cover
Contact Name
Nova Indra
Contact Email
ejournalwartapendidikan@gmail.com
Phone
+62811990400
Journal Mail Official
ejournalwartapendidikan@gmail.com
Editorial Address
Jl. Danau Tambingan G6E/5 Malang, Jawa Timur
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Warta Pendidikan : Jurnal Pendidikan dan Budaya
ISSN : 25409344     EISSN : 27762904     DOI : https://doi.org/10.0503/wp
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Ilmiah WARTA PENDIDIKAN, adalah JURNAL NASIONAL yang terbit bulanan. Warta Pendidikan hadir sebagai media ilmiah yang khusus diperuntukkan bagi pemuatan/publikasi materi-materi ilmiah yang berasal dari Karya Ilmiah Guru, Dosen, Mahasiswa S1, S2,dan S3.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 5 (2021): Warta Pendidikan" : 5 Documents clear
Berliterasi Sejak Dini untuk Menghadapi Asesmen Kompetensi Minimum Putri Andam Dewi
Warta Pendidikan | e-Journal Vol. 5 No. 5 (2021): Warta Pendidikan
Publisher : Pusat Pengkajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (P3SDM) Melati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.0503/wp.v5i5.92

Abstract

Kegiatan literasi sangat dianjurkan dan gencar dilakukan beberapa tahun terakhir ini di Indonesia tentu hal ini bertujuan agar siswa terbiasa berlitersi dan berpikir kritis. Definisi literasi sebagaimana yang tercantum dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) V daring adalah (1) kemampuan menulis dan membaca; (2) pengetahuan atau keterampilan dalam bidang atau aktivitas tertentu; (3) kemampuan individu dalam mengolah informasi dan pengetahuan untuk kecakapan hidup. Dari sekian banyak definisi literasi hendaknya dapat diambil satu intisari bahwa begitu pentingnya literasi jika kita implementasikan dalam kehidupan. Gerakan literasi diharapkan mampu menyusup ke dalam sendi-sendi kehidupan anak-anak usia dini, taman kanak-kanak, siswa SD, SLTP, SLTA, dan PT. Tapi, apakah gerakakan literasi sudah mendapat dukungan semua pihak? Orangtua, masyarakat, Instansi pendidikan, dan pemangku kepentingan. Ataukah masih terjadi miskonsepsi literasi? Sehingga berliterasi belum dilakukan sepenuh hati.
Pendekatan Metode Belajar Tuntas di Masa Pandemi Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Anekdot Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Batu Tahun Pelajaran 2020 / 2021 Ritul Idha Djarwati
Warta Pendidikan | e-Journal Vol. 5 No. 5 (2021): Warta Pendidikan
Publisher : Pusat Pengkajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (P3SDM) Melati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.0503/wp.v5i5.93

Abstract

Untuk bisa mempelajari sesuatu dengan baik, kita perlu mendengar, melihat, memahami, mengajukan pertanyaan tentangnya, dan membahasnya dengan orang lain. Bukan hanya itu saja, siswa perlu “mengerjakannya”, yakni menggambarkan sesuatu dengan cara mereka sendiri, menunjukkan contohnya, mencoba mempraktikkan keterampilan dan mengerjakan tugas yang menuntut pengetahuan yang telah mereka dapatkan. Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: (a) Bagaimanakah peningkatan kemampuan menulis cerita anekdot siswa kelas X SMA Negeri 3 Batu setelah diterapkan metode Belajar Tuntas di masa pandemi? (b) Bagaimanakah motivasi belajar menulis cerita anekdot siswa kelas X SMA Negeri 3 Batu setelah diterapkan metode Belajar Tuntas di masa pandemi? Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Mengetahui peningkatan kemampuan menulis cerita anekdot siswa kelas X SMA Negeri 3 Batu setelah diterapkan metode Belajar Tuntas di masa pandemi, (b) Mengetahui pengaruh motivasi belajar menulis cerita anekdot siswa kelas X SMA Negeri 3 Batu setelah diterapkan metode Belajar Tuntas di masa pandemi. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 3 Batu. Data yang diperoleh berupa hasil ulangan harian, lembar observasi kegiatan belajar mengajar, prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III. Dari hasil analisis didapatkan 3 siklus yaitu, siklus I (57,57%), siklus II (72,72%), siklus III (87,87%). Simpulan dari penelitian ini adalah metode pengajaran Belajar Tuntas di masa pandemi melalui kegiatan menulis cerita Anekdot dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 3 Batu, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran bahasa Indonesia.
Meningkatkan Kemampuan Menceritakan Pengalaman Pribadi Melalui Metode Cerita Berantai Pada Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 2 Bajawa Utara Tahun Pelajaran 2019/2020 Sofia Aurelia Tawa Ga
Warta Pendidikan | e-Journal Vol. 5 No. 5 (2021): Warta Pendidikan
Publisher : Pusat Pengkajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (P3SDM) Melati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.0503/wp.v5i5.94

