Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Diskursus: Jurnal Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is a peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing original articles concerned with research, theory development, or program applications related to Indonesian Language teaching in across settings.
Articles
10 Documents
Search results for
, issue
"Vol 2, No 03 (2019): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia"
:
10 Documents
clear
Prestasi Belajar Bahasa Indonesia: Pengaruh Minat Belajar dan Motivasi Belajar
Warsadi Warsadi
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 2, No 03 (2019): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (143.091 KB)
|
DOI: 10.30998/diskursus.v2i03.6710
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia. Penelitian ini mengunakan metoda survei, dengan populasi siswa SMP Negeri di Kota Bogor sejumlah 916 . Dengan menggunakan teknik sampling acak proporsional diperoleh sampel sebanyak 90 siswa. Data diperoleh dari kuesioner dan tes Prestasi belajar Bahasa Indonesia dan dianalisis dengan SPSS 20. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa minat belajar dan motivasi belajar berkontribusi terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia.Kata kunci: Prestasi Belajar Bahasa Indonesia, Minat Belajar, dan Motivasi Belajar
Kaitan Nilai Budaya dan Fakta Sosial Novel Sukreni Gadis Bali Karya AA Panji Tisna
Benediktus Sugiyo
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 2, No 03 (2019): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (139.487 KB)
|
DOI: 10.30998/diskursus.v2i03.6700
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kaitan nilai budaya dan fakta sosial novel Sukreni Gadis Bali karya AA Panji Tisna. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Kualitatif. Pendekatan yang digunakan semiotik. Penelitian ini diarahkan untuk bisa memahami secara luas, menyeluruh, dan lebih mendalam serta dapat memperoleh makna dari nilai budaya dan fakta sosial dalam novel Sukreni Gadis Bali. Selanjutnya penelitian tersebut dapat dijadikan bahan ajar secara menyenangkan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik kajian pustaka yaitu dengan cara membaca buku-buku yang sesuai dengan permasalahan yang diteliti sehingga buku buku tersebut dijadikan dasar teori. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat kaitan antara nilai budaya dengan fakta sosial novel Sukreni Gadis Bali karya AA. Pandji Tisna. Hal ini dapat dilihat melalui unsur-unsur budaya dalam novel ini, berkaitan dengan fakta sosial masyarakatnya.Kata Kunci : Nilai budaya, fakta sosial, novel
Status Sosial dalam Kaitannya dengan Etika, Moral, dan Kesetaraan Gender dalam Cerpen Istri Konsul Karya Nh. Dini
Nana Nana
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 2, No 03 (2019): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (121.208 KB)
|
DOI: 10.30998/diskursus.v2i03.6705
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengungkapkan dimensi etika, moral dan kaitan dengan kesetaraan gender dalam cerpen Istri Konsul karya Nh. Dini. Hipotesis yang diuji meliputi 1) Dimensi stasus sosial. 2) Dimensi etika dan moral dan 3). Kaitan status sosial, etika dan moral dengan kesetaraan gender. Metode yang digunakan adalah kualitatif. Metode ini merupakan salah satu bentuk motode deskripsi, yaitu suatu metode dalam meneliti status kelompok manusia, suatu objek, suatuset kondisi, suatu sistem pemikiran ataupun suatu kelas peristiwa pada masa sekarang. Proses yang dilakukan adalah dengan membuat Inferensi melalui proses identifikasi dan penafsiran terhadap dimensi etika, moral dan kesetaraan gender yang terdapat dalam dalam cerpen Istri Konsul. Setelah melakukan analisis, penulis menarik kesimpulan bahwa (1) Terdapat Nilai Etika dalam cerpen Istri Konsul yaitu baik buruknya di bermasyarakat ditunjukkan oleh perilaku sehari-hari yang mengakibatkan cemoohan dari masyarakat. (2) Terdapat nilai Moral dalam cerpen Istri Konsul yang bertentangan dengan larangan/ aturan yang dilanggar dalam kehidupan sehari-hari sehingga hasil dari larangan aturan yang dilanggar mengakibatkan penyesalan. (3) Terdapat Kesetaraan gender antara laki-laki dalam cerpen Istri Konsul yang seharusnya seorang perempuan dapat menjalankan kodratnya sebagai perempuan.Kata Kunci: Status Sosial, Etika, Moral, Keseteraan Gender, Cerpen Istri Konsul.
