cover
Contact Name
Dina Indriyani
Contact Email
dinaindriyani08@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalpphk@unsur.ac.id
Editorial Address
Fakultas Keguruan dan Imu Pendidikan, Universitas Suryakancana, Cianjur. Dr. Muwardi, By Pass Cianjur
Location
Kab. cianjur,
Jawa barat
INDONESIA
JPPHK (Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan)
ISSN : 20875185     EISSN : 26228718     DOI : -
This jurnal explores the researchers in citizenship studies i.e civic education (curriculum, teaching, instructional media, and evaluation), political education, law education, moral education, and multicultural education, and Law Enformcement. We are also interested in scholarship that crosses disciplinary lines and speaks to readers from a range of theoretical and methodological perspectives. this journal seeks for any manuscript related to civics and civics education
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 14, No 2 (2024): Jurnal Pendidikan Politik, Hukum, dan Kewarganegaraan" : 5 Documents clear
PERLINDUNGAN DAN PEMAJUAN HAK ASASI MANUSIA DI TINGKAT NASIONAL DAN INTERNASIONAL radhifan, rahmad
Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan Vol 14, No 2 (2024): Jurnal Pendidikan Politik, Hukum, dan Kewarganegaraan
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35194/jpphk.v14i2.4315

Abstract

Penelitian ini mengkaji upaya perlindungan dan pemajuan Hak Asasi Manusia (HAM) di tingkat nasional dan internasional. Pembahasan meliputi instrumen hukum dan lembaga yang berperan dalam perlindungan HAM, peran pemerintah Indonesia, serta tantangan dan strategi dalam mewujudkan pemenuhan HAM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya perlindungan HAM dilakukan melalui regulasi, pembentukan lembaga khusus, edukasi, dan penegakan hukum. Instrumen hukum seperti UUD 1945, UU HAM, dan instrumen internasional menjadi landasan, sementara lembaga seperti Komnas HAM dan Pengadilan HAM menjadi pengawas pelaksanaannya. Pemerintah Indonesia telah meratifikasi instrumen HAM internasional dan mengimplementasikannya dalam hukum nasional. Namun, tantangan seperti pelanggaran HAM, kemiskinan, konflik, dan degradasi lingkungan masih harus diatasi melalui strategi yang komprehensif, melibatkan kerjasama berbagai pihak secara global. Kata Kunci: Hak Asasi Manusia, Perlindungan HAM, Pemajuan HAM
Pentingnya Mempelajari Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Menjunjung Nilai-nilai Kebangsaan Lestari, D. Siti
Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan Vol 14, No 2 (2024): Jurnal Pendidikan Politik, Hukum, dan Kewarganegaraan
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35194/jpphk.v14i2.4273

Abstract

Pendidikan kewarganegaraan ialah suatu pendidikan yang sangat penting tentunya bagi kita generasi muda. Yang dimana pendidikan ini sangatlah bermanfaat bagi kita yang dimana salah satuya adalah penanaman nilai moral, karena nilai moral ini yaitu mempelajari tentang bagaimana manusia menjalankan suatu aktivitasnya atau suatu nilai yang dimana nilai ini berkaitan dengan perbuatan seseorang antara baik dan buruknya yang menjadi suatu dasar kehidupan manusia dan masyarakat. Metode yang digunakan penulis dalam penulisan artikel ini yaitu menggunakan metode studi litelatur. Yang dimana penulis mengkaji informasi-informasi yang didapatkan dari berbagai sumber. Literatur yang dipilih berdasarkan pada pembahasan pentingnya mempelajari pendidikan kewarganegaraan untuk menjunjung nilai dan Penelitian ini berfokus pada pentingnya pendidikan kewarganegaraan sebagai sarana untuk menjunjung tinggi nilai-nilai kebangsaan. Dalam sebuah negara, kebangsaan memiliki peran yang vital dalam membentuk identitas, kesatuan, dan kebersamaan warga negara. Pendidikan Kewarganegaraan merupakan salah satu konsep pendidikan yang berfungsi untuk membentuk generasi muda sebgai warga negara yang mempunyai karakter. Keterkaitan pendidikan kewarganegaraan terhadap pengembangan karakter memiliki keterkaitan yang tidak bisa dilepaskan dari aspek pembentukan karakter dan moralitas warga negara (Izma & Kesuma, 2019). Tujuan pendidikan kewarganegaraan adalah membekali generasi muda dengan pengetahuan, pemahaman dan keterampilan untuk memahami dan menghayati nilai-nilai kebangsaan serta menjawab tuntutan dan tantangan globalisasi dan perubahan sosial. Dalam lingkungan pendidikan, pendidikan politik menjadi dasar pembentukan jiwa kebangsaan yang kuat dan positif.
PENTINGNYA NILAI-NILAI MORAL DALAM PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI ERA GLOBALISASI Ismawan, Firda Aprlia
Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan Vol 14, No 2 (2024): Jurnal Pendidikan Politik, Hukum, dan Kewarganegaraan
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35194/jpphk.v14i2.4124

