cover
Contact Name
Agus Fahmi
Contact Email
fahmieal2@gmail.com
Phone
+6285214422886
Journal Mail Official
visionary@undikma.ac.id
Editorial Address
Prodi AP Undikma, GD. lantai 3 Jl. Pemuda No. 59/A Mataram Phohe : 085214422886 Email : jurnalvisionary@gmail.com
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Di Bidang Administrasi Pendidikan
Focus and Scope Jurnal Visionary merupakan jurnal penelitian dan pengembangan di bidang administrasi pendidikan, artikel yang dimuat dalam jurnal ini adalah hasil penelitian, hasil kajian pustaka, hasil pengembangan, dan hasil penelusuran IPTEK menggunakan metode ilmiah. Scope bidang keilmuan yaitu Pendidikan, tenaga kependidikan, manajemen, administrasi, dan keilmuan lainnya.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2017): Oktober" : 9 Documents clear
MANAJEMEN MUTU TERPADU DI SMA UNGGULAN KOTA MATARAM Suhardi, Muhammad; Muslim, Ahmad
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Vol. 2 No. 2 (2017): Oktober
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/vis.v2i2.718

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentangbagaimana upaya peningkatan mutu dengan penerapan pendekatan manajemen mutu terpadu(MMT) dan permasalahan yang timbul dalam penerapan pendekatan MMT di SMA UnggulanKota Mataram NTB. Penelitian ini dilakukan pada salah satu SMA Unggulan Kota Mataramselama Semester Ganjil 2014/2015. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian iniadalah studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dandokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya peningkatan mutu pendidikan diSMA Bertaraf Internasional ini dilakukan dengan menerapkan konsep-konsep MMT, yangditunjukkan dengan kesiapan sekolah membentuk tim-tim kerja seperti steeringcommittee/school board, project team dan kelengkapan manajemen (school management)profesional yang sebagian besar berasal dari luar negeri.Kata Kunci: Manajemen Mutu Terpadu, Sekolah Unggul
PENINGKATAN KUALITAS GURU BERBASIS KEBUTUHAN Zulfakar, Zulfakar
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Vol. 2 No. 2 (2017): Oktober
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/vis.v2i2.719

Abstract

Program peningkatan kualitas guru yang efektif harus didasarkan pada needassessment. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan program peningkatan kualitas guruberdasarkan kebutuhan guru. Temuan penelitian menunjukkan ada dua program yangdibutuhkan untuk meningkatkan kualitas guru-guru SMP di Kecamatan Praya Timur. Gurumembutuhkan sebuah program untuk meningkatkan kualifikasi akademik mereka.Berdasarkan pada kebutuhan guru, program ini harus mempertimbangkan aspek-aspekberikut. Pertama, program harus menawarkan program sarjana (S1) dan program pascasarjana(S2) di bidang pendidikan yang relevan dengan mata pelajaran yang diajarkan guru. Kedua,program harus mengambil lokasi di dekat tempat tinggal guru. Ketiga, program harusmemberikan dukungan bagi guru seperti pendanaan untuk belajar dan biaya operasional, danizin belajar atau dispensasi bagi guru untuk bebas dari atau untuk mengurangi jam mengajarmereka. Program lainnya adalah program untuk meningkatkan kompetensi guru. Programyang harus dilakukan di lokasi atau di dekat lokasi di mana guru tinggal. Selain itu, guru perlubeberapa pendukung seperti biaya dan juga mengizinkan untuk bergabung dengan programpendidikan yang memajukan secara personil maupun secara kelembagaan.Kata Kunci: Kualitas Guru, Berbasis Kebutuhan
MANAJEMEN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DALAM UPAYA PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI Garnika, Eneng; Najwa, Lu`luin
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Vol. 2 No. 2 (2017): Oktober
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/vis.v2i2.720

