cover
Contact Name
Agus Purnama
Contact Email
purnama.aguz@gmail.com
Phone
+6281316184140
Journal Mail Official
jikom@sssstikom-ima.ac.id
Editorial Address
Jl. Harapan no 50 Gd. HZ Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Indonesia Maju (STIKOM-IMA) Lenteng Agung, Jakarta Selatan
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Jurnal Ilmiah komunikasi
ISSN : 19798210     EISSN : 23548193     DOI : http://dx.doi.org/10.38041/jikom1
Core Subject : Education,
Jurnal Ilmiah Komunikasi Indonesia Maju menerima semua artikel ilmiah atau manuskrip yang berhubungan dengan ilmu komunikasi, broadcasting, periklanan, dan semua ranah keilmuan yang erat kaitannya dengan ilmu komunikasi
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 12 No 02 (2020): Jurnal Ilmiah Komunikasi Volume 12 No 02 Juli 2020" : 5 Documents clear
Pola Komunikasi Pimpinan Terhadap Motivasi Kerja Karyawan Bangkit Pratama; Veronika Setyadji; Shulhuly Ashfahani
Jurnal Ilmiah Komunikasi (JIKOM) STIKOM IMA Vol 12 No 02 (2020): Jurnal Ilmiah Komunikasi Volume 12 No 02 Juli 2020
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Indonesia Maju

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38041/jikom1.v12i01.138

Abstract

Kondisi dimana karyawan bekerja dengan kurang efektif dalam pencapaian targetnya, disebabkan belum terbentuknya pola komunikasi kepemimpinan yang mampu meningkatkan motivasi kerja karyawan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pola Komunikasi Pemimpin Divisi Legal Corporate PT. Perintis Pelayanan Paripurna Terhadap Motivasi Kerja Karyawan. Pemimpin di setiap kelompok diharapkan mampu menjalin kerjasama dengan bawahannya untuk mencapai tujuan perusahaan. Seperti yang terjadi pada divisi legal corporate PT. Perintis Pelayanan Paripurna, dimana komunikasi antara manajer dan karyawan disampaikan secara vertikal dan horizontal, sehingga membentuk suatu pola komunikasi. Adapun dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan studi kasus, yaitu pengumpulan data berdasarkan kenyataan di lapangan melalui observasi untuk meninjau dan mengamati objek penelitan, wawancara dengan responden untuk mengumpulkan data dan dokumentasi berupa foto-foto yang mendukung penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi secara vertikal dan horizontal yang berjalan pada divisi legal corporate membentuk suatu pola komunikasi yaitu pola komunikasi all chanel (semua saluran), meskipun demikian masih terjadi kendala komunikasi dalam pekerjaan salah satunya adalah miss communications. Berdasarkan Informasi yang disampaikan manajer, dapat ditarik kesimpulan bahwa tipe kepemimpinan yang dimiliki manajer Divisi Legal Corporate termasuk pada kategori Lissez Faire, yaitu pemimpin menganggap bawahan sudah memahami tanggungjawabnya tanpa harus dijelaskan lagi., Salah satu cara untuk menjalin kerjasama tersebut yaitu dengan membangun pola komunikasi yang baik antara pimpinan dan bawahan dalam bentuk pertukaran informasi dan gagasan. Kata kunci: pola komunikasi, kepemimpinan, motivasi kerja, karyawan
Peranan Internal Public Relations PT Prasadha Pamunah Limbah Industri Dalam Mensosialisasikan Brand PPLI Oppie Megawarni Suryadi; Shulhuly Ashfahani
Jurnal Ilmiah Komunikasi (JIKOM) STIKOM IMA Vol 12 No 02 (2020): Jurnal Ilmiah Komunikasi Volume 12 No 02 Juli 2020
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Indonesia Maju

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38041/jikom1.v12i01.137

Abstract

Fenomena yang peneliti tangkap selama menjalani magang di bagian Public Relations PPLI. Fenomena tersebut menyangkut perubahan brand yang terjadi karena akuisisi perusahaan dan peran Internal Public Relations dalam mensosialisasikan brand tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan Internal Public Relations PT Prasadha Pamunah Limbah Industri dalam mensosialisasikan brand PPLI Tahun 2016. Penelitian ini berjalan dengan sebuah pemikiran bahwa seorang Public Relations atau Humas bertugas membina hubungan dengan publik internal, agar citra dan reputasi perusahaan atau organisasi tetap positif di mata publik internal. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Melalui observasi secara langsung dan wawancara dengan beberapa informan yang terkait, maka penulis berhasil memperoleh data berhubungan dengan masalah yang diteliti. Hasil penelitian yang diperoleh adalah bahwa Internal Public Relations mempunyai peranan penting dalam dalam memperkenalkan dan memberitahu citra perusahaan yang baru kepada publik internal di PPLI. Internal Public Relations mempunyai peranan penting dalam menangani perubahan brand WMI ke brand PPLI selain sosialisasi langsung dengan mengadakan rapat pertemuan kepada perwakilan karyawan, PR di PPLI juga melakukan sosialisasi melalui media internal dalam bentuk email blast, surat tertulis dan beberapa selebaran maupun yang terpampang di papan pengumuman. Selain melakukan sosialisasi melalui media internal pihak PR juga terjun langsung dalam mengawasi perubahan logo pada fasilitas di lingkungan kerja
Peran Director of Photograpy Dalam Menginterpretasikan Visual Pada Web Series di Youtube Niken Ilyas; Shulhuly Ashfahani
Jurnal Ilmiah Komunikasi (JIKOM) STIKOM IMA Vol 12 No 02 (2020): Jurnal Ilmiah Komunikasi Volume 12 No 02 Juli 2020
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Indonesia Maju

