cover
Contact Name
Agus Fahmi
Contact Email
fahmieal2@gmail.com
Phone
+6285214422886
Journal Mail Official
visionary@undikma.ac.id
Editorial Address
Prodi AP Undikma, GD. lantai 3 Jl. Pemuda No. 59/A Mataram Phohe : 085214422886 Email : jurnalvisionary@gmail.com
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan
Focus and Scope Jurnal Visionary merupakan jurnal penelitian dan pengembangan di bidang administrasi pendidikan, artikel yang dimuat dalam jurnal ini adalah hasil penelitian, hasil kajian pustaka, hasil pengembangan, dan hasil penelusuran IPTEK menggunakan metode ilmiah. Scope bidang keilmuan yaitu Pendidikan, tenaga kependidikan, manajemen, administrasi, dan keilmuan lainnya.
Articles 17 Documents
Search results for , issue "Vol. 11 No. 1 (2023): April" : 17 Documents clear
PENGARUH PENGAWASAN KERJA OLEH PIMPINAN TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN DI PT. JASA MANUNGGAL PULAU MAS PALEMBANG Petrossky, Rytha; Seri, Herman; Mahmud, Muhammad
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Vol. 11 No. 1 (2023): April
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/vis.v11i1.6597

Abstract

Penelitian ini adalah indikasi kurang optimalnya produktivitas kerja karyawan.  Hal ini di sebabkan kurangnya pengawasan kerja oleh pimpinan perusahaan.  Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengawasan kerja oleh pimpinan terhadap  produktivitas kerja karyawan di PT. Jasa Manunggal Pulau Mas Palembang. Populasi penelitian terdiri dari 360  karyawan. Sampel penelitian menggunakan tekhnik random sampling yaitu seluruh jumlah populasi diambil 25% untuk dijadikan sampel penelitian. Metode peneitian yang digunakan metode korelasi dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Analisis data yang digunakan adalah uji signifikan (uji t). Berdasarkan analisis peneliti, hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa variabel Pengawasan Kerja berpengaruh signifikan terhadap Produktivitas Kerja, hal ini ditunjukkan dengan nilai thitung> ttabel (12.788>1.67252). Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Pengawasan kerja Oleh Pimpinan Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Di PT. Jasa Manunggal Pulau Mas Palembang. Artinya, semakin baik Pengawasan Kerja, maka semakin tinggi Produktivitas Kerja. Disarankan bagi pimpinan perusahaan, agar dapat menjadi acuan atau tolak ukur dalam menjalankan Pengawasan kerja  untuk menjadikan mutu Karyawan menjadi lebih baik. Bagi karyawan, agar dapat meningkatkan Produktivitas  kerja Bagi peneliti, penelitian ini dapat menambah wawasan tentang Pengawasan Kerja Dan Produktivitas Kerja.
Memaksimalkan Kuliah Hybrid Online Pasca Pandemi Covid-19 Kurnianingrum, Dian
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Vol. 11 No. 1 (2023): April
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/vis.v11i1.6840

Abstract

Saat pandemi mulai terkendali kegiatan belajar mengajar di sebagian universitas memanfaatkan sistem hybrid. Dengan menggunakan sistem pembelajaran hybrid, kuliah dilakukan secara luring dan daring. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan sampel yaitu sistem pembelajaran hybrid yang saat ini dijalankan oleh Universitas Bina Nusantara. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilakukan untuk mengetahui bagaimana cara memaksimalkan kegiatan perkuliahan hybrid online dari sudut pandang mahasiswa yang melaksanakan perkuliahan hybrid online dari lokasi masing-masing. Kelebihan kuliah hybrid online menurut mahasiswa adalah perkulliahan dinilai lebih praktis, nyaman, dan fleksibel. Mahasiswa juga menyatakan kuliah hybrid online memberikan suasana belajar mengajar yang kondusif, menambah ilmu dan keahlian terutama yang berhubungan dengan penggunaan teknologi. Dan yang paling penting kuliah hybrid online memberikan rasa aman, karena mengurangi resiko terpapar wabah. Kekurangan kuliah hybrid online menurut mahasiswa adalah seringnya muncul masalah teknis yang mengganggu kegiatan pembelajaran, adanya gangguan di tempat tinggal yang mengalihkan konsentrasi saat kuliah, kurangnya interaksi sosial baik dengan dosen dan teman-teman, dan terakhir mereka merasa kegiatan pembelajaran dalam kuliah onlie kurang interaktif.
Peningkatan SDM Guru Profesional Di Kabupaten Sumbawa Barat Dengan Literasi Baru Guna Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 Larassati, Minten Ayu; Imran, Muhammad
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Vol. 11 No. 1 (2023): April
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/vis.v11i1.7020