Abstract

Persoalan pendidikan selaras dengan tuntutan perkembangan dan menjadi issuyang menarik untuk diperbincangkan dan dikaji. Masalah pendidikan dihadapkan pada empatmasalah besar, yaitu: masalah mutu, pemerataan, motivasi dan keterbatasan sumber daya,serta sumber dana. Berbagai masalah pendidikan ini juga dihadapi oleh lembaga pendidikananak usia dini. Pengelolaan pendidik dan tenaga kependidikan perlu menjadi perhatiankhusus, dikarenakan perannya sebagai fasilitator dan pelayan pendidikan. Pendidik dan tenagakependidikan perlu diberikan ruang lebih untuk mengupayakan pengembanganprofesionalnya. Pembinaan terhadap pendidik dan tenaga kependidikan juga sangatdiperlukan guna menyempurnakan proses penyelenggaraan pendidikan serta menjaga kualitasmutu pendidikan anak usia dini. Akan tetapi, tantangan besar bagi pendidik dan tenagakependidikan PAUD saat ini berasal dari kualifikasi dan juga berasal dari arus gelombangteknologi dan informasi. Dalam kaitannya dengan peningkatan mutu pendidikan, upaya yangperlu dilakukan pendidik dan tenaga kependidikan diorientasikan kepada peningkatankualifikasi dan juga diperlukan adanya pembinaan yang berkelanjutan dari pengawas maupunpemerintah. Harapannya dengan pengelolaan yang baik terhadap pendidik dan tenagakependidikan dapat memacu motivasi kerja guna tercapainya tujuan pendidikan.Kata Kunci: Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Mutu PAUD.
HUBUNGAN KINERJA GURU DENGAN MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH Fahmi, Agus; Hardiansyah, Hardiansyah; Suryanata, I Made Angga
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Vol. 2 No. 2 (2017): Oktober
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/vis.v2i2.721

Abstract

Teacher performance is an important factor in improving the quality of education,especially improving the quality and the quality of education in school can be felt by peopleranging from inputs ( input ), the educational process was going on, until the output (outputproduct) of an educational process. Performance good teacher can be seen from a high workcommitment, and always able to carry out their duties well and has a high dedication . In theeffective performance of teachers and oriented to the quality of education requires acommitment earnestly in quality improvement. the objectives to be achieved in this study areto Know the Teacher Performance Relationship With the quality of education in SMP Negeri3 Central Praya academic year 2015/2016. Total population in this study were 11 teachers.Data collection methods used in this study is documentation method and questionnaire as theprincipal method while the method of interview as a complementary method . While themethod of data analysis using statistical analysis Product Moment Correlation formula. Basedon the calculation formula Product Moment Correlation r hitung results obtained at 0.645 withr tabel value of 0.602 at a significance level of 5 % and N = 11, or ( 0.645 > 0.602 ) . Thisshows that ( Ho ) is rejected and ( Ha ) is accepted . The conclusion of this research is There arelationship Teacher Performance With Quality of Education in SMP Negeri 3 Central Prayaacademic year 2015/2016.
HUBUNGAN MANAJEMEN MUTU TERPADU DENGAN KETERAMPILAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DI SMP NEGERI 1 PRAYA BARAT KABUPATEN LOMBOK TENGAH TAHUN PELAJARAN 2016/2017 Anam, M Choirul; Mariyati, Mariyati
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Vol. 2 No. 2 (2017): Oktober
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/vis.v2i2.722

