cover
Contact Name
Asrar Aspia
Contact Email
asraraspia@umsu.ac.id
Phone
+6283185759093
Journal Mail Official
jurnalilmiahmahasiswaedukasi@gmail.com
Editorial Address
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20238
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan
ISSN : 28080866     EISSN : 28080866     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan [JIMEDU] adalah jurnal ilmiah yang dikelola oleh Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara dengan melibatkan seluruh komponen akademisi yang ada di fakultas keguruan dan ilmu pendidikabaik pendidikan secara umum, pendidikan bahasa inggris, bahasa indonesia, akuntansi, pendidikan matematika, pendidikan guru sekolah dasar, bimbingan konseling. Jurnal ini akan terbit setiap 2 bulan sekali. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan [JIMEDU] telah memiliki ISSN Online (2808-0149), diterbitkan 6 kali dalam setahun pada bulan Januari, Maret, Mei, Juli, September, November tahun 2023. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan [JIMEDU] ini telah terakreditasi Google Scholar.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2 (2025): September" : 5 Documents clear
Peran Guru PPKN dalam Membentuk Kedisiplinan Peserta Didik Siswa SMA Muhammadiyah 01 Medan Ramadhani, Mutiara
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan [JIMEDU] Vol 5, No 2 (2025): September
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui partisipasi aktif siswa dengan menggunakan mode pembelajaran Project Citizen pada pembelajaran PPKN dikelas V SDS Bina Taruna Medan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data yang berkaitan dengan partisipasi aktif siswa. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji hipotesis untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari penggunaan model pembelajaran Project Citizen terhadap partisipasi aktif siswa. Dari hasil penelitian terdapat peningkatan yang signifikan dalam partisipasi aktif siswa kelas V setelah penerapan model pembelajaran Project Citizen. Sebelum penerapan model pembelajaran Project Citizen, nilai rata-rata partisipasi aktif siswa adalah 55,880 Setelah penerapan model tersebut, nilai rata-rata meningkat menjadi 78,960 Peningkatan mean sebesar poin ini menunjukkan bahwa siswa menjadi 23,080 lebih tertarik dan terlibat dalam pembelajaran setelah model pembelajaran Project Citizen diterapkan. Hasil uji ini menghasilkan nilai t sebesar -6975 yang menunjukkan adanya perbedaan yang sangat signifikan antara kondisi sebelum dan sesudah intervensi. Nilai signifikansi (Sig. (2-tailed)) yang dihasilkan adalah 0.000, diperoleh nilai p-value yang diperoleh sebesar 0,000. Jika dibandingkan dengan α = 5% atau 0,05 maka nilai p-value α atau 0,0000 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh model pembelajaran project citizen terhadap partisipasi aktif siswa pada pembelajaran Pancasila siswa kelas V SDS Bina Taruna Medan.
Penguatan Nilai-Nilai Pancasila Melalui Kurikulum Merdeka Kelas XI SMA Budisatrya T.A 2024/2025 Ritonga, Rosalina Hutbah
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan [JIMEDU] Vol 5, No 2 (2025): September
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pemikiran Ki Hajar Dewantara berpusat pada proses pembentukan siswa untuk menjadi manusia seutuhnya yang berkembang sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zaman mereka. Oleh karena itu, tidak hanya penting untuk memahami Pancasila secara teoritis, tetapi juga untuk menerapkan nilai-nilainya dalam kehidupan sehari-hari. Pendekatan seperti ini sejalan dengan perspektif Ki Hajar Dewantara tentang bagaimana membentuk karakter siswa yang mengutamakan nilai-nilai Pancasila. Penelitian ini menggunakan metode Studi Literature atau Library Research. studi kepustakaan adalah sebuah metode penelitian yang mengkaji berbagai teori, hipotesis dan berbagai sumber referensi berbeda yang berhubungan dengan nilai-nilai profil pelajar pancasila dan pembelajaran kontekstual yang diteliti. Dimana metode yang mengkaji berbagai teori, berbagai sumber referensi berbeda, serta mengelolah bahan penelitian yang sesuai dengan pokok kajian dan menjelaskan penguatan Nilai-nilai Pancasila melalui kurikulum medeka di SMA Budisatrya kota Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode observasi dan studi kasus. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini yaitu observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian yang dilakukan yaitu berdasarkan hasil observasi di Budisatrya kota Medan ternyata terdapat banyak perbedaan baik peserta didik maupun guru, namun perbedaan tersebut bukan menjadi penghalang berlangsungnya proses pembelajaran, dimana sekolah ini sangat menjunjung tinggi nilai toleransi. Penanaman nilai-nilai Pancasila melalui kurikulum merdea yang sudah diterapkan di SMA Budisatrya kota Medan. Kurikulum merdeka telah diimplementasikan untuk kelas, sehingga peserta didik dapat bergotong royong, berpikir kritis, serta kreatif pada saat diberikan sebuah projek. Implementasi nilai-nilai Pancasila di SMA Budisatrya kota Medan telah memberikan penguatan terhadap karakter profil pelajar Pancasila peserta didik. Hal ini berhasil dicapai berkat partisipasi seluruh warga sekolah.
