cover
Contact Name
Muhamad Zen
Contact Email
journal.md@uinjkt.ac.id
Phone
+628129563750
Journal Mail Official
journal.md@uinjkt.ac.id
Editorial Address
Jl. Ir. H. Juanda No. 95 Tangerang Selatan Banten
Location
Kota tangerang selatan,
Banten
INDONESIA
Jurnal Manajemen Dakwah
ISSN : 23383992     EISSN : 27979849     DOI : 10.15408/jmd
Core Subject : Religion, Economy,
Jurnal Manajemen Dakwah is a biannually journal published by UIN Syarif Hidayatullah Jakarta in cooperation with Asosiasi Profesi Dakwah Indonesia (APDI). This journal exists as a means of publishing works with a focus in the field of dakwah management. The scope of the journal includes dakwah management, dakwah strategies, dakwah administration, Hajj and Umrah management, zakat management, donations and alms, and Islamic Financial Management.
Articles 3 Documents
Search results for , issue "Vol. 11 No. 1 (2023): -" : 3 Documents clear
LEGALIZATION OF KBIHU INSTITUTIONS IN INDONESIA santoso, bobby rachman; Nur Kasanah, Siti Uswatun
Jurnal Manajemen Dakwah Vol. 11 No. 1 (2023): -
Publisher : Program Studi Manajemen Dakwah - Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi - UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15408/jmd.v11i1.31757

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui urgensi legalisasi lembaga KBIHU agar dapat memahami standardisasi KBIHU dan kontribusinya dalam menyelenggarakan haji dan umrah di Indonesia.  Tanpa izin operasional dari Kementerian Agama suatu lembaga sulit dipercaya dan berdampak buruk bagi kualitas lembaga. Oleh karena itu, legalisasi menjadi hal penting yang harus dilakukan agar KBIHU menjadi lembaga yang memiliki kontribusi baik. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan library research seperti buku, e-book,  jurnal, Undang-undang dan artikel sebagai alat pengumpulan data. Hasil penelitian yang diperoleh adalah pentingnya melegalisasi lembaga KBIHU dengan melakukan perizinan pada Kementerian Agama yang bertujuan agar mendapatkan perlindungan hukum. Selain itu, standardisasi lembaga KBIHU dapat dilihat dengan memiliki kantor yang jelas, memiliki website resmi atau medsos, sudah resmi terdaftar di Kemenag dan memiliki reputasi baik. Lembaga KBIHU juga harus mampu berkontribusi dalam menyelenggarakan haji dan umrah dengan memberikan pelayanan yang sesuai ajaran agama Islam pada calon jamaah.
OPTIMALISASI ZAKAT PERUSAHAAN DALAM PENGEMBANGAN KOPERASI SYARIAH PONDOK PESANTREN mono, Derys
Jurnal Manajemen Dakwah Vol. 11 No. 1 (2023): -
Publisher : Program Studi Manajemen Dakwah - Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi - UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15408/jmd.v11i1.31873

Abstract

Kesimpulan tulisan ini adalah bahwa dalam upaya mengoptimalisasi zakat perusahaan dalam pengembangan koperasi syariah pondok pesantren melalui beberapa pendekatan. Pertama; optimal dalam pengumpulan zakat perusahaan. Kedua: optimal dalam pendistribusian dan penyaluran zakat perusahaan yaitu dengan pendekatan zakat produktif, 1) zakat produktif tradisional, 2) zakat produktif kreatif, 3) zakat produktif beasiswa pelatihan seputar koperasi syariah 4) zakat produktif berupa sarana-pra sarana
OPTIMALISASI KINERJA KUA DALAM PELAYANAN BIMBINGAN MANASIK HAJI TINGKAT KECAMATAN CILEUNGSI KABUPATEN BOGOR zaman, ahmad munawaru
Jurnal Manajemen Dakwah Vol. 11 No. 1 (2023): -
Publisher : Program Studi Manajemen Dakwah - Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi - UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15408/jmd.v11i1.34961

Abstract

ABSTRAK Kantor Urusan Agama adalah instansi yang bertugas sebagai fasilitator bimbingan kepada jamaah haji menjadi salah satu wujud keberhasilan bekerja yang telah dilaksanakan oleh Kantor Urusan Agama Kecamatan Cileungsi terhadap calon/jamaah Haji adalah dapat terwujudnya tujuan meningkatkan kinerja pegawai dan memfasilitasi pelayanan sarana dan prasarana yang baik bagi calon/jamaah haji. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui kinerja KUA dalam pelayanan bimbingan manasik haji tingkat Kecamatan Cileungsi Kabupaten Bogor.Untuk menggambarkan proses optimalisasi kinerja KUA dalam pelayanan bimbingan manasik haji tingkat kecamatan cileungsi kabupaten bogor. Dalam peelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang dipakai adalah jenis penekitian deskriptif yang mengacu pada pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa setiap organisasi pasti ada kelebihan dan kekurangan dalam menjalankan tugasnya masing-masing. Pelayanan di KUA kecamatan cileungsi kabupaten bogor sejauh ini sudah cukup baik, namun perlu adanya lebih ditingkatkan jumlah sumber daya manusia kinerja pegawai KUA yang khususnya pada bimbingan manasik haji sesuai dengan harapan KUA dan calon jamaah haji. Dan sangat di perlukan adanya fasilitas sarana dan prasaran agar lebih ditingkatkan kualitas yang memadai agar tidak jadi satu tempat dengan yang lainnya (KBIH).  Kata Kunci:   Optimalisasi, Kinerja, dan Pelayanan                                ABSTRACT The Office of Religious Affairs is an agency tasked with being a facilitator of guidance to pilgrims. To be one of the forms of succesful work that has been carried out by the Office of  Uran Religion Cileungsi District for candidates/ congregants of hajj, is the realization of the goal of improving employee perfomance and facilitating good infrastructure service for candidates pilgrim. In writing this thesis, the writer uses qualitative research methods. The type of research used is descriptive research which refers to data collection in the form of obeservations, interview, and documetation. The purpose of this study is to determine the perfomance of KUA in the guidance service of manack Hajj has at the level of cileungsi District, Bogor Regency. The results of this study indicate that each past organizationhas advantages and disadvantages in carrying out their respective duties. The service of KUA cileungsi district, bogor regency so far has been quite good. But it is necessary to increase the number of days man sources for the perfomance of  KUA employees, especially in the guidance of the Hajj rituals. With the hope of KUA and prospective pilgrims. And it is very important for the existence of facilities and infrastructure to be further improved with adequate quality so that they do not become one place with another, for example in the Hajj guidance group. (KBIH)   Keywords :  Optimization, Performance, and Service     

Page 1 of 1 | Total Record : 3