cover
Contact Name
Hengki Yandri
Contact Email
hengki@konselor.org
Phone
+6285263708590
Journal Mail Official
ijocd@iainkerinci.ac.id
Editorial Address
Jurusan Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Kerinci Jalan Kapten Muradi, Pesisir Bukit, Sungai Penuh, Jambi, 37112
Location
Kab. kerinci,
Jambi
INDONESIA
Indonesian Journal of Counseling and Development
ISSN : 26857375     EISSN : 26857367     DOI : https://doi.org/10.32939/ijocd
Core Subject : Religion, Education,
The aim of this journal is to publish high-quality articles dedicated to all aspects of the latest outstanding developments in the fields of counseling and education in all settings. The scope of this journal encompasses the applications of schools counseling, mental health, assessment, supervision in counseling, sexual abuse, violence addition counseling, multi-cultural counseling, crisis intervention, trauma counseling, ITC in counseling, counseling career, spiritual counseling, marriage and family counseling, counseling and psychotherapy, counseling in all setting.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 1 (2019): July 2019" : 6 Documents clear
IMPLEMENTASI KONSELING KELOMPOK UNTUK MENGATASI PRAKTIK BULLYING Azhari, Azhari
Indonesian Journal of Counseling and Development Vol. 1 No. 1 (2019): July 2019
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Kerinci, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (143.36 KB) | DOI: 10.32939/ijcd.v1i1.339

Abstract

Masalah bullying pada peserta didik saat ini belum banyak menjadi perhatian dalam ruang pendidikan yang semakin memprihatinkan. Dari itu, penelitian ini bertujuan untuk melihat implementasi konseling kelompok sebagai upaya penyelesaian masalahan bullying pada siswa melalui penelitian lapangan (field research). Di dalamnya peneliti mencoba menguraikan pandangan berpikir yang menekankan pada fokus pengalaman subjektif melalui observasi terdapat naskah wawancara, catatan lapangan, foto, memo, dan dokumen lainnya, dengan menggunakan analisis Miles dan Huberman seperti reduction data (reduksi data), display data (penyajian data) dan verifikasi data (kesimpulan). Hasil lapangan menunjukkan bahwa penyelesaian praktik bullying melalui konseling kelompok dikemas dalam empat sesi yaitu: Sesi I pembentukan kelompok. Sesi II peralihan, bertujuan agar terjadi umpan balik, kedekatan emosional antara peserta didik dengan konselor serta proses identifikasi masalah yang dihadapi peserta didik. Sesi III kegiatan berisi model materi diantaranya: model konseling kelompok berbasis pendekatan persuasif, model konseling kelompok berbasis pendekatan klasikal, model konseling berbasis pendekatan sosial, model konseling kelompok berbasis pendekatan Islam. Sesi IV penutup. Tujuan secara umum implementasi konseling kelompok untuk mengembalikan hubungan pikiran dan perasaan yang negatif kepada hubungan pikiran dan perasaan yang positif dalam membentuk prilaku baru sehingga ketika selanjutnya berhadapan dengan masalah, peserta didik mampu menemukan alternatif-alternatif positif dalam pencapaian jalan keluar. Kendala yang dihadapi diantaranya kendala internal peserta didik dan kendala internal konselor.
PEMANFAATAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSI SISWA Ulandari, Yola; Juliawati, Dosi
Indonesian Journal of Counseling and Development Vol. 1 No. 1 (2019): July 2019
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Kerinci, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (250.193 KB) | DOI: 10.32939/ijcd.v1i1.350

Abstract

Latar belakang penenlitian ini yaitu adanya indikasi kecerdasan siswa yang masih rendah dan perlu untuk ditingkatkan, sehingga penelitian ini ubertujuan untukmeningkatkan kecerdasan emosi siswa melalui layanan bimbingan kelompok melalui pendekatan eksperimen dengan rancangan the one group pretest-posttest design. Sampel penelitian sebanyak 10 orang yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Data diungkap melalui angket model skala likert dan dianalisis menggunakan uji Wilcoxon Signed Ranks Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan setelah diberikan layanan bimbingan kelompok terhadap kecerdasan emosi siswa.
PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP KONFORMITAS TEMAN SEBAYA Sartika, Mulia; Yandri, Hengki
Indonesian Journal of Counseling and Development Vol. 1 No. 1 (2019): July 2019
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Kerinci, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (248.526 KB) | DOI: 10.32939/ijcd.v1i1.351

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena masih adanya konformitas teman sebaya siswa yang negatif. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap konformitas teman sebaya melalui pendekatan eksperimen dengan rancangan the one group pretest-posttest design. Sampel penelitian sebanyak 10 orang yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Data diungkap melalui angket model skala likert dan dianalisis menggunakan uji Wilcoxon Signed Ranks Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap konformitas teman sebaya pada siswa setelah diberikan perlakuan berupa layanan bimbingan kelompok.
POLA PENGASUHAN PADA KONTEKS KEMATANGAN EMOSIONAL IBU SINGLE PARENT Julia, Holta; Jarnawi, Jarnawi; Indra, Syaiful
Indonesian Journal of Counseling and Development Vol. 1 No. 1 (2019): July 2019
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Kerinci, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (209.295 KB) | DOI: 10.32939/ijcd.v1i1.370

