cover
Contact Name
NUNUK SURYANTI
Contact Email
nunuksuryanti@edu.uir.ac.id
Phone
+6285230218353
Journal Mail Official
nunuksuryanti@edu.uir.ac.id
Editorial Address
Jalan Kaharudin Nasution nomor 113, Marpoyan Pekanbaru
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
Peka : Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntasi FKIP UIR Pekanbaru
Published by Universitas Islam Riau
ISSN : 2337652x     EISSN : 25983253     DOI : https://journal.uir.ac.id/index.php/Peka
Core Subject : Education,
Jurnal Peka bertujuan untuk menggali dan menerbitkan tulisan tentang isu-isu terkini terkait dengan pengajaran dan pembelajaran ekonomi dan akuntansi baik pada tingkat sekolah menengah dan pendidikan tinggi.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 8 No. 2 (2020): Desember" : 5 Documents clear
ANALISIS KESULITAN GURU SMA DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PEMBELAJARAN EKONOMI BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI KABUPATEN PELALAWAN Sri Rahayu; Tity Hastuti
PEKA Vol. 8 No. 2 (2020): Desember
Publisher : UIR PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (175.937 KB) | DOI: 10.25299/peka.2020.vol8(2).7492

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan guru SMA khususnya guru ekonomi dalam mengimpelementasikan kurikulum 2013. Kesulitan implementasi dilihat dari perencanaan pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran dan evaluasi hasil pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dan sampel penelitian ini adalah guru-guru yang tergabung dalam MGMP ekonomi di Kabupaten Pelalawan, yang berjumlah 36 orang. Pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji validitas instrumen dilakukan melalui penilaian para ahli (judgement expert). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Dalam malaksanakan tahapan perencanaan pembelajaran (penyusunan RPP dan silabus) berada pada kategori cukup sulit yaitu sebesar 61,1%. 2) Dalam melaksanakan tahapan pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan scientific dalam kategori cukup sulit yaitu sebesar 77,8%. 3) Dalam melaksanakan tahapan penilaian otentik dalam kategori tidak sulit sebesar 63,9%. 4) Dimensi yang paling menyulitkan guru dalam pembelajaran ekonomi adalah dimensi pelaksanaan, dengan persentase kesulitan sebesar 77,7%. Kata kunci: Implementasi, Kurikulum 2013
KENDALA GURU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM 2013 DI KABUPATEN INDRAGIRI HULU Sauda Ike Nurjanah
PEKA Vol. 8 No. 2 (2020): Desember
Publisher : UIR PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25299/peka.2020.vol8(2).12307

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui: (1) Kendala guru Ekonomi SMA di Kabupaten Indragiri Hulu dalam impelementasi kurikulum 2013 dilihat dari perencanaan pembelajaran. (2) Kendala guru Ekonomi SMA di Kabupaten Indragiri Hulu dalam implementasi kurikulum 2013 dilihat dari pelaksanaan proses pembelajaran. (3) Kendala Ekonomi SMA di Kabupaten Indragiri Hulu dalam implementasi kurikulum 2013 dilihat dari evaluasi hasil pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini adalah penelitian populasi dengan subjek penelitian guru-guru yang tergabung dalam MGMP Ekonomi di Kabupaten Indragiri Hulu, yaitu berjumlah 46 orang. Pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji validitas instrumen dilakukan melalui penilaian para ahli (Judgement Expert). Data disajikan berdasarkan hasil analisis data yang dihasilkan dan diinterpretasikan sesuai dengan kriteria indikator yang diukur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kendala guru Ekonomi SMA di Kabupaten Indragiri Hulu dalam pelaksanaan kurikulum 2013 dilihat dari perencanaan pembelajaran dengan skor 130,22 berada pada rentang 130,22- 153,22 dengan kategori cukup banyak kendala. Kendala tertinggi ada pada indikator Merumuskan indikator dan tujuan berdasarkan kemampuan HOTS. (2) kendala guru Ekonomi SMA di Kabupaten Indragiri Hulu dalam pelaksanaan kurikulum 2013 dilihat dari proses pelaksanaan pembelajaran dengan skor 124,75 berada pada rentang 124,75- 143,67 dengan kategori cukup banyak kendala . Kendala tertinggi ada pada indikator merancang media untuk pembelajaran 5M (3) kendala guru Ekonomi SMA di Kabupaten Indragiri Hulu dalam pelaksanaan kurikulum 2013 dilihat dari perencanaan proses pembelajaran dengan skor 153,63 berada pada rentang 153,63-167,75 dengan kategori cukup banyak kendala. Kendala tertinggi ada pada indikator mengolah/merekapitulasi nilai.
ANALISIS KESULITAN MAHASISWA DALAM PENYUSUNAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PADA KULIAH PRAKTIK LAPANGAN PENDIDIKAN Supatmini
PEKA Vol. 8 No. 2 (2020): Desember
Publisher : UIR PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25299/peka.2020.vol8(2).12308

