cover
Contact Name
Wahid Fathoni
Contact Email
admin-jasika@umy.ac.id
Phone
+628872339336
Journal Mail Official
wafathoni@umy.ac.id
Editorial Address
Jl. Brawijaya, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta 55183
Location
Kab. bantul,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Studi Islam dan Kemuhammadiyahan (JASIKA)
ISSN : -     EISSN : 28088085     DOI : https://doi.org/10.18196/jasika
Core Subject : Religion, Education,
Jurnal Studi Islam dan Kemuhammadiyahan is a journal related to Islamic studies and Muhammadiyah. This journal is published by the Master of Islamic Studies Program, Postgraduate Program, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. The purpose of publishing this scientific journal is as a forum for the actualization of opinions, research results, scientific articles from scholars, masters, academics, researchers, and practitioners in the field of Islamic and Muhammadiyah studies which will be disseminated publicly for the advancement and development of Islamic scientific studies. This journal is published 2 times a year in March and September.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2 (2021): September" : 8 Documents clear
Strategi Komunikasi Dakwah Ustadz Salim A. Fillah Khairul Amal
Jurnal Studi Islam dan Kemuhammadiyahan Vol. 1 No. 2 (2021): September
Publisher : Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18196/jasika.v1i2.9

Abstract

ABSTRAK Da’i merupakan elemen utama dalam pelaksanaan proses komunikasi dakwah. Oleh karena itu, keberhasilan sebuah komunikasi dakwah tergantung pada da’inya. Dalam berdakwah, seorang da’i tentu akan menghadapi banyak tantangan. Di setiap zaman, tantangan yang dihadapi juga berbeda-beda. Misalnya, di era Revolusi Industri 4.0 ini, seorang da’i dituntut untuk melek terhadap perkembangan teknologi, serta kecepatan dan kemudahan dalam mengakses informasi yang disampaikan oleh da’i. Dalam hal ini, tidak semua da’i mampu berdakwah dengan mengikuti perkembangan zaman saat ini yaitu seperti memanfaatkan ragam media seuutuhnya. Ustadz Salim A. Fillah dalam penyampaian pesan dakwahnya, banyak mengikuti tren-tren yang Hal inilah yang membuat peneliti tertarik untuk mengamati lebih dalam tentang strategi komunikasi dalam penyampaian pesan dakwah yang dilakukan oleh Ustadz Salim A. Fillah. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan karakteristik dan strategi komunikasi dakwah yang di lakukan oleh Ustadz Salim A. Fillah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan Teknik pengumpulan data dari analisis data deskriptif melalui dokumentasi. Dalam penelitian ini dapat diperoleh kesimpulan bahwa, dalam proses penyampaian komunikasi dakwahnya, Ustadz Salim A. Fillah membangun kredibilitas, daya tarik dan kekuatan. Penyampaian pesan yang mengandung hikmah, membangkitkan semangat juang, dibalut dengan diksi-diksi sastra dan juga diksi yang bersifat humoris. Memanfaatkan fungsi media dengan baik. Memahami dan menyesuaikan obyek dakwah.
Internalisasi Nilai Toleransi pada Siswa Berbeda Organisasi Islam di Ponorogo Yushaffad Ardiansyah
Jurnal Studi Islam dan Kemuhammadiyahan Vol. 1 No. 2 (2021): September
Publisher : Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18196/jasika.v1i2.10

