cover
Contact Name
Mhd Subhan
Contact Email
mhd.subhan@uin-suska.ac.id
Phone
+62811751650
Journal Mail Official
mhd.subhan@uin-suska.ac.id
Editorial Address
Jl. H.R. Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tampan Pekanbaru - Riau 28293, PO. BOX 1004,
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
JETE
ISSN : 27459896     EISSN : 27459888     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Journal of Education and Teaching (JETE) (ISSN Online: 2745-9888 ; ISSN Print: 2745-9896 ) published by the Faculty of Education and Teaching Sultan Syarif Kasim Riau State Islamic University in collaboration with the Indonesian Teachers Association (PGRI) is a multidisciplinary research journal of education research and teaching in the form of scientific work and conceptual thinking or concepts that have been achieved in the field of educational research and development that handles and manages various potentials, obstacles, challenges and problems in education and teaching at the primary, secondary and tertiary education levels. Specifically for this journal, the articles it publishes are the result of research and development on education and teaching, classroom action research and research in general. This journal is published two times a year in Juli and September.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2025): Juli" : 8 Documents clear
THE INFLUENCE OF INFORMATION TECHNOLOGY AND MEDIA WEB-BASED LEARNING ON EFFECTIVENESS LEARNING ADMINISTRATIVE EDUCATION STUDENTS OFFICE 2023 tias, wuri
Journal of Education and Teaching Vol 6, No 1 (2025): Juli
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/jete.v4i1.35216

Abstract

This study aims to investigate the influence of information technology and web-based learning media on the learning effectiveness of office administration education students in 2023. The findings show that there is a significant positive effect of information technology and webbased learning materials on learning effectiveness. The analysis reveals that the use of webbased media and technological tools improves students' understanding and attention during the learning process, creating a dynamic and responsive learning environment that meets their needs. Additionally, the technology facilitates better engagement and retention among students, ultimately contributing to improved overall academic performance. Therefore, this study emphasizes the importance of integrating sophisticated digital resources into the educational environment to improve pedagogical outcomes.
Wirausaha Generasi Z: Menemukan Rahasia Kesuksesan di Dunia Bisnis Digital Fitri, Yulia
Journal of Education and Teaching Vol 6, No 1 (2025): Juli
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/jete.v4i1.27553

Abstract

Generasi Z, yang tumbuh dalam era digital, telah memanfaatkan keunggulan teknologi dan karakteristik uniknya untuk meraih kesuksesan dalam bisnis digital. Artikel ini mengungkap sepuluh faktor kunci yang telah mereka gunakan sebagai landasan kesuksesan mereka. Mulai dari pemahaman pasar yang mendalam, kemampuan beradaptasi, hingga penguasaan teknologi yang tinggi, Generasi Z telah menemukan kiat-kiat penting yang memandu langkah mereka dalam menjelajahi dunia bisnis digital. Mereka juga mengandalkan kolaborasi, branding personal yang kuat, serta kontribusi pada keberlanjutan sebagai aspek penting dalam pencapaian kesuksesan. Keterampilan manajemen waktu yang efisien, sikap belajar yang terus-menerus, dan keberanian dalam mengambil risiko melengkapi gambaran lengkap dari rahasia sukses para wirausaha Generasi Z di dunia bisnis digital. Kata Kunci: Generasi Z, bisnis digital, faktor kesuksesan, pemahaman pasar, adaptabilitas, penguasaan teknologi, kolaborasi, branding personal, keberlanjutan, manajemen waktu, pembelajaran berkelanjutan, pengambilan risiko.
Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Pemahaman Konsep Sifat-Sifat Benda Cair Melalui Eksperimen Air Berjalan di SD 035 Tarai Bangun Febriana, Ruth
Journal of Education and Teaching Vol 6, No 1 (2025): Juli
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/jete.v4i1.37219

