cover
Contact Name
Adityo Nugroho
Contact Email
25adityonugrohosunnah@gmail.com
Phone
+6285606880522
Journal Mail Official
admin@ejournal.stidkiarrahmah.ac.id
Editorial Address
Jalan Teluk Buli no 3-5-7 Surabaya Jawa Timur Indonesia
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Masjiduna : Junal Ilmiah Stidki Ar-Rahmah
Published by STIDKI Ar-Rahmah
ISSN : 26210436     EISSN : 26219964     DOI : -
Focus and Scope Masjiduna : Junal Ilmiah Stidki Ar-Rahmah mempublikasikan hasil penelitian orisinal tentang manajemen dakwah. Jurnal ini mengembangkan konsep, teori, perspektif, paradigma, dan metodologi dalam ruang lingkup Ilmu Dakwah meliputi kajian manajemen masjid, manajemen dakwah, organisasi dakwah.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2019): 1-70 : Juni" : 5 Documents clear
Manajemen Fasilitas Parkir Di Masjid Al-Falah Surabaya mauludi mauludi; Abdul Wadud; Airlangga Bramayudha
Masjiduna : Junal Ilmiah Stidki Ar-Rahmah Vol 2, No 1 (2019): 1-70 : Juni
Publisher : Sekolah Ilmu Dakwah dan Komunikasi Islam (STIDKI) Ar Rahmah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52833/masjiduna.v2i1.48

Abstract

ABSTRACTThe purpose of this study is to describe the management of parking facilities at places of worship. In this study using qualitative methods with a qualitative descriptive method approach. The place of worship that is the object of research is the Al-Falah Mosque. The process of collecting data is done by observation, in-depth interviews, and documentation. This study describes managerial supervision of parking facilities at Al-Falah Mosque. The Al Falah Mosque takmir committee collaborates with the Surabaya City Transportation Agency (DISHUB), residents who have vacant land and parking attendants from residents around the Al Falah Mosque. Managerial oversight of the parking area of the Al Falah Mosque is carried out with a coordinator system of permanent employees and financial reports from the security coordinator for the finance department. Suggestions for improvement, Al Falah Mosque should have a written system starting from Standard Operating Procedure (SOP) for land use, parking management and cooperation system.  ABSTRAKTujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang pengelolaan fasilitas parkir pada tempat ibadah. Dalam Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan metode kualitatif deskriptif. Tempat ibadah yang menjadi objek penelitian ialah Masjid Al-Falah. Proses pengambilan data dilakukan dengan Observasi, Wawancara mendalam, dan dokumentasi. Penelitian ini menggambarkan tentang pengawasan secara manajerial fasilitas parkir di Masjid Al-Falah. Pengurus takmir Masjid Al Falah bekerjasama dengan dinas perhubungan (DISHUB) kota Surabaya, warga yang mempunyai lahan kosong serta petugas parkir dari warga sekitar Masjid Al Falah. Pengawasan secara manajerial terhadap keparkiran Masjid Al Falah dilakukan dengan sistem satu koordinator dari karyawan tetap dan laporan keuangan dari koordinator keamanan untuk bagian keuangan. Saran untuk perbaikan, seharusnya Masjid Al Falah mempunyai sistem yang tertulis mulai dari Standar Operasional Prosedur (SOP) penggunaan lahan, pengelolaan parkir dan sistem kerjasamanya. 
Model Program Khutbah Jumat Di Masjid Al-Ikhlash Surabaya: Perspektif Manajemen Operasi Isa Saleh; Muhammad Ahnaf Dzikrulloh; Ahmad Habibul Muiz
Masjiduna : Junal Ilmiah Stidki Ar-Rahmah Vol 2, No 1 (2019): 1-70 : Juni
Publisher : Sekolah Ilmu Dakwah dan Komunikasi Islam (STIDKI) Ar Rahmah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52833/masjiduna.v2i1.49