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui apa saja kesulitan yang dihadapi oleh mahasiswa Pendidikan Akuntansi angkatan 2016 dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) saat pelaksanaan Kuliah Praktik Lapangan Pendidikan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskripsi kualitataif dengan melakukan pengamatan dan wawancara dengan mengambil kesimpulan dalam bentuk penjelasan atau uraian. Instrumen penelitian dalam penelitian kualitatif yaitu peneliti itu sendiri dan subjek penelitian dengan menggunakan Purposive Sampling atau pengambilan data dengan adanya pertimbangan tertentu. Hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh beberapa kesulitan yang dialami oleh mahasiswa Pendidikan Akuntansi angkatan 2016 dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) saat pelaksanaan kuliah praktik lapangan pendidikan dengan rata-rata kesulitan seperti kesulitan dalam menentukan kompetensi dasar, kesulitan dalam menentukan metode pembelajaran, kesulitan dalam menentukan alokasi waktu dan kesulitan dalam membuat format penilaian.
GAMBARAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA SISWA KELAS XI IPS DI SMAN 1 RENGAT Witri Khalfiyah
PEKA Vol. 8 No. 2 (2020): Desember
Publisher : UIR PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25299/peka.2020.vol8(2).12310

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan prokrastinasi akademik yang dilakukan oleh siswa kelas XI IPS di SMAN 1 Rengat. Prokrastinasi akademik merpakan penundaan yang dilakukan pada tugas yang sifatnya formal yang berhubungan dengan tugas akademik. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS di SMAN 1 Rengat yang berjumlah 84 siswa. Alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah kusioner dengan mengacu pada aspek prokrastinasi akademik, yaitu adanya penundaan untuk memulai maupun menyelesaikan kerja pada tugas yang dihadapi, kelambanan dalam mengerjakan tugas, kesenjangan waktu antara rencana dan kinerja aktual, dan melakukan aktivitas lain yang lebih menyenangkan daripada melakukan tugas yang harus dikerjakan. Skala prokrastinasi akademik yang telah di hitung menggunakan bantuan program SPSS versi 22.0 for window, di peroleh perhitungan reliabilitas seluruh instrument dengan menggunakan rumus koefisien Alpha Cronbach sebesar 0,967. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa prokrastinasi akademik yang dilakukan oleh siswa dan siswi kelas XI IPS di SMA N 1 Rengat tergolong sedang. Dari 84 responden terdapat 9 orang yang tergolong rendah dengan presentase sebesar 10,7%, 39 orang tergolong sedang dengan presentase sebesar 46,4%, dan 36 orang tergolong tinggi dengan presentase sebesar 42,9%.
PERBANDINGAN PENGGUNAAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MEDIA GAMBAR DAN METODE DISKUSI TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI SMAN 2 SIAK KECIL Desi Lestari
PEKA Vol. 8 No. 2 (2020): Desember
Publisher : UIR PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25299/peka.2020.vol8(2).12311

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil rata-rata posttest setelah diterapkan pendekatan saintifik menggunakan media gambar dan metode diskusi untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas X IPS SMAN 2 Siak Kecil. Analisis data digunakan dengan uji-T. Setelah diterapkan perlakuan penggunaan pendekatan saintifik menggunakan media gambar dan diskusi, kelas eksperiman memiliki rata-rata peningkatan minat belajar yaitu 84,18. Sedangkan perlakuan penggunaan pendekatan saintifik menggunakan metode diskusi tanpa media gambar peningkatan minat belajar ekonomi pada materi manajemen dan manajer yaitu 74,04. Hasil penelitian menunjukan ada perbandingan hasil rata-rata setelah diterapkan pendekatan saintifik menggunakan media gambar dan metode diskusi lebih tinggi dari pada pendekatan saintifik menggunakan metode diskusi.

Page 1 of 1 | Total Record : 5