cover
Contact Name
Mariaty Podungge
Contact Email
mariatypodungge@gmail.com
Phone
+6285240574043
Journal Mail Official
mariatypodungge@gmail.com
Editorial Address
Kampus II Jln. Sultan Amai Kelurahan Pone, Kecamatan Limboto Barat, Kabupaten Gorontalo Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Location
Kota gorontalo,
Gorontalo
INDONESIA
PEKERTI Journal Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti
ISSN : -     EISSN : 29633389     DOI : -
Core Subject : Religion, Education,
PEKERTI: Journal Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti publishes articles on the realm of Islamic education, covering both literary and fieldwork studies. The journal highlights aspects related to Islamic education studies, with special reference to character education, Islamic education policy, philosophy of Islamic education, Islamic education management, Islamic education curriculum, innovations in Islamic education, Islamic education leadership, multicultural Islamic education, Islamic education for social transformation, madrasa education, pesantren education, and other relevant topics. This journal warmly welcomes contributions from scholars of related disciplines. This journal was published by Prodi Pendidikan Agama Islam, FITK IAIN Sultan Amai Gorontalo. PEKERTI: Journal Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti is published two times a year (February and August).
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 1 (2022): FEBRUARY" : 5 Documents clear
Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam Kearifan Lokal Bolaang Mongondow (Mototompiaan, Mototabian bo Mototanoban) Silangen, Ovenly Utomo; Damopolii, Mujahid; Posangi, Said Subhan
Pekerti: Journal Pendidikan Islam dan Budi Pekerti Vol. 4 No. 1 (2022): FEBRUARY
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam, IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (140.911 KB) | DOI: 10.58194/pekerti.v4i1.1230

Abstract

Penelitian ini membahas tentang nilai-nilai pendidikan Agama Islam dalam kearifan lokal Bolaang Mongondow (Mototompiaan, Mototabian bo Mototanoban) dan Implikasinya pada pembelajaran Akidah Akhlak di MAN I Kotamobagu. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif melalui teknik pengumpulan data yaitu, melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif melalui tiga tahapan yaitu, reduksi data, display dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai kearifan lokal Bolaang Mongondow (Mototompiaan, Mototabian bo Mototanoban) sarat akan nilai-nilai pendidikan Agama Islam, karena mengandung perintah-perintah Allah SWT dalam rangka pembentukan akhlak manusia secara horizontal. Implikasinya pada pembelajaran Akidah Akhlak di MAN I Kotamobagu yakni pembentukan akhlak siswa menjadi lebih baik. Siswa memiliki sikap saling menghargai dan menghormati serta memiliki rasa kekeluargaan dan kedekatan emosional yang tinggi diantara mereka, baik antara siswa dengan siswa maupun siswa dengan guru.
PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER PESERTA DIDIK Abdjul, Nurhalisa; Koesry, Zainul Romiz; Kaawoan, Selviyanti
Pekerti: Journal Pendidikan Islam dan Budi Pekerti Vol. 4 No. 1 (2022): FEBRUARY
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam, IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (194.765 KB) | DOI: 10.58194/pekerti.v4i1.1254

Abstract

Gorontalo merupakan satu  dari  Sembilan belas  hukum adat di Indonesia memiliki ragam hukum Adat diantaranya  adat Mopolihu Lo Limu  (Mandi Lemon) bagi anak perempuan umur 1 s.d 3  tahun.  Seiring perkembangan dan dinamika sosial, pelaksanaan adat ini  makin jauh dari makna esensialnya, lalu nilai-nilai apa yang dapat diungkap dari adat Gorontalo yang makin tidak populer dikalangan generasi muda Gorontalo. Desain penelitian menggunakan kajian fenomenologi melalui pendekatan kualitatif yang menitikberatkan pada Makna dan filosofis  adat Gorontalo Mopolihu Lo Limu  Data yang digunakan berupa : teks, kata-kata tertulis, frasa-frasa atau simbol-simbol, tindakan dan peristiwa dengan menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa  Adat Mopolihu Lo Limu memiliki sejumlah makna yang relevan dengan Penguatan Pendidikan Karakter diantaranya : (1) Sikap Religius, (2)  Sikap Jujur, (3) Toleransi, (4) Disiplin, (5) Kerja keras, (6) Mandiri, (7) Cinta Tanah Air, (8) Bersahabat, (9) Cinta Damai, (10) Peduli Sosial, (11) Peduli Lingkungan dan (12) Bertanggung jawab.
PENDIDIKAN KARAKTER SEBAGAI UPAYA MENCIPTAKAN AKHLAK MULIA Olii, Arief Syamsuddin Muhammad; Arif, Muh
Pekerti: Journal Pendidikan Islam dan Budi Pekerti Vol. 4 No. 1 (2022): FEBRUARY
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam, IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (248.681 KB) | DOI: 10.58194/pekerti.v4i1.1357

