial dari keputusan bisnis, yang pada gilirannya dapat menciptakan karyawan yang lebih berkomitmen, termotivasi, dan berkinerja tinggi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan implementasi manajemen berkelanjutan yang baik berpengaruh terhadap kinerja SDM dan mendorong keberlanjutan organisasi secara keseluruhan.
MC Kinsey 7S Frame Work Approach Method to the Effectiveness of Organizational Performance in the Directorate of Preschool Teachers and Community Education Ministry of Education, Culture, Research and Technology Andini Oktafiany; Veithzal Rivai Zainal; Azis Hakim
Journal of Economics and Business UBS Vol. 12 No. 6 (2023): Special Issue
Publisher : UniSadhuGuna Business School

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52644/joeb.v2i6.686

Abstract

Organizational effectiveness is the level of accuracy or success of an organization in formulating clear goals, realizing household budgets, managing individual activities in the organization in the form of standard operational procedures, obtaining organizational members who are in accordance with their roles, duties, functions and activities. to achieve organizational goals. The aim of this research is to find out: a) a description of the organizational effectiveness of the Directorate of Early Childhood and Community Education Teachers. b) influencing factors and efforts made to increase effectiveness in the Directorate of Early Childhood and Community Education. The research method uses a qualitative descriptive case study design. Qualitative research is defined as a type of research whose findings are not obtained through statistical procedures or other forms of calculation. Based on the results of the research that has been carried out, it can be concluded that: 1) From the results of the research, the picture of organizational effectiveness in the Directorate of Early Childhood Teachers and Community Education is that each section has carried out its duties and functions as expected. job descriptions, so that organizational goals can be achieved well. 2) Factors that influence the effectiveness of organizational performance in the Directorate of Early Childhood Teachers and Community Education include human resources; Leadership and Employee Competencies. 3) Efforts made to increase the effectiveness of organizational performance at the Directorate of Early Childhood Teachers and Community Education are Empowerment; Teamwork, Developing Abilities, and Motivation.
at the Directorate General of Teachers and Educational Personnel Ministry of Education, Culture, Research and Technology Aswin Asrul Sani; Veithzal Rivai Zainal; Azis Hakim
Journal of Economics and Business UBS Vol. 12 No. 6 (2023): Special Issue
Publisher : UniSadhuGuna Business School

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52644/joeb.v2i6.687

Abstract

Public services are an important task that cannot be ignored by local governments, because if the service component stagnates, it is almost certain that all sectors will be affected. Therefore, there needs to be good planning and even need to formulate service standards for the community in accordance with the authority given by the central government to regional governments. One of the service improvements that needs to be carried out by local governments is improving services in the education sector. This research was carried out at the Directorate General of Teachers and Education Personnel. In this research, it was carried out using qualitative descriptive research, namely describing the condition of the object to be studied. Descriptive research obtains a systematic, factual and accurate picture of the facts, characteristics and relationships between the phenomena being investigated. In this research, the object to be studied is the implementation of service quality in the field of education at the Directorate General of Teachers and Education Personnel. Data collection techniques in this research were observation, interviews and documentation. Human qualities in an agency are realized by the employees themselves in carrying out their daily tasks, such as loyalty to the agency, relationships with customers, cooperation with other employees, group work experience, cooperative relationships between work units, and commitment to realizing strategic decisions. By realizing good quality human resources in their daily tasks, agencies can have intangible assets that have influence. The Directorate General of Teachers and Education Personnel must maintain or further improve the quality of service provided by the Directorate General of Teachers and Education Personnel by establishing good relations between fellow employees, superiors and subordinates and vice versa.
Membangun Strategi Keunggulan Bersaing Pada Bisnis Konstruksi Studi Kasus: PT Nindya Karya (Persero) Bangun Arifanto; Paulus Wardoyo; Indarto Indarto
Journal of Economics and Business UBS Vol. 12 No. 6 (2023): Special Issue
Publisher : UniSadhuGuna Business School

