cover
Contact Name
Hengki Yandri
Contact Email
hengki@konselor.org
Phone
+6285263708590
Journal Mail Official
ijocd@iainkerinci.ac.id
Editorial Address
Jurusan Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Kerinci Jalan Kapten Muradi, Pesisir Bukit, Sungai Penuh, Jambi, 37112
Location
Kab. kerinci,
Jambi
INDONESIA
Indonesian Journal of Counseling and Development
ISSN : 26857375     EISSN : 26857367     DOI : https://doi.org/10.32939/ijocd
Core Subject : Religion, Education,
The aim of this journal is to publish high-quality articles dedicated to all aspects of the latest outstanding developments in the fields of counseling and education in all settings. The scope of this journal encompasses the applications of schools counseling, mental health, assessment, supervision in counseling, sexual abuse, violence addition counseling, multi-cultural counseling, crisis intervention, trauma counseling, ITC in counseling, counseling career, spiritual counseling, marriage and family counseling, counseling and psychotherapy, counseling in all setting.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2020): December 2020" : 7 Documents clear
Hubungan Identitas Etnis dan Kesadaran Budaya dengan Kecenderungan Perilaku Sopan Santun pada Siswa Kelas X SMK Mataram Semarang Dhika Indahsari Kurnia; Heru Mugiarso
Indonesian Journal of Counseling and Development Vol. 2 No. 2 (2020): December 2020
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Kerinci, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (176.185 KB) | DOI: 10.32939/ijocd.v2i2.551

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Membuktikan tingkat hubungan identitas etnisĀ  (2) Membuktikan tingkat hubungan kesadaran budaya, dan (3) mengetahui gambaran hubungan antara identitas etnis dan kesadaran budaya dengan kecenderungan perilaku sopan santun pada siswa kelas X SMK Mataram Semarang. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kuantitatif korelasional, dengan jumlah populasi sebanyak 218 siswa dengan jumlah sampel 135 siswa pada kelas X SMK Mataram Semarang, dipilih dengan menggunakan teknik pengumpulan data teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan skala kecenderungan perilaku sopan santun, skala identitas etnis, dan skala kesadaran budaya yang telah di uji validitas dan reliabilitasnya. Dalam analisis data pada penelitian ini menggunakan (1) analisis deskriptif untuk mengetahui tingkat identitas etnis, kesadaran budaya dan kecenderungan perilaku sopan santun, (2) analisis regresi linier berganda untuk mengetahui dan membuktikan ada atau tidaknya hubungan antara identitas etnis dan kesadaran budaya dengan kecenderungan perilaku sopan santun pada siswa.Hasil analisis data menunjukkan bahwa identitas etnis dan kesadaran budaya memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kecenderungan perilaku sopan santun dengan perolehan R=0,481 ; R2=0,232 ; F=19,918; dan nilai sig=0,000. Nilai taraf signifikansi sebesar 0,000 (P<0,05) menunjukkan bahwa identitas etnis dan kesadaran budaya berhubungan secara signifikan terhdap kecenderungan perilaku sopan santun.
Keefektifan Bimbingan Klasikal Metode Jigsaw untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa giovanda ghufronalazuardy; Muslikah Muslikah
Indonesian Journal of Counseling and Development Vol. 2 No. 2 (2020): December 2020
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Kerinci, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (150.972 KB) | DOI: 10.32939/ijocd.v2i2.552

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan bimbingan klasikal metode jigsaw untuk meningkatkan komunikasi interpersonal siswa SMA Negeri 4 Kota tegal. Metode penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain pre-experimental one group pretest-posttest design. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 4 Kota Tegal dengan jumlah sampel 30 siswa yang diambil menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala psikologi dengan instrumen skala komunikasi interpersonal siswa. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan uji beda (t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata komunikasi interpersonal siswa sebelum diberikan perlakuan sebesar 133,6 (kategori rendah) dan setelah diberikan perlakuan meningkat menjadi 238,8 (kategori sangat tinggi). Berdasarkan uji beda (t-test) dengan N = 30 dan taraf kesalahan 5% diketahui bahwa thitung > ttabel (17,128 > 2,042), maka Ha diterima dan Ho ditolak. Pada penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa bimbingan klasikal metode jigsaw efektif digunakan untuk meningkatkan komunikasi interpersonal siswa SMA Negeri 4 Kota Tegal.
Hubungan Harga Diri dan Fear of Missing Out dengan Smartphone Addiction Mahasiswa Universitas Negeri Semarang Ikhfatul Aulyah; Binti Isrofin
Indonesian Journal of Counseling and Development Vol. 2 No. 2 (2020): December 2020
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Kerinci, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (368.64 KB) | DOI: 10.32939/ijocd.v2i2.596

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan banyaknya fenomena kecanduan smartphone pada remaja yang dapat mempengaruhi tugas perkembangan di fase emerging adulthood. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan harga diri dan fear of missing out dengan smartphone addiction melalui pendekatan korelasional dengan model ex post facto. Sampel penelitian sebanyak 344 yang dipilih melalui teknik proportional random sampling. Data diungkap dengan skala psikologis smartphone addiction scale short version (SAS-SV) dari Kwon, skala harga diri yang diadaptasi dari Coopersmith dan Fear of Missing Out Scale (FoMOS) dari Przyblylski. Hasil penelitian menunjukan bahwa harga diri dan fear of missing out merupakan faktor yang dapat memprediksi smartphone addiction sebesar 17% dan 83% ditentukan oleh faktor lain yang tidak diteliti.
Hubungan antara Kecerdasan Spiritual dengan Resiliensi Akademik Siswa SMK di Semarang Utara Etika Meiranti; Anwar Sutoyo
Indonesian Journal of Counseling and Development Vol. 2 No. 2 (2020): December 2020
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Kerinci, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (370.919 KB) | DOI: 10.32939/ijocd.v2i2.601

