cover
Contact Name
Nurbayani
Contact Email
AAOS.unifa@gmail.com
Phone
+6285255111502
Journal Mail Official
AAOS.unifa@gmail.com
Editorial Address
Jl. Prof. Abdurraham Basalamah No. 101, Panakkukang, Kota Makassar
Location
Kota adm. jakarta pusat,
Dki jakarta
INDONESIA
Accounting Accountability and Organization System (AAOS) Journal
ISSN : -     EISSN : 27162125     DOI : http://dx.doi.org/10.47354/aaos.v2i2
Core Subject : Economy, Social,
Accounting, Accountability, and Organization System (AAOS) Journal is an accounting and management journal that focuses on accounting studies covering several areas of study including financial accounting, management accounting, sharia accounting, behavioral accounting, auditing, taxation and related financial management. The presence of this journal is expected to be able to provide uptudate scientific knowledge in the field of accounting.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 1 (2019): September" : 7 Documents clear
Analisis Penerepan Akuntansi Lingkungan pada PTPN XIV Pabrik Gula Bone Arasoe Kabupaten Bone Muhammad Idrus
Accounting, Accountability, and Organization System (AAOS) Journal Vol. 1 No. 1 (2019): September
Publisher : Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Ilmu-ilmu Sosial Universitas Fajar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perhitungan biaya dalam penanganan limbah diperlukan adanya perlakuan akuntansi yang tersistematis secara benar. Proses pengukuran, penilaian, pengungkapan dan penyajian informasi perhitungan biaya pengelolaan limbah tersebut merupakan masalah akuntansi yang menarik untuk dilakukan penelitian sebab selama ini belum dirumuskan secara pasti bagaimana metode pengukuran, penilaian, pengukapan, dan penyajian akuntansi lingkungan di sebuah perusahaan.Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah sistem akuntansi lingkungan sebagai pertanggungjawaban sosial kepada masyarakat, khususnya dalam pengelolaan limbah dan lingkungan telah diterapkan pada PTPN XIV Pabrik Gula Bone Arasoe Kabupaten BoneJenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode kasus pada PTPN XIV Pabrik Gula Bone Arasoe Kabupaten Bone.Metode analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif komparatif yaitu peneliti mendeskripsikan hasil temuannya yang berasal dari data data yang terkumpul melalui proses observasi di subyek penelitian yang kemudian akan diperbandingkan dengan metode penerapan akuntansi lingkungan secara teori yang selama ini berkembang dikalangan akademik.Berdasarkan analisis neraca dan laba rugi pada laporan keuangan Pabrik Gula Bone Arasoe, dapat diketahui bahwa elemen yang terkait dengan pengelolaan lingkungan belun tersaji secara eksplisit didalam laporan keuangannya
Transparansi informasi pelayanan surat izin usaha pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Bone ferawati andi
Accounting, Accountability, and Organization System (AAOS) Journal Vol. 1 No. 1 (2019): September
Publisher : Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Ilmu-ilmu Sosial Universitas Fajar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelian ini untuk mengetahui transparansi informasi pelayanan pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Bone. Motede pengumpulan data dan informasi yang digunakan yaitu, Studi dokumentasi, teknik wawancara, dan teknik observasi. Teknik analsis data dalam penelitian kulitatif ini mulai dilakukan pada saat proses pengumpulan data berlangsung, dan analisis data yang dipilih adalah analisis data model Milles dan Huberman, yaitu, reduksi data, display data/penyajian data, dan mengambil kesimpulan dan verifikasi. Hasil dari analisis data yang telah dilakukan dengan mengunakan model Milles dan Huberman, yaitu transparansi informasi pelayanan izin usaha di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kbupaten Bone telah transparansi dalam pemberian pelayanan kepada masyarakat. Pelayanan publik akan mempunyai tingkat transparansi yang tinggi apabila acuan utama penyelenggaraannya selalu berorientasi kepada pengguna jasa. Kepuasan pengguna jasa harus selalu mendapat perhatian dalam setiap penyelenggaraan pelayanan publik, karena merekalah penguasa sesungguhnya yang membiayai birokrasi melalui pajaknya. Mereka berhak atas pelayanan yang terbaik diberikan pelayannya yaitu birokrasi. Untuk itu acuan penyelenggaraan pelayanan publik harus senantiasa berorientasi pada kebutuhan masyarakat.
Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Memilih Coffee Shop di Kota Watampone Syahrir Pawerangi
Accounting, Accountability, and Organization System (AAOS) Journal Vol. 1 No. 1 (2019): September
Publisher : Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Ilmu-ilmu Sosial Universitas Fajar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Mengetahui seberapa besar pengaruh lokasi coffee shop atau kafe, harga, suasana, fasilitas yang ditawarkan, serta makanan dan minuman terhadap perilaku kosumen dalam memilih coffee shop.Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Riset lapangan.Peneliti turun langsung ke obyek penelitian untuk memperoleh data-data yang dibutuhkan. Teknik yang digunakan adalah: Observasi, Wawancara, Kuesioner (angket). Metode Analisis yang digunakan adalah Regresi Linear Berganda dimana yang menjadi variabel dependen adalah keputusan konsumen dalam memilih coffee shop, Variabel independent dalam penelitian ini adalah variabel yang mewakili faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam memilih coffeeshop di Watampone, antara lain: Lokasi, Biaya, Suasana, Fasilitas, Makanan dan Minuman.Hasil penelitian Secara bersama-sama variabel Lokasi (X1), Biaya (X2), Fasilitas (X3), Suasana (X4) dan Makanan dan Minuman (X5), mempunyai pengaruh yang signifkan terhadap Keputusan konsumen dalam memilih Coffee Shop di Watampone. Sedangkan besarnya pengaruh kelima variabel bebas tersebut terhadap Keputusan konsumen sebesar 61,9% sedangkan sisanya 38,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini. Dan secara parsial variabel Lokasi, Biaya, Fasilitas, Suasana dan Makanan dan Minuman secara parsial atau sendiri-sendiri berpengaruh signifikan terhadap Keputusan konsumen terbukti. Ini dapat dibuktikan dengan Fasilitas thitung dari masing-masing variabel lebih besar dari ttabel yaitu sebesar 1,6612.Berdasarkan hasil koefisien determinasi parsial dapat diketahui bahwa variabel suasana merupakan variabel yang paling berpengaruh terhadap Keputusan konsumen. Ini dapat dibuktikan dengan nilai koefisien determinasi parsial variabel suasana mempunyai nilai terbesar yaitu sebesar 0,125 dibanding variabel lainnya yaitu lokasi, biaya, fasilitas serta variabel makanan dan minuman.
Pengaruh Tingkat Debt Financing Dan Equity Financing Terhadap Profit Expense Ratio Perbankan Syariah Muhammad Idrus
Accounting, Accountability, and Organization System (AAOS) Journal Vol. 1 No. 1 (2019): September
Publisher : Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Ilmu-ilmu Sosial Universitas Fajar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya masalah seiring dengan pesatnya perkembangan jumlah bank syariah dan jumlah aset dari bank syariah tersebut. yaitu pembiayaan mayoritas disalurkan pada debt financing yaitu sebesar 70,93% dengan komposisi murabahah 66.42%;lainnya 4,51%, sedangkan pembiayaan bagi hasil (equity financing) hanya sebesar 29,07% dengan komposisi mudharabah 18,05%;musyarakah 11,02%.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh tingkat debt financing dan equity financing secara bersama - sama (simultan) profit expense ratio bank syariah. Dan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh tingkat debt financing dan equity financing secara parsial terhadap profit expense ratio bank syariah.Dalam penelitian ini penulis melakukan penelitian dengan menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan asosiatif untuk membuat deskripsi, gambaran atau lukisan secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antar fenomena yang diselidiki yang kemudian di analisis.Jumlah dana pihak ketiga mempunyai pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap nisbah bagi hasil yang diberikan bank Muamalat Capem Bone kepada nasabahnya dengan arah negatif. Pengaruh yang negatif berarti bahwa peningkatan (penurunan) jumlah dana pihak ketiga akan menyebabkan penurunan (peningkatan) nisbah bagi hasil yang diberikan bank Muamalat Capem Bone kepada nasabahnya. Kenaikan jumlah dana pihak ketiga menyebabkan penurunan nisbah bagi hasil yang diberikan Bank Muamalat Capem Bone kepada nasabahnya.
ANALISIS KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM KABUPATEN ENREKANG BERDASARKAN KEPUTUSAN MENTERI DALAM NEGERI NOMOR 47 TAHUN 1999 PERIODE 2014-2018 nurbayani nurbayani; Fitriani Dewi
Accounting, Accountability, and Organization System (AAOS) Journal Vol. 1 No. 1 (2019): September
Publisher : Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Ilmu-ilmu Sosial Universitas Fajar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kinerja Keuangan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri (Kepmendagri) No. 47 Tahun 1999 Kabupaten Enrekang pada Tahun 2014- 2018. teknik pengumpulaan data yang digunakan yaitu analisis dokumen. Teknik analisis data dengan mengunakan analisis kinerja keuangan dengan sepuluh rasio keuangan berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri No.47 Tahun 1999, tentang pedoman penilaian kinerja keuangan Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Enrekang. Hasil dari perhitungan kinerja keuangan pada Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Enrekang pada tahun 2014- 2018 sesuai dengan Keputusan Menteri Dalam Negeri No.47 Tahun 1999, sebagi berikut: pada tahun 2014 menghasilkan kategori “Baik” dengan nilai kinerja sebesar 33, tahun 2015 menghasilkan kategori “Baik Sekali” dengan nilai kinerja sebesar 40, ditahun 2016 menghasilkan kategori “baik” dengan nilai kinerja keuangan sebesar 31, pada tahun 2017 menghasilkan kategori “baik” dengan nilai kinerja keuangan sebesar 30, dan pada tahun 2018 menghasilkan kategori “baik Sekali” dengan nilai kinerja keuangan sebesar 35.