Pengaruh Penguasaan Kosakata dan Kemampuan Berpikir Kreatif terhadap Kemampuan Menulis Teks Naratif Bahasa Indonesia
Feniliya Feniliya
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 2, No 03 (2019): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (153.577 KB)
|
DOI: 10.30998/diskursus.v2i03.6701
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Pengaruh penguasaan kosakata dan kemampuan berpikir kreatif terhadap kemampuan menulis teks naratif Bahasa Indonesia siswa SMP Swasta di Depok. 2) Pengaruh penguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis teks naratif Bahasa Indonesia siswa SMP Swasta di Depok. 3) Pengaruh kemampuan berpikir kreatif terhadap kemampuan menulis teks naratif Bahasa Indonesia siswa SMP Swasta di Depok. Populasi adalah siswa kelas VIII SMP Swasta di Kota Depok dengan besar sampel sebanyak 50 siswa. Pengumpulan data dilaksanakan dengan cara penyebaran angket dan kuisioner. Analisis data menggunakan regresi linear sederhana dan regresi linear ganda. Hasil pengujian hipotesis diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan penguasaan kosakata dan kemampuan berpikir kreatif secara bersama-sama terhadap kemampuan menulis teks naratif siswa SMP Swasta di Kota Depok, berdasarkan nilai Sig. 0,000<0,05. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan penguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis teks naratif siswa SMP Swasta di Kota Depok, berdasarkan Sig. 0,006>0,05. 3) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan berpikir kreatif terhadap kemampuan menulis teks naratif siswa SMP Swasta di Kota Depok, berdasarkan nilai Sig. 0,098>0,05. Hasil penelitian ini berguna untuk meningkatkan meningkatkan kemampuan menulis teks naratif di tingkat SMP.Kata Kunci: penguasaan kosakata, kemampuan berpikir kreatif, kemampuan menulis teks naratif.
Pengaruh Kemampuan Berpikir Kreatif dan Berinteraksi Sosial terhadap Keterampilan Menulis Cerita Pendek Bahasa Indonesia
Siti Jamilah
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 2, No 03 (2019): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (125.753 KB)
|
DOI: 10.30998/diskursus.v2i03.6706
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Kemampuan Berpikir Kreatif dan Berinteraksi Sosial secara bersama-sama terhadap Keterampilan Menulis Cerita Pendek Bahasa Indonesia, mengetahui pengaruh kemampuan berfikir kreatif terhadap keterampilan menulis cerita pendek bahasa Indonesia siswa, serta mengetahui pengaruh berinteraksi sosial terhadap keterampilan menulis cerita pendek bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan teknik analisis regresi dan korelasional. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI Madrasah Aliyah Swasta di Jakarta Selatan. Penelitian dilaksanakan di Madrasah Aliyah Sa’adatuddarain dan Madrasah Aliyah Islamiyah PUI . Teknik pengambilan Sampel penelitian dengan menggunakan teknik sampling acak sederhana (Simple Random Sampling). Data keterampilan menulis cerita pendek dan data kemampuan berpikir kreatif dikumpulkan dengan tes produk, sedangkan data kemampuan berinteraksi sosial dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner atau angket. Berdasarkan hasil hipotesis dan analisis data, disimpulkan beberapa hal berikut : 1).Terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan berpikir kreatif dan berinteraksi sosial secara bersama-sama terhadap keterampilan menulis cerita pendek bahasa Indonesia siswa MA Swasta di Jakarta Selatan. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan Fh = 11,023. 2).Terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan berpikir kreatif terhadap keterampilan menulis cerita pendek bahasa Indonesia siswa MA Swasta di Jakarta Selatan. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,006 < 0,05 dan th = 2,831. 3). Terdapat pengaruh yang signifikan berinteraksi sosial terhadap keterampilan menulis cerita pendek bahasa Indonesia siswa MA Swasta di Jakarta Selatan. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,038 < 0,05 dan th = 2,127. Kata Kunci : Kemampuan Berpikir Kreatif, Kemampuan Berinteraksi Sosial
