cover
Contact Name
Dodi Pramana
Contact Email
dodipramana@unimed.ac.id
Phone
+6281376717002
Journal Mail Official
judika_adp@unimed.ac.id
Editorial Address
Jl. Williem Iskandar Pasar V Medan Estate Kabupaten Deli Serdang Provinsi Sumatera Utara
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
JURNAL ADMINISTRASI DAN PERKANTORAN MODERN
ISSN : 23017813     EISSN : 28305590     DOI : https://doi.org/10.24114/judika.v11i2
Jurnal ini bertujuan untuk mencari artikel berkualitas untuk menjawab kebutuhan dalam meningkatkan pemahaman administrasi dan perkantoran modern. Jurnal Administrasi dan Perkantoran Modern (JUDIKA) memberikan tren terkini dalam pengetahuan dan aplikasi praktis di bidang administrasi dan perkantoran modern. JUDIKA menerima artikel di bidang (tidak terbatas pada) administrasi umum, pendidikan, manajemen, manajemen sumber daya manusia, manajemen keuangan, manajemen operasi, pemasaran, manajemen strategis, kewirausahaan, perilaku organisasi, manajemen strategis, perspektif akuntansi praktis, administrasi publik, dan lain-lain .
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 10 No 2 (2021): Jurnal Administrasi Perkantoran" : 5 Documents clear
HUBUNGAN PENDAPATAN EKONOMI ORANG TUA DAN LINGKUNGAN MASYARAKAT TERHADAP MINAT SISWA XI AP SMK NEGERII 6 MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI SISWA SMK NEGERI 6 MEDAN T.P 20192020 Pasaribu, Elishabet Tio Marintan
Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 10 No 2 (2021): Jurnal Administrasi Perkantoran
Publisher : Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/judika.v10i2.36452

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan Pendapatan Ekonomi Orang Tua dan Lingkungan Masyarakat Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Pendapatan Ekonomi Orang Tua dan Lingkungan Masyarakat Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi siswa kelas XI AP SMK Negeri 6 Medan T.P 2019/2020. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2019 dengan jumlah populasi 105 orang yang terdiri dari 3 kelas dan sampel 51 orang dengan teknik pengambilan sampel secara random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, dokumentasi dan angket. Metode analisis yang digunakan adalah analisis korelasi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) secara parsial untuk variabel pendapatan ekonomi orang tua diperoleh nilai thitung > ttabel sebesar (3,885 > 1,675) pada taraf signifikansi 5%, hipotesis diterima  yang menjelaskan bahwa X1 berhubungan secara positif dan signifikan terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tingga (Y). 2) secara parsial untuk variabel lingkungan masyarakat diperoleh nilai thitung > ttabel sebesar (1,766 > 1,675) dengan signifikan 0,887 < 0,05 hal ini berarti hipotesis diterima yang menjelaskan bahwa X2 berhubungan secara positif dan signifikan terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tingi (Y). 3) secara simultan diperoleh nilai Fhitung > Ftabel (14,383> 3,190) dengan signifikan 0,00 < 0,05 hai ini berarti hipotesis ketiga diterima yang menjelaskan ada hubungan yang positif dan signifikan secara simultan antara Pendapatan Ekonomi Orang Tua (X1) dan Lingkungan Masyarakat (X2) Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi(Y) Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Pendapatan Ekonomi Orang Tua dan Lingkungan Masyarakat Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi Siswa Kelas XI AP SMK Negeri 6 Medan T.P 2019/2020, dengan diperolehnya nilai R2 sebesar 34,9% yang berarti bahwa variabel bebas yaitu Pendapatan Ekonomi Orang Tua (X1) dan Lingkungan Masyarakat (X2) secara bersama-sama berhubungan dengan Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi sebesar 34,9% sedangkan sisanya 65,1% dipengaruhi variabel-variabel lain diluar penelitian ini. Maka hipotesis menyatakan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Pendapatan Ekonomi Orang Tua dan Lingkungan Mayarakat Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi Siswa Kelas XI AP di SMK Negeri 6 Medan T.P 2019/2020 dapat diterima
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KORESPODENSI KELAS X A.P SMK NEGERI 6 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019 Siregar, Faulina Rebekya
Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 10 No 2 (2021): Jurnal Administrasi Perkantoran
Publisher : Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/judika.v10i2.36453

