Jurnal Manajemen Publik dan Kebijakan Publik (JMPKP)
Jurnal Manajemen Publik & Kebijakan Publik, diterbitkan oleh program studi Administrasi Publik , sebagai wadah forum antara para akademisi, peneliti /praktisi, bidang kebijakan publik, manajemen tata kelola pemerintahan (sector publik). Untuk, menyampaikan gagasan dan menumbuhkan keunggulan dan berbagi pengalaman dan membuat strategi dalam mengatasi permasalahan penelitian dalam bidang administrasi , kebijakan publik, manajemen dan tata kelola pemerintahan
Articles
12 Documents
Search results for
, issue
"Vol. 2 No. 1 (2020): Jurnal Manajemen Publik dan Kebijakan Publik (JMPKP)"
:
12 Documents
clear
MANAJEMEN INOVASI : PROMOSI DALAM MENDUKUNG SISTEM MERIT DI BKD PROVINSI JAWA BARAT
Galih Wibowo
Jurnal Manajemen Publik dan Kebijakan Publik (JMPKP) Vol. 2 No. 1 (2020): Jurnal Manajemen Publik dan Kebijakan Publik (JMPKP)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Bengkulu
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.36085/jmpkp.v2i1.641
Untuk mewujudkan World Class Government, konsep manajemen PNS harus berinovasi, termasuk dalam hal promosi pegawai. Pemerintah Provinsi Jawa Barat menjadi salah satu pemerintah daerah yang banyak melaksanakan reformasi birokrasi dan inovasi manajemen kepegawaian, termasuk pelaksanaan promosi melalui seleksi terbuka. Permasalahan yang muncul, fenomena lelang jabatan atau seleksi terbuka terlaksana dengan system yang beraneka ragam di setiap pemerintah daerah. Mengkaji pola promosi pegawai di Jawa Barat dapat menjadi gambaran tentang dampak dan solusi yang muncul dalam manajemen inovasi promosi. Melalui telaah indikator dasar hukum, kebijakan dan internvensi, teknologi, kompetensi pelaksana, peserta, strategi prosedur, dan sumberdaya didapatkan benang merah dampak manajemen inovasi promosi pegawai. Berdasarkan pengamatan dan diskusi ditarik hasilnya menggambarkan bahwa pelaksanaan sudah baik, namun perlu adanya produk hukum daerah sebagai dasar implementasi kebijakan manajemen inovasi promosi, pengembangan teknologi informatika secara terintegrasi dan pengawasan berbasis elektronik serta politik anggaran.
ANALISIS PERAN KEPEMIMPINAN REKTOR UNIVERSITAS DEHASEN BENGKULU
Tuti Handayani
Jurnal Manajemen Publik dan Kebijakan Publik (JMPKP) Vol. 2 No. 1 (2020): Jurnal Manajemen Publik dan Kebijakan Publik (JMPKP)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Bengkulu
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.36085/jmpkp.v2i1.642
Instansi seperti Universitas merupakan perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademik dan pendidikan profesional dalam sejumlah disiplin ilmu pengetahuan, teknologi, kesenian dan cabangcabang ilmu lainnya sehingga membentuk instansi pendidikan yang sangat kompleks. Untuk itu, Universitas harus memperhatikan bagaimana kinerja tenaga pendidik (tendik) untuk dapat mengatur jalannya pendidikan tinggi sesuai dengan tujuan perguruan tinggi. Pimpinan dalam Universitas sangat berperan penting dalam kemajuan organisasinya. Pimpinan Universitas selanjutnya disebut Rektor sangat berpengaruh pada kemajuan Universitas yang dipimpinnya. Di Unived sendiri jumlah tendik yang banyak dan memiliki karakter berbeda-beda, tentunya akan memberikan warna tersendiri dalam dunia kerja lingkungan Unived, lingkungan kerja di Unived tidak terlepas dari peran seorang pemimpin dalam hal ini Rektor untuk memajukan Unived harus ada kesinambungan antara Atasan dan Bawahan dalam hal ini Rektor beserta jajarannya, Dosen dan Tendik. Dalam dunia kerja tidak dipungkiri terdapat beberapa problem/masalah yang dapat menghambat kinerja. Berdasarkan rumusan masalah diatas maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana peran kepemimpinan Rektor di Universitas Dehasen Bengkulu?, dengan tujuan penelitian untuk mengetahui peran kepemimpinan Rektor Unived. Adapun landasan teori yang digunakan pada penelitian ini adalah menurut Henry Mintzberg (dalam Badeni, 2004:2). Meliputi: Interpersonal Role, Decision Making dan Informational Role. Penelitian ini mengunakan jenis penelitian kualittaif dengan tehnik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian sebagai berikut: pertama Interpersonal Role dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa Rektor Unived merupakan sosok leader dan figur yang bertanggung jawab kepada organisasinya. Kedua, peran Decision Making Rektor Unived berani mengambil keputusan untuk merevisi Visi Misi Unived dimana dalam Visi Misi tersebut mencantumkan enterpreneurship. Rektor selayaknya memiliki jiwa wirausaha (entrepreneur) dalam rangka mengembangkan perusahaan dan beradaptasi dengan perubahan lingkungan perusahaan, serta berani untuk mengambil keputusan dalam rangka kemajuan perusahaan. Ketiga, Peran Informational Role. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa Rektor Unived harus memastikan informasi-informasi yang disampaikan berkaitan dengan pelaksanaan kerja dengan menyampaikan informasi sesuai dengan pekerjaan masing-masing.