Pengaruh Media Pembelajaran dan Motivasi Berprestasi terhadap Keterampilan Membaca Puisi Bahasa Indonesia
Jaronah Jaronah
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 2, No 03 (2019): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (219.305 KB)
|
DOI: 10.30998/diskursus.v2i03.6702
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang Pengaruh Media Pembelajaran dan Motivasi Berprestasi Terhadap Keterampilan Membaca Puisi Bahasa Indonesia Siswa di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri Jakarta Pusat. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan metode eksperimen dengan teknik Sampling acak sederhana proporsional. Untuk mendapatkan data penelitian, penulis menggunakan instrument penelitian atau alat pengumpul data berupa angket dan tes secara lansung. Pengolahan data dilakukan dengan pemberian skoring pada angket berdasarkan skala Likert, sedangkan metode penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif, bertujuan untuk mendeskripsikan atau menjelaskan pengujian suatu teori yang diukur dengan bilangan-bilangan dan dianalisis dengan prosedur statistik. Penelitian ini merupakan penelitian yang terdiri dari dua faktor bebas, yaitu faktor media pembelajaran (A) dan motivasi berprestasi (B) Masing-masing faktor terdiri dari sub faktor yang disebut level. Untuk media pembelajaran (A) ada dua, yaitu media pembelajaran audiovisual (A1) dan media pembelajaran konvensional (A2) Faktor kedua adalah motivasi berprestasi (B) dengan dua level, yaitu: tinggi (B1) dan rendah (B2) Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa : 1) Terdapat pengaruh yang signifikan media pembelajaran terhadap keterampilan membaca puisi bahasa Indonesia siswa SMP Negeri di Kota Jakarta Pusat. Hal ini dibuktikan dengan perolehan Sig. = 0,000 < 0,05 dan Fh = 18,033. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi berprestasi terhadap kemampuan membaca puisi bahasa Indonesia siswa SMP Negeri di Kota Jakarta Pusat. Hal ini dibuktikan dengan perolehan Sig. = 0,000 < 0,05 dan Fh = 44,531. 3) Terdapat pengaruh interaksi yang signifikan media pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap kemampuan membaca puisi bahasa Indonesia siswa SMP Negeri di Kota Jakarta Pusat. Hal ini dibuktikan dengan perolehan Sig. = 0,023 < 0,05 dan Fh = 5,475. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Motivasi Berprestasi, Kemampuan Membaca Puisi Bahasa Indonesia
Pengaruh Minat Belajar dan Persepsi Siswa Atas Gaya Hidup Digital terhadap Kemampuan Menulis Deskripsi Siswa
Yohanes de Brito Sutadi
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 2, No 03 (2019): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (159.532 KB)
|
DOI: 10.30998/diskursus.v2i03.6707
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh minat belajar dan persepsi siswa atas gaya hidup digital secara bersama-sama terhadap kemampuan menulis deskripsi, untuk mengetahui pengaruh minat belajar terhadap kemampuan menulis deskripsi, untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa atas gaya hidup digital terhadap kemampuan menulis deskripsi. Penelitian ini dilakukan pada 984 siswa kelas 8 dengan menghitung ukuran sampel yang dilakukan dengan menggunakan teknik Slovin. Dari teknik Slovin tersebut diambil sampel sebanyak 100 siswa yaitu sebanyak 31orang siswa dari SMPN 1Kemis Kabupaten Tangerang, 37orang siswa dari SMPN 3Kemis Kabupaten Tangerang, dan 32 orang siswa dari SMPN 5 Kemis Kabupaten Tangerang. Pengumpulan data dengan dilakukan dengan pemberian tes pemahaman konsep dan penyebaran angket. Analisis data terdiri dari pengujian instrumen, uji validitas, dan realibilitas. Selanjutnya dilakukan persyaratan analisis dengan normalitas dan uji homogenitas. Pengujian hipotesis dengan uji regresi linear berganda. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2018 sampai dengan Desember 2018. Berdasarkan hasil dan analisis data, disimpulkan beberapa hal sebagai berikut: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan secara bersama-sama minat belajar dan persepsi siswa atas gaya hidup digital terhadap kemampuan menulis deskripsi siswa SMP Negeri di Kecamatan Pasar Kemis Kabupaten Tangerang. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan Fh = 18,520. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan minat belajar terhadap kemampuan menulis deskripsi siswa SMP Negeri di Kecamatan Pasar Kemis Kabupaten Tangerang. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan nilai thitung =4,648. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi siswa atas gaya hidup digital terhadap kemampuan menulis deskripsi siswa SMP Negeri di Kecamatan Pasar Kemis Kabupaten Tangerang. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig = 0,007< 0,05 dan th = 2,775.Kata Kunci: Kemampuan Menulis Deskripsi, Pengaruh Minat Belajar, Persepsi Siswa Atas Gaya Hidup Digital.
Pengaruh Media Pembelajaran dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Menyimak Bahasa Indonesia
Mia Sahrihatin
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 2, No 03 (2019): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (196.019 KB)
|
DOI: 10.30998/diskursus.v2i03.6703
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji kebenaran hipotesis mengenai pengaruh media pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar menyimak bahasa indonesia siswa (Eksperimen pada MTS di Kabupaten Bogor). Hipotesis penelitian yang diuji meliputi : 1) Pengaruh yang Signifikan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Menyimak Bahasa Indonesia. 2) Pengaruh yang Signifikan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Menyimak Bahasa Indonesia. 3) Pengaruh Interaktif yang Signifikan Media Pembelajaran dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Menyimak Bahasa Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimen. Populasi adalah siswa kelas VII MTS Wilayah Cijeruk Kabupaten Bogor dengan besar sampel sebanyak 40 siswa, dengan teknik sampling yang digunakan yaitu sampling acak sederhana. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes hasil belajar bahasa indonesia dalam bentuk pilihan ganda dengan pilihan soal sebanyak 40 soal. Hasil pengujian hipotesis diperoleh kesimpulan sebagai berikut : 1) Terdapat pengaruh yang signifikan interaktif media pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar menyimak bahasa Indonesia siswa MTS di Kabupaten Bogor. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan nilai sig 0,000 ( < 0,05) dan Fhitung9,293. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan media pembelajaran terhadap hasil belajar menyimak bahasa Indonesia siswa MTS di Kabupaten Bogor. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan nilai sig = 0,000 ( < 0,05) dan thitung4,204. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar menyimak bahasa Indonesia siswa MTS di Kabupaten Bogor. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan nilai sig 0,002 (< 0,05) dan thitung 1,794.Kata Kunci: media pembelajaran, motivasi belajar, hasil belajar menyimak bahasa Indonesia.