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui hubungan antara manajemenmutu terpadu dengan keterampilan manajerial kepala sekolah di SMPN 1 Praya BaratKabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini adalah penelitianempiris. Populasi penelitian ini berjumlah 50 orang guru SMPN 1 Praya Barat. Penelitian inimenggunakan metode angket sebagai metode pokok, sedangkan metode dokumentasi,observasi sebagai metode pelengkap, Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner. Analisisdata menggunakan teknik analisis analisis korelasi parsial. Hasil penelitian menunjukkanbahwa manajemen terpadu berhubungan dengan keterampilan manajerial kepala sekolahdilihat dari nilai t hitung > t tabel yaitu 0,471>0,279 . Hal ini berarti bahwa keterampilanmanajerial yang dimiliki kepala sekolah dalam memimpin sekolah memiliki ikatan pentingdengan berhasilnya manajemen mutu terpadu. Oleh karena itu, peningkatan mutu sekolahdapat diupayakan melalui peningkatan keterampilan kepala sekolah..Kata Kunci: Manajemen Mutu Terpadu, Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah.
PENINGKATAN PENGENALAN KOSA KATA BAHASA INGGRIS PADA ANAK MELALUI PERMAINAN KARTU GAMBAR Huda, Khairul; Purmadi, Ary; Iman, Nurul
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Vol. 2 No. 2 (2017): Oktober
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/vis.v2i2.723

Abstract

The Increasing English Vocabulary Introduction Through Picture Card Games In ChildrenClass B PAUD Nurul Arafah Sembalia Sub-District East Lombok In The academic year2016/2017 can increase with little direction. The purpose of this research is to know theimprovement of vocabulary introduction in child's English through the picture card game inClass B of PAUD Nurul Arafah of Sembalia Sub-district, East Lombok In The academic year2016/2017. The results showed an increase in vocabulary in English through a picture cardgame in children in the class b PAUD nurul arafah sub district with a little direction. Theresearch method used is to use action research class (Action Research) with the subject ofresearch is Class B PAUD Nurul Arafah District Sembalia East Lombok district with thenumber of subjects 19 children. Technique of collecting data with menggiunakan observation,interview, observation and Sheet In English Through Picture Card Game Image Year2016/2017. assessment (field notes). the results of research in the first cycle is 53.49% and inthe second cycle increased by 77.27% it can be concluded that the increase of the I-II cycleincreased on average by 22.12%. %. From result of research that happened Increase ofIntroduction of SenseKeyword: Increasing English Vocabulary Introduction, Picture Card Games
PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIS EDUCATOIN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V Jaswandi, Lalu; Najamuddin, M; Kartiani, Baiq Sarlita
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Vol. 2 No. 2 (2017): Oktober
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/vis.v2i2.724

Abstract

Proses pembelajaran matematika yang sering dipraktikkan oleh guru adalah hanyamenyampaikan materi yang ada dalam buku paket serta kurangnya kemampuan dalammengaitkan kegunaan matematika dengan kehidupan siswa sehari-hari. Proses pembelajaranini mengakibatkan matematika menjadi suatu yang abstrak dan sulit dipahami oleh siswa. Halini mengakibatkan kurangnya motivasi siswa dalam belajar matematika dan akanmempengaruhi hasil belajar siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk melihatkeefektifan pendekatan Mathematic Realistic Education (RME) pada siswa kelas V. Populasidan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 2 Tahun Pelajaran 2017/2018 BatuJangkih Kecamatan Praya Barat Daya yang berjumlah 24 orang. Untuk melihat keefektifanpendekatan RME maka dilakukan uji ketuntasan rata-rata, uji proporsi, uji banding, dan ujiternormalisasi gain. Untuk melihat keefektifan pendekatan RME, maka dilakukan ujiketuntasan rata-rata, uji proporsi, uji banding, dan uji ternormalisasi gain. Hasil analisis datamenunjukkan bahwa nilai uji rata-rata hitung tabel t > t = 3,742> 1,714, artinya tolak H0, hasilanalisis uji proporsi diperoleh hitung tabel z > z = 1,711 > 1,64, artinya tolak H0, dan hasil analisisuji banding diperoleh hitung tabel t > t = 3,348 > 1,680 artinya tolak H0.Kata Kunci: Pendekatan Realistic Mathematic Education, Prestasi Belajar
PEMBELAJARAN PERKALIAN DENGAN AKTIVITAS PERMAINAN MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DI SDN 43 AMPENAN Etmy, Desventri; Negara, Habib Ratu Perwira
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Vol. 2 No. 2 (2017): Oktober
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/vis.v2i2.725