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52644/joeb.v2i6.688

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi alasan perusahaan belum bisa masuk 3 (tiga) besar dan menganalisis serta membangun strategi kompetitif dalam menciptakan keunggulan bersaing dalam bisnis konstruksi. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa alasan belum masuk 3 (tiga) besar adalah karena keterlambatan dalam bersaing secara kompetitif dengan kompetitor, kemudian dalam membangun strategi kompetitif setelah melihat kondisi internal dan eksternal dilakukan analisis daya tarik pasar serta daya saing perusahaan menunjukan bahwa sektor sumber daya air adalah sektor yang paling potensial. Pada analisis persaingan Porter menunjukan semua faktor tinggi, kecuali ancaman produk pengganti yang rendah. Pada analisis SWOT perusahaan berada pada kuadran 1 (satu) strategi growth. Kesimpulannya strategi keunggulan bersaing yang tercipta adalah penetrasi pasar segmen besar, pengembangan produk/ diversifikasi bisnis, meningkatkan efisiensi dan produktivitas, meningkatkan estimating proyek, transformasi digital teknologi, membangun sistem digital terintegrasi supply chain, meningkatkan kapasitas keuangan, peningkatan produktifitas SDM.
Motivasi Intriksik Auditor dalam Memaknai Filosofi Knowledge, Wisdom & Integrity Febe Natalia Budiono
Journal of Economics and Business UBS Vol. 12 No. 6 (2023): Special Issue
Publisher : UniSadhuGuna Business School

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52644/joeb.v2i6.690

Abstract

Tujuan studi ini adalah peran motivasi intrinsik bagi profesi auditor dalam menjalankan tanggung jawabnya sebagai public interest melalui filosofi KWI sehingga daapt memegang nilai-nilai ketulisan, kejujuran, dan integritas. Menggunakan metode Studi literatur, seluruh data dan informasi berasal dari jurnal-jurnal yang relevan, artikel berita dan buku yang akan membuat penelitian ini dapat diandalkan. Temuan utama dari studi ini Membentuk individu yang lebih peka terhadap sekitar, dan lebih bisa menghargai orang-orang disekitar. Bagi seorang auditor, memaknai KWI sebagai dorongan intrinsik akan memberikan perspektif yang baru dan berbeda dalam menjalankan peran sebagai public interest. Teori yang digunakan adalah peran auditor sebagai public interest yang akan dikaitkan dengan theory of inspired confidence. Selanjutnya, kedua teori ini akan dipahami melalui filosofi KWI untuk mendorong motivasi intrinsik dalam memaknai peran auditor sebagai public interest.
Manajemen Pemasaran Pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Ma’had Al-Zaytun Indramayu Yana Sutiana; Turi Turiah; Sri Lestari; Titi Sujati
Journal of Economics and Business UBS Vol. 12 No. 6 (2023): Special Issue
Publisher : UniSadhuGuna Business School

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52644/joeb.v2i6.713

Abstract

Marketing is a process whereby a person or group can fulfill desires through efforts to influence, distribute, and transfer ownership from one person to another or between groups, both in terms of goods or services. The marketing carried out by Madrasah Tsanawiyah Ma'had Al-Zaytun has been quite good in introducing schools with a good image in the eyes of the public and also the quality of teachers who are quite good in implementing a learning system for students. This is what attracts public interest in Madrasah Tsanawiyah Ma'had Al-Zaytun. Apart from that, the strategic geographical location which is in the Sandrem Block of Mekarjaya Village, Kec. Switch Kab. Indramayu and adequate facilities as one of the bargaining values of educational marketing. So that the number of enthusiasts from year to year is increasing. The aim of this research is to find out the educational marketing management at MTs Ma'had Al-Zaytun. The method used is a qualitative research method. Data collection techniques used in this study were observation, interviews and documentation. The data analysis technique used to analyze the data is an interactive model data analysis including data reduction, data presentation and conclusions. the results of the study that educational marketing management at MTsS Ma'had Al-Zaytun are; 1) determining the target market 2) placing members of the foundation in every province in Indonesia and abroad. 3) in collaboration with alumni of Ma'had Al-zaytun, 4) using digital media.
Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) Dan Literasi Keuangan Terhadap Kualitas Laporan Keuangan (Studi pada UMKM di Jakarta Barat) Ayu Saldikawati; Ni Luh Gede Ana Pertiwi; Rochmad Bayu Utomo
Journal of Economics and Business UBS Vol. 12 No. 6 (2023): Special Issue
Publisher : UniSadhuGuna Business School