Pengaruh Minat Baca dan Penguasaan Kosakata terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi
Yuliana Yuliana
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 2, No 03 (2019): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (172.448 KB)
|
DOI: 10.30998/diskursus.v2i03.6708
Penelitian ini merupakan penilitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat baca dan penguasaan kosakata secara bersama-sama terhadap kemampuan menulis karangan narasi, untuk mengetahui pengaruh minat baca terhadap kemampuan menulis karangan narasi, dan untuk mengetahui pengaruh penguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis karangan narasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Nenegri 1 Gunung Putri, SMK Negeri 1 Cileungsi, dan SMK Negeri 1 Cariu Kabupaten Bogor. Dalam penelitian ini pengambilan sampel dilakukan dengan teknik proposional random sampling. Dimana setiap anggota populasi mendapatkan kesempatan yang sama untuk dijadikan sampel dalam penelitian. Sampel yang digunakan sebanyak 100 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket dan questioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan minat baca dan penguasaan kosakata secara bersama-sama terhadap kemampuan menulis narasi siswa SMK Negeri di Kabupaten Bogor. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. = 0,048 < 0,05 dan Fh = 2,766. Secara bersama-sama pengaruh minat baca dan penguasaan kosakata memberikan kontribusi sebesar 32% terhadap kemampuan menulis karangan narasi. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan minat baca terhadap kemampuan menulis karangan narasi siswa SMK Negeri di Kabupaten Bogor. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. = 0,048 < 0,05 dan thitung = 2,006. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan penguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis karangan narasi siswa SMK Negeri di kabupaten Bogor. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig.= 0,033 < 0,05 dan thitung = 2,116. Kata Kunci: minat baca, penguasaan kosakata, kemampuan menulis, karangan narasi
Spiritualitas Alam dan Tokoh Utama pada Novel Partikel Karya Dewi ‘Dee’ Lestari (Perspektif Ekofeminisme)
Monica Harfiyani
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 2, No 03 (2019): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (235.074 KB)
|
DOI: 10.30998/diskursus.v2i03.6704
Penelitian ini membahas mengenai spiritualitas alam dan ekofeminisme tokoh utama yang terdapat pada novel Partikel karya Dewi Lestari. Penelitian ini bertujuan untuk menegtahui, mendeskripsikan, dan menginterpretasikan spiritualitas alam dan ekofeminisme tokoh utama pada novel Partikel karya Dewi Lestari. Metode yang digunakan adalah melalui persfektif ekofeminisme dengan cara memahami secara keseluruhan isi dari novel Partikel dan juga pendekatan ini mengutamakan kedalaman penghayatan antar konsep melalui pengkajian secara empirik terhadap teks sastra. Sumber data adalah novel Partikel karya Dewi Lestari. Simpulan hasil penelitian ini adalah: 1) Rekapitulasi hasil temuan penelitian mengenai spiritualitas alam yang terdiri dari Prinsip hormat terhadap alam mencapai 15% atau sebanyak 9 adegan, Prinsip tanggung jawab sebanyak 11% dengan adegan sebanyak 14 adegan, Solidaritas kosmis sebanyak 23% atau 30 adegan, Prinsip kasih sayang dan kepedulian 14% atau 18 adegan, Prinsip moral 13%, Prinsip hidup sederhana-selaras dengan alam 19% atau 24 adegan, Prinsip keadilan 1% atau 1 adegan, Prinsip demokrasi 4% atau 6 adegan. Pada penelitian ini terdapat prinsip solidaritas kosmis yang muncul paling dominan dalam novel Partikel karya Dewi Lestari. 2) rekapitulasi hasil temuan penelitian mengenai ekofeminisme tokoh utama yang terdiri dari Ekofeminisme Spiritual sebanyak 49% atau 47 adegan, Ekofeminsime Transformatif 21% atau 20 adegan, Ekofeminisme Alam 14% atau 13 adegan, Ekofeminisme Etika Lingkungan 16% atau 15 adegan. 3) Pada penelitian ini terdapat ekofeminisme spiritual dan solidaritas kosmis yang muncul paling dominan dalam novel Partikel karya Dewi Lestari. Kata Kunci: Ekofeminisme, Ekologi Sastra, Spiritualitas Alam, Tokoh Perempuan, Novel Partikel.