Abstract

Abstrak (Indonesia)Kompetensi guru profesional di era revolusi industri 4.0 perlu ditingkatkan sehingga penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi dan program pemerintah KSB. Melalui DIKBUD bagaimana pemerintah meningkatkan kompetensi guru profesional dengan literasi baru agar siap menghadapi pendidikan di era revolusi industri 4.0. Penelitian jenis field research bersifat kualitatif dengan studi kasus mengumpulkan data dengan wawancara, observasi, dokumentasi. Perolehan data dianalisis secara kualitatif dengan model Miles and Huberman, yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ditarik kesimpulan (1) Strategi peningkatan SDM guru dengan mengeluarkan kebijakan DIKBUD KSB dengan; menaikan indikator ketercapaian bidang pendidikan menjadi literasi baru, regulasi, pemetaan kompetensi guru, analisis hambatan untuk menyusun program, sosialisasi dengan melibatkan pakar yang kompeten, pembinaan, himbauan ,memfasilitasi, membudayakan dan memberdayakan gerakan literasi baru lewat Gugus dan Kelompok Kerja Guru (KKG). (2) Program peningkatan lewat; diklat pelatihan intens untuk guru dan tenaga pendidik tentang literasi baru, mengadakan pembinaan, pengembangan, sosialisasi secara berkelanjutan, lomba-lomba inovasi, pameran atau unjuk kerja Gerakan Literasi Sekolah (GLS), memperbanyak sarana dan prasarana IT, Mendukung komunitas-komunitas penggiat literasi baru, menghilangkan penyakit-penyakit guru seperti gaptek (gagap teknologi) atau kudis (kurang disiplin) melalui pemberdayaan KKG, Penguatan kapasitas guru terhadap kurikulum dan pendampingan dalam peningkatan mutu dan kualitas satuan pendidikan di KSB.
INTEGRASI KURIKULUM DI PENDIDIKAN DINIYAH FORMAL WUSTHA AZ-ZAKIYAH SHAHABIYAH PALEMBANG Zainuri, Ahmad; Yunita, Yunita; Ibrahim, Ibrahim; Hadi, Abdul; Epilia, Epilia
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Vol. 11 No. 1 (2023): April
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/vis.v11i1.7021

Abstract

Abstrak: Pendidikan Diniyah Formal (PDF) merupakan jenis pendidikan yang masih baru dan belum banyak dikenal masyarakat. pengembangan kurikulum perlu dilakukan di satuan pendidikan PDF. Santri PDF dituntut tidak hanya memiliki kompetensi dalam bidang kitab kuning dan ahli agama (mutafaqquh fiddin), tapi dalam rangka menghadapi kehidupan masyarakat yang terus berubah, mereka dituntut untuk punya kompetensi dalam lifes-skill atau keterampilan- keterampilan yang lain.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pengembangan kurikulum seperti apa yang dikembangkan Pendidikan Diniyah Formal (PDF) Wustha Pondok Pesantren Az Zakiyah Shahabiyah Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan penelusuran dokumen. Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa PDF) Wustha Pondok Pesantren Az Zakiyah Shahabiyah berhasil mengembangkan kurikulumnya tidak hanya dalam penguasaan kitab kuning dan ahli agama (mutafaqquh fiddin), tapi diorientasikan pada pengembangan life skills. Beberapa kegiatan life skills yang dikembangkan diantaranya teknik komputer, trainingpengurusan jenazah, koperasi, pencak silat, marawis dan seni hadrah. Selain itu juga dikembangkan beberapa kegiatanekstrakurikuler antara lain kelompok bahsul masail, bimbingan bahasa arab, bimbingan khitobah, dan pelatihan manasik haji. Kurikulum PDF Wustha Pondok Pesantren Az Zakiyah Shahabiyah relevan dengan perkembangan zaman dan tuntutan dunia pekerjaan saat ini.Kata Kunci: Kurikulum, Pendidikan Diniyah Formal (PDF), Pondok Pesantren
IMPLEMENTASI MANAJEMEN PERKANTORAN BERBASIS BUDAYA MUTU DALAM MEWUJUDKAN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM UNGGUL Ahyani, Edi; Saimima, M Sahrawi
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Vol. 11 No. 1 (2023): April
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/vis.v11i1.7064

