cover
Contact Name
Agus Fahmi
Contact Email
fahmieal2@gmail.com
Phone
+6285214422886
Journal Mail Official
visionary@undikma.ac.id
Editorial Address
Prodi AP Undikma, GD. lantai 3 Jl. Pemuda No. 59/A Mataram Phohe : 085214422886 Email : jurnalvisionary@gmail.com
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan
Focus and Scope Jurnal Visionary merupakan jurnal penelitian dan pengembangan di bidang administrasi pendidikan, artikel yang dimuat dalam jurnal ini adalah hasil penelitian, hasil kajian pustaka, hasil pengembangan, dan hasil penelusuran IPTEK menggunakan metode ilmiah. Scope bidang keilmuan yaitu Pendidikan, tenaga kependidikan, manajemen, administrasi, dan keilmuan lainnya.
Articles 14 Documents
Search results for , issue "Vol. 10 No. 2 (2022): Oktober" : 14 Documents clear
PEMANFAATAN TEKHNIK SHOW NOT TELL DENGAN MEDIA KARIKATUR DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI Jasnain, Tilsep; Anita, Anita; Rukiyah, Siti
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Vol. 10 No. 2 (2022): Oktober
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/vis.v10i2.6154

Abstract

Abstract: This study aims to improve the ability to write descriptive text in students by using the Show Not Tell technique through caricature media. To achieve these objectives used descriptive quantitative research methods with experimental techniques as a form of processing and data collection. The results obtained after being carried out at the final test stage there are benefits obtained after using the Show Not Tell technique with caricature media in the ability to write descriptive text, namely there is a difference of 27.17. Researchers provide suggestions for teachers who teach Indonesian subjects in order to use the Show Not Tell technique as an alternative in learning to write descriptive text essays at school because it is proven to have benefits in the learning process.Keywords: Description Text, Caricature, Show Not Tell.Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks deskripsi pada siswa dengan menggunakan tekhnik Show Not Tell melalui media karikatur. Untuk mencapai tujuan tersebut digunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan tekhnik eksperimen sebagi bentuk pengolahan dan pengumpulan data. Hasil yang diperoleh setelah dilakukan pada tahap test akhir terdapat manfaat yang diperoleh setelah pemanfaat tekhnik Show Not Tell dengan media karikatur dalam kemampuan menulis teks deskripsi yaitu terdapat selisih perbedaan sebesar 27,17. Peneliti memberikan Saran untuk guru yang mengajar mata pelajaran Bahasa Indonesia agar dapat menjadikan teknik Show Not Tell ini sebagai alternatif dalam pembelajaran menulis karangan teks deskripsi disekolah karena hal itu terbukti memiliki manfaat dalam proses pembelajaran.Kata Kunci : Teks Deskripsi, Karikatur, Show Not Tell.
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KARYAWISATA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI Hasanah, Niswatul; Alawiyah, Alawiyah
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Vol. 10 No. 2 (2022): Oktober
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/vis.v10i2.6155

Abstract

Abstract: This study aims to determine the effect of field trip learning methods on the ability to write poetry in students at Maraqitta'limat Junior High School Mamben Daya. Sampling in this study was carried out by purposive sampling technique, obtained two classes, namely class VIIa as the experimental class and class VIIb as the control class. The research method used in this study is an experimental method, which is to see the effect of the field trip method on the ability of children to write poetry. The research instrument was used through a written test to measure the level of children's ability to write poetry. Furthermore, the data obtained were analyzed using the t-test. Based on the results of data analysis carried out from the pre-test and post-test scores, it was obtained that tcount = 9.48 > ttable = 2.484, then the alternative hypothesis (Ha) was accepted and Ho was rejected. Meanwhile, the post-test average value is 76.75, which is greater than the pre-test average value, which is 56.25. Thus, it can be concluded that there is an effect of field trip learning methods on the ability to write poetry in students at Maraqitta'limat Junior High School Mamben Daya. Keywords: Field Trip Learning, Poetry Writing Ability. Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran  karyawisata terhadap kemampuan menulis puisi pada peserta didik di SMP Maraqitta’limat Mamben Daya. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik purposive sampel, didapatkan dua kelas yaitu kelas VIIa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIb sebagai kelas kontrol. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, yakni melihat pengaruh metode karya wisata terhadap kemampuan anak menulis puisi. Instrumen penelitian digunakan melalui tes tertulis untuk mengukur tingkat kemampuan anak menulis puisi. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji t-hitung. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan dari nilai pre test dan post tes diperoleh nilai thitung  = 9,48 > ttabel = 2,484, maka hipotesis alternatif (Ha) diterima dan Ho ditolak. Sementara nilai rata-rata post test  yaitu 76,75  lebih besar dari pada nilai rata-rata  pre test yaitu 56,25. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode pembelajaran karyawisata terhadap kemampuan menulis puisi pada peserta didik di SMP Maraqitta’limat Mamben Daya.Kata Kunci : Pembelajaran Karyawisata, Kemampuan Menulis Puisi.
ANALISIS MANFAAT PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI SISWA Purwaningsih, Ika; Marliansyah, Idham Syafri; Rukiyah, Siti
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Vol. 10 No. 2 (2022): Oktober
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/vis.v10i2.6156

