cover
Contact Name
Mariaty Podungge
Contact Email
mariatypodungge@gmail.com
Phone
+6285240574043
Journal Mail Official
mariatypodungge@gmail.com
Editorial Address
Kampus II Jln. Sultan Amai Kelurahan Pone, Kecamatan Limboto Barat, Kabupaten Gorontalo Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Location
Kota gorontalo,
Gorontalo
INDONESIA
PEKERTI Journal Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti
ISSN : -     EISSN : 29633389     DOI : -
Core Subject : Religion, Education,
PEKERTI: Journal Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti publishes articles on the realm of Islamic education, covering both literary and fieldwork studies. The journal highlights aspects related to Islamic education studies, with special reference to character education, Islamic education policy, philosophy of Islamic education, Islamic education management, Islamic education curriculum, innovations in Islamic education, Islamic education leadership, multicultural Islamic education, Islamic education for social transformation, madrasa education, pesantren education, and other relevant topics. This journal warmly welcomes contributions from scholars of related disciplines. This journal was published by Prodi Pendidikan Agama Islam, FITK IAIN Sultan Amai Gorontalo. PEKERTI: Journal Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti is published two times a year (February and August).
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 1 (2021): FEBRUARY" : 6 Documents clear
Penggunaan Media LCD Projektor Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Bagi Siswa Kelas VII SMPN 2 Sungguminasa Risdawati
Pekerti: Journal Pendidikan Islam dan Budi Pekerti Vol. 3 No. 1 (2021): FEBRUARY
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam, IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58194/pekerti.v3i1.4057

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa  pada materi Menjadi Pribadi berintegritas dengan  sifat amanah dan jujur mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui penggunaan media LCD Projektor. Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah fase D SMPN 2 Sungguminasa Tahun Ajaran 2020/2021, yang terdiri dari 34 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh Penggunaan media LCD Projektor berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Menjadi Pribadi berintegritas dengan sifat amanah dan jujur. Sebelum diterapkannya Media LCD Projektor hasil belajar siswa secara klasikal hanya 10 siswa (15%) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 72.0. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak 26 siswa (76 %) yang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 83,38 dan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 16 siswa (88 %) tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 88.44. Siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena media LCD projektor ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.
Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL) Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Materi Beriman Kepada Nabi Dan Rasul Allah Di Kelas IV MIS Darussalam 2 Hatmawati
Pekerti: Journal Pendidikan Islam dan Budi Pekerti Vol. 3 No. 1 (2021): FEBRUARY
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam, IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58194/pekerti.v3i1.4058

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar model pembelajaran Problem Based Learning pada kelas IV MIS Darussalam 2. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan analisis data deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai dengan siklus 2. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MIS Darussalam 2 yang berjumlah 15 siswa. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model PTK Kurt  Lewin yang terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pada teknik observasi yaitu dengan menggunakan lembar observasi kegiatan guru dan siswa, sedangkan pada teknik tes adalah tes tulis yaitu menggunakan butir-butir soal tes. Hasil Penelitian pada siklus I menunjukan siswa yang tuntas sebesar 60 % dan siswa yang belum tuntas sebesar 40 %.  Pada Siklus 2 siswa yang tuntas 93,33% dan yang tidak tuntas 6,67%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran problem Based Learning ( PBL)  dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas IV MIS Darussalam 2 Materi Beriman Kepada Nabi dan Rasul.
Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Materi Iman Kepada Kitab-Kitab Allah Menggunakan Metode Project Based Learning Fase D Kelas VIII MTs Miftahul Huda Bulu Temanggung musyafif
Pekerti: Journal Pendidikan Islam dan Budi Pekerti Vol. 3 No. 1 (2021): FEBRUARY
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam, IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58194/pekerti.v3i1.4059

Abstract

Penelitian yang penulis teliti merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik Fase D MTs Miftahul Huda Bulu dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Materi Iman Kepada Kitab-Kitab Allah. Subjek penelitian ini adalah fase D kelas VIII Mts Miftahul Huda tahun ajaran 2020/ 2021 yang terdiri atas 23 peserta didik.  Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh model pembelajaran Project based learning dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik pada materi Iman Kepada Kitab-Kitab Allah. Sebelum diterapkannya model pembelajaran Project Based Learning, hasil belajar siswa secara klasikal hanya 13% yaitu hanya 3 siswa. Setelah diterapkannya metode tersebut pada siklus I sebanyak 47% yaitu 11 siswa yang tuntas. Pada siklus II terjadi peningkatan yaitu 100% sebanyak 23 siswa tuntas dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata 86,9. Siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena metode ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.
Meningkatkan Penanaman Karakter Sopan Santun Peserta Didik Pada Materi Adab Bertamu Mata Pelajaran Akidah Akhlak Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Di Kelas V MIS Muhammadiyah Purworejo Safitri, Diana
Pekerti: Journal Pendidikan Islam dan Budi Pekerti Vol. 3 No. 1 (2021): FEBRUARY
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam, IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58194/pekerti.v3i1.4060

