cover
Contact Name
Yana Setiawan
Contact Email
yanasetiawan@upi.edu
Phone
+6285722670850
Journal Mail Official
gunahumas@upi.edu
Editorial Address
Gedung University Center Lantai 1. Jl. Dr. Setiabudhi No 229 Bandung 50154
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Gunahumas
ISSN : 27742822     EISSN : 26551551     DOI : https://doi.org/10.17509/gunahumas
Core Subject : Education, Social,
Gunahumas with registered number 2655-1551 (Print) and 2774-2822 (Online) is published by Kantor Hubungan Masyarakat Universitas Pendidikan Indonesia. It is published twice a year. Jurnal Gunahumas Journal is a journal that publishes the work of researchers and practitioners in the field of Public Relations. Articles submitted and will be published will be assessed by bild reviewers gradually. Scope of the article to be written include: (1) Philosophical Studies Public Relations (2) Philosophical Studies Human Relationship (3) Relationship Public Relations Resources (4) Media Human Relationship (5) Public Relations Communication Systems (6) Digital Public Relations Research (7) Publication and Public Relations Policy (8) Public Relations Organization (9) Modernization of Public Relations (10) Public relations in the fields of Education, Science and Technology
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2020): Gunahumas" : 8 Documents clear
Implementasi Model Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Inggris: Degrees of Comparison Setiawati, Linda; Purosad, Apip; Darmawan, Deni
Gunahumas Vol 3, No 2 (2020): Gunahumas
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakPenelitian ini telah dilaksanakan selama dua bulan, yakni bulan April dan Mei 2019. Selama dua bulan itu yang dilakukan oleh peneliti adalah menyerahkan surat izin penelitian ke sekolah yang dituju, menentukan observer penelitian, menentukan sampel dan populasi, menyiapkan silabus, RPP, media model pembelajaran mobile learning yang berbasis android, instrumen soal, dan instrumen lembar jawaban. Kemudian dilakukan pretest untuk mengukur kemampuan siswa sebelum mengikuti proses pembelaaran baik aspek pengetahuan maupun aspek keterampilan, setelah itu dilaksanakan proses pembelajaran di mana kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran mobile learning yang berbasis android sedang di kelas kontrol diterapkan model pembelajaran konvensional, dan pada pertemuan berikutnya dilaksanakan posttest di kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan dengan menggunakan instrument soal aspek pengetahuan dan keterampilan yang sama. Dan dari hasil pretest dan posttest didapatkan hasil prestasi yang sangat berbeda antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, di mana kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran mobile learning yang berbasis android mendapatkan nilai yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan model konvensional. Menelaah dari hasil tersebut peneliti dapat menyimpulkan bahwa model pembelajaran mobile learning yang berbasis android dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada pelajaran Bahasa Inggris dan model pebelajaran mobile learning direkomendasikan oleh peneliti sebagai model pembelajaran yang cocok digunakan dalam proses pembelajaran baik Bahasa Inggris maupun pelajaran lainnya.
Pemanfaatan Media Video dan Market Plan dalam Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Sistem Pencernaan Manusia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Hindasah, Ida
Gunahumas Vol 3, No 2 (2020): Gunahumas
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstractBased on the results of observations made at Karangmulya I Public Elementary School and the author's experience that the material in the human digestive system of teachers is often difficult when teaching so that learning outcomes obtained by students are less satisfying. This study aims to (1) Develop learning by utilizing video media and market plan methods, (2) find out the development steps in learning, and (3) find out how far the merging of video media and market plan methods can improve student learning outcomes in Natural Sciences class VI subject of the human digestive system. The results of this study indicate that the learning media by utilizing video collaborated with the market plan method in science subjects the subject of the human digestive system shows an increase. This is evidenced by the acquisition of student values above the KKM. This learning work has been disseminated to colleagues especially in SDN Karngmulya I. Keywords: Class VI Science;Human Digestion;Video Media and Market Plan AbstrakBerdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SDN Karangmulya I dan pengalaman penulis bahwa dalam materi sistem pencernaan manusia guru seringkali Kesulitan saat mengajarkanya sehingga hasil belajar yang diperoleh peserta didik  kurang memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengembangkan pembelajaran dengan memanfaatkan media  video dan metode market plan, (2) mengetahui langkah-langkah pengembangan dalam pembelajaran, dan (3) mengetahui sejauh mana penggabungan media video dan metode market plan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas VI pokok bahasan sistem percernaan manusia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran dengan memanfaatkan video yang dikolaborasikan dengan metode market plan dalam mata pelajaran IPA pokok bahasan sistem pencernaan manusia menunjukan adanya peningkatan. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai peserta didik di atas KKM. Karya pembelajaran ini telah didesiminasikan kepada rekan sejawat khususnya di lingkungan SDN Karangmulya I. Kata kunci: IPA Kelas VI; Media Video dan Market Plan;Pencernaan Manusia.
