cover
Contact Name
Dodi Isran
Contact Email
dodi@stiesnu-bengkulu.ac.id
Phone
+6285369179919
Journal Mail Official
dodi@stiesnu-bengkulu.ac.id
Editorial Address
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah (STIES) NU Bengkulu Alamat : Jl. Pancormas, Sukarami, Selebar, Kota Bengkulu 38212 Bengkulu, Sumatera Indonesia Telp : 0736 5741906
Location
Kota bengkulu,
Bengkulu
INDONESIA
Jurnal Aghniya
ISSN : -     EISSN : 26218348     DOI : -
Core Subject : Economy, Social,
JURNAL AGHNIYA : is a scientific publication media that contains Islamic sciences to support the development of Islamic knowledge. This journal is published two times a year in July and January by STIES NU Bengkulu. This journal encompasses original research articles, review articles, and short communications, including: Accounting, Islamic Accounting, Management, Management of sharia, Sharia Bussines Management, Human Resource Management, Economics Education, Sharia Financial Banking, Islamic Education.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2022)" : 5 Documents clear
ANALISIS MANAJEMEN PELAYANAN BANK SYARIAH PADA MASA NEW NORMAL (Studi di Bank Syariah Indonesia KC. Bengkulu Panorama) Rahmat Ilahi; Eke Wardani; Pitri Hayati; Fatimah Yunus; Rizky Hariyadi
JURNAL AGHNIYA Vol 5, No 1 (2022)
Publisher : STIESNU Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

                                    Abstract: Service Management is one of the factors that must be considered by a company, because it relates directly to customers so that service management must be carried out properly so as to make customer decision about the services provided. This study aims to determine the service management carried out by the indonesian islamic bank Kc Bengkulu Panorama to customers during the new normal period. This study uses a qualitative method with a case study approach. The data collection technique used in this research is explanation. The results of this study indicate that the management of services to customers provided by the bank during the Covid-19 pandemic is the same as before the pandemic, only during the new normal period, customers must apply health protocols. The CARTER dimension, which includes Complaint Assurance, Reliability, Tangible, Empathy, and Responsives, has been implemented at Islamic Bank Indonesia so that customers are satisfied with the 6 indicators. It's just a tangible indicator of the availability of ATMs, customers are satisfied because of the lack of available ATM machines in public places only in banks. Factors that can affect service management in Islamic banks are reliability factors, product innovation and physical form.                                         Keywords:Service Management, Islamic Banking, Covid-19 Pandemic Period, CARTER                                         Abstrak: Manajemen Pelayanan merupakan salah satu faktor yang harus diperhatikan oleh suatu perusahaan, karena menyangkut langsung terhadap nasabah sehingga manajmen pelayanan harus dilakukan dengan baik sehingga membuat kepuasan nasabah terhadap pelayanan yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Manajemen pelayanan yang dilakukan oleh  Bank Syariah Indonesia Kc.Bengkulu Panorama kepada nasabah pada masa New Normal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksplanasi atau penjelasan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen pelayanan kepada nasabah yang diberikan oleh pihak bank pada masa pandemic Covid-19 adalah sama dengan sebelum pandemi hanya saja pada masa new normal nasabah harus menerapkan protokol kesehatan. Dimensi CARTER yang meliputi Complaint Asurance, Reliability, Tangible, Emphaty, dan Responsivess, pada Bank Syariah Indonesia telah diterapkan sehingga nasabah merasa puas dengan 6 indikator tersebut. Hanya saja indikator tangible pada ketersediaan ATM, nasabah merasa puas karena kurangya tersedia mesin ATM ditempat umum hanya ada di Bank. Faktor yang dapat mempengaruhi manajemen pelayanan di Bank Syariah adalah Faktor Keandalan, inovasi produk dan bentuk fisik.                                                      Kata kunci:Manajemen Pelayanan, Bank Syariah, Pandemik Covid-19, CARTER
PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MELALUI E-COMMERCE PADA GENERASI MILLENIAL DI ERA COVID 19 Herlina Yustati
JURNAL AGHNIYA Vol 5, No 1 (2022)
Publisher : STIESNU Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakPenduduk Indonesia mayoritas terdiri dari Generasi Millenial. Generasi millennial atau biasa disebut dengan Generasi Y merupakan generasi yang lahir antara 1977-1998. Pandemi covid 19 yang melanda Indoensia menyebabkan perubahan hidup yang signifikan dihadapi oleh masyarakat termasuk Generasi Millenial. Penggunaan internet meningkat, kemudahan berbelanja melalui online juga meningkat dan penggunaan terhadap aplikasi e-commerce tersebut juga meningkat dan cenderung menjadi perilaku konsumtif. Namun disisi lain PHK juga meningkat. Dari tulisan ini dapat di peroleh kesimpulan bahwa perilaku konsumtif generasi millennial melalui E-Commerce di Era Covid 19 karena faktor internal dan faktor eksternal. Dalam perspektif Ekonomi Islam perilaku konsumtif merupakan perilaku yang berlebih-lebihan (israf), pemborosan (tabzir) dan bertentangan dengan konsep maslahah teori konsumsi ekonomi Islam. Dalam teori ekonomi Islam seorang Muslim itu dituntut untuk produktif bukan konsumtif jika ingin meningkatkan perekonomian. Keyword: Ekonomi Islam, Perilaku Konsumtif, Generasi Millenial, Covid-19