INTERNASIONALISASI KAMPUS SEBAGAI STRATEGI PERGURUAN TINGGI DALAM MENGHADAPI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0
Matheus Gratiano Mali
Jurnal Manajemen Publik dan Kebijakan Publik (JMPKP) Vol. 2 No. 1 (2020): Jurnal Manajemen Publik dan Kebijakan Publik (JMPKP)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Bengkulu
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.36085/jmpkp.v2i1.643
Internationalization in the field of education is not something new in the era of globalization and then entered the era of the Industrial Revolution 4.0 and even has become a phase faced by universities both nationally and abroad in improving the quality of institutions and graduates. Collaboration and internationalization partnerships are one aspect of various educational accreditations and certifications at universities. Higher education as a scientific institution is expected to contribute significantly in efforts to help the Government to prepare human resources who have high competence, who can compete globally and that produce scientific work that is full of innovation and appropriate technology.
KEBIJAKAN PENANGGULANGAN KEMISKINAN DI KABUPATEN KULON PROGO, REALISASI JANJI KAMPANYE BUPATI HASTO WARDOYO DI TAHUN PERTAMA PEMERINTAHAN PERIODE KE DUA
SL Harjanta
Jurnal Manajemen Publik dan Kebijakan Publik (JMPKP) Vol. 2 No. 1 (2020): Jurnal Manajemen Publik dan Kebijakan Publik (JMPKP)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Bengkulu
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.36085/jmpkp.v2i1.685
Penelitian ini mengkaji bagaimana realisasi janji pasangan pemimpin daerah Kulon Progo, Hasto Wardoyo-Sutedjo. Dalam masa kampanye Pilkada tahun 2017 lalu, pasangan petahana ini cukup menonjol dalam mengkampanyekan keberhasilan program penanggulangan kemiskinan. Keberhasilan program kemiskinan di masa pemerintahan sebelumnya, akhirnya sukses mengantarkan Hasto-Tedjo mempertahankan kursi bupati dan wakil bupati Kulon Progo. Secara khusus, dalam penelitian ini memfokuskan pada bagaimana implementasi program bedah rumah. Bedah rumah adalah salah satu program penanggulangan kemiskinan yang c ukup menonjol yang dilakukan Bupati Hasto Wardoyo. Program ini cukup populer karena masih banyaknya warga Kulon Progo yang menghuni rumah tidak layak. Yang menarik lainnya, pembiayaan program ini tidak mengandalkan APBDes, APBD maupun APBN. Namun, bersumber dari CSR perusahaan swasta dan BUMD. Selain itu, program bedah rumah juga dibiayai dari zakat PNS yang dikelola Bazda Kulon Progo. Kendati sudah membuat sejumlah program anti kemiskinan, jumlah warga miskin di Kulon Progo masih cukup tinggi. Berdasarkan data BPS tahun 2017, angka kemiskinan sebesar 21 persen. Angka kemiskinan ini relatif masih tinggi. Dibandingkan tahun sebelumnya, angka kemiskinan hanya turun sekitar 0,3 persen.Kata kunci: Kebijakan, Penanggulangan Kemiskinan dan Realisasi Janji Kampanye
IMPLEMENTASI KEBIJAKAN LAYANAN CO WORKING SPACE RAMAH DIFABEL SEBAGAI KONSEP PENGEMBANGAN JOGJA SMART PROVINCE ( Studi Kasus di Dinas Komunikasi Dan Informatika DIY )
Dina Bayu Ambarwati
Jurnal Manajemen Publik dan Kebijakan Publik (JMPKP) Vol. 2 No. 1 (2020): Jurnal Manajemen Publik dan Kebijakan Publik (JMPKP)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Bengkulu
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.36085/jmpkp.v2i1.687
Layanan Disabled Friendly Diskominfo Co Working Space (DCS) di Diskominfo Yogyakarta diresmikan pada hari Jumat, 24 Agustus 2018, untuk memfasilitasi para star-up dan pencipta digital. Berdasarkan hal ini, para peneliti tertarik untuk mempelajari Implementasi Kebijakan Layanan Ruang Kerja Co yang Ramah Disabilitas sebagai Konsep Pengembangan Provinsi Smart Jogja di Yogyakarta Diskominfo. Tujuannya adalah untuk mengetahui implementasi layanan Ruang Kerja Co bagi para penyandang cacat sebagai konsep untuk mengembangkan Provinsi Smart Jogja dan faktor-faktor yang mempengaruhi layanan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data: observasi, wawancara, dan dokumentasi, dan teknik analisis data: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil implementasi kebijakan implementasi layanan Ruang Kerja untuk Ruang Kerja ramah penyandang disabilitas sebagai konsep pengembangan Jogja Smart Province dilihat dari beberapa indikator dengan pencapaian target 100% untuk kegiatan workshop sebanyak enam. kali setahun dan 75% penggunaan layanan, di buku tamu tahun 2019 sebanyak 476 pengunjung menggunakan ruang untuk acara komunitas ada 280 orang, ada 140 kegiatan workshop. Â