Abstract

Artikel ini mebahas tentang krisis moral yang menjadi masalah dalam era globalisasi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data studi pustaka, dimana penulis menelaah beberapa sumber pustaka sebagai referensi. Artikel ini berisi pengertian moral, era globalisasi, pendidikan kewarganegaraan. Moral adalah sikap benar atau salah, serta baik atau buruknya karakter seseorang, Sesorang dikatakan bermoral jika ia berperilaku baik, dan jika ia melakukan hal negatif maka ia tidak mempunyai nilai moral pada dirinya. Pada Era Globalisasi saat ini dimana zaman semakin berkembang serta teknologi yang canggih yang memudahkan semua orang dapat mengakses segala hal. Selain itu Era Globalisasi adalah dimana banyak sekali perubahan dan perkembangan yang mangkin meluas, pada Era Globalisasi ini banyak mengalami kurangnya akan kesadaran diri sehingga Pendidikan Kewarganegaraan sangat penting. Pendidikan Kewarganegaraan adalah pendidikan yang membentuk karakter siswa menjadi lebih baik, serta Pendidikan Kewarganegaraan ini juga membekali generasi muda dengan ilmu pengetahuan, pemahaman dan keterampilan untuk memahami dan mendalami nilai-nilai kebangsaan serta tantangan pada era globalisasi.
Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan Bagi Generasi-Z Syahwalia, Revana Aura
Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan Vol 14, No 2 (2024): Jurnal Pendidikan Politik, Hukum, dan Kewarganegaraan
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35194/jpphk.v14i2.4122

Abstract

Artikel ini membahas mengenai penelitian yang berjudul “Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan bagi Generasi-Z” diharapkan dapat mengetahui, memperjelas, dan mengkaji lebih dalam tentang pentingnya peran Pendidikan Kewarganegaraan bagi Generasi-Z dan juga diharapkan bisa di implementasikan dalam kehidupan sehari-hari yang dimana meliputi tentang Pendidikan moral juga. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan studi literasi. Penulis melakukan serangkaian kegiatan berupa membaca, mencatat, dan mengolah informasi-informasi yang sudah didapatkan dari berbagai sumber. Manfaat dari penelitian ini juga dapat menciptakan generasi muda memiliki wawasan global, kemudian peduli terhadap isu masalah dalam lingkungan sekitar, dan yang terakhir bisa menciptakan generasi yang senantiasa menghargai perbedaan, perbedaan ini bisa meliputi perbedaan budaya ataupun perbedaan dalam beragama.
UPAYA MENINGKATKAN PENDIDIKAN PADA GENERASI-Z DI INDONESIA Kuspianti, Devani Siti
Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan Vol 14, No 2 (2024): Jurnal Pendidikan Politik, Hukum, dan Kewarganegaraan
Publisher : Universitas Suryakancana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35194/jpphk.v14i2.4115

Abstract

Penulisan ini dibuat adalah untuk mengetahui apa saja upaya-upaya yang harus dilakukan baik itu oleh pemerintah, guru, dan peserta didik itu sendiri untuk meningkatkan pendidikan yang berkualitas di era generasi-z ini. Dimana generasi-generasi ini yang pada saat ini sedang melaksanakan pendidikan baik itu pendidikan menengah pertama, menengah atas dan perguruan tinggi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan menggunakan desain penelitian studi literatur, yaitu dengan mengkaji berbagai literatur yang menunjang dan relevan sesuai dengan pembahasan. Penelitan menghimpun berbagai literatur yang dari berbagai sumber-sumber lainnya yang mendukung untuk kemudian peneliti melakukan analisia data sesuai dengan kajian yang diperlukan. Oleh karena itu penulis dalam artikel ini menjelaskan bagaimana upaya-upaya yang harus dilakukan untuk meningkatkan pendidikan terutama pada generasi-z sekarang yang dimana mereka lah yang saat ini sedang ada di proses pendidikan. Serta bagaimana mana peran guru dan orang tua dalam menghadapi generasi-z pada saat ini dan bagaimana guru serta orang tua tetap untuk mengawasi mereka agar tidak terlalu terjerumus pada hal-hal yang tidak diinginkan. Kata kunci: Generasi Z, Pendidikan, gawai

Page 1 of 1 | Total Record : 5