Analysis of Results of Test Resistance Isolation Power Transformator Based on Polarization Index Test and Delta Tanngen Mulyana, Elih; Hasbullah, Hasbullah; Sayefullah, Dzikri
Gunahumas Vol 3, No 2 (2020): Gunahumas
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The transformer is the leading equipment in the electric power system that is directly related to the electrical transmission and distribution system. An essential part of a power transformer is its insulation system. Along with age and its operation, the condition of insulation can be damaged, which can lead to failure of the surgery. The purpose of this study was to determine the quality conditions of the power transformer insulation. The method in this research is observation and study of literature, while the research location is PT PLN (Persero) TJBT APP Cirebon. Data were taken in the form of polarization index and delta tangent test results. After the data is collected, the polarization index and delta tangent are calculated and analyzed. Analysis of the polarization index testing using the primary-ground, secondary-ground, tertiary-ground, primary-secondary, secondary-tertiary, and primary-tertiary methods. Whereas tangent delta testing is the relationship between CH, CHL, CL, CT, CHT, and CLT.The results of tests with delta polarization and tangent indexes that the transformer isolation resistance is still good and the transformer is feasible to operate.
Penerapan Project Based Learning Menggunakan Microblogging Edmodo untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Saepulloh, Saepulloh; Nurhayati, Fitri; Darmawan, Iwan
Gunahumas Vol 3, No 2 (2020): Gunahumas
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract The purpose of this study was to determine the effectiveness of using a project-based learning model using Edmodo microblogging in improving student achievement in mathematics learning. This study uses a quantitative approach with a quasi-experimental method. The results showed that the increase in student achievement by using project-based learning using Edmodo in the experimental class was higher than the conventional method in the control class. Student responses amounted to 87.23%. shows that students give a very good/positive response to project-based learning using Edmodo microblogging. Keywords: Edmodo;Project-Based Learning;Student Learning Achievement AbstrakTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran project based learning dengan menggunakan microblogging edmudo dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen. Hasil penelitian menunjukan peningkatan prestasi belajar siswa dengan menggunakan project based learning menggunakan edmudo pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan metode konvensional pada kelas control. Tanggapan siswa sebesar 87.23%. menunjukan bahwa siswa memberikan  respon yang sangat baik/positif terhadap project based learning menggunakan microblogging edmudo. Kata Kunci: Edmudo;Prestasi Belajar Siswa;Project Based Learning 
Penerapan E-Modul untuk Meningkatkan Comunication Skills Bahasa Inggris Ruhimat, Toto; Nurjanah, Siti Ahadiah
Gunahumas Vol 3, No 2 (2020): Gunahumas
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan peningkatan communication skills setelah diterapkan model ADDIE berbantuan e-modul pada mata pelajaran Bahasa inggris. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode quasy exsperiment dan menggunakan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII di salah satu SMP di Kabupaten Garut. Dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII B diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Peningkatan comunication skills diukur dengan menggunakan 10 pertanyaan. Diharapkan model ADDIE berbantuan e-modul ini dapat menjadi solusi dalam peningkatan communication skills siswa
Strategi Kepala Sekolah dalam Mempersiapkan Pembelajaran Daring di Lingkungan SDN 1 Selaawi Kabupaten Garut Hidayat, Asep; Mintarsih, Mimin
Gunahumas Vol 3, No 2 (2020): Gunahumas
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Adanya wabah pandemi yang berlangsung di Indonesia sejak Maret 2020 lalu telah mengubah tatanan kehidupan manusia. Dengan era kehidupan new normal yang mengharuskan semua aktivitas mengikuti protokol kesehatan tertentu dalam pembelajaran diperlukan perencanaan yang memadai. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimanakah strategi kepala sekolah dalam mempersiapkan pembelajaran daring  di lingkungan SDN 1 Selaawi Kecamatan Selaawi Kabupaten Garut. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Dalam penelitan ini yang menjadi subyek penelitian adalah kepala sekolah SDN 1 Selaawi yang terletak di Kecamatan Selaawi Kabupaten Garut. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 1 Selaawi, tepatnya di Desa Selaawi Kecamatan Selaawi Kabupaten Garut.  Dalam penelitian ini, digunakan teknik pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti kepada Kepala Sekolah SDN 1 Selaawi maka dapat dijelaskan bahwa kepala sekolah ini menggunakan strategi yang tepat dalam mempersiapkan pembelajaran daring, berupa analisis kebutuhan terhadap kesiapan siswa, mempersiapkan guru dalam menentukan aplikasi dan dapat menggunakan aplikasi yang ditetapkan, membentuk tim layanan konsultasi pembelajaran daring serta evaluasi. Kesiapan melaksanakan pembelajaran daring tampak dari adanya kesiapan siswa, kesiapan guru, adanya layanan konsultasi dan dilakukan evaluasi.