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38041/jikom1.v12i2.125

Abstract

Ngabuburit series merupakan film yang ditayangkan di youtube. Dimana pada proses pembuatannya terdapat seorang Director of photography yang membuat film ini menarik.selain merekam gambar, Director of photograpy juga mengsukseskan visi sutradara melalui visual yang diinginkan, oleh karena itu Director of photograpy harus menginterpretasikan citra visual dan menilai penting atau tidak nya objek tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran Director of photograpy menginterpretasikan visual dalam film di youtube ngabuburit series. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitaitf dengan jenis penelitian. Studi kasus jenis dan tehnik pengumpulan data adalah data primer yang diperoleh dari wawancara, sementara data sekunder diperoleh dari data yang berbentuk buku, web, dan artikel. Hasil penelitian yang diperoleh, Director Of Photography memiliki peran penting dalam menjaga keberlangsungan proses produksi Ngabuburit Series. Peran Director Of Photography adalah memperhatikan tata kamera dan menginterprestasikan tulisan menjadi visual yang dibutuhkan difilm Ngabuburit Series. Peran Director of photograpy sangat penting untuk kesuksesan sebuah film yang diperlihatkan secara visual.
Persepsi Pembentukan Brand Awareness dan Brand Image Melalui Penerapan Integrated Marketing Communication Evan Saktiendi; Indah Restu Fauziah
Jurnal Ilmiah Komunikasi (JIKOM) STIKOM IMA Vol 12 No 02 (2020): Jurnal Ilmiah Komunikasi Volume 12 No 02 Juli 2020
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Indonesia Maju

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38041/jikom1.v12i01.133

Abstract

Perangkat komunikasi pemasaran yang semula terpisah-pisah dan menonjolkan kelebihan masing- masing, kini mulai menggabungkan kekuatan karena memahami pentingnya keterpaduan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembentukan brand awareness dan brand image di benak konsumen dari penerapan Integrated Marketing Communication dan formulasi yang tepat dari Integrated Marketing Communication untuk membentuk brand awareness dan brand image integrated marketing communication pada produk sepatu Nike. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif berdasarkan pada kerangka pemikiran yang meliputi brand awareness, brand image dan integrated marketing communication dan paradigma studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara mendalam. Kesimpulan utama dalam penelitian ini adalah bahwa penerapan integrated marketing communication pada produk Nike diindikasikan dapat membangun kesadaran merek dan citra merek, yang pada akhirnya membangun ketertarikan calon konsumen untuk menggunakan produk Nike tersebut.
Mekanisme Kerja Media Buyer Biro Iklan Prima Advertising Devi Zunita; Fatimah Fatimah
Jurnal Ilmiah Komunikasi (JIKOM) STIKOM IMA Vol 12 No 02 (2020): Jurnal Ilmiah Komunikasi Volume 12 No 02 Juli 2020
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Indonesia Maju

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38041/jikom1.v12i01.126

Abstract

Biro iklan memiliki berbagai strategi dalam melakukan pemasangan iklan. Ditengah persaingan ketat iklan media elektronik, biro iklan Prima Advertising masih bertahan selama 10 Tahun meski hanya menyediakan jasa penempatan media cetak. Dalam melakukan penempatan media, seorang media buyer memiliki tahapan kerja untuk memudahkan pekerjaannya. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana mekanisme kerja seorang media buyer di biro iklan Prima Advertising dalam melakukan pembelian ruang media cetak. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dari penelitian ini bersumber dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa media buyer memiliki peranan penting dalam melakukan pembelian media cetak, karena media buyer bertanggung jawab langsung terhadap media order yang dibuat agar iklan terbit sesuai dengan permintaan klien. Agar pembelian media cetak berjalan dengan baik, media buyer di biro iklan Prima Advertising memiliki sebuah mekanisme kerja mengenai pembelian ruang media cetak agar tidak terjadi kesalahan dalam pekerjaannya baik secara internal maupun eksternal. Dari hasil penelitian tersebut peneliti memiliki saran agar lebih diperkuat lagi koordinasi dan komunikasi selama melakukan pembelian ruang media cetak. Selain itu Prima Advertising harus memperhatikan dan menambah fasilitas kantor terutama peralatan yang berhubungan dengan pembelian media cetak

Page 1 of 1 | Total Record : 5