cover
Contact Name
Flavia Aurelia Hidajat
Contact Email
jurnaljrpmjjakarta@gmail.com
Phone
+6287712981371
Journal Mail Official
jurnaljrpmjjakarta@gmail.com
Editorial Address
Jl. Rawamangun Muka Raya No.11, RT.11/RW.14, Rawamangun, Kec. Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13220
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta
ISSN : 26214768     EISSN : 26214768     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta (JRPMJ) E-ISSN:2621-4768, DOI Prefix is a peer-reviewed open-access international journal that aims to the sharing, dissemination, and discussion of current trends research results, experience, and perspectives across a wide range of mathematics education, teaching mathematics, development in mathematics instruction, innovations in mathematics learning, and current trends issue in mathematics education research. This journal will be published four-issue per year in March, June, September, and December published by the Universitas Negeri Jakarta Press. Given that the journal prioritizes research reports in mathematics education, viewpoint articles in the same field will be considered for publication. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta (JRPMJ) welcomes research articles, literature reviews, book reviews from various countries in the world that have high-quality on all topics related to current trends issue in mathematics education research to publish in this journal. Submitted papers must be written in English dan Bahasa Indonesia for the initial review stage by editors and further review process by international reviewer
Articles 3 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 1 (2023): Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta Volume 5, Nomor 1, Tahun 2023" : 3 Documents clear
PENGARUH SELF EFFICACY DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA Arjun Yoga Pratama
Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta Vol 5 No 1 (2023): Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta Volume 5, Nomor 1, Tahun 2023
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika jenjang Magister, FMIPA, Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jrpmj.v5i1.23021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self-efficacy terhadap berpikir kritis matematis, pengaruh motivasi belajar terhadap berpikir kritis matematis, serta untuk mengetahui pengaruh self-efficacy dan motivasi belajar terhadap berpikir kritis matematis pada siswa SMPN 7 Kota Serang. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif korelasional. Sampel penelitian ini merupakan siswa kelas VIII SMPN 7 Kota Serang sebanyak 30 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa angket dan tes. Validitas butir diuji dengan menggunakan korelasi Product Moment, sedangkan koefisien reliabilitas instrumen diuji dengan menggunakan teknik Alpha Cronbach. Untuk mengetahui pengaruh masing-masing variabel penelitian dilakukan dengan menggunakan aplikasi program SPSS 20.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh secara parsial self-efficacy terhadap berpikir kritis matematis dengan sumbangan pengaruh sebesar 16%. (2) tidak terdapat pengaruh secara parsial motivasi belajar terhadap berpikir kritis matematis dengan sumbangan pengaruh sebesar 1,1%, (3) terdapat pengaruh yang signifikan secara bersama-sama self-efficacy dan motivasi belajar terhadap berpikir kritis matematis dengan sumbangan pengaruh adalah 20,3% dan sisanya 79,7% dipengaruhi oleh faktor lain.
Pengaruh Model Pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, And Extending) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Negeri 206 Jakarta Umi Hidayati
Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta Vol 5 No 1 (2023): Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta Volume 5, Nomor 1, Tahun 2023
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika jenjang Magister, FMIPA, Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jrpmj.v5i1.23025

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, and Extending) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa di SMP Negeri 206 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode quasi-experiment dengan Posttest-Only Control Group Design. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah dengan Two Stage Random Sampling menggunakan Cluster Random Sampling dan Simple Random Sampling. Sampel penelitian yaitu siswa kelas VIII-E dan VIII-F di SMP Negeri 206 Jakarta. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) berupa 5 soal uraian yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi , diperoleh bahwa dan sehingga , maka ditolak dan nilai Cohen’s Effect Size yang diperoleh sebesar 0,509 yang termasuk dalam kategori sedang dengan persentase 69%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan dari penerapan model pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, and Extending) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa di SMP Negeri 206 Jakarta. Kata Kunci: Model Pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, and Extending), Kemampuan Komunikasi Matematis
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition (AIR) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa di SMP Muhammadiyah 50 Jakarta Muhammad Rizki Ramadhan
Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta Vol 5 No 1 (2023): Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta Volume 5, Nomor 1, Tahun 2023
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika jenjang Magister, FMIPA, Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jrpmj.v5i1.23027

Abstract

This study aims to determine whether there is a significant effect of applying the structured Auditory Intellectually Repetition (AIR) learning model on students' ability to understand mathematical concepts. This research was conducted on class VII students of SMP Muhammadiyah 50 Jakarta in the odd semester of the 2022/2023 school year on numbers. The research method used is a quasi-experimental design (pseudo-experiment). Sampling using cluster random sampling technique, namely the random selection of two classes that are normally distributed, homogeneous, and have the same mean. The sample selected in this study was class VII-1 as the experimental class and class VII-2 as the control class. The research instrument used was a test of the ability to understand students' mathematical concepts in the matter of numbers as many as seven essay questions. Based on the calculation of the research data, the data for both classes come from populations that are normally distributed and have the same or homogeneous variance. Therefore, statistical hypothesis testing was carried out using the t-test with the same variance. Based on the results of testing the hypothesis, the value of which means reject H_0 at the significance level

Page 1 of 1 | Total Record : 3


Filter by Year

2023 2023


Filter By Issues
All Issue Vol. 7 No. 2 (2025): Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta Volume 7, Nomor 2, Tahun 2025 Vol. 7 No. 1 (2025): Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta Volume 7, Nomor 1, Tahun 2025 Vol. 6 No. 2 (2024): Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta Volume 6, Nomor 2, Tahun 2024 Vol. 6 No. 1 (2024): Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta Volume 6, Nomor 1, Tahun 2024 Vol 5 No 2 (2023): Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta Volume 5, Nomor 2, Tahun 2023 Vol 5 No 1 (2023): Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta Volume 5, Nomor 1, Tahun 2023 Vol. 5 No. 1 (2023): Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta Volume 5, Nomor 1, Tahun 2023 Vol 4 No 2 (2022): Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta Volume 4, Nomor 2, Tahun 2022 Vol. 4 No. 2 (2022): Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta Volume 4, Nomor 2, Tahun 2022 Vol. 4 No. 1 (2022): Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta Volume 4, Nomor 1, Tahun 2022 Vol 4 No 1 (2022): Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta Volume 4, Nomor 1, Tahun 2022 Vol 3 No 2 (2021): Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta Volume 3, Nomor 2, Tahun 2021 Vol 3 No 1 (2021): Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta Volume 3, Nomor 1, Tahun 2021 Vol 2 No 2 (2020): Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta Volume 2, Nomor 2, Tahun 2020 Vol. 2 No. 1 (2020): Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta Volume 2, Nomor 1, Tahun 2020 Vol. 1 No. 1 (2018): Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta. Volume 1, Nomor 1, Tahun 2018 More Issue