Abstract

Abstrak Artikel ini mengkaji tentang pendidikan karakter sebagai upaya menciptakan akhlak mulia. Tujuan kajian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pendidikan karakter dapat mempengaruhi akhlak mulia. Membangun karakter dan watak bangsa melalui pendidikan mutlak diperlukan. Pendidikan karakter dapat berjalan efektif dan berhasil apabila dilakukan secara integral dimulai dari lingkungan rumah tangga, sekolah dan masyarakat. Sedangkan akhlak mulia adalah keseluruhan kebiasaan manusia yang berasal dalam diri yang di dorong keinginan secara sadar dan dicerminkan dalam perbuatan yang baik.
Efektivitas Strategi Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Fiqih di Madrasah Aliyah al-Falah Limboto Barat Munirah, Munirah; Tuli, Taufik
Pekerti: Journal Pendidikan Islam dan Budi Pekerti Vol. 4 No. 1 (2022): FEBRUARY
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam, IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (313.189 KB) | DOI: 10.58194/pekerti.v4i1.2901

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengelaborasi bagaimana efektivitas strategi Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar fiqih Madrasah Aliyah al-Falah Limboto Barat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data dilakukan melalui teknik triangulasi melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi nilai rata-rata pada ulangan harian 1 yaitu 79,55 dan pada ulangan harian 2 nilai rata-rata harian peserta didik adalah 87,65. Selanjutnya dari aspek pisikomotorik nilai rata-rata peserta didik untuk penugasan individu pada ulangan harian 1 adalah 83,3. Nilai rata-rata peserta didik untuk kinerja pada ulangan harian 2 adalah 88,4. Dari hasil, pelaksanaan strategi Problem Based Learning (PBL) di kelas X IPA 1 baik dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik adalah efektif digunakan dalam pembelajaran fiqih pada materi zakat. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata ulangan harian 1 dan ulangan harian 2 nilai rata-rata peserta didik meningkat dan memenuhi KKM yang telah ditentukan oleh sekolah yaitu 75.
Islamic Spirituality (ROHIS) and Its Effect on Establishment of Character and Religious Attitude of Students: Study Of SMA Negeri 1 Kotamobagu , North Sulawesi Massi, Moh Rafit; Zaenuri , Ahmad
Pekerti: Journal Pendidikan Islam dan Budi Pekerti Vol. 4 No. 1 (2022): FEBRUARY
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam, IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (333.233 KB) | DOI: 10.58194/pekerti.v4i1.2922

Abstract

This study aims to determine the effect of active participation in Islamic Spirituality extracurricular activities (ROHIS) on the formation of students' character. Furthermore, the shape of the character will be included in the typology of religious attitudes and the direction of the trend will be seen. By using the type of Field Research and a mix method approach between the Qualitative Method and the Quantitative Method, the authors suspect that there is a significant influence between the activity of participating in extra-curricular activities of Islamic Spirituality on the formation of the character of students. Furthermore, if grouped in the typology of religious attitudes, students who actively participate in Islamic Spirituality extra-curricular activities have a tendency to Inclusive-Formalistic diversity attitudes. In social attitudes towards each other they tend to be inclusive, but in religious practice they tend to emphasize formalistic religious rites and have not emphasized the substance aspect

Page 1 of 1 | Total Record : 5