Abstract

Islam adalah agama yang memiliki banyak organsisasi didalamnya, terutama organisasi NU dan Muhammadiyah. Kedua organisasi memiliki banyak anggota di Indonesia dan memiliki pengaruh besar terhadap masyarakat dan negara. Rawan terjadi konflik dan permasalahan antara kedua organisasi ini. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan internalisasi nilai toleransi antar siswa MA Muhammadiyah 1 Ponorogo dengan MA Ma’arif Panjeng. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriftif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan dalam penelitian ini, dapat penulis simpulkan: internalisasi nilai-nilai sosial tentang toleransi di MA Muhammadiyah 1 Ponorogo dan MA Ma’arif Panjeng adalah intergrasi pendidikan dengan aturan, pengalaman dan pembelajaran. Budaya toleransi dengan berorganisasi, interaksi pendidik dan peserta didik dan motivasi dan kegiatan positif serta raport (evaluasi). Ektrakurikuler menciptakan kedekatan emosional melatih kerja sama dan pengembangan serta melatih kepemimpinan. Praktik penanaman toleransi dilaksanakan berdialog antar warga sekolah, berkerja sama dipembelajaran, ektarakurikuler dan sosial masyarakat, humanis dengan kepekaan sosial, pluralis dengan berbaur dan kebebasan berorganisasi, dan demokratis ditunjukkan aktif di ekrtakurikuler berbeda organisasi dan menjiwai nilai Pancasila. Persamaannya adalah mempengaruhi di pembelajaran dan kegiataan sekolah, konflik dan hambatannya ketidak tahuan memehami perbedaan dan arti dari toleransi, outputnya pada siswa aktif berorganisasi kejajaran lebih tinggi. Perbedaannya adalah keluar dari zona nyaman dan hegemoni lingkungan, hambatan atau konflik dengan adanya sindiran antar siswa dan sikap idialisme, dan ouputnya dengan siswa NU aktif di Ortom Muhammadiyah dan komitmen beroganisasi di NU.
The Living Qur’an : Tradisi Yasinan pada Acara Ahlen Nurul Fithriyah Awaliatul Laili
Jurnal Studi Islam dan Kemuhammadiyahan Vol. 1 No. 2 (2021): September
Publisher : Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18196/jasika.v1i2.11

Abstract

Artikel ini dilatarbelakangi oleh perlunya pemahaman kepada masyarakat luas tentang tradisi Yasinan. Tradisi ini merupakan tradisi lama yang masih dipegang teguh oleh masyarakat Indonesia utamanya kaum Nahdliyin. Adapun hal yang menarik dari kajian ini adalah Tradisi Yasinan yang dilakukan pada acara ahlen di Kecamatan Kalijambe Sragen dengan tujuan menjadi motivasi untuk lebih peka terhadap fenomena keberagaman yang ada di sekitar, serta dapat mendorong masyarakat agar semakin tertarik terhadap al-Qur’an. Selain itu juga diharapkan bisa memberikan sumbangan khazanah keilmuan dan pemikiran keislaman, khusunya dalam bidang Ilmu al-Qur’an dan Tafsir serta studi Living Qur’an. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan Alfred Schutz yaitu dengan motif sebab (because of motive) dan motif tujuan (in order to motive). Because of motive masyarakat kalijambe Sragen melakukan tradisi tersebut adalah selain motif mendoakan arwah leluhur juga bertujuan untuk senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan trah yang diwujudkan dengan saling mengenal warga trah tersebut melalui acara ahlen. Selain itu motif in order to tradisi tersebut adalah wujudnya sikap kegotong royongan, solidaritas sosial, tolong menolong, rasa simpati dan empati juga merupakan sisi lain dari adanya tradisi Yasinan pada acara ahlen.
Nilai-Nilai Komunikasi Profetik dalam Syair Gurindam Dua Belas (Analisis Semiotik Ferdinand De Saussure ) Destita Mutiara
Jurnal Studi Islam dan Kemuhammadiyahan Vol. 1 No. 2 (2021): September
Publisher : Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18196/jasika.v1i2.12