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Problem Based Learning (PBL) terhadap pemahaman konsep sifat benda cair pada siswa kelas IV SDN 035 Tarai Bangun. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan eksperimen sederhana Air Berjalan untuk memperkuat konsep ilmiah seperti aliran, bentuk, dan volume benda cair. Data dilakukan melalui pre-test, post-test, observasi, dan dokumentasi. Model penerapan PBL memberikan pengalaman belajar aktif, kolaboratif, dan kontekstual yang mendorong keterlibatan siswa secara langsung dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, model PBL merupakan pendekatan yang tepat dalam mengajarkan konsep IPA yang bersifat abstrak, khususnya pada materi sifat benda cair di tingkat sekolah dasar. Kata Kunci : Pembelajaran Berbasis Masalah , sifat benda cair, eksperimen udara berjalan, pemahaman konsep, IPA sekolah dasar.
Analisis Kesulitan Peserta Didik dalam Menirukan Gerak Dasar Tari Sari, Winda Komala
Journal of Education and Teaching Vol 6, No 1 (2025): Juli
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/jete.v4i1.23029

Abstract

Pada pembelajaran gerak dasar tari tidak luput dari masalah  belajar. Masalah belajar adalah kondisi dimana terdapat kendala dalam pembelajaran tersebut, yakni adanya kesulitan yang dialami ataupun hambatan dalam proses pembelajran.Mengajarkan gerak dasar tari disekolah dasar mempunyai banyak kendala baik yang berasal dari pendidik ataupun dari peserta didiknya. Kesulitan peserta didik menirukan gerak dasar tari menjadi kesulitan paling utama dalam mengajarkan seni tari di sekolah dasar.  Banyak sekali factor yang mempengaruhi peserta didik untuk menirukan grak dasar tari, mulai dari factor internal dan eksternal
An Analysis Authentic Assessment On Speaking Abilities In English Classroom Siregar, Siti Saidah; Zulkifli, Nur Aisyah
Journal of Education and Teaching Vol 6, No 1 (2025): Juli
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/jete.v5i4.20003

Abstract

The authentic assessment as the measurement method to evaluate students’ learning objectives and achievements in the classroom. The application of authentic assessment requires teachers to evaluate students’ in three competencies: attitude, knowledge, and skill. Most teachers and educator said that speaking is the most difficult skill to be assessed by using the authentic assessment, considering the complex features of the assessment. This research was aimed at describing the application of authentic assessment in a speaking classroom which relates to the types of the assessment and the scoring rubric. The subjects of the study were an English teacher and 34 students of the SMK Muhammadiyah 3 Pekanbaru. Descriptive qualitative approach was applied in this research, the data in this study was obtained from observation and document analysis. The results of the study revealed that the teacher used several types of activities to assess students’ speaking skills: (1) attitude assessment , (2) knowledge assessment, and (3) skill assessment. The result of this study indicates that authentic assessment is a feasible way to assess students’ speaking skill and it should be employed in assessing other skills as well for learning languages.
IMPLEMENTASI NILAI-NILAI BUDAYA SEKOLAH ISLAMI DI MAN 11 JAKARTA SELATAN Azhari, Muhammad Rizki
Journal of Education and Teaching Vol 6, No 1 (2025): Juli
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/jete.v4i1.31564

Abstract

Muhammad Rizki Azhari (111901100000051) “Implementasi  Nilai-Nilai Budaya Sekolah Islami Di MAN 11 Jakarta Selatan”. Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi implementasi budaya sekolah Islam di MAN 11 Jakarta Selatan dengan fokus pada prinsip-prinsip, nilai-nilai, peran guru, dan hambatan yang dihadapi oleh sekolah dalam menerapkan budaya tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Temuan utama dalam penelitian ini menunjukkan bahwa MAN 11 Jakarta Selatan memiliki berbagai program dalam implementasi budaya sekolah Islam, termasuk tadarus Al-Quran setiap hari, sholat dhua berjamaah, dan program unggulan hafidz Al-Quran.Hasil analisis menunjukkan bahwa integrasi ajaran Islam dalam kurikulum dan pengelolaan kelas telah memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan karakter siswa dan peningkatan spiritualitas mereka. Peran guru dalam mengimplementasikan budaya sekolah Islam sangat penting, dengan mereka memainkan peran kunci dalam memperkuat nilai-nilai Islam dalam kelas. Namun, penelitian juga mengidentifikasi beberapa hambatan dan tantangan yang dihadapi oleh sekolah, termasuk keterbatasan sumber daya dan keterlibatan orang tua.Implikasi praktis dari penelitian ini adalah bahwa setiap sekolah, termasuk MAN 11 Jakarta Selatan, perlu mengambil langkah-langkah konkret untuk memperkuat implementasi budaya sekolah Islam. Hal ini mencakup pengembangan kurikulum yang lebih terintegrasi, pelatihan tambahan bagi guru, peningkatan kegiatan ekstrakurikuler yang berkaitan dengan Islam, keterlibatan orang tua, dan penyediaan sumber daya yang memadai. Dengan mengambil langkah-langkah ini, sekolah dapat memastikan bahwa nilai-nilai Islam tidak hanya diajarkan secara teoritis, tetapi juga diterapkan dalam kehidupan sehari-hari siswa, sehingga menciptakan lingkungan belajar yang mendukung pengembangan karakter dan spiritualitas mereka. Kata Kunci: Implementasi, Nilai-Nilai, Budaya Islam,MAN 11 Jakarta Selatan 
ANALISIS PENGELOLAAN PEMBELAJARAN IPA DI SMPS TRI BHAKTI PEKANBARU Tanjung, Azzahra; Mawaddah, Mawaddah
Journal of Education and Teaching Vol 6, No 1 (2025): Juli
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/jete.v4i1.20108