PRODUK MAKANAN DAN MINUMAN YANG TIDAK BISA DISERTIFIKASI HALAL OLEH MAJELIS ULAMA INDONESIA PERSFEKTIF MASLAHAH DALAM ETIKA BISNIS ISLAM Triana Apriani; Rahmat Aji Nuryakin
JURNAL AGHNIYA Vol 5, No 1 (2022)
Publisher : STIESNU Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract The halal aspect of a product is an obligation for Muslim consumers. Along with the development of technology and information as well as the creative economy industry, one of them is in the culinary sector. Certification and labeling of halal products provides protection, assurance, and information about the halalness of products consumed by the public. The purpose of this study is to add scientific insight into the reasons for food and beverage products, which in terms of ingredients and production processes used have no problems in the aspect of halalness but cannot be certified as halal by LPPOM MUI and what is the perspective maslahat on Islamic business ethics. This study uses a qualitative descriptive research method with a juridical-normative approach. The results of the study concluded that the MUI halal certification mechanism for food and beverage products that are halal in substance but cannot be certified according to the Decree of the LPPOM MUI Number SK46 / Dir / LPPOM MUI / XII / 14 in the perspective of Islamic business ethics.Keywords:Food and Beverages, Halal Certificate, Islamic Business Ethics AbstrakAspek halal suatu produk merupakan kewajiban bagi konsumen umat muslim. Seiring dengan perkembangan teknologi dan informasi serta industri ekonomi kreatif salah satunya di sektor kuliner. Sertifikasi dan labelisasi produk halal memberikan perlindungan, jaminan, serta informasi tentang kehalalan produk yang dikonsumsi masyarakat. Tujuan dari penelitian ini agar menambah wawasan ilmiah mengenai alasan produk makanan dan minuman yang dari sisi bahan maupun proses produksi yang dipergunakan tidak ada masalah dalam aspek kehalalan namun tidak bisa disertifikasi halal oleh LPPOM MUI dan bagaimana persfektif maslahat dalam etika bisnis islam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriftif kualitatif dengan pendekatan yuridis-normatif. Hasil penelitian disimpulkan bahwa mekanisme sertfikasi halal MUI pada produk makanan dan minuman yang halal secara zat namun tidak bisa disertifikasi sesuai Surat Keputusan LPPOM MUI Nomor SK46/Dir/LPPOM MUI/XII/14 dalam persfektif etika bisnis islam.Kata Kunci:Produk Makanan, Sertifikat Halal, Etika Bisnis Islam
TOLERANSI BERAGAMA MENURUT HUKUM ISLAM Subhan Subhan
JURNAL AGHNIYA Vol 5, No 1 (2022)
Publisher : STIESNU Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstractReligious tolerance in Islam is an attitude of respect, letting, allowing opinions, views, beliefs, habits, behaviors, and so on that are different from behavior that follows the rules of their respective religions, where the people always respect and respect the behavior of others. because tolerance in Islam means very appreciative of attitudes and actions that prohibit their existence discrimination against other people who are different in a society. Islam is a religion that teaches humanity to always respect and tolerate others and maintain the sanctity and truth of Islamic teachingsKeywords : Islam, Religious, Tolerance AbstrakToleransi beragama dalam Islam  merupakan suatu sikap  menghargai, membiarkan, membolehkan berpendapat, berpandanganan, kepercayaan, kebiasaan, kelakuan, dan sebagainya yang berbeda asal  perilaku  yang mengikuti aturan agama masing-masing, di mana umatnya selalu menghargai, menghormati terhadap perilaku orang lain. oleh sebab  Toleransi dalam agama Islam berarti sangat menghargai sikap dan perbuatan yang melarang adanya diskriminasi terhadap  orang lain yang berbeda dalam suatu masyarakat. Islam sebuah agama yang mengajarkan kepada umat manusia untuk selalu menghormati serta toleransi terhadap sesama dan menjaga kesucian serta kebenaran ajaran Islam Keyword: Islam, Agama, Toleransi 
PERSPEKTIF ULAMA TENTANG KEWIRAUSAHAAN MUSLIM (STUDI EMPIRIS DI INDONESIA) Faisal Muttaqin
JURNAL AGHNIYA Vol 5, No 1 (2022)
Publisher : STIESNU Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstractThe purpose of this study is to analyze the criticality of the notion of Islamic entrepreneurship. Most likely the attention paid to Islamic entrepreneurship is not enough. This paper attempts to explain this problem. The method used in this study is a combination of a critical study of contemporary research and an empirical analysis of the ulama's perception of Islamic entrepreneurship in Indonesia. The results show that Islamic standards, viewpoints, practices, and entrepreneurship actually influence. This paper recommends several research perspectives. In addition, it can support state- owned and private companies to accelerate entrepreneurship.Key Words:Enterpreneurship, Ulama, Islamic Value

Page 1 of 1 | Total Record : 5