Abstract

Education is a barometer for the progress of a nation. Or simply put, the progress of a state or nation lies in its education. This research examines Office Management, Office Management Based on Quality Culture and Quality Culture of Superior Islamic Educational Institutions. The research method used is qualitative research with library research methods. In this research process, the Implementation of Quality Culture-Based Office Management in Realizing Superior Islamic Educational Institutions, its management is carried out through the stages of planning, organizing, initiating and  directing operations, by having a cultural basis for the quality of superior programs in it, having a vision and mission that can be realized by all elements in the Islamic Educational Institution in a measurable manner and focused on customer needs, have adequate facilities, as well as the creation of responsibility for all elements in the organization with values that are still fought for in their duties or work and the latter have the principle of loyalty to the organization.Keywords : Management, Quality Culture, Islamic Education
ANALISIS TINGKAT KEBUTUHAN TENAGA PENDIDIK DAN KEPENDIDIKAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS WILAYAH KOTA MATARAM Putri, Nina Sartika; Rohiyatun, Baiq; Iqbal, Muhammad
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Vol. 11 No. 1 (2023): April
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/vis.v11i1.7141

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui tentang kebijakan pemerintah terhadap tenaga pendidik dan kependidikan, Mengetahui gambaran tenaga pendidik dan kependidikan di sekolah menengah atas di Kota Mataram dan  Memproyeksikan kebutuhan tenaga pendidik dan kependidikan sekolah menengah atas di Kota Mataram periode 2022 sampai 2025.  Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan untuk Sekolah Menengah Atas di Kota Mataram, dari data yang diperoleh merujuk pada Permendikbud No 22 Tahun 2016 dan dilihat dari data setelah di analisa maka sebanyak 32 sekolah yang di analisis sejumlah 27 sekolah memenuhi standart rasio perbandingan jumlah peserta didik dengan jumlah tenaga pendidik dan rombongan belajar pada satuan pendidikan. Hasil analisis menunjukan rata-rata laju pertumbuhan peserta didik sesuai perhitungan sebesar 2,57%.  Nilai Produktifitas tenaga pendidik Sebesar 0,062 dan Produktifitas Tenaga Kependidikan sebesar 0,022. Sehingga kebutuhan tenaga pendidik di tahun 2023-2025 sebesar 748 sampai 796 orang dengan penambahan jumlah tenaga tenaga pendidik dari tahun 2023-2025 berkisar sebesar 23 sampai 24 orang pertahun. Sedangkan untuk kebutuhan Tenaga Kependidikan di Tahun 2023-2025 sebesar 272 sampai 290 orang dengan penambahan jumlah Tenaga Kependidikan dari tahun 2023-2025 berkisar sebesar 8 sampai 9 orang pertahun.Kata Kunci : Analisis Kebutuhan, Tenaga Pendidik dan Kependidikan, SMA Kota Mataram 
STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENUMBUHKAN KEDISIPLINAN SISWA DI SMPNEGERI 2 BABAT TOMAN Badaruddin, KMS
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Vol. 11 No. 1 (2023): April
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/vis.v11i1.7248

Abstract

Abstrak: artikel ini berjudul Strategi Kepala Sekolah Dalam Menumbuhkan Kedisiplinan Siswa di SMPN 2 Babat Toman. Adapun permasalahan yang terjadi yaitu terjadinya pelanggaran yang dilakukan siswa, seperti melanggar aturan tata tertib sekolah, berkelahi dan membolos sekolah Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Informan dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, siswa dan masyarakat Teknik pengumpulan data melalui metode obesrvasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, verifikasi, dan pengecekan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah dalam menumbuhkan kedisiplinan siswa di SMPN 2 Babat TomanKepala sekolah memiliki beberapa strategi dalam menumbuhkan kedisiplinan peserta didiknya, yaitu adanya aturan tata tertib yang jelas, memberikan teladan yang baik kepada peserta didik, memberikan pembinaan, komunikasi dengan wali murid, dan memberikan sanksi kepada peserta didik yang melanggar aturan tata tertib sekolah.Kata Kunci: Strategi, Kepala Sekolah, DisiplinSiswa Abstract: This article is entitled The Principal's Strategy in Growing Student Discipline at SMPN 2 Babat Toman. The problems that occur are violations committed by students, such as violating school rules, fighting and skipping school. This research uses qualitative methods. The informants in this study were school principals, deputy principals, teachers, students and the community. Data collection techniques were through observation, interviews and documentation. Data analysis techniques in this study used data reduction, data presentation, verification, and checking the validity of the data. The results of the study show that the principal in cultivating student discipline at SMPN 2 Babat Toman The principal has several strategies in cultivating the discipline of his students, namely the existence of clear rules of conduct, setting a good example for students, providing coaching, communicating with student guardians, and provide sanctions to students who violate school rules and regulations.Keywords: Strategy, Principal, Student Discipline
Pengembangan Media Eksplorasi Karir Melalui Bimbingan Klasikal Bagi Siswa Sekolah Menengah Atas Sujana, Tiara Nur Faujiah; Prasetya, Akhmad Fajar; Gunawan, I Made Sonny
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Vol. 11 No. 1 (2023): April
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/vis.v11i1.7305