Abstract

Penelitian ini bertujan untuk melihat bagaimana perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran serta penilaian hasil belajar siswa di SMPS TRI BHAKTI PEKANBANBARU. Metode penelitian yang di gunakan yaitu penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data secara wawancara. Hasil penelitian yang di dapat adalah pembuatan RPP dibuat oleh guru sendiri yang komponen-komponennya disesuaikan dengan Permendiknas RI Nomor. 41 Tahun 2007. Namun ada beberapa komponen yang tidak peneliti temui dilapangan,salah satunya yaitu pada kegiatan inti peneliti menemukan bahwa pada pertemuan ketiga yang menggunakan metode Discovery learning tidak sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran yang ada di RPP, yaitu tidak di adakannya eksperimen serta alokasi waktu yang tidak sesuai dengan RPP telah dibuat.
Analisis Penerapan Project Based Learning (PjBL) terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar Zulva, Clara Azzahra; Sari, Devi Wulan; Agustina, Della; Lestari, Fuji; Faruq, Umar
Journal of Education and Teaching Vol 6, No 1 (2025): Juli
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/jete.v6i1.37914

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan Project Based Learning (PjBL) terhadap pengembangan keterampilan proses sains pada siswa Sekolah Dasar (SD). Metode yang digunakan adalah literatur review, yaitu tinjauan kritis terhadap berbagai sumber literatur terkait PjBL dan keterampilan proses sains. Keterampilan proses sains mencakup kemampuan berpikir kritis, analitis, kolaboratif, komunikatif, serta kemampuan menyelesaikan masalah secara sistematis. PjBL merupakan pendekatan pembelajaran aktif yang mengajak siswa memecahkan masalah nyata melalui proyek-proyek yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. Dalam pendekatan ini, siswa tidak hanya menerima informasi tetapi juga aktif berpartisipasi dalam proses eksplorasi, penelitian, dan pemecahan masalah. Tinjauan literatur menunjukkan bahwa PjBL efektif dalam meningkatkan keterampilan proses sains karena memberikan ruang bagi siswa untuk berlatih berpikir kritis, bekerja sama, dan menyampaikan ide secara sistematis. Hasil dari literatur review menunjukkan bahwa implementasi PjBL di SD dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam merancang eksperimen, mengumpulkan data, menganalisis hasil, dan menyimpulkan temuan. Selain itu, metode ini juga membantu siswa mengembangkan sikap inovatif dan tanggung jawab terhadap pekerjaan kelompok. Namun, tantangan utama dalam penerapan PjBL termasuk kurangnya sumber daya, kurangnya pelatihan guru, serta kesulitan dalam menyesuaikan standar kurikulum nasional dengan pendekatan proyek. Secara keseluruhan, studi ini menegaskan pentingnya PjBL sebagai strategi pembelajaran yang efektif untuk mengembangkan keterampilan proses sains siswa SD. Temuan ini memiliki implikasi penting bagi para pendidik dan pengambil kebijakan dalam mendesain program pembelajaran yang lebih relevan dan bermakna bagi perkembangan peserta didik. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengevaluasi dampak langsung PjBL dalam konteks sekolah dasar Indonesia.

Page 1 of 1 | Total Record : 8