Abstract

Abstract: In this study, analyzing the process of providing education in Indonesia is currently mostly done online or TMT (Limited Face-to-face). The various means of communication needed in learning can finally be used optimally to continue to provide a meaningful learning experience for students. This causes an increase in the intensity of the use of social media among students. This is used as an opportunity to take advantage of social media as a medium for learning Indonesian during the current pandemic. Therefore, this study aims to describe the utilization plan, how to use it, and the challenges of using social media as a learning medium. The plan to use social media as a learning medium is carried out in stages (a) determining learning objectives, (b) preparing learning materials, and (c) planning assessment instruments. How to use social media as a medium for learning Indonesian can be done by giving structured assignments through activities (a) producing videos, images, or infographics. Utilizing social media as a learning medium, educators must prepare themselves to be technology literate and must continue to improve their abilities and skills creatively and innovatively in accordance with technological and communication developments in order to present learning that is in accordance with the characteristics of millennial students and in supporting student achievement.Keywords: Learning Media, Social Media, Student AchievementAbstrak: Pada penelitian ini menganalisis proses penyelenggaraan pendidikan di Indonesia saat ini banyak dilakukan secara daringatau TMT (Tatap Muka Terbatas). Berbagai sarana komunikasi yang diperlukan dalam pembelajaran akhirnya dapat dimanfaatkan secara optimal untuk tetap memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi Siswa.Hal tersebut menyebabkan meningkatnya intensitas penggunaan media sosial di kalangan Siswa.Hal ini dijadikan sebagai peluang untuk memanfaatkan media sosial sebagai media pembelajaran Bahasa Indonesia di masa pandemi saat ini. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk memaparkan rencana pemanfaatan, cara pemanfaatan, serta tantangan pemanfaatan media sosial sebagai media pembelajaran. Rencana pemanfaatan media sosial sebagai media pembelajaran dilakukan dengan tahap (a) menentukan tujuan pembelajaran, (b) menyiapkan materi pembelajaran, serta (c) merencanakan instrumen penilaian. Cara pemanfaatan media sosial sebagai media pembelajaran Bahasa Indonesia dapat dilakukan dengan pemberian tugas terstruktur melalui kegiatan (a) berkarya menghasilkan video, gambar, atau infografik.Pemanfaatan media sosial sebagai media pembelajaran, pendidik harus menyiapkan diri untuk mau ‘melek’ teknologi serta harus terus meningkatkan kemampuan dan keterampilannya secara kreatif dan inovatif sesuai dengan perkembangan teknologi dan komunikasi agar dapat menyajikan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa milenial dan dalam mendukung prestasi siswa.Kata Kunci :Media Pembelajaran, Media Sosial, Prestasi Siswa
KURIKULUM PROTOTIPE PENDIDIKAN PARADIGMA MASA DEPAN Laila, Ida; Marliansyah, Idham Syafri; Wardarita, Ratu
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Vol. 10 No. 2 (2022): Oktober
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/vis.v10i2.6157