Strategi Media Relations dalam Media dan Bloggers Gathering SGM Eksplor Advance+ Soya Triadwinca, Brenda; Hafiar, Hanny; Priyatna, Centurion C
Gunahumas Vol 3, No 2 (2020): Gunahumas
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian dengan tajuk “Strategi Media Relations Dalam Media Bloggers Gathering SGM Eksplor Advance+ Soya” ini merupakan penelitian deskriptif dengan jenis data kualitatif yang berfokus untuk mengetahui strategi media relations yang dilakukan oleh Sarihusada pada kegiatan Media Bloggers Gathering SGM Eksplor Advance+ Soya. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan mengenai; 1) pengelolaan relasi, 2) pengembangan strategi, 3) pengembangan jaringan pada kegiatan Media Bloggers Gathering SGM Eksplor Advance+ Soya. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain adalah wawancara dengan delapan key informant, dua informan tambahan, observasi non-partisipatif, serta studi dokumentasi. Teknis validitas data menggunakan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa; 1) Sarihusada masih belum optimal dalam mengelola relasi dengan media, komunikasi antara perusahaan dengan media yang dilakukan kurang berjalan dengan maksimal, sedangkan hubungan dengan bloggers sudah optimal dilakukan, 2) Dalam pengembangan strategi, Sarihusada masih belum optimal dalam memerhatikan aspek-aspek ketika menjalin relasi dengan media dan bloggers dalam mendukung penyusunan taktik, 3) Sarihusada belum mengembangkan jaringan pada organisasi profesi kehumasan dan juga belum optimal dalam mengembangkan jaringan pada profesi kewartawanan.
Pembelajaran online dengan Aplikasi Zoom Meeting di Kelas 5 SDN 1 Selaawi di Masa Pandemi Covid-19 Solihin, Ahmad
Gunahumas Vol 3, No 2 (2020): Gunahumas
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tahun 2020 merupakan tahun diman penyebaran Covid-19 yang semakin tidak terkendali hampir di seluruh Negara di dunia dan tidak terkecuali negara kita Indonesia marasakan dampaknya.  kebekuan terjadi pada berbagai sektor tak terkecuali sektor pendidikan yang sama sekali tidak bisa melaksanakan tatap muka pembelajaran, menanggapi keadaan ini pemerintah mengeluarkan kebijakan seluruh sekolah tidak boleh melaksanakan pembelajaran di kelas dan bertatap muka secara langsung. Kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dengan program bantuan kuota belajar yang dikeluarkan pemerintah sebagai solusi agar sector pendidikan tetap berjalan kreatifitas guru dituntut untuk bisa menggunakan berbagai flatporm aplikasi pembelajaran  online  yang tersedia sangat banyak namun kemanfaatan dan efektifitasnya sangat berbeda. Salah satu upaya untuk menyikapi kebijakan pemerentah, kelas 5 SDN 1 Selaawi Garut mengambil langkah pembelajaran dengan memanfaatkan fasilitas  Aplikasi Zoom Meeting yang bisa diakses melalui kuota belajar sebagai alternatif strategis yang sangat efektif bagi keberlangsungan proses belajar di tengah pandemi.  Dengan metode pengkajian kualitatif  dapat dijadikan rujukan untuk mengetahui proses pembelajaran guru dan  respon siswa  di kelas 5 SDN 1 Selaawi dalam pembelajaran online yang baik dengan  aplikasi Zoom Meeting

Page 1 of 1 | Total Record : 8