Abstract

Setiap orangtua memiliki gaya pengasuhan tersendiri dalam mengasuh anak, begitu pula dengan orangtua single parent tentu memiliki gaya pengasuhan tersendiri dalam mengasuh anaknya. Sebagai orangtua single parent yang menjalani tanggung jawab yang seharusnya dijalankan oleh dua orang, tentu sangat memberatkan selain harus mengasuh anak mereka juga harus bekerja untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis dengan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research). Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Dalam penelitian ini pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan empat ibu single parent dan empat orang anak. Dari hasil penelitian diketahui satu responden dari keempat ibu single parent menerapkan pola asuh yang mengarah pada pola asuh permisif didalam mendidik anak, dikarenakan kesibukannya sebagai single parent yang menjalankan sebagai dua peran sehingga tidak banyak waktu dalam membimbing dan memperhatiakan kegiatan anak, sedangkan tiga ibu single parent lainya menerapkan pola asuh yang mengarah kepada pola asuh demokratis saling terbuka dengan anak, perduli, dan juga memberikan kasih sayang yang cukup serta bertanggung jawab kepada anak walaupun sebagai single parent. Adapun hambatan yang dihadapi oleh single parent antara lain terdiri dari dua hambatan yaitu internal dan eksternal, yang sering terjadi dalam sebuah keluarga kurang komunikasi dengan anak dan kurangnya berinteraksi dengan masyarakat.
EFEKTIVITAS LAYANAN INFORMASI DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI COOPERATIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA MENGENAI BAHAYA SEKS BEBAS Sujadi, Eko; Noviani, Yesi; Latifa Aulianisya
Indonesian Journal of Counseling and Development Vol. 1 No. 1 (2019): July 2019
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Kerinci, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (294.02 KB) | DOI: 10.32939/ijcd.v1i1.376

Abstract

Abstrak. Sekolah merupakan tempat dimana siswa dapat mengembangkan pemahaman yang positif maupun negatif, salah satunya mengenai bahaya seks bebas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa mengenai bahaya seks bebas melalui penerapan layanan informasi dengan menggunakan strategi cooperative learning. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 26 Kerinci sebanyak 23 siswa. Pengumpulan datanya diperoleh dengan menggunakan skala likert. Teknik analisa data yang digunakan yakni Wilcoxon Signed Rank Test. Adapun temuan penelitian ini adalah terdapat perbedaan pemahaman Siswa mengenai bahaya seks bebas kepada siswa sebelum diberikan perlakuan (Pretest) dan sesudah diberikan perlakuan (Posttest) berupa Layanan Informasi dengan mengunakan Strategi Cooperative Learning.
MOTIVASI BELAJAR DALAM PERSPEKTIF ISLAM Harmalis, Harmalis
Indonesian Journal of Counseling and Development Vol. 1 No. 1 (2019): July 2019
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Kerinci, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (139.264 KB) | DOI: 10.32939/ijcd.v1i1.377

Abstract

Abstrak. Belajar merupakan suatu hal yang sangat penting sebagai sumber untuk menggapai ilmu pengetahuan yang tinggi, melalui ilmu pengetahuan manusia dapat mencari solusi dan menyelesaikan masalah kehidupannya baik di masa sekarang maupun di masa yang akan datang, salah unsur yang berperan penting dalam kegiatan proses belajar yang baik dan berkualitas pada diri individu adalah motivasi. Dengan demikian dapat dipahami bahwa motivasi dalam belajar merupakan sesuatu hal yang sangat berperan dalam kegiatan proses mencari ilmu pengetahuan pada individu. Dalam perspektif Islam para penganutnya sangat dianjurkan untuk mimiliki motivasi belajar yang tinggi, sehingga dengan adanya motivasi belajar yang tinggi ilmu pengetahuan akan mudah didapat. Untuk meningkatkan motivasi belajar di dalam diri individu dapat dilakukan dengan cara mempedomani dan mengikuti anjuran ajaran agama Islam terutama yang berkaitan dengan reward dan kemuliaan di sisi Allah bagi orang-orang yang berilmu pengetahuan. Tujuan penulisan ini adalah mendeskripsikan pentingnya motivasi belajar di dalam kehidupan individu, dan hal-hal yang berkaitan dengan pandangan Islam terhadap motivasi belajar, serta upaya-upaya meningkatkan motivasi belajar. Metode dalam penulisan ini adalah studi pustaka, yakni dengan memaparkan dan menganalisis beberapa teori dan pandangan Islam tentang motivasi belajar.

Page 1 of 1 | Total Record : 6