Abstract

Syair merupakan sastra lama yang pesannya masih bisa relevan maknanya sampai saat ini. Penelitian ini mengangkat mengenai yang nilai komunikasi profetik yang merupakan turunan dari Ilmu Sosial Profetik Kuntowijoyo dalam syair dengan judul Gurindam Dua Belas yang berisi dua belas pasal dengan tema berbeda karya Raja Ali Haji yang berasal dari Pulau Penyengat Provinsi Kepulauan Riau. Syair ini diteliti melalui analisis semiotik Ferdinand de Saussure. Semiotik Ferdinand de Saussure diambil karena sifatnya yang tidak terbatas waktu. Prinsip semiotika Ferdinand yang dikaji dalam tulisan ini yakni prinsip signified, signifier, ikonik, arbiter yang akan dijabarkan juga hal yang berkaitan dengan nilai komunikasi profetiknya. Adapun unsur nilai dari komunikasi profetik yakni humanisasi (amar ma’ruf) yang berkaitan dengan memanusiakan manusia, liberasi (nahi munkar) berkaitan dengan mencegah kemungkaran dan pembebasan, dan transendensi (tu’minuna billah) beriman kepada Allah yang mengembalikan semuanya kepada Al-Qur’an dan As-Sunnah. Walaupun tidak secara ekplisit menyebutkan ayat dan surah dalam Al-Qur’an. Total ada delapan pasal yang masuk dalam kategori Komunikasi Profetik dalam syair ini. Nilai syair banyak berisikan mengenai humanisasi dari segi kemasyarakatan, kemudiaan diikuti oleh liberasi dan transendensi.
Penggunaan Gadget dan Peran Pola Asuh Orang Tua Terhadap Akhlak Pelajar Painah Painah; Akif Khilmiyah
Jurnal Studi Islam dan Kemuhammadiyahan Vol. 1 No. 2 (2021): September
Publisher : Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18196/jasika.v1i2.13

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan gadget dan peran pola asuh orang tua terhadap akhlak pelajar di SMP Muhammadiyah se Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif dan model korelasional. Sampel 280 siswa di SMP Muhammadiyah se Yogyakarta. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan Structural Equation Model (SEM) dengan program bantuan AMOS. Hasil analisis CFA memenuhi kriteria Goodness of Fit yaitu nilai Chi-square 30,312, Sig-Probability 0,175, CMIN/DF 1,263, GFI 0,979, CFI 0,992, TLI 0,985, NFI 0,964, RMSEA 0,031dan RMR 0,124, menunjukkan bahwa model penelitian yang diajukan dinyatakan fit. Hasil penelitian ini yang dianalisis dengan model SEM ditemukan bahwa: Pertama, penggunaan gadget memberikan berpengaruh yang signifikan terhadap akhlak (sig.p 0,001 dan loading factor 0,20). Kedua, variabel pola asuh orang tua juga memberikan berpengaruh signifikan terhadap akhlak (sig.p 0,001 dan loading factor 0,35). Temuan dari penelitian ini bahwa penggunaan gadget peserta didik dan pola asuh orang tua yang baik akan memberikan pengaruh terhadap akhlak.
Youtube sebagai Media Dakwah di Era Milenial (Channel Nussa Official) Salma Laila Qodriyah
Jurnal Studi Islam dan Kemuhammadiyahan Vol. 1 No. 2 (2021): September
Publisher : Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18196/jasika.v1i2.14

Abstract

Nussa Official merupakan channel resmi yang membuat animasi, Nussa dan Rara yaitu serial animasi anak yang merupakan sarat dengan pengetahuan, pendidikan khususnya dalam ajaran agama Islam, mulai dari cerita keseharian seorang mereka, yang selalu bermain sambil belajar dengan tinggakah mereka yang selalu menggemaskan sampai dengan lagu-lagu yang bernuansa Islami yang dinyanyikannya. Animasi Nussa memilih youtube sebagai media untuk berdakwah karena di era milenial ini dengan maraknya pengguna media sosial khususnya youtube. Dengan besar harapan agar bukan hanya sekedar tontonan akan tetapi digunakan juga sebagai tuntunan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pemanfaatan youtube sebagai media dakwah di era milenial melalui channel youtube Nussa Official. Tujuan dari penelitian ini yaitu, untuk mengetahui pemanfaatan media sosial youtube sebagai media dakwah di era milenial pada channel Nussa Official. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah, pemanfaatan media sosial youtube sebagai media dakwah pada channel Nussa Official secara keseluruhan dilakukan dengan menampilkan event atau kegiatan yang bernuansa Islami, seperti: kajian, dengan mengundang beberapa tokoh artis yang sering melakukan aktivitas dakwah dengan mengangkat tema yang sesuai dengan era milenial.
Konformitas Teman Sebaya dan Perilaku Kenakalan Remaja di Sekolah Nasrul Umam
Jurnal Studi Islam dan Kemuhammadiyahan Vol. 1 No. 2 (2021): September
Publisher : Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18196/jasika.v1i2.15