Peran Guru PPKN Sebagai Evaluator dalam Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa Kelas VII SMP Muhammdiyah 24 Aek Kanopan Dalimunthe, Hamidah
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan [JIMEDU] Vol 5, No 2 (2025): September
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan menjelaskan bagaimana peran guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) sebagai evaluator dalam meningkatkan disiplin belajar siswa di SMP Muhammdiyah 24 Aek Kanopan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) serta siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis dilakukan dengan tiga alur tahap kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan peran guru dalam mengembangkan sikap disiplin siswa dalam proses pembelajaran pada siswa SMP meliputi menasehati siswa, keteladanan dalam berperilaku, memberikan hukuman jika bersalah, memberikan penghargaan (hadiah) jika berprestasi, serta melakukan kerjasama guru dengan orang tua sudah baikHasil dari penelitian ini dalam meningkatkan disiplin belajar siswa, guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) sebagai evaluator melakukan evaluasi pembelajaran secara terus-menerus untuk melihat keberhasilan siswa dalam belajar dan dapat meningkatkan disiplin belajar siswa apabila dari hasil evaluasi belajar siswa belum menunjukan keberhasilan. Guru PPKn sebagai evaluator, mereka membandingkan kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan dan berperan dalamkerja samakelompok. ebagai evaluator guru PPKn secara berkelanjutan menilai perkembangan moral siswa dengan menggunakan berbagai metode penilaian. Namun demikian, terdapat beberapa faktor penghambat dalam pelaksanaan peranan guru PPKn dalam membentuk kecerdasan moral siswa. Pertama, kedisiplinan siswa yang belum mencapai tingkat optimal dapat berdampak pada efektivitas peranan guru dalam proses pembelajaran PPKn. Kedua, terdapat keterbatasan dalam komunikasi antara orang tua dan sekolah, yang mengakibatkan peran guru tidak dapat berjalan dengan maksimal. Dalam kesimpulannya, peran Guru PPKn memiliki kontribusi yang sangat penting dalam meningkatkan kecerdasan moral siswaSelain itu, guru PPKn juga berperan dalam mengembangkan keterampilan membimbing diskusikelompok kecil, mengatur pelajaran, dan menjaga tata tertib sekolah.
Peran Guru PKN dalam Upaya Penguatan Karakter Toleransi pada Siswa Kelas XI SMA Asuhan Daya Dewi, Putri Tiara
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan [JIMEDU] Vol 5, No 2 (2025): September
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji Peran Guru Pkn Dalam Upaya Penguatan Karakter Toleransi Pada Siwa Kelas XI SMA Asuhan Daya, karakter toleransi menjadi salah satu aspek penting dalam pembentukan kepribadian siswa ditengah keberagaman budaya, agama, dan suku yang ada dindonesia. Guru PKn memiliki tanggung jawab besar dalam menanamkan nilai-nilai toleransi melalui pembelajaran dikelas. Penelitian ini mengunakan metode kualitatif, pengumpulan data dengan mengunakan observasi, wawancara, serta metode dokumentasi. Hasil dari penelitian ini dalam penguatan karakter toleransi guru lah yang kemudian menjembatani dalam penanaman nilai toleransi terhadap siswa, disebutkan bahwasanya ada lima langkah dalam menerapkan pendidikan sikap toleransi di dalam kelas yaitu yang pertama, menganalisis kompetensi dasar dengan mengidentifikasi nilai karakter yang ada di dalam materi pelajaran. Kemudian yang kedua, merencanakan rencana pelaksanaan pembelajaran yang difokuskan pada isi tentang toleransi, yang ketiga mengikuti pembelajaran sesuai dengan yang sudah direncanakan, yang keempat melaksanakan proses penilaian dan, yang terakhir melakukan evaluasi hasil belajar untuk mengetahui sejauh mana pemahaman peserta didik mengenai apa yang guru ajarkan.
Peran Guru Ppkn dalam Membentuk Kedisiplinan Peserta Didik Siswa SMA Muhammadiyah 01 Medan Putri, Anggi Aulia
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan [JIMEDU] Vol 5, No 2 (2025): September
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran guru PPKn dalam membentuk kedisiplinan siswa di SMA Muhammadiyah 1 Medan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian adalah seluruh guru PKn dan siswa pelaku pelanggaran kedisiplinan di SMA Muhammadiyah 1 Medan. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dengan cara mereduksi data, menyajikan data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru PPKn dalam membentuk kedisiplinan siswa di SMA Muhammadiyah 1 Medan, dengan cara meningkatkan kedisiplinan agar siswa tidak melakukan pelanggaran, aturan, dan memberikan pemahaman tentang kedisiplinan. Adapun bentuk keteladanan guru PPKn dalam membentuk kedisiplinan siswa di SMA Muhammadiyah 1 Medan, dengan cara memberikan contoh yang baik seperti guru harus disiplin, guru harus bertanggung jawab dan guru harus bersikap wibawa.

Page 1 of 1 | Total Record : 5