Abstract

Abstract: At the end of the odd semester or the beginning of the even semester of 2022, education implementers, school managers and especially teachers are shocked by the implementation of a new curriculum, namely the prototype curriculum. The purpose of this journal is to conceptually describe a prototype curriculum that will be implemented in the 2022/2023 school year. This type of research is a type of literature study with a descriptive method. The aim is to describe the results of the literature findings taken from articles, web, YouTube streaming related to the topics discussed. The results of the study indicate that in preparing for the conditions of the times, education must continue to move dynamically, prioritizing a proactive attitude in dealing with progressive and transformative change. The prototype curriculum is one of the efforts to transform education in Indonesia. The direction of prototype curriculum development has a distinctive feature that supports learning recovery efforts.Keywords: Prototype Curriculum, Future Paradigm EducationAbstrak: Pada akhir semester gasal atau awal semester genap tahun 2022 ini, para pelaksana pendidikan, pengelola sekolah dan terlebih khususnya para guru dihebohkan dengan akan diterapkannya kurikulum baru, yaitu kurikulum prototipe. Tujuan jurnal ini untuk mendeskripsikan secara konseptual kurikulum prototipe yang akan diterapkan pada tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian studi pustaka dengan metode deskriptif. Tujuannya untukmendeskripsikan hasil temuan pustaka yang diambil dari artikel, web, steamingyoutube terkait dengan topik yang dibahas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam mempersiapkan kondisi zaman, maka pendidikan harus terus bergerak secara dinamis mengedepankan sikap proaktif dalam menghadapi perubahan secara progresif dan transformatif ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Kurikulum prototipe merupakan salah satu upaya transformasi pendidikan di Indonesia. Arah pengembangan kurikulum prototipe memiliki khas yang menjadi pendukung dalam upaya pemulihan belajar.Kata Kunci: Kurikulum Prototipe, Pendidikan Paradigma Masa Depan
PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI LEADER DI MTS MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG Setyaningsih, Kris; Astuti, Serli Widia; Kanada, Rabial; Ibrahim, Ibrahim
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Vol. 10 No. 2 (2022): Oktober
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/vis.v10i2.6158

Abstract

Abstract: This article is entitled the role of the madrasa head as a leader at Mts Muhammadiyah 1 Palembang. The source of data used by researchers in this study was obtained from MTs Muhammadiyah 1 Palembang. This article focuses on the role of the madrasah principal as a leader in mobilizing, directing, guiding, setting an example, and providing encouragement to teachers & staff, as well as students at MTs Muhammadiyah 1 Palembang. This study uses a descriptive qualitative research method by using data collection methods in this study are observation, interviews and documentation. The data obtained is then analyzed and presented again or data is reduced and then presented and then drawn conclusions. The results of this study indicate that the madrasah principal at MTs Muhammadiyah 1 Palembang carries out its role as a leader, by providing results in the form of achieving the vision and mission, activities that are ready to help teacher performance and encouragement of motivation for all madrasah residents by increasing the achievement and existence of educational institutions, adding facilities and infrastructure. madrasas and be a role model for all madrasa residents by applying discipline in time and in dress and behavior. The head of the madrasa is very influential in his role as a leader at MTs Muhammadiyah 1 Palembang because the leader is a leadership that influences members with various roles that must be applied in everyday life.Keywords: madrasah principal, leaderAbstrak: Artikel ini berjudul peran kepala madrasah sebagai leader di Mts Muhammadiyah 1 Palembang. Sumber data yang digunakan peneliti pada penelitian ini diperoleh dari MTs Muhammadiyah 1 Palembang. Adapun artikel ini berfokus pada peran kepala madrasah sebagai leader dalam menggerakan, mengarahkan, membimbing, memberi teladan, serta memberi dorongan kepada guru & staff, serta siswa di MTs Muhammadiyah 1 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode peneltian yaitu deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dan disajikan kembali atau direduksi data lalu disajikan kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya kepala madrasah di MTs Muhammadiyah  1 Palembang  melaksanakan perannya sebagai leader, dengan memberikan  hasil berupa pencapaian visi misi, kegiatan yang siap membantu kinerja guru serta dorongan motivasi untuk seluruh warga madrasah dengan peningkatan prestasi dan eksistensi lembaga pendidikan, penambahan sarana dan prasarana madrasah serta menjadi teladan bagi seluruh warga madrasah dengan menerapkan disiplin waktu dan dalam berpakaian maupun bersikap. Kepala madrasah sangatlah berpengaruh dalam perannya sebagai leader di MTs Muhammadiyah 1 Palembang karena leader merupakan kepemimpinan yang sifatnya mempengaruhi anggota dengan berbagai macam peran yang harus diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.Kata Kunci: Kepala Madrasah, leader
SOLUSI REALITAS DALAM MENDESAIN PARADIGMA PENDIDIKAN MASA DEPAN Ardiansyah, Vendra; Nuraini, Novi; Panjianum, Andi
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Vol. 10 No. 2 (2022): Oktober
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/vis.v10i2.6159

