cover
Contact Name
Wira Bharata
Contact Email
wrbharata@fisip.unmul.ac.id
Phone
+6281218880540
Journal Mail Official
adbisnis.unmul@gmail.com
Editorial Address
3rd Floor, Faculty of Social and Political Siences Department of Bussines Administration Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Location
Kota samarinda,
Kalimantan timur
INDONESIA
Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL
Published by Universitas Mulawarman
ISSN : 23555408     EISSN : 23555416     DOI : -
Core Subject : Economy, Social,
Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL is a journal that publishes current original research on business studies using an interdisciplinary perspective. This publication contains various scientific writings in the form of research results, theoretical and conceptual studies, practical applications from academics and business practitioners. The following are suggested areas of interest: Marketing Management Information System Human resources Entrepreneurship Operation Management Consumer Behavior Financial Strategic Management Taxation Corporate Governance Auditing Business Ethics Knowledge Management
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 12, No 2 (2024): Jurnal Administrasi Bisnis" : 5 Documents clear
Analisis Sistem Akuntansi Penerimaan Kas Dari Piutang Pada UD. Mie Kalimantan Ayuni, Nur
Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL Vol 12, No 2 (2024): Jurnal Administrasi Bisnis
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54144/jadbis.v12i2.12162

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis penerapan sistem akuntansi penerimaan kas dari pelunasan piutang pada UD. Mie Kalimantan telah sesuai dengan unsur-unsur pengendalian internal. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Fokus dalam penelitian ini adalah sistem pengendalian internal, sistem akuntansi penerimaan kas dan piutang. Teknik analisis yang digunakan adalah dengan menggunakan unsur-unsur pengendalian internal dan berdasarkan simbol-simbol flowchart. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan hanya terdapat 1 unsur yang sesuai dengan unsur-unsur sistem pengendalian internal yaitu pada karyawan yang mutunya sesuai dengan tanggung jawabnya. Unsur-unsur  sistem pengendalian yang pertama yaitu organisasi, kedua sistem otorisasi dan prosedur pencatatan, ketiga praktik yang sehat dan keempat yaitu karyawan yang mutunya sesuai dengan tanggung jawabnya. Dilihat dari tidak adanya pemisahan fungsi secara tegas seperti bagian administrasi, pimpinan dan manager sehingga tugas yang dijalankan tidak efektif. Prosedur penerimaan kas dari piutang pada UD. Mie Kalimantan kurang efektif karena adanya perangkapan dari fungsi yang ada, maka perlu adanya bagan alir.
TECHNOLOGY ACCEPTABLE MODEL, ONLINE COSTUMER REVIEW AND RATING TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI MYPERTAMINA Sinaga, Yoshua Christopher
Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL Vol 12, No 2 (2024): Jurnal Administrasi Bisnis
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54144/jadbis.v12i2.11994

Abstract

Perkembangan aplikasi saat ini diiringi oleh inovasi yang berkesinambungan. Salah satunya dengan hadirnya inovasi pembayaran nontunai atau pembayaran elektronik. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, kuesioner dan penelitian kepustakaan. Hasil analisis menunjukkan bahwa Technology Acceptable Model dan Online Costumer Review and Rating memiliki pengaruh secara signifikan dan kedua variabel tersebut berpengaruh simultan dan parsial terhadap kepuasan pelanggan. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa Technology Acceptable Model dan Online Costumer Review and Rating berpengaruh signifikan secara simultan dan parsial terhadap kepuasan pelanggan pengguna MyPertamina dan variabel Technology Acceptable Model merupakan variabel yang dominan terhadap kepuasan pelanggan.
Kontribusi Daya Tarik Wisata Ladaya Terhadap Kesejahteraan Sosial Ekonomi Masyarakat Tenggarong Widiyawati, Cintia Mela
Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL Vol 12, No 2 (2024): Jurnal Administrasi Bisnis
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54144/jadbis.v12i2.11906

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jumlah kontribusi sosial ekonomi yang ada akibat adanya kegiatan pariwisata. Secara khusus penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan kesejahteraan sosial ekonomi masyarakat (karyawan & pedagang) akibat adanya kegiatan pariwisata pada wisata Ladaya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, serta menggunakan teknik analisis data dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah jumlah kontribusi sosial ekonomi karyawan & pedagang di wisata Ladaya meningkat sebanyak 66-100% untuk karyawan dan 65-230% untuk pedagang. Namun hal ini belum dapat memenuhi kesejahteraan sosial ekonomi karyawan & pedagang di wisata Ladaya dikarenakan penghasilan dan keuntungan yang didapatkan masih di bawah rata-rata income perkapita Indonesia yaitu Rp. 71 juta tahun 2022. Pihak pengelola pariwisata Ladaya sebaikanya melakukan  kerjasama dengan brand yang bergerak pada bidang wisata di Tenggarong dan kerjasama dengan masyarakat sekitar Ladaya, pihak Ladaya sebaiknya lebih mengembangkan fasilitas seperti membangun rumah makan khas Kutai Kartanegara.
Pengaruh Inovasi Produk dan Kepercayaan Merek terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Kane Toast yanti, suri
Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL Vol 12, No 2 (2024): Jurnal Administrasi Bisnis
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54144/jadbis.v12i2.11910

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara parsial dan simultan pengaruh inovasi produk dan kepercayaan merek terhadap keputusan pembelian pada produk Kane Toast. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survei dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan adalah 100 responden yang merupakan konsumen Kane Toast dengan menggunakan sampel non-probality dengan teknik purposive sampling (judgement sampling). Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data yang digunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa baik secara parsial maupun simultan inovasi produk dan kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Temuan penelitian juga memberikan rekomendasi pada Kane Toast untuk terus berupaya meningkatkan inovasi produk dan kepercayaan merek. Hal ini akan mempengaruhi keputusan pembelian konsumen.
Efektivitas Iklan Skincare MS Glow Melalui Tiktok Terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Metode EPIC Model Kezia, Diah Ayu
Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL Vol 12, No 2 (2024): Jurnal Administrasi Bisnis
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54144/jadbis.v12i2.12128

Abstract

Dengan melihat fenomena perkembangan media sosial yang digunakan dalam memasarkan dan mengenalkan produk, perlu dikaji bagaimana efektifitas dari media sosial yang para pelaku bisnis pilih khususnya yang bergerak di bidang industri kecantikan. Tiktok saat ini merupakan media sosial yang sedang naik daun dan juga Tiktok menyediakan wadah untuk penggunanya berbelanja seperti dalam marketplace. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan SPSS dan juga EPIC Rate. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel efektivitas iklan dengan dimensi empathy, persuasion, impact, communication berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Sedangkan Nilai EPIC Rate yang merupakan nilai rata-rata dari ke empat variabel berada pada angka 4,08. Nilai ini berada dalam rentang ”efektif” pada rentang skala efektivitas.

Page 1 of 1 | Total Record : 5