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52644/joeb.v2i6.722

Abstract

Wilayah di Jakarta Barat memiliki konsentrasi UMKM tertinggi. Wawancara awal yang dilakukan peneliti di Jakarta Barat mengungkapkan bahwa sebagian besar UMKM menghadapi kesulitan dalam membuat laporan keuangan. Hal ini berdampak pada ketidakmampuan UMKM memperoleh pembiayaan. Tujuan dari studi kuantitatif berbasis survei pada UMKM di Wilayah Jakarta Barat ini adalah untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan dan kompetensi sumber daya manusia (SDM) terhadap kualitas laporan keuangan. Populasi penelitian ini berjumlah 15.929 UMKM di wilayah Jakarta Barat, berdasarkan informasi statistik DKI Jakarta tahun 2020 mengenai jumlah UMK berdasarkan kategori/skala usaha dan kabupaten/kota. Metode sampel praktis digunakan, dan total 391 responden diidentifikasi menggunakan rumus Slovin. Temuan penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa Kualitas laporan keuangan dipengaruhi secara positif oleh kompetensi sumber daya manusia. Hal ini menunjukkan bahwa: (1) Literasi keuangan mempunyai pengaruh yang baik terhadap kualitas laporan keuangan; dan (2) Kompetensi sumber daya manusia dapat meningkatkan kualitas laporan keuangan. Hal ini menunjukkan bahwa laporan keuangan yang dihasilkan dengan tingkat literasi keuangan yang tinggi dapat memiliki kualitas yang lebih tinggi.

Page 1 of 11 | Total Record : 110


Filter by Year

2023 2023


Filter By Issues
All Issue Vol. 14 No. 6 (2025): Journal of Economics and Business UBS Vol. 14 No. 5 (2025): Journal of Economics and Business UBS Vol. 14 No. 4 (2025): Journal of Economics and Business UBS Vol. 14 No. 3 (2025): Journal of Economics and Business UBS Vol. 14 No. 2 (2025): Journal of Economics and Business UBS Vol. 14 No. 1 (2025): Journal of Economics and Business UBS Vol. 13 No. 5 (2024): Journal of Economics and Business UBS Vol. 13 No. 4 (2024): Journal of Economics and Business UBS Vol. 13 No. 3 (2024): Special Issue Vol. 13 No. 2 (2024): Regular Issue Vol. 13 No. 1 (2024): Regular Issue Vol. 12 No. 6 (2023): Special Issue Vol. 12 No. 5 (2023): Special Issue Vol. 12 No. 4 (2023): Special Issue Vol. 12 No. 3 (2023): Special Issue Vol. 12 No. 2 (2023): Journal of Economics and Business UBS Vol. 12 No. 2 (2023): Regular Issue Vol. 12 No. 1 (2023): Regular Issue Vol. 11 No. 2 (2022): Journal of Economics and Business UBS Vol. 11 No. 1 (2022): Journal of Economics & Business UBS Vol. 10 No. 2 (2021): Journal of Economics & Business UBS Vol. 10 No. 1 (2021): Journal of Economics & Business UBS Vol. 9 No. 2 (2020): Journal of Economics & Business UBS Vol. 9 No. 2 (2020): Journal of Economics & Business Unishaduguna Business School Vol. 9 No. 1 (2020): Journal of Economics & Business UBS Vol. 9 No. 1 (2020): Journal of Economics & Business Unishaduguna Business School Vol. 8 No. 2 (2019): Journal of Economics & Business UBS Vol. 8 No. 2 (2019): Journal of Economics & Business Unishaduguna Business School Vol. 8 No. 1 (2019): Journal of Economics & Business Unishaduguna Business School Vol. 8 No. 1 (2019): Journal of Economics & Business UBS More Issue