cover
Contact Name
Nova Indra
Contact Email
ejournalwartapendidikan@gmail.com
Phone
+62811990400
Journal Mail Official
ejournalwartapendidikan@gmail.com
Editorial Address
Jl. Danau Tambingan G6E/5 Malang, Jawa Timur
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Warta Pendidikan : Jurnal Pendidikan dan Budaya
ISSN : 25409344     EISSN : 27762904     DOI : https://doi.org/10.0503/wp
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Ilmiah WARTA PENDIDIKAN, adalah JURNAL NASIONAL yang terbit bulanan. Warta Pendidikan hadir sebagai media ilmiah yang khusus diperuntukkan bagi pemuatan/publikasi materi-materi ilmiah yang berasal dari Karya Ilmiah Guru, Dosen, Mahasiswa S1, S2,dan S3.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 6 (2021): Warta Pendidikan" : 6 Documents clear
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SENGSARA, WAFAT, KEBANGKITAN DAN KENAIKAN YESUS KE SURGA MELALUI METODE BERTUKAR PASANGAN DI KELAS X IPS 2 SMAN TERPADU UNGGULAN 1 TANA TIDUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020 Zakarias Surat
Warta Pendidikan | e-Journal Vol. 5 No. 6 (2021): Warta Pendidikan
Publisher : Pusat Pengkajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (P3SDM) Melati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kondisi peserta didik yang cepat jenuh dan bosan dalam memperhatikan penjelasan guru di depan kelas dan kurang berperan aktif dalam pembelajaran menyebabkan rendahnya hasil belajar Pendidikan Agama Katolik kelas X IPS 2. Hal ini terjadi karena guru kurang variatif dalam menggunakan metode pembelajaran dan kurang trampil dalam menggunakan media pembelajaran. Oleh karena itu, peneliti yang juga sebagai guru melakukan penelitian pembelajaran melalui penerapan pembelajaran kooperatif dengan metode bertukar pasangan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Katolik di kelas X IPS 2 SMAN Terpadu Unggulan 1 Tana Tidung tahun pelajaran 2019/2020 pada materi ”Sengsara, Wafat, Kebangkitan dan Kenaikan Yesus ke Surga”. Upaya ini ditempuh dengan menerapkan pembelajaran kooperatif degan metode pembelajaran Bertukar Pasangan, dalamnya peserta didik memiliki rasa tanggung jawab kelompok, dan lebih antusias bertukar pikiran dalam diskusi, memperhatikan serta merangkum penjelasan/arahan guru di kelas. Penelitian ini dilaksanakan bulan Januari - Maret 2020 di SMA Negeri Terpadu Unggulan 1 Tana Tidung di Jl. Perintis RT 06 Kec. Sesayap Kab. Tana Tidung. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif untuk hasil observasi dan kuantitatif untuk hasil belajar. Dari hasil penelitian, diketahui bahwa pada siklus I, dari 10 orang peserta didik terdapat 7 peserta didik dinyatakan tuntas dengan persentase ketuntasan 70% serta proses pembelajaran dinilai baik. Sedangkan pada siklus II meningkat dari 10 orang peserta didik, terdapat 9 peserta didik dinyatakan tuntas dengan persentase ketuntasan 90% serta proses pembelajaran dinilai sangat baik. Hasil penelitian tindakan ini menunjukkan bahwa penerapan metode/teknik bertukar pasangan berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X IPS 2 SMAN Terpadu Unggulan 1 Tana Tidung pada materi ”Sengsara, Wafat, Kebangkitan dan Kenaikan Yesus ke Surga”.
PEMBELAJARAN ONLINE DI KOTA MALANG DAN BATU DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA SMK Ema Sumiarti
Warta Pendidikan | e-Journal Vol. 5 No. 6 (2021): Warta Pendidikan
Publisher : Pusat Pengkajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (P3SDM) Melati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Peran penting pembuat kebijakan adalah untuk pengembangan dan perbaikan pelaksanaan program. Tujuan penelitian secara umum adalah mengevaluasi komponen pendukung pelaksanaan pembelajaran online yang meliputi fasilitas belajar di rumah dan perhatian orang tua dalam belajar, komponen input kemampuan awal siswa, dan komponen process keaktifan mengikuti pembelajaran online dalam kaitannya dengan peningkatan kompetensi siswa SMK di Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kota Malang dan Batu. Desain penelitian menggunakan penelitian evaluasi. Sampel penelitian melibatkan sebanyak 240 siswa program keahlian Multimedia di SMKN 4, 5, 11 Kota Malang dan SMKN 3 Batu. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik SEM (Structural Equation Modeling) dan LISREL. Hasil penelitian ini adalah, 1) kemampuan awal siswa berpengaruh langsung terhadap keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran online dan berpengaruh tidak langsung terhadap kompetensi, 2) keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran online berpengaruh terhadap kompetensi siswa.