Abstract

Academic resilience is important for students to have in their academic process. Based on preliminary research conducted by researchers, there was a low academic resilience, while spiritual intelligence tended to be high. This research aims to find out the relationship between spiritual intelligence and academic resilience of vocational school students in North Semarang. The type of research used in this study is quantitative correlational. Sampling using simple random sampling techniques. Instruments used for data retrieval are the psychological scale of academic resilience and spiritual intelligence. The data analysis used in the hypothesis test is Pearson's Product Moment correlational test. This study found that there is a significant positive relationship, with a strong degree of correlation between spiritual intelligence and academic resilience of vocational school students in North Semarang. The advice that researchers can give counselors is to provide services with the aim of improving academic resilience and spiritual intelligence, as well as implementing policies that support the development of spiritual intelligence and academic resilience.
Hubungan Konsep Diri dengan Perencanaan Karir Siswa di SMAN 1 Batipuh relia yulianti; Alfi Rahmi; Rahmawati Wae
Indonesian Journal of Counseling and Development Vol. 2 No. 2 (2020): December 2020
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Kerinci, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (98.57 KB) | DOI: 10.32939/ijocd.v2i2.603

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan konsep diri dengan perencanaan karir siswa di SMA N 1 Batipuh. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA dan XI IPS di SMA N 1 Batipuh yang berjumlah 248 siswa. Teknik pengumpulan sampel yaitu Purposive Sampling dimana teknik penentuan sampel ini diambil secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada pada populasi tersebut dengan jumlah sampel 62 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan skala likert dan teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji linearitas, uji hipotesis menggunakan korelasi product moment dengan bantuan Statistika Product and Service Solusion (SPSS) Versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, data hasil uji normalitas model korelasi telah memenuhi asumsi normal yang berarti data dapat dikatakan berdistribusi normal. Berdasarkan hasil uji korelasi sederhana pada penelitian ini didapatkanĀ  bahwa r hitung > dari r tabel ( 0, 926 > 0, 246) dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima terdapat hubungan yang signifikan antara konsep diri dengan perencanaan karir siswa kelas X1 IPA dan XI IPS di SMA N 1 Batipuh. Kemudian besarnya manfaat konsep diri dengan Perencanaan karir siswa di kelas XI IPA dan XI IPS sebesar 85,8% dan 14,2% di pengaruhi faktor lain.
Persepsi Mahasiswa IAIN Kerinci terhadap Pelaksanaan Perkuliahan Daring Miftahul Jannah; Rhomiy Handican; Zakkya Zakkya
Indonesian Journal of Counseling and Development Vol. 2 No. 2 (2020): December 2020
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Kerinci, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (323.035 KB) | DOI: 10.32939/ijcd.v2i2.828

Abstract

Abstract.Online lectures are government policies that are the main means of learning during the Covid-19 pandemic. This is also applied at the Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci, which follows the government's recommendation to carry out online activities using online application facilities, such as whatsapp groups, zoom, google classroom, and other application media. This research aims to determine students perceptions of online lectures. During the pandemic related to the Covid-19 outbreak, students carried out activities online. Analysis of the data used to complete this research using a Likert scale survey method with a total sample of 51 respondents who are students of the State Islamic Institute (IAIN) Kerinci. The results of the study indicate that in the implementation of distance learning there are several dimensions that must be the main concern. These dimensions include: Material or teaching mode, student interaction, and learning atmosphere. Therefore, this study focuses on students' perceptions of the dimensions of the implementation of online lectures.
Locus of Control dan Coping Stress pada Santri Pondok Pesantren Eko Sujadi; Y Sonafist; Yuserizal Bustami
Indonesian Journal of Counseling and Development Vol. 2 No. 2 (2020): December 2020
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Kerinci, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32939/ijcd.v2i2.2926

Abstract

Locus of control (LoC) is a concept in psychology that refers to individuals' perceptions of the extent to which they believe they have control or influence over events occurring in their lives. One influencing factor on LoC is gender. Some previous literature has also demonstrated that LoC has an impact on the use of coping stress strategies. The aim of this study is to compare LoC between male and female students (santri) and to investigate its influence on coping. A cross-sectional online survey design was employed to collect data on LoC and coping. A total of 94 santri from a boarding school in Pekanbaru City participated by completing coping and Rotter's Internal-External Locus of Control (I-E Scale) research scales. The research findings confirm that there is a significant difference in locus of control between male and female santri, as well as a significant influence on the coping strategies they employ. The findings of this research have important implications for prevention and alleviation programs for santri coping with stress. The provision of guidance and counseling services for all santri is crucial. Additionally, the involvement of parents and peers is deemed effective in shaping resilient santri when facing psychological pressure.

Page 1 of 1 | Total Record : 7