Abstract

Abstract : The purpose of this study is to identify and describe the reality solutions in designing the future educational paradigm. The method used in this research is a literature study and is included in qualitative descriptive research. The researcher tries to examine various literatures about reality solutions in designing future educational paradigms that are sourced from various scientific journal articles and other book sources. This study was carried out through stages, starting with a literature search and then organizing the study followed by a Content Analytic analysis in order to understand reality solutions in designing future educational paradigms. The results of this study are in the form of descriptions of solutions in solving problems faced by future educational paradigms in terms of two aspects of education, namely traditional education and modern education. Keywords: Solution, Paradigm, Traditional and Modern EducationAbstrak : Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui dan mendeskripsikan solusi realitas dalam mendesain paradigm pendidikan masa depan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini  ialah  kajian studi literature dan termasuk kedalam penelitian deskriptif kualitatif. Peneliti berusaha mengkaji dari berbagai literature tentang solusi realitas dalam mendesain paradigma pendidikan masa depan yang bersumber dari berbagai artikel jurnal ilmiah maupun sumber buku lainnya. Kajian ini dilakukan melalui tahapan tahapan yakni dimulai dari pencarian literature lalu pengorganisasian kajian disambung dengan menganalisis secara Content Analytic guna memahami solusi realitas dalam mendesain paradigma pendidikan di masa depan. Hasil penelitian ini berupa uraian dari solusi dalam pemecahan masalah yang dihadapi paradigam pendidikan masa depan yang ditinjau dari dua aspek pendidikan yakni pendidikan tradisional dan pendidikan modern.Kata Kunci: Solusi, Paradigma, Pendidikan Tradisional dan Modern
PENGARUH KOMUNIKASI DAN KERJASAMA TIM TERHADAP ETIKA CIVITAS AKADEMIKA DI UNIVERSITAS PENDIDIKAN MANDALIKA Suhardi, Muhamad
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Vol. 10 No. 2 (2022): Oktober
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/vis.v10i2.6160

Abstract

Abstract: This study aims to obtain information about the effect of communication and teamwork through ethics on lecturers and employees (academic community) in the Faculty of Education and Psychology (FIPP) of Mandalika Education University for the period 2021/2022. This research was conducted on all lecturers and employees of the Mandalika Education University for the period 2021/2022 using a survey method with path analysis used in hypothesis testing. A sample of 35 lecturers and employees was selected using the Slovin formula. The results of the study conclude: (1) there is a direct effect of communication on ethics. (2) There is a direct effect of teamwork on ethics. (3) There is a direct effect of communication on teamwork. Therefore, to implement the ethics of lecturers and employees can be done by improving communication and teamwork. Keywords: Communication, Teamwork, Ethics Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang pengaruh komunikasi dan kerjasama tim melalui etika pada dosen dan pegawai (civitas akdemika) di lingkungan Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) Universitas Pendidikan Mandalika periode 2021/2022. Penelitian ini dilakukan kepada seluruh dosen dan pegawai Universitas Pendidikan Mandalika periode 2021/2022 dengan menggunakan metode survei dengan analisis jalur yang digunakan dalam pengujian hipotesis. Sampel sebanyak 35dosen dan pegawai dipilih dengan menggunakan rumus Slovin. Hasil penelitian menyimpulkan: (1) ada pengaruh langsung komunikasi terhadap etika. (2) Ada pengaruh langsung kerja sama tim terhadap etika. (3) Ada pengaruh langsung komunikasi terhadap kerja sama tim. Oleh karena itu untuk melaksanakan etika dosen dan pegawai dapat dilakukan dengan meningkatkan komunikasi, dan kerjasama tim.Kata Kunci: Komunikasi, Kerja Sama Tim, Etika
STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENUMBUHKAN KEDISIPLINAN SISWA DI MTS NURUL MUHAJIRIN Dahliah, Dahliah
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Vol. 10 No. 2 (2022): Oktober
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/vis.v10i2.6161

Abstract

Abstrak: artikel ini berjudul Strategi Kepala Sekolah Dalam Menumbuhkan Kedisiplinan Siswa di MTs Nurul Muhajirin.Adapun permasalahan yang terjadi yaitu terjadinya pelanggaran yang dilakukan siswa, seperti melanggar aturan tata tertib sekolah, berkelahi dan membolos sekolah Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Informan dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, siswa dan masyarakat Teknik pengumpulan data melalui metode obesrvasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, verifikasi, dan pengecekan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah dalam menumbuhkan kedisiplinan siswa di MTs Nurul MuhajirinKepala sekolah MTs Nurul Muhajirin memiliki beberapa strategi dalam menumbuhkan kedisiplinan peserta didiknya, yaitu adanya aturan tata tertib yang jelas, memberikan teladan yang baik kepada peserta didik, memberikan pembinaan, komunikasi dengan wali murid, dan memberikan sanksi kepada peserta didik yang melanggar aturan tata tertib sekolah.Kata Kunci: Strategi, Kepala Sekolah, Kedisiplinan Siswa
PENGARUH BIAYA PENDIDIKAN TERHADAP MUTU SEKOLAH DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA SWASTA Chairyani, Dea; Rahman, K.A; Muazza, Muazza
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Vol. 10 No. 2 (2022): Oktober
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/vis.v10i2.6162