ANALISIS KEPUASAN KERJA PEGAWAI BIRO UMUM SEKRETARIAT JENDERAL KEMENTERIAN PERDAGANGAN Dara Puspitawati
Warta Pendidikan | e-Journal Vol. 5 No. 6 (2021): Warta Pendidikan
Publisher : Pusat Pengkajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (P3SDM) Melati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research aims to find out (1) the influence of leadership style towards job satisfaction, (2) the influence of motivation towards job satisfaction, and (3) the influence of work environment towards job satisfaction. This research was held in the Ministry Of Trade, Jakarta on General Affairs Bureau Unit Of The Secretariat-General. Data retrieval was performed in February 2019. The research method used saturated sample, i.e 91 respondents. Analysis data using multiple linear regression model and processed with SPSS software version 25. The research result showed that (1) a positive and influential leadership style significanly to job satisfaction, (2) a positive and significant effect of motivation toward job satisfaction, and (3) a positive and influential work environment significanly to job satisfaction.
GERAKAN SENIMAN MASUK SEKOLAH (GSMS) TERHADAP OPTIMALISASI PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMA N 1 CEPER KLATEN Sunarwan
Warta Pendidikan | e-Journal Vol. 5 No. 6 (2021): Warta Pendidikan
Publisher : Pusat Pengkajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (P3SDM) Melati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pelaksanaan Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS) dalam bidang seni tari/ gerak dan lagu, penguatan karakter cinta tanah air siswa melalui Gerakan Seniman Masuk Sekolah dalam bidang seni tari/gerak 1 dan lagu, serta faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan Gerakan Seniman Masuk Sekolah dalam bidang seni tari/gerak dan lagu di SMA Negeri 1 Ceper Klaten. Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS) ini diharapkan dapat menghidupkan kembali kesenian atau budaya lokal di sekolah. Selain itu, GSMS ini juga diharapkan mampu meningkatkan rasa percaya diri, motivasi berprestasi, dan hasil belajar siswa yang masih rendah di bidang seni tari kreasi dan lagu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan seniman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan Gerakan Seniman Masuk Sekolah dapat menguatkan karakter dan memberikan pengaruh positif terhadap peserta didik. Nilai karakter yang dikuatkan dalam pelaksanaan GSMS dalam bidang seni tari/gerak dan lagu yaitu 1). Nasionalis yang di dalamnya terdapat lagu yaitu: larakter cinta tanah air, sehingga tertanam saling toleransi dan menghargai. Karakter cinta tanah air siswa tampak pada siswa mengenal dialek atau bahasa setempat ketika pembelajaran tari/lagu, 2) Rasa suka dan bangga terhadap budaya asli Indonesia. 3) Siswa pecaya diri dalam berperan aktif menunjukkan keterampilan menari dari hasil mempelajari budaya lokal. Faktor yang mendukung pelaksanaan Gerakan Seniman Masuk Sekolah antara lain: bakat dan minat peserta didik, sarana dan prasarana yang memadai, peran orang tua peserta didik, peran masyarakat, serta pemberian dana dari pemerintah. Faktor yang menghambat pelaksanaan GSMS antara lain: ketidaksesuaian waktu pembelajaran dengan kegiatan peserta didik dan ketidakhadiran beberapa peserta didik pada saat proses pembelajaran seni tari.