Abstract

ABSTRACTThis research is intended to describe the program management sermon Friday at the Al-Ikhlash mosque, Tanjung Perak in Surabaya in Ecstasy. The goal in this study was describe the idea in search management program comes in Mosque Al-Ikhlash Tanjung Perak Surabaya in Ecstasy, described the selection process khatib, describes the design introduction, describes the implementation of the trial and described the shape of the design eventually. This study uses qualitative methods with the descriptive approach. This research uses data collection techniques in the form of in-depth interviews, observation and documentation. Program management ' preaching Friday at Mosque Al-Ikhlash of Tanjung Perak Surabaya Aware include: the Groove, the duration of the sermon, the criteria of khatib, theme, schedule khatib, SOP appearance khatib and infrastructure repair facility that supports the sermon Friday. Advice for all administrators that are in Al-Ikhlash mosque in Surabaya, to always provide service properly to the jama'ah, through the care facilities in Mosque Al-Ikhlash, choose a quality khatib-khatib, to performing at home and feel comfortable when the worship in the Mosque of Al-Ikhlash. ABSTRAKPenelitian ini dimaksudkan untuk menggambarkan manajemen program khutbah Jum’at di Masjid Al-Ikhlash  Tanjung Sadari Perak Surabaya. Tujuan dalam penelitian ini adalah menggambarkan pencarian gagasan dalam manajemen program khutbah di Masjid Al-Ikhlash Tanjung Sadari Perak Surabaya, menggambarkan proses seleksi khatib, menggambarkan design pendahuluan, menggambarkan pelaksanaan uji coba dan menggambarkan bentuk design akhirnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Manajemen Program khutbah Jum’at di Masjid Al-Ikhlash Tanjung Sadari Perak Surabaya meliputi: alur, durasi khutbah, kriteria khatib, tema, jadwal khatib, SOP penampilan khatib dan sarana prasana yang mendukung khutbah Jum’at. Saran bagi segenap pengurus yang ada di Masjid Al-Ikhlash Surabaya, agar selalu memberikan pelayanan dengan baik kepada para jama’ah, melalui perawatan fasilitas yang ada di Masjid Al-Ikhlash, memilih khatib-khatib yang berkualitas, agar jama’ah betah dan merasa nyaman ketika beribadah di Masjid Al-Ikhlash.
Pengelolaan Program Muallaf Pada Masjid Cheng Ho Di Surabaya Hari Santoso Wibowo; Auliya Abdillah; Herma Musyanto
Masjiduna : Junal Ilmiah Stidki Ar-Rahmah Vol 2, No 1 (2019): 1-70 : Juni
Publisher : Sekolah Ilmu Dakwah dan Komunikasi Islam (STIDKI) Ar Rahmah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52833/masjiduna.v2i1.50

Abstract

ABSTRACTMuhammad Cheng Ho Mosque or commonly known as the Cheng Ho Mosque is one of the mosques that provides facilities for converts to form a Muslim personality both in terms of morals and aqidah and understands other syar'i sciences. The purpose of this study is to describe the management steps of the conversion program at Cheng Ho Surabaya Mosque. This type of research is descriptive qualitative research. This research uses observation, interview and documentation methods. The results of this research show that the management of the converts program at the Cheng Ho Mosque in Surabaya was formed because of the background situation and conditions of the converts, departing from the experiences of several asatidzah who were also converts before, then the idea emerged to create a program management and planning to provide quality quality. quality for mualla, so from here a Chinese community was built and the Cheng ho Surabaya Mosque and the PITI Surabaya institution participated in helping to formulate programs and guidance to Muallaf. With the vision and mission of wanting to make Cheng Ho Mosque as a learning satisfaction and center of worship as well as a place for converts to study Islam.ABSTRAK Masjid Muhammad Cheng Ho atau biasa dikenal dengan nama Masjid Cheng Ho salah satu masjid yang menaungi untuk memberikan fasilitas bagi para muallaf dalam membentuk pribadi muslim yang baik dari segi akhlak dan aqidah serta paham dengan ilmu-ilmu syar’i lainnya. Tujuan dari penelitian ini  yaitu  untuk  mendeskripsikan  langkah manajemen program muallaf pada Masjid Cheng Ho Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini diketahui manajemen program muallaf di Masjid Cheng Ho Surabaya dibentuk karena adanya latar belakang situasi dan kondisi para muallaf, berangkat dari pengalaman beberapa para  asatidzah  yang  juga notabenenya dahulu adalah muallaf, lalu muncullah ide untuk membuat sebuah manajemne program dan perencanaan dalam memberikan kualitas yang bermutu  bagi para mualla, maka dari sini lah dibangun sebuah  komunitas  Tionghoa  dan  Masjid Cheng ho Surabaya serta lembaga PITI Surabaya ikut serta dalam membantu  merumuskan program dan pembinaan kepada Muallaf. Dengan visi misi ingin  menjadikan Masjid Cheng Ho sebagai puasat belajar dan pusat ibadah serta menjadi wadah untuk para muallaf dalam mempelajari agama Islam.
MANAJEMEN OPERASI DAKWAH:INVESTIGASI EKSPLANATORI PADA PROGRAM KHUTBAH JUMAT DI MASJID AL-FALAH SURABAYA A. Faiz Khudlari Thoha; Reka Gunawan; Bambang Subandi
Masjiduna : Junal Ilmiah Stidki Ar-Rahmah Vol 2, No 1 (2019): 1-70 : Juni
Publisher : Sekolah Ilmu Dakwah dan Komunikasi Islam (STIDKI) Ar Rahmah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52833/masjiduna.v2i1.47