Abstract

Abstract: This study aims to determine the effect of education costs on school quality in private Junior High Schools. This research was conducted in one of the Junior High Schools in Jambi City. The method used is a qualitative approach with data collection techniques, namely observation and interviews. Based on the results of observations and interviews that have been carried out, it was found that there was a direct positive influence between the cost of education on the school quality. High school fees are very influential in carrying out activities carried out in schools to improve the quality of the school. The implication of this research is that efforts to improve the quality of schools can be done through education costs.Keywords: Cost and School Quality.
PENGAWASAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI SMK N 1 JEJAWI KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR Febriyanti, Febriyanti
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Vol. 10 No. 2 (2022): Oktober
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/vis.v10i2.6164

Abstract

Abstract: This article is entitled Supervision of Student Discipline at SMK Negeri 1 Jejawi as for the reason behind the author taking this title because based on observations made at SMK Negeri 1 Jejawi, there are still some undisciplined students such as: (1) Students who are still arriving late to school, (2) Students who wander outside the classroom during class hours; (3) Learners who are not dressed neatly, do not wear full school clothes, and wear accessories too much; (4) The way students dress that is not in accordance with school regulations such as pencil-shaped pants for men and for women make up is too much and wears short and tight skirts; (5) Learners who are still smoking at school; and (6) Go home from school without permission or move away. Having a problem formulation, namely how to supervise the discipline of students at SMK Negeri 1 Jejawi This type of research is qualitative, which is a field qualitative research.The approach method used is descriptive qualitative research. The collection techniques are observation, interviews, and documentation. The data analysis techniques used are data reduction, data presentation, and drawing conclusions. To check the validity of the data, researchers use source triangulation. The results showed that the supervision of student discipline at SMK Negeri 1 Jejawi has been carried out with direct supervision and indirect supervision. However, it is still not optimal because only a few teachers play an active role and participate in supervising the discipline of students carried out by the principal, student representatives, BK teachers, and picket teachers. This is caused by the teacher in charge of not carrying out his duties, lacking intention to control students, not providing motivation about discipline, not providing appropriate punishments, and still not understanding his duties not only as an educator but also as a guide and coach of students. So that causes there are still many violations that occur in schools.Keywords: Supervision, Discipline, Learners  Abstrak: Artikel ini berjudul Pengawasan Kedisiplinan Peserta Didik di SMK Negeri 1 Jejawi adapun yang melatar belakangi penulis mengambil judul ini karena berdasarkan observasi yang dilakukan di SMK Negeri 1 Jejawi yaitu masih terdapat beberapa peserta didikyang tidak disiplin seperti: (1) Peserta didik yang masih dating terlambat ke sekolah, (2) Peserta didik yang berkeliaran di luar kelas pada saat jam pelajaran; (3) Peserta didik yang tidak berpakaian rapi, tidak menggunakan pakaian sekolah secara lengkap, dan memakai aksesoris terlalu berlebihan; (4) Cara berpakaian peserta didik yang tidak sesuai dengan peraturan sekolah seperti celana berbentuk pensil bagi laki-laki dan bagi perempuan make up terlalu berlebihan dan memakai rok pendek dan ketat;(5) Peserta didik yang masih merokok di sekolah; dan (6) Pulang sekolah tanpa izin atau minggat. Memiliki rumusan masalah yaitu bagaimana pengawasan kedisiplinan peserta didik di SMK Negeri 1 Jejawi, Jenis penelitian ini adalah kualitatif, yang bersifat penelitian kualitatif lapangan. Metode pendekatan yang digunakan yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk mengecek keabsahan datanya, peneliti menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengawasan kedisiplinan peserta didik di SMK Negeri 1 Jejawi sudah dilaksanakan dengan pengawasan secara langsung dan pengawasan tidak langsung. Namun, masih belum optimal dikarenakan hanya beberapa guru yang berperan aktif dan ikut mengawasi kedisiplinan peserta didik yang dilakukan oleh kepala sekolah, wakil kesiswaan, guru BK, dan guru piket. Hal itu disebabkan oleh guru yang bertugas tidak menjalankan tugasnya, kurang niatan mengontrol peserta didik, kurang memberikan motivasi tentang kedisiplinan, tidak memberikan hukuman yang sesuai, dan masih kurang memahami tugasnya yang tidak  hanya sebagai pendidik namun juga sebagai pembimbing dan Pembina peserta didik. Sehingga menyebabkan masih banyak pelanggaran yang terjadi di sekolah.Kata Kunci: Pengawasan, Kedisiplinan, Peserta Didik

Page 1 of 2 | Total Record : 14