cover
Contact Name
Asrar Aspia Manurung
Contact Email
asraraspia@umsu.ac.id
Phone
+628116311985
Journal Mail Official
asraraspia@umsu.ac.id
Editorial Address
Jalan Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20238
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Agama Islam
ISSN : 28080149     EISSN : 28080149     DOI : -
Core Subject : Religion, Education,
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Agama Islam [JIMPAI] adalah jurnal ilmiah yang dikelola oleh Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) dengan melibatkan seluruh komponen akademisi yang ada di Fakultas Agama Islam. JIMPAI adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan dan menyebarluaskan hasil penelitian, studi mendalam, pemikiran kreatif, inovatif atau karya-karya dalam Pendidikan, Pendidikan Agama, Bahasa Arab, Pendidikan Anak Usia Dini, dan Manajemen Pendidikan Islam. Jurnal ini akan terbit setiap 2 kali dalam sebulan, dimulai dari bulan Januari tahun 2023. JIMPAI telah memiliki ISSN Online (2808-0149) dan diterbitkan 6 kali dalam setahun pada bulan Januari, Maret, Mei, Juli, September, November.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 5 (2022)" : 5 Documents clear
Kajian Rutin Ekonomi Islam Dalam Meningkatkan Pemahaman Literasi Keuangan Syariah KSEI IEC Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Nisa Andriani Saragih
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Agama Islam [JIMPAI] Vol 2, No 5 (2022)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (377.753 KB)

Abstract

Ekonomi Islam merupakan ilmu pengetahuan sosial yang mempelajari masalahmasalah ekonomi rakyat yang diilhami oleh nilai-nilai Islam.Literasi Keuangan Syariah merupakan bagian dari ekonomi syariah. Penelitian ini dibuat untuk mengetahui peran KSEI IEC (Kelompok Studi Ekonomi Islam Islamic Economy Community) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara dalam memberikan edukasi literasi keuangan syariah pada mahasiswa dan untuk mengetahui Apakah kajian literasi keuangan syariah pada KSEI IEC UMSU berjalan dengan efektif. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang dilakukan pada KSEI IEC (Kelompok Studi Ekonomi Islam Islamic Economy Community) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, kesimpulannya adalah bahwa KSEI IEC UMSU berperan penting terhadap edukasi literasi keuangan syariah Dibuktikan dengan adanya program kerja dan adanya tema kajian yang membahas tentang keuangan syariah yaituSekolah Pasar Modal Syariah yang bertujuan untuk pemahaman mahasiswa akan investasi syariah serta pembukaan rekening saham syariah, meskipun tingkat efektivitasnya tidak terlalu maksimal dilaksanakan secara rutin dikarenakan beberapa faktor dan salah satunya adalah faktor pandemi Covid-19 yang menyebabkan menurunnya jumlah peserta kajian rutin.
Dampak Keterampilan Guru Dalam Menggunakan Variasi Mengajar Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smp Muhammadiyah 57 Medan Desi Hapnisari Nasution
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Agama Islam [JIMPAI] Vol 2, No 5 (2022)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (492.005 KB)