Abstract

Berdasarkan Permendikbud Nomor 21 tahun 2016 tentang standar isi menyebutkansalah satu kompetensi dalam matematika di Sekolah Dasar adalah memahami penjumlahan,pengurangan, perkalian dan pembagian bilangan bulat dan pecahan. Tetapi aplikasi di kelas,pembelajaran perkalian masih menggunakan metode konvensional yaitu menghafal.Hendaknya mengajarkan perkalian, bukan dengan paradigm mengajar melainkan denganparadigm belajar. Di mana dengan paradigm belajar siswa diposisikan sebagai subjek, yangmemperoleh pengetahuan dengan suatu proses yang mereka alami, yang mereka pikirkan, danyang mereka konstruksi sendiri melalui pengetahuan mereka. Salah satu pembelajaran yangmenekankan pada akvitas siswa dalam belajar adalah pendekatan Matematika Realistik, yangmenggunakan model gunung es Moerlands yang memuat 4 aktivitas dalam prosespembelajaran yaitu: (1) orientasi lingkungan secara matematis; (2) model alat peraga; (3)pembuatan pondasi; dan matematika formal. Tujuan penulisan ini adalah bagaimanapembelajaran perkalian dengan aktivitas bermain melalui pendekatan Matematika Realistikyang dilaksanakan di SDN 43 Ampenan Mataram. Pendekatan yang dilakukan adalahpendekatan kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Intrumen yang digunakan adalahwawancara, Lembar Kerja siswa dan Tes. Hasil yang didapatkan adalah pembelajaranperkalian dasar 1-10 yang diberikan dengan aktivitas bermain berbantuan alat peraga denganpendekatan Matematika Realistik menggunakan model Gunung es Moerlands memberikandampak positif terhadap pemahaman siswa terhadap perkalian dasar 1-10. Selain itu, terjadiinteraksi antara siswa dengan siswa maupun dengan penulis dan pembelajaran lebih bermaknadan menyenangkan untuk siswa di kelas.Kata Kunci: Pembelajaran Perkalian Dengan Aktivitas Permainan, PendekatanMatematika Realistik
PEMANFAATAN APLIKASI SPSS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MAHASISWA MENGOLAH DATA STATISTIKA Jayadi, Agus; Anwar, Zul
Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan Vol. 2 No. 2 (2017): Oktober
Publisher : Universitas Pendidikan Mandalika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33394/vis.v2i2.726

Abstract

Perkembangan Teknologi dan Informasi berjalan begitu pesat.Teknologi tersebut tidakhanya ditujukan untuk memudahkan pekerjaan manusia tapi juga ditujukan untuk memudahkanmanusia dalam belajar-mengajara. Salah satu teknologi yang banyak dimanfaatkan untuk membantumemudahkan pekerjaan manusia khususnya bidang statistik adalah aplikasi SPSS (statistical programfor social science). Pemanfaatan aplikasi ini dalam pembelajaran matakuliah statistik mutlakdiperlukan guna membantu memudahkan mahasiswa dalam mengolah data pada saat penyelesaiantugas akhir. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan populasi seluruh mahasiswa yangmengontrak matakuliah statistik. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, diperoleh angka 3,08> 2,024 (nilai t-hitung lebih besar dari nilai t-tabel). Berdasarkan hasil analisis tersebut makaditarikhipotesis (Ha) diterima dan hipotesis (Ho) ditolak. Karena nilai t-hitung lebih besar dari t-tabel makahasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh memanfaatan aplikasi SPSS terhadappeningkatan keterampilan mahasiswa dalam mengolah data statistik.Kata Kunci: Aplikasi SPSS dan Statistik

Page 1 of 1 | Total Record : 9