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Dalam Menggunakan Jasa Paket Pengiriman di Kantor PT Pos Indonesia (Persero) Watampone. Marniati Syam
Accounting, Accountability, and Organization System (AAOS) Journal Vol. 1 No. 1 (2019): September
Publisher : Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Ilmu-ilmu Sosial Universitas Fajar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui pengaruh pelayanan terhadap minat masyarakat dalam menggunakan jasa paket pengiriman di kantor PT Pos Indonesia (Persero) Watampone, Untuk mengetahui pengaruh produk terhadap minat masyrakat dalam menggunakan jasa paket pengiriman di kantor PT Pos Indonesia (persero) Watampone,Untuk mengetahui pengaruh terhadap minat masyarakat dalam menggunakan jasa paket pengiriman di kantor PT Pos Indonesia (persero) Watampone, Untuk mengetahui pengaruh pelayanan,produk, dan promosi terhadap minat masyarakat dalam menggunakan jasa paket pengiriman di kantor PT Pos Indonesia (persero) Watampone.Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Observasi, Kuesioner Dokumentasi. Alat analisis ini akan digunakan untuk mengetahui adanya pengaruh antara variabel dependen dengan variabel-variabel independen dalam penelitian ini. analisis regresi yang akan digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Y = a + b1x1 + b2x2 + b3x3 + e (Y= minat masyarakat, x1= pelayanan, x2 = produk, x3 = promosi, b1= koefisien regresi pelayanan, b2= koefisien regresi produk, b3= koefisien regresi promosi).Hasil penelitian Dari hasil uji hipotesis ditemukan bahwa secara simultan menunjukkan bahwa ketiga variabel independen pelayanan, produk, dan promosi berpengaruh secara tidak signifikan terhadap minat masyarakat (Fhitung = 1,060, Ftabel = 3,09). Secara parsial, variabel pelayanan juga berpengaruh secara signifikan terhadap minat masyarakat dalam menggunakan jasa paket pengiriman di kantor PT Pos Indonesia (Persero) Watampone.
PENGARUH KOMPETENSI AKUNTANSI APARAT PENGELOLA DANA DESA DAN KOMITMEN ORGANISASI PEMERINTAH DESA TERHADAP AKUNTABILITAS PENGELOLAAN DANA DESA (Studi Pada Kecamatan Sinjai Selatan Kabupaten Sinjai) YASMI NURDIN; Irwan Wijaya
Accounting, Accountability, and Organization System (AAOS) Journal Vol. 1 No. 1 (2019): September
Publisher : Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Ilmu-ilmu Sosial Universitas Fajar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kompetensi akuntansi yang dimiliki oleh aparat pengelola dana desa dan komitmen organisasi pemerintah desa terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa, mengingat bahwa tekat pemerintah membangun perekonomian dari pinggiran daerah yaitu dari desa sehingga kucuran dana dari pemerintah pusat sebagai bentuk implementasi dari lahirnnya undang-undang tentang desa jumlahnya mencapai Rp. 20,7 Triliun. Oleh karena itu, laporan pertanggungjawaban dana desa harus akuntabel.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian explanatory (penelitian penjelasan), studi kasus pada kecamatan sinjai selatan kabupaten sinjai. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner, dokumentasi, dan studi pustaka. Analiasi data dilakukan menggunakan aplikasi SPSS 21 for windows.Hasil penelitian menunjukkan bahwa 57,7% Akuntabilitas pengelolaan dana desa dipengaruhi oleh variabel kompetensi akuntansi aparat pengelola dana desa dan komitmen organisasi pemerintah desa, selebihnya dipengaruhi oleh variable lain. Semakin baik kompetensi akuntansi yang dimiliki oleh aparat pengelola dana desa makan akan baik pula tingkat akuntabilitas pengelolaan dana desa yang dibuktikan dengan laporan pertanggungjawaban bersih serta semakin tingginya tingkat kesadaran kita atau tingkat komitmen kita terhadap organisasi atau instansi dalam hal komitmen organisasi pemerintah desa makan akan semakin baik akuntabilitas pengelolaan dana desa.

Page 1 of 1 | Total Record : 7