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah kondisi siswa kelas VIIIB SMP Negeri 2 Bajawa Utara pada pembelajaran bercerita dalam bahasa Indonesia masih banyak terbentur pada kemampuan siswa untuk menghafal isi sebuah wacana, sekaligus untuk membuat kesimpulan dari wacana tersebut. Hal ini dapat dilihat dari hasil pembelajaran dari Kompetensi Dasar Menceritakan Pengalaman Pribadi, untuk siswa kelas VIIIB dimana rata-rata kemampuan siswa masih rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan menceritakan pengalaman pribadi melalui metode cerita berantai siswa Kelas VIII B SMP Negeri 2 Bajawa Utara Tahun Pelajaran 2019-2020. Penelitian ini dikatakan berhasil jika rata-rata kemampuan siswa menceritakan pengelaman pribadi setiap aspek ≥75,00. Hasil dari penelitian adalah rata-rata kemampuan menceritakan pengalam pribadi pada siklus kesatu adalah 66,08 dan siklus kedua adalah 75,08. Perbandingan peningkatan rata-rata kemampuan menceritakan pengalaman pribadi pada siklus kesatu dan siklus kedua adalah 65,90: 75,15. Berdasarkan data-data tersebut di atas, terjadi peningkatan rata-rata kemampuan menceritakan pengelaman pribadi pada siklus I adalah 65,90 sedangkan siklus 2 adalah 75,15. Karena rata-rata kemampuan siswa pada siklus 2 sudah melebihi dari indikator keberhasilan dari penelitian ini yaitu ≥75,00 penelitian ini berhasil.
Pengaruh Keputusan Investasi, Kebijakan Dividen, Keputusan Pendanaan, Profitabilitas dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan Achmad Nurcholik; Augustina Kurniasih
Warta Pendidikan | e-Journal Vol. 5 No. 5 (2021): Warta Pendidikan
Publisher : Pusat Pengkajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (P3SDM) Melati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.0503/wp.v5i5.95

Abstract

This study aims to influence investment decisions, dividend policies, funding decisions, profitability and liquidity on the value of the company of the consumer goods sector listed on the Indonesia Stock Exchange during the 2012-2017 observation period. The research sample consisted of 36 companies determined by purposive sampling. The study uses secondary data from annual financial reports issued by companies in the consumer good sector. The research method used is descriptive statistics and panel data regression using Fixed Effect Model (REM). The results showed that investment decisions, dividend and liquidity policies did not affect the Price Book Value while funding and profitability decisions had a significant positive effect on the Price Book Value. The implication in this study is that companies need to pay attention to funding decisions and profitability because both are proven to have a positive effect on firm value.
Pendidikan Tanpa Kekerasan Petrus EY Ngilo Rato
Warta Pendidikan | e-Journal Vol. 5 No. 5 (2021): Warta Pendidikan
Publisher : Pusat Pengkajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (P3SDM) Melati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.0503/wp.v5i5.96

Abstract

Fakta menunjukkan bahwa kekerasan masih saja terjadi di sekolah. Pada hal sekolah merupakan rumah kedua bagi peserta didik untuk melakukan kegiatan belajar dengan hati yang nyaman. Tanpa rasa nyaman dapat dipastikan aktivitas dan hasil belajar siswa tidak dapat berjalan dan mencampai hasil yang maksimal. Oleh karena itu melalui tulisan ini penulis hendak mengutarakan latar belakang dan sebab-sebab terjadinya kekerasan serta bagaimana mengatasi atau meminimalisir kekerasan yang terjadi di sekolah. Dengan demikian sekolah Dapat menjadi tempat yang nyaman bagi siswa untuk belajar dan saling berinteraksi dengan teman-taman dan para guru di sekolah.

Page 1 of 1 | Total Record : 5