Abstract

ABSTRACTThis study aims to provide an overview of the strategy and management of the Friday Khutbah production process at the Al-Falah Mosque in Surabaya as its object. The method used by researchers in this research is a case study with data collection procedures using in-depth interviews, observation, and documentation. So that researchers can explore the phenomenon of the object of research in detail and depth. The findings that occur in the field show results that are sharpened by descriptive descriptions of several categories of production. First, the process of determining the idea of the Friday sermon program at Al-Falah Mosque. Second, for the selection mechanism for Friday sermons at Al-Falah Mosque. Third, the design of the Friday sermon program at Al-Falah Mosque. Fourth, testing and evaluating the Friday sermon program at Al-Falah Mosque. Fifth, the final design of the Friday sermon program at Al-Falah Mosque.ABSTRAKPenelitian ini ditujukan untuk memberikan gambaran mengenai strategi dan manajemen proses produksi khutbah Jum’at di Masjid Al-Falah Surabaya sebagai objeknya.  Metode yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini ialah studi kasus dengan prosedur pengumpulan data menggunakan wawancara secara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Sehingga peneliti dapat menggali fenomena pada objek penelitian secara rinci dan mendalam. Temuan yang terjadi di lapangan menunjukkan hasil yang dipertajam dengan uraian deskriptif mengenai beberapa kategori produksi khubah. Pertama,  proses penentuan gagasan  program khutbah Jum’at di Masjid Al-Falah. Kedua, untuk mekanisme  seleksi program khutbah Jum’at di Masjid Al-Falah. Ketiga, desain program khutbah Jum’at di Masjid Al-Falah. Keempat, pengujian dan evaluasi program khutbah Jum’at di Masjid Al-Falah. Kelima, desain akhir program khutbah Jum’at di Masjid Al-Falah. 
Manajemen Perawatan Masjid Baitul Hakam Pelindo III Perak Surabaya Shobikhul Qisom; Wahyu Firman Ekasila; Fathurrahman Masrukan
Masjiduna : Junal Ilmiah Stidki Ar-Rahmah Vol 2, No 1 (2019): 1-70 : Juni
Publisher : Sekolah Ilmu Dakwah dan Komunikasi Islam (STIDKI) Ar Rahmah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52833/masjiduna.v2i1.51

Abstract

ABSTRACTBaitul Hakam Pelindo III mosque is an asset of a Pelindo Company, the management of maintainance of this mosque, including the the maintenance of the park with its cleanliness, the cleanliness of wudhu area, toilet and the cleanliness of the main area of the mosque. The process of maintaining activities are written in SOP, however the official are divided into two devisions, namely: internal and external official. The external official is the cleaning servicer from BSI, so the cleanliness of the mosque could be mainly devided into two, from the mosque and BSI. The aims of this research are to explain the management of maintenance of Hakam Pelindo III Surabaya mosque,  explain and give data about facilities are in Baitul Hakam mosque and inform the budget of maintanance  Baitul Hakam. The method of this research is qualitative with descriptive approach. The results of this research on the management of maintance Baitul Hakam mosque are to : explain the management of maintance if Baitul Hakam from management approach generally and explain the activities of  maintaining abaitul Hakam, the explain the various facilities and its maintance. The final is to explain the sum of budget that is used for maintaining Baitul Hakam Pelindo mosque.ABSTRAKMasjid Baitul Hakam Pelindo III Surabaya adalah aset dari perusahaan Pelindo III Surabaya, manajemen perawatan di masjid ini meliputi perawatan taman beserta kebersihannya, kebersihan tempat wudhu dan toilet dan kebersihan ruang utama masjid aktivitas perawatan tertulis dalam Standard Operating Procedure (SOP) namun pegawai masjid terbagi dua yaitu dari pegawai internal dan pegawai eksternal, pegawai eksternal masjid yaitu cleaning servis dari BSI (Best Servis Indonesia) karena itu SOP kebersihan terbagi menjadi dua juga dari masjid dan dari BSI. Tujuan dari penelitian ini adalah dapat memaparkan manajemen perawatan masjid Baitul Hakam Pelindo III Surabaya, menjelaskan dan memberi data fasilitas yang ada di masjid Baitul Hakam dan menginformasikan anggaran perawatan masjid Baitul Hakam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian manajemen perawatan masjid Baitul Hakam adalah menjelaskan manajemen perawatan masjid Baitul Hakam dari  sisi manajemen secara umum dan menjelaskan aktivitas perawatan di masjid Baitul Hakam surabaya, kemudian menjelaskan ragam fasilitas serta pengelolaannya terakhir menjelaskan total anggaran yang dikeluarkan masjid dari perawatan tersebut.

Page 1 of 1 | Total Record : 5