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar korespodensi yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match X SMK Negeri 6 Medan Tahun Pelajaran 2018/2019. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X AP 1 yang berjumlah 36 orang. Tehnik pengambilan sampel dilakukan dengan total sampling dimana jumlah populasi yang kurang dari 100 seluruh populasi dijadikan sampel penelitian. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran korespodensi yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Make a Match memiliki skor rata-rata 82,05 sedangkan sebelum diberikan perlakuan 38,88. Secara statistic dengan menggunakan uji-z disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match  lebih tinggi dibandingkan dengan KKM pada mata pelajaran korespodensi kelas X AP Negeri 6 Medan Tahun Pelajaran 2018/2019, hal ini dibuktikan dari hasil pengujian hipotensisi Zhitung (0,58) terletak antara -1.96 dan 1,96 maka Ha diterima Ho ditolak
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM OPEN ENDED (OE) DAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEARSIPAN DI SMK SWASTA JAMBI MEDAN TAHUN AJARAN 2018/2019 Fitriani, Fitriani
Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 10 No 2 (2021): Jurnal Administrasi Perkantoran
Publisher : Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/judika.v10i2.36454

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Jambi Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruhsiswakelas X AP sebanyak 75 orang dengan 40 orang sebagai sampel penelitian. Hasil dari penelitian ini yaitu Berdasarkan analisa data diperoleh bahwa sebelum diberikan perlakuan yang berbeda kepada kedua kelas diperoleh rata-rata hasil belajar kearsipan siswa kelas eksperimen 51,05 dan setelah diberikan perlakuan model pembelajaran Problem Open Ended makadiperoleh ratarata hasil belajar kearsipan siswa 81,33. Sedangkan untuk siswa kelas eksperimen 2sebelum diberikan perlakuan diperoleh rata-rata hasil belajar kearsipan siswa sebesar 37,14 dan setelah diberikan model pembelajaran Example Non Examples diperoleh rata-rata hasil belajar kearsipan sebesar 67,14. Hal ini menunjukkan penggunaan model pembelajaran Problem Open Ended dan Examples non Examples berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Dari hasil belajar kedua kelompok dilakukan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Dari ujinormalitas dan uji homogenitas menunjukkan bahwa data kedua sampel berdistribusi normal danhomogen. Berdasarkan analisis uji-t diperoleh harga thitung>ttabel yaitu 6,627 > 1,666 menyatakan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Problem Open Ended dan model pembelajaran Example Non Example terhadap hasil belajar siswa. Model pembelajaran Example Non Example lebih berpengaruh dibandingkan model pembelajaran Problem Open Ended terhadap hasil belajar siswa.
PENGARUH PEMBELAJARAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) TERHADAP KARAKTER DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN OTOMATISASI TATA KELOLA KEPEGAWAIAN DI SMK BM PANCA BUDI T.A 2019/2020 Hutahayan, Evi Novita
Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 10 No 2 (2021): Jurnal Administrasi Perkantoran
Publisher : Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/judika.v10i2.36455

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMK BM Panca Budi Medan yang beralamat di Jalan Gatot Subroto, km. 4,5. Penelitian ini merupakan quasi eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Administrasi Perkantoran SMK BM Panca Budi Medan yang berjumlah sebanyak 43 siswa, dengan teknik pengambilan sampel yaitu total sampling. Instrumen tes penelitian terdiri dari soal pre test dan post test serta angket karakter siswa. Sebelum soal pre test dan post test serta angket diberikan kepada sampel terlebih dahulu  diuji coba di kelas sebelumnya untuk melihat tingkat validitas, reliabilitas, indeks kesukaran dan daya pembeda. Data yang diperoleh dianalisis untuk mencari nilai rata-rata, varian dan standar deviasi. Tidak hanya itu data yang diperoleh juga dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas,dan  uji hipotesis secara parsial (uji-t).  Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata karakter siswa sebelum dan sesudah perlakuan pembelajaran Higher Order Thinking Skills (HOTS) yaitu 63,51 dan 79,70 dengan standar deviasi 10,711 dan 3,509. Sementara itu untuk hasil belajar sebelum dan sesudah perlakuan pembelajaran Higher Order Thinking Skills (HOTS) memiliki rata-rata sebesar 70,28 dan 83,65 dengan standar deviasi 17,582 dan 10,170. Dari hasil analisis data yang diperoleh bahwa data karakter siswa dan data hasil belajar siswa berdistribusi normal (sig > 0,05) dan homogen (sig > 0,05). Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa:1) Hasil pembelajaran Higher Order Thinking Skills (HOTS) terhadap karakter diperoleh thitung > ttabel yaitu 8,390 > 1,68 dengan taraf sig. 0,00; 2) Hasil pembelajaran Higher Order Thinking Skills (HOTS) terhadap hasil belajar diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,859 > 1,68 dengan taraf sig. 0,001.   Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan yang positif dan signifikan antara pembelajaran Higher Order Thinking Skills (HOTS) terhadap karakter siswa dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran otomatisasi tata kelola kepegawain kelas XI SMK BM Panca Budi Medan T.A 2019/2020
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS XI AP SMK TAMAN SISWA MEDAN T.A 2017/2018 Butarbutar, Fransissco; Butarbutar, Franssisco
Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 10 No 2 (2021): Jurnal Administrasi Perkantoran
Publisher : Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/judika.v10i2.36486