PENGGUNAAN MEDIA CD FLASH ANIMATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGHAFAL BACAAN SHOLAT SISWA KELAS III DI SDN 14 PEMATANG PANJANG Maswana
Warta Pendidikan | e-Journal Vol. 5 No. 6 (2021): Warta Pendidikan
Publisher : Pusat Pengkajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (P3SDM) Melati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Masalah pokok pada Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertitik tolak dari rendahnya hasil belajar hafalan bacaan sholat kelas III SDN 14 Pematang Panjang. Hal ini disebabkan karena penggunaan metode pembelajaran yang digunakan masih bersifat konvensional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar hafalan bacaan sholat kelas III SDN 14 Pematang Panjang. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam PTK ini perlakuannya adalah: “penggunaan media CD flash animation” yang bersifat: “before-after” yaitu membandingkan hasil belajar hafalan bacaan sholat siswa kelas III SDN 14 Pematang Panjang sebelum dan setelah penggunaan media. Setiap siklus hipotesis diuji melalui data yang dikumpulkan dari nilai 24 orang siswa melalui teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Setiap siklus terdiri dari empat proses yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan data penelitian ini didapatkan informasi bahwa terjadi peningkatan nilai hafalan bacaan sholat kelas III SDN 14 Pematang Panjang antara sebelum dengan sesudah tindakan. Adapun nilai hitung hafalan bacaan sholat sebesar 0,2041 menggunakan nilai df = 50 pada taraf signifikasi 1 sisi adalah 0,050 dan tabel sebesar 0,396. Ini berarti bahwa thitung berada di bawah dari tabel, maka peningkatan nilai bacaan sholat siswa tidak signifikan.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR PJOK MATERI SERVIS ATAS PERMAINAN BOLA VOLLY PADA SISWA KELAS IX.C SMPN 1 DAMPIT KABUPATEN MALANG SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2018-2019 Mujianto
Warta Pendidikan | e-Journal Vol. 5 No. 6 (2021): Warta Pendidikan
Publisher : Pusat Pengkajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (P3SDM) Melati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini, berangkat dari latar belakang perlunya dilakukan pembaharuan dalam peningkatan kreatifitas mengajar guru, dalam pengelolaan proses pembelajaran PJOK di sekolah menengah sebagai respons melemahnya kualitas belajar siswa. Dalam kegiatan pembelajaran, materi pembelajaran tidak konsteksual dan kinerja siswa rendah, baik pada proses maupun produk belajarnya. Sebagian besar guru masih melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran tradisional sehingga memerlukan upaya untuk memenuhi tuntutan Kurikulum 2013. Keadaan tersebut berpotensi menimbulkan kejenuhan, kebosanan, serta menurunkan minat dan motivasi belajar siswa. Berdasarkan uraian permasalahandi atas, melalui penelitian ini diharapkan guru mampu memainkan peran sebagai innovator pembelajaran. Peningkatan kratifitas mengajar guru mutlak perlu dikembangkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendapatkan data dan analisisnya melalui kajian-kajian reflektif, partisipatif, dan kolaboratif. Pengembangan program didasarkan pada data-data dan informasi dari siswa, guru dan setting sosial kelas secara alamiah melalui tiga tahapan siklus penelitian tindakan kelas. Untuk meningkatkan hasil belajar dan aktifitas siswa dalam pembelajaran PJOK dilakukan di PTK dengan menggunakan pembelajaran koorperatif drill dan bermain. Penelitian ini dilakukan di kelas IX.C SMPN 1 Dampit Kabupaten Malang dengan 2 siklus. Pada siklus pertama sebagian siswa belum terbiasa dengan kondisi belajar koorperatif model drill dan bermain. Di lain sisi guru sebagai kolaborator dalam PTK ini juga belum maksimal dalam mengimplementasikan pembelajaran koorperatif model drill dan bermain. Dalam siklus kedua siswa dan guru (kolaborator) sudah mulai memahami implementasi pembelajaran koorperatif tipe STAD dan menunjukkan hasil yang cukup memuaskan. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi terhadap pembelajaran yang mengarah pada pendekatan pembelajaran koorperatif model drill dan bermain. Dan hasil belajar menunjukkan penigkatan dari rata-rata sebesar 5.43 pada pasiklus (sebelum penggunaan pembelajaran koorperatif model drill dan bermain) 8 siswa tuntas belajar 25% KKM 75. Kemudian peneliti menggunakan metode drill dan bermain pada siklus 1 rata-rata hasil belajar meningkat 6.39 dan sisda tuntas 14 atau 43.75, hasil belajar siklus 2 menjadi rata-rata 8.47 dan 32 siswa telah tuntas belajar 100%. Dari hal pelaksanaan PTK, prasiklus, siklus pertama, dan kedua, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran koorperatif model drill dan bermain dapat meningkatkan hasil belajar dan aktifitas siswa dalam pembelajaran PJOK pada kelas IX.C SMPN 1 Dampit Kabupaten Malang.

Page 1 of 1 | Total Record : 6