Abstract

Informasi karir saat ini sangat dibutuhkan oleh siswa untuk menunjang karirnya dikemudian hari. Banyak permasalahan yang ditimbulkan akibat kurangnya siswa memperoleh informasi karir. Selain itu permasalahan yang dihadapi oleh guru bimbingan dan konseling di sekolah adalah masih minimnya alat media yang dapat menunjang  pelayanan bimbingan dan konseling yang dilakukan terutama terkait dengan layanan klasikal. Adapun solusi yang ditawarkan untuk meminimalisisr masalah tersebut adalah dengan mengembangkan media eksplorasi karir melalui media bimbingan klasikal. Penelitian ini menggunakan pendekatan research and development dengan mengadopsi model Borg and Gall. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa media yang dikembangkan memenuhi aspek keberterimaan berdasarkan uji ahli dan termasuk dalam kategori sangat baik sehingga media eksplorasi karir ini layak untuk digunakan oleh guru bimbingan dan konseling dalam pelaksanaan layanan klasikal.Kata kunci: Pengembangan media, eksplorasi karir, bimbingan klasikal
Manajemen Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal di Perguruan Tinggi Najwa, Lu'luin; Iqbal, Muhammad; Aryani, Menik
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Vol. 11 No. 1 (2023): April
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/vis.v11i1.7391

Abstract

Sistem Penjaminan mutu di perguruan tinggi ditujukan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Perguruan tinggi secara sistematis perlu melaksanakan proses penjaminan mutu yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-Dikti). Sistem penjaminan mutu terbagi menjadi dua, yaitu Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) yang dilakukan pihak internal perguruan tinggi secara otonom, sedangkan Sistem Penjaminan Eksternal (SPME) dilakukan oleh pihak luar untuk menentukan kelayakan perguruan tinggi. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan secara jelas tentang sistem penjaminan mutu internal di tingkat perguruan tinggi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah literatur review yang bersumber dari dokumen SPMI perguruan tinggi dan kajian artikel dalam jurnal. Hasil penelitian ini adalah berkaitan dengan kebijakan, model manajemen SPMI, prinsip pelaksanaan SPMI, strategi, pelaksanaan dan struktur SPMI. Dengan jelasnya kebijakan dan alur sistem penjaminan internal diharapkan perguruan tinggi dapat mengimplementasikannya dengan bijak.Kata Kunci: Sistem Penjaminan Mutu Internal, Perguruan Tinggi.
STRATEGI IMPLEMENTASI ADMINISTRATOR DALAM SCHOOL BUDGETING MANAGEMENT Navy, Ammar; Fahmi, Agus
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Vol. 11 No. 1 (2023): April
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/vis.v11i1.7455

Abstract

Abstract: The activity of allocating funds in the implementation of educational operations is a very complex activity, therefore it requires planned management by competent people. The purpose of this research is to understand and know about the implementation of administration in financial management and school financing. The method used in this research is descriptive qualitative by conducting interviews with the source directly in depth. The results of the research obtained are the problems that often occur in education financing, including limited sources of funds, uneven education funds received from the government, lack of transparency in education financing in schools, and financing that is not managed properly which can be caused by less competent fund managers in schools. The importance of this research lies in the implementation of administrative administration in the financial field of education financing that must be considered by school principals to improve the quality of school administration.Keywords: Administrative Implementation, School Budgeting ManagementAbstrak: Kegiatan mengalokasikan dana pada pelaksanaan operasional pendidikan merupakan kegiatan yang sangat kompleks, oleh karena itu dibutuhkan pengelolaan yang terencana oleh orang-orang yang berkompeten. Tujuan dari penelitian ini adalah memahami dan mengetahui tentang implementasi administrasi dalam manajemen keuangan dan pembiayaan sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kualittif deskriptif dengan melakukan interview pada sumbernya langsung secara mendalam. Adapun hasil penelitian yang didapat adalah adanya masalah yang sering terjadi dalam pembiayaan pendidikan antara lain sumber dana yang terbatas, tidak meratanya dana pendidikan yang diterima dari pemerintah, kurang transparannya pembiayaan pendidikan di sekolah-sekolah, serta pembiayaan yang tidak dikelola dengan baik yang bisa disebabkan karena kurang kompetennya pengelola dana di sekolah. Pentingnya penelitian ini terletak pada implementasi administrasi tata usaha dalam bidang keuangan pembiayaan pendidikan yang harus diperhatikan oleh kepala sekolah untuk meningkatkan mutu tata usaha sekolah.Kata Kunci: Implementasi Admnistrasi, School Budgeting Management

Page 1 of 2 | Total Record : 17