Abstract

Perkembangan perilaku remaja merupakan salah satu fase yang paling penting dan menjadi perhatian. Para orang tua, guru, masyarakat, sangat berperan penting dalam pembentukan karakter seorang remaja, karena pada masa ini peserta didik sangat membutuhkan arahan, bimbingan, pengawasan, agar tidak terjerumus pada perilaku kenakalan remaja. Kenakalan remaja terus menerus terjadi dikalangan siswa maka perlu di cari solusi agar tidak terjadi lagi dan diharapkan dapat berubah menjadi lebih baik lagi sebelum menimbulkan dampak yang lebih bahaya. Lingkungan terdekat dapat memberi pengaruh terhadap seseorang dalam berperilaku, salah satunya adalah konformitas teman sebaya didalam suatu kelompok pertemanan. Konformitas teman sebaya berkaitan dengan kecenderungan kenakalan remaja, karena konformitas merupakan salah satu fenomena penting yang dapat menjadi kunci dari perilaku remaja. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data dan pengkajian adalah studi literatur. Jurnal penelitian disaring dengan fokus pada jurnal yang berkaitan dengan topik konformitas teman sebaya dan perilaku kenakalan remaja. Data yang diperoleh dikompilasi, dianalisis, dan disimpulkan sehingga mendapatkan kesimpulan mengenai studi literatur.
Implementasi Prinsip Montessori dalam Pendidikan Keislaman Pada Anak Usia Dini Ana Yuliani
Jurnal Studi Islam dan Kemuhammadiyahan Vol. 1 No. 2 (2021): September
Publisher : Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18196/jasika.v1i2.16

Abstract

Pendidikan dimulai sejak anak usia dini. Dalam usia enam tahun pertama, cara anak usia dini belajar dan berpikir sangat berbeda dengan orang dewasa. Anak-anak menyerap informasi layaknya spons melalui panca indera, penyerapan bahasa, pengembangan motorik, kognitif, dan kemampuan sosial bahkan spiritual mereka. Pendidikan anak usia dini menjadi waktu yang tepat untuk membangun fondasi inti dan karakter anak sebagai bekal kehidupan di masa depan. Prinsip Montessori setidaknya menawarkan lima aspek dalam mengembangkan metode pendidikan yang akan membekali keterampilan hidup anak di masa perkembangan selanjutnya. Beberapa prinsip Montessori yang menjadi kajian adalah (1) pendidikan sendiri; (2) periode peka; dan (3) kebebasan. Dalam studi ini prinsip Montessori akan diulas sebagai metode praktis yang diterapkan dalam penyelenggaraan pendidikan anak usia dini. Namun, tantangan pendidikan dewasa ini tidak cukup hanya mengembangkan hal-hal yang bersifat praktis dalam kehidupan. Pendidikan yang mengembangkan karakter anak pun perlu mendapat perhatian. Pendidikan yang menumbuhkan karakter membutuhkan landasan filosofis dan pedoman, maka pendidikan berbasis pendekatan keislaman menjadi landasan pendidikan karakter pada fokus kajian. Pendidikan keislaman yang dimaksud berkaitan dengan tiga nilai yakni akidah, ibadah, dan akhlak yang berpedoman dari Al Quran dan Al Hadits. Metode yang digunakan adalah studi literatur yang berkaitan dengan topik pendidikan Montessori, pendidikan Islam, dan pendidikan anak usia dini. Hasil studi ini akan memberikan gambaran tentang bagaimana implementasi prinsip Montessori dipandang dari pendekatan pendidikan keislaman dalam penyelenggaraan pendidikan anak usia dini.

Page 1 of 1 | Total Record : 8