EFEKTIVITAS EDUCATION MANAGEMENT INFORMATION SYSTEM (EMIS) DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 5 SLEMAN
Wahir Tupono
Jurnal Manajemen Publik dan Kebijakan Publik (JMPKP) Vol. 2 No. 1 (2020): Jurnal Manajemen Publik dan Kebijakan Publik (JMPKP)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Bengkulu
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.36085/jmpkp.v2i1.702
Abstract: Education Management Information System (EMIS) at MAN 5 Sleman is a one-door online madrasah data collection but in reality there are still often problems such as the National Student Registration Number (NISN) is not appropriate, NISN is not found and there is student data that is not found / lost in the application EMIS. This has resulted in its own constraints in managing EMIS data at MAN 5 Sleman. The purpose of this study was to determine the effectiveness of EMIS in MAN 5 Sleman and the effect on the success of students taking the National Computer Based Test (UNBK). The benefit of this research is that the wider community knows that MAN 5 Sleman in data management has used an online system called EMIS, so that data that is at MAN 5 Sleman can be accessed anytime and anywhere. This type of research uses descriptive qualitative methods, while the data collection techniques use interviews, observation and documentation with the data validity test by means of triangulation
MANAJEMEN INOVASI : PROMOSI DALAM MENDUKUNG SISTEM MERIT DI BKD PROVINSI JAWA BARAT
Wibowo, Galih;
Soeprihattanto, R. Bambang
Jurnal Manajemen Publik dan Kebijakan Publik (JMPKP) Vol. 2 No. 1 (2020): Jurnal Manajemen Publik dan Kebijakan Publik (JMPKP)
Publisher : Program Studi Administrasi Publik Universitas Muhamamdiyah Bengkulu
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (346.183 KB)
To realize World Class Government, the concept of management of civil servants must innovate, including in terms of employee promotion. The West Java Provincial Government has become one of the regional governments that has carried out many bureaucratic reforms and staff management innovation, including the implementation of promotions through open selection. Problems that arise, the phenomenon of promotion or open selection implemented with a diverse system in each local government. Reviewing employee promotion patterns in West Java can be an illustration of the impacts and solutions that have emerged in the management of promotional innovations. Through the analysis of basic indicators of law, policy and intervention, technology implementing, apparatus competencies, participants, procedural strategies, and financial resources, obtained a common thread the impact of employee promotion innovation management. Based on observations and discussions, the results were drawn to illustrate that the implementation was running well, but the need for regional legal products as the basis for implementing promotional innovation management policies, and integrated information technology development also electronic-based supervision and financial politics
ANALISIS PERAN KEPEMIMPINAN REKTOR UNIVERSITAS DEHASEN BENGKULU
Handayani IS, Tuti
Jurnal Manajemen Publik dan Kebijakan Publik (JMPKP) Vol. 2 No. 1 (2020): Jurnal Manajemen Publik dan Kebijakan Publik (JMPKP)
Publisher : Program Studi Administrasi Publik Universitas Muhamamdiyah Bengkulu
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (455.448 KB)
Institutions such as universities are universities that organize academic and professional education in a number of disciplines of science, technology, arts and other branches of science so as to form highly complex educational institutions. To that end, the University must pay attention to how the performance of educators (Tendik) to be able to manage the course of higher education in accordance with the objectives of higher education. The leadership in the University is very important in the progress of the organization. The leadership of the University, henceforth called the Chancellor, greatly influenced the progress of the University he was leading. In Unived itself, the number of tendics that are many and have different characters will certainly give its own color in the world of Unived work environment, the work environment in Unived is inseparable from the role of a leader in this case. this is the Chancellor and his staff, Lecturers and Education. In the world of work there is no doubt there are several problems / problems that can hamper performance. Based on the formulation of the problem