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa di SMK Taman Siswa Medan . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar kewirausahaan Siswa Kelas XI AP SMK Taman Siswa Medan Tahun Ajaran 2017/2018.   Penelitian ini dilaksanakan di SMK Taman Siswa Medan yang beralamat di Jalan Sabaruddin No. 08 Medan dengan mengambil sampel sebanyak 80 siswa, pengambilan sampel dilakukan secara keseluruhan, dan instrumen yang digunakan untuk mengukur penggunaan media pembelajaran dan motivasi belajar berupa angket atau kuesioner. Validitas tes diuji dengan menggunakan teknik korelasi product moment dengan hasil dari 15 instrumen penggunaan media pembelajaran terdapat 15 soal yang valid . Instrumen motivasi belajar dari 15 instrumen terdapat 15 soal yang valid. Reliabilitas tes diuji dengan menggunakan rumus alpha cronbach dengan hasil untuk reliabilitas penggunaan media pembelajaran dimana rhitung > rtabel yaitu sebesar 0.724 >0.312 dan untuk reliabilitas motivasi belajar dimana rhitung > rtabel yaitu sebesar 0.767 >0.312.  Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan uji t pada taraf signifikan alpha 5 %. Hasil yang diperoleh menunjukkan penggunaan media pembelajaran berpengaruh secara positif dan signifikan dimana thitung> ttabel yaitu sebesar 5,876 >1,665. Dan motivasi belajar berpengaruh secara positif dan signifikan dimana thitung> ttabel yaitu sebesar 5,991 >1,665. Hasil yang diperoleh pada uji F menunjukkan bahwa variabel penggunaan media pembelajaran dan motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI AP SMK Taman Siswa Medan. Dengan nilai Fhitung sebesar 62,367. Dimana Fhitung > Ftabel yaitu 62,367 >3,12. Persentase sumbangan pengaruh penggunaan media pembelajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar kewirausahaan  siswa sebesar 61,8 %.   Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan secara simultan antara penggunaan media pembelajaran dan motivasi belajaran terhadap prestasi belajar siswa di SMK Taman Siswa Medan T.P 2017/2018.

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2021 2021


Filter By Issues
All Issue Vol 14 No 1 (2025): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 13 No 2 (2024): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 13 No 1 (2024): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 13, No 1 (2024): Jurnal Administrasi Dan Perkantoran Modren Vol 12 No 2 (2023): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 12, No 2 (2023): Jurnal Administrasi Dan Perkantoran Modern Vol 12 No 1 (2023): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 12, No 1 (2023): Jurnal Administrasi Perkantoran Modren Vol 11, No 2 (2022): JURNAL ADMINISTRASI DAN PERKANTORAN MODERN Vol 11 No 2 (2022): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 11 No 1 (2022): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 11, No 1 (2022): Jurnal Administrasi Dan Perkantoran Modern Vol 10, No 4 (2021): Jurnal Administrasi Dan Perkantoran Modern Vol 10 No 4 (2021): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 10 No 3 (2021): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 10, No 3 (2021): Jurnal Administrasi Dan Perkantoran Modern Vol 10, No 2 (2021): Jurnal Administrasi Dan Perkantoran Modern Vol 10 No 2 (2021): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 10, No 1 (2021): Jurnal Administrasi Dan Perkantoran Modern Vol 10 No 1 (2021): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 9, No 4 (2020): Jurnal Administrasi Dan Perkantoran Modern Vol 9 No 4 (2020): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 9, No 3 (2020): Jurnal Administrasi Dan Perkantoran Modern Vol 9 No 3 (2020): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 9, No 2 (2020): Jurnal Administrasi dan Perkantoran Modern Vol 9 No 2 (2020): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 9 No 1 (2020): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 9, No 1 (2020): Jurnal Administrasi dan Perkantoran Modern Vol 8, No 4 (2019): Jurnal Administrasi dan Perkantoran Modern Vol 8 No 4 (2019): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 8 No 3 (2019): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 8, No 3 (2019): Jurnal Administrasi dan Perkantoran Modern Vol 8, No 2 (2019): Jurnal Administrasi dan Perkantoran Modern Vol 8 No 2 (2019): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 8 No 1 (2019): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 8, No 1 (2019): Jurnal Administrasi dan Perkantoran Modern More Issue