Abstract

Penelitian ini dibuat karena keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang masih kurang. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana implementasi keterampilan guru dalam menggunakan variasi mengajar, keaktifan belajar siswa, serta apakah keterampilan guru dalam menggunakan variasi mengajar berpengaruh terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah 57 Medan. Jenis penelitian yang digunakan disini ialah penelitian kuantitatif dengan menggunakan beberapa teknik pengumpulan data yaitu observasi, angket dan dokumentasi. Pengolahan analisis data menggunakan rumus product moment, validitas, reliabilitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil yang diperoleh, keterampilan guru dalam menggunakan variasi mengajar dikategorikan “Baik”dengan persentase 78% dan keaktifan belajar siswa dikategorikan “Baik”dengan persentase 70%, dan dari hasil rumus product moment pada taraf sigifikansi 5% diperoleh nilai rxy = 0,410 lebih besar daripada nilai rtabel = 0,355 dengan formulasi perbandingan yaitu (0,410 ≥ 0,355). Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh positif antara keterampilan guru dalam menggunakan variasi mengajar terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah 57 Medan.
Dampak Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Berbantu Media Powerpoint Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di MTS PAB-I Helvetia Aza Syahputra
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Agama Islam [JIMPAI] Vol 2, No 5 (2022)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (666.297 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe scramble berbantu media powerpoint terhadap hasil belajar siswa di MTs PAB-1 Helvetia. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan menggunakan desain quasi eksperimen. Sampel penelitian ini diambil dari siswa kelas VIII E yang berjumlah 30 orang, penelitian ini dilakukan menggunakan beberapa teknik pengumpulan data yaitu: tes, dan lembar observasi. Sedangkan teknik analisis datanya adalah analisis kuantitatif dengan uji hipotesis. Setelah data terkumpul lalu dihitung dengan menggunakan teknik korelasi product moment dengan memperoleh hasil sebagai berikut: dari hasil koefisien product moment dengan tabel nilai “r” product moment pada taraf 5% dan 1% diperoleh bahwa = 0,580 lebih besar dari pada baik itu dari taraf sigifikan 5% (0,361) dan 1% (0,463) dengan formulasi bandingan yaitu 0,580 ≥ 0,361 dan 0,463, Maka ) diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif antara model kooperatif tipe scramble berbantu media powerpoint terhadap hasil belajar siswa di MTs PAB-1 Helvetia.
Efektifitas Penggunaan Metode Targhib Dan Tarhib Terhadap Motivasi Siswa Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smp Swasta Rahmat Islamiyah Medan Dinda Fadilah Lubis
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Agama Islam [JIMPAI] Vol 2, No 5 (2022)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (532.798 KB)

Abstract

Dalam penelitian ini yang menjadi rumusan masalah ialah bagaimana meningkatkan motivasi belajar siswa dan apakah penggunaan metode Targhib dan Tarhib efektif digunakan dalam meningkatkan motivasi siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Swasta Rahmat Islamiyah Medan. Metode Targhib dan Tarhib ini bertujuan untuk mendorong siswa agar lebih aktif dan semangat dalam belajar dengan di berikannya Targhib atau pujian dan Tarhib atau hukuman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan metode targhib dan tarhib efektif digunakan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Metode yang di gunakan adalah quasi eksperimen dan proses penelitian yang dilakukan yaitu dengan cara observasi dan penyebaran angket. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Swasta Rahmat Islamiyah Medan. Penelitian ini menggunakan kelas kontrol dan kelas eksperimen, yang menjadi kelas kontrol yaitu kelas VII-A sedangkan yang menjadi kelas eksperimen yaitu kelas VII-C dengan jumlah responden masing-masing kelas 27 siswa. Alat ukur angketnya yaitu menggunakan skla likert. Sebagaimana proses penelitian yang dilakukan maka peneliti dapat menghasilkan sesuai dengan data yang diperoleh oleh peneliti dari angket dan observasi maka menghasilkan nilai “ r ” product moment pada taraf signifikan 5% dan 1% diperoleh bahwa rxy = 0,899 lebih besar dari rtabel baik itu dari signifikan 5% dan 1% (0,3809 dan 0,3233) dengan formulasi perbandingan yaitu (0,3809 dan 0,3233). Hasil penelitiannya adalah kelas ekperimen mendapatkan nilai presentasi angket lebih besar dari kelas kontrol yaitu 85,66% ≥ 71,40% dan juga pada perhitungan korelasi antara dua variabel kelas kontrol memperoleh nilai rxy =0,280 dan dikategorikan taraf korelasi antara kedua variabel rendah sedangkan kelas eksperimen memperoleh nilai rxy = 0,389 dan dikategorikan taraf korelasi antara dua variabel tinggi. Pada penelitian ini dapat ditarik kesimpulan hasil perhitungan penelitian labih besar dari pada nilai “r” product moment, maka hipotesis alternatif ( ) diterima dan hipotesis nihil ( ) ditolak. Berdasarkan perhitungan koefisien determinasi pada kelas VII-C terdapat 80,82% yang menunjukkan bahwa variabel X berpengaruh sangat efektif pada variabel Y dan sisanya 19,18% dipengaruhi oleh faktor lainnya. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa “terdapat keefektifan antara penggunaan metode Targhib dan Tarhib terhadap motivasi siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Swasta Rahmat Islamiyah Medan.
Penerapan Program Tahfizul Quran Di Mts Negeri 1 Tapanuli Tengah Azizah Rahmah
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Agama Islam [JIMPAI] Vol 2, No 5 (2022)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (568.743 KB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah implementasi program Tahfizul Quran di MTs Negeri 1