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menanamkan karakter sopan santun pada peserta didik melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) materi adab bertamu mata pelajaran Akidah Akhlak bagi peserta didik kelas V MIS Muhammadiyah Purworejo Gemolong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian studi kasus di MIS Muhammadiyah Purworejo Gemolong. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subjek dari penelitian ini adalah fase C MIS Muhammadiyah Purworejo Gemolong Tahun Ajaran 2020/2021, yang terdiri dari 21 peserta didik. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan Dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berhasil meningkatkan penanaman karakter sopan santun peserta didik pada materi Adab Bertamu. Sebelum diterapkannya model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) penanaman karakter peserta didik secara klasikal masih minim yaitu sebanyak 28,57% dari seluruh peserta didik yang memiliki karakter sopan santun yang baik. Setelah diterapkannya model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) tersebut pada siklus I terjadi peningkatan menjadi 62,9% dan pada siklus II terjadi peningkatan lebih baik lagi yaitu sebesar 75,25% sehingga sudah terlihat bahwa peserta didik menunjukkan karakter sopan santun yang lebih baik lagi. Peserta didik lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena modep pembelajaran ini mendukung peserta didik untuk berperan secara aktif dalam proses pembelajaran.
Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Tentang Macam-Macam Sujud Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Peserta Didik Kelas VII UPT SMP Negeri 6 Enrekang Sabir
Pekerti: Journal Pendidikan Islam dan Budi Pekerti Vol. 3 No. 1 (2021): FEBRUARY
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam, IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58194/pekerti.v3i1.4061

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman PAI tentang macam-macam sujud pada peserta didik kelas VII UPT SMP Negeri 6 Enrekang melalui model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw. Rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimana penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw dalam peningkatan hasil belajar PAI tentang macam-macam sujud pada peserta didik kelas VII UPT SMP Negeri 6 Enrekang ? Apakah hasil belajar PAI tentang macam-macam sujud meningkat melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw pada peserta didik kelas VII UPT SMP Negeri 6 Enrekang? Untuk mengetahui peningkatan pemahaman belajar peserta didik kelas VIII.1 melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw di UPTD SMP Negeri 6 Enrekang. Subjek penelitian ini adalah peserta didik Kelas VII UPT SMP Negeri 6 Enrekang dengan jumlah peserta didik 20 orang yang terdaftar pada semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, yaitu siklus I yang dilaksanakan 2 kali pertemuan dan siklus II yang juga dilaksanakan sebanyak 2 kali pertemuan. Penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw dalam peningkatan hasil belajar PAI tentang macam-macam sujud pada peserta didik kelas VII aktivitas guru dan peserta didik melalui observasi guru dan peserta didik mencapai kategori Tinggi. Peningkatan hasil belajar peserta didik melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw peserta didik setelah dua kali dilaksanakan tes siklus. Dapat dilihat bahwa adanya hasil yang menampakkan peningkatan hasil belajar peserta didik setelah dua kali dilaksanakan tes siklus. Pada siklus I tingkat ketuntasan mencapai 68% berada pada kategori cukup, dan pada siklus II mencapai 92% berada pada kategori Sangat Tinggi.
Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Metode Pembelajaran Market Place Activity Pada Materi Meyakini Kitab-Kitab Allah Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII UPT SMPN 4 Turatea Sayuti, Risnawati
Pekerti: Journal Pendidikan Islam dan Budi Pekerti Vol. 3 No. 1 (2021): FEBRUARY
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam, IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58194/pekerti.v3i1.4062

Abstract

Penelitian ini mengambil populasi di UPT SMPN 4 Turatea dan yang menjadi sampel adalah kelas VIII UPT SMPN 4 Turatea. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Tes sebagai alat utama, Observasi, dan Dokumentassi. Analisis data yang digunakan adalah metode alur yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian tindakan kelas ini dilakukan 2 siklus. Yang mana hasil dari penelitian ini, menunjukan hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pra siklus 55%, pada Akhir siklus I sebesar 76,75%, dan pada akhir Siklus II mengalami peningkatan yang cukup besar sehinga mencapai 93% peserta didik yang mencapai Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP). Berdasarkan hasil belajar yang diperoleh hal ini menunjukan, bahwa metode market place activity dapat meningkatkan hasil belajar pesrta didik kelas VIII UPT SMPN 4 Turatea.

Page 1 of 1 | Total Record : 6