above, the formulation of the problem in this study is What is the role of the Chancellor's leadership at Dehasen University Bengkulu ?, with the aim of the study to determine the role of the Rector's Unived leadership. The theoretical basis used in this study is according to Henry Mintzberg (in Badeni, 2004: 2). Includes: Interpersonal Role, Decision Making and Informational Role. This research uses qualitative research with observation, interview and documentation data collection techniques. The results of the study are as follows: First, the Interpersonal Role from the research results can be seen that the Unived Rector is a leader figure and a figure responsible to his organization. Secondly, the role of the Decision Making Unived Chancellor dares to take the decision to revise the Unived Vision and Mission which includes the Entrepreneurship Vision and Mission. The Chancellor should have an entrepreneurial spirit (entrepreneur) in order to develop the company and adapt to changes in the company's environment, and dare to take decisions in order to progress the company. Third, the Role of Informational Role. From the results of the study it can be seen that the Unived Rector must ensure that the information submitted is related to the implementation of work by submitting information in accordance with their respective work
EFEKTIVITAS EDUCATION MANAGEMENT INFORMATION SYSTEM (EMIS) DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 5 SLEMAN
Tupono, Wahir;
Syakdiah, Syakdiah;
Kusumawiranti, Retno Kusumawiranti
Jurnal Manajemen Publik dan Kebijakan Publik (JMPKP) Vol. 2 No. 1 (2020): Jurnal Manajemen Publik dan Kebijakan Publik (JMPKP)
Publisher : Program Studi Administrasi Publik Universitas Muhamamdiyah Bengkulu
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (276.857 KB)
Education Management Information System (EMIS) at MAN 5 Sleman is a one-door online madrasah data collection but in reality there are still often problems such as the National Student Registration Number (NISN) is not appropriate, NISN is not found and there is student data that is not found / lost in the application EMIS. This has resulted in its own constraints in managing EMIS data at MAN 5 Sleman. The purpose of this study was to determine the effectiveness of EMIS in MAN 5 Sleman and the effect on the success of students taking the National Computer Based Test (UNBK). The benefit of this research is that the wider community knows that MAN 5 Sleman in data management has used an online system called EMIS, so that data that is at MAN 5 Sleman can be accessed anytime and anywhere. This type of research uses descriptive qualitative methods, while the data collection techniques use interviews, observation and documentation with the data validity test by means of triangulation
KEBIJAKAN PENANGGULANGAN KEMISKINAN DI KABUPATEN KULON PROGO, REALISASI JANJI KAMPANYE BUPATI HASTO WARDOYO DI TAHUN PERTAMA PEMERINTAHAN PERIODE KE DUA
Harjanta, SL.
Jurnal Manajemen Publik dan Kebijakan Publik (JMPKP) Vol. 2 No. 1 (2020): Jurnal Manajemen Publik dan Kebijakan Publik (JMPKP)
Publisher : Program Studi Administrasi Publik Universitas Muhamamdiyah Bengkulu
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (544.389 KB)
This study examines the realization of the promise of the Kulon Progo regional leader pair Hasto Wardoyo-Sutedjo. During the 2017 election campaign, the incumbent couple was quite prominent in campaigning for the success of the poverty alleviation program. The success of the poverty program during the previous administration, finally succeeded in delivering Hasto-Tedjo to maintain the seat of regent and vice regent of Kulon Progo. Specifically, this research focuses on how to implement a home surgery program. Home renovation is one of the salient poverty reduction programs carried out by Regent Hasto Wardoyo. This program is quite popular because there are still many Kulon Progo residents who inhabit unfit homes. Another interesting thing is that the funding of this program does not rely on the APBDes, APBD or APBN. However, sourced from private companies and BUMD CSR. In addition, the house renovation program is also funded by the zakat of civil servants managed by Bazda Kulon Progo. Despite having made a number of anti-poverty programs, the number of poor people in Kulon Progo is still quite high. Based on BPS data for 2017, the poverty rate is 21 percent. This poverty rate is still relatively high. Compared to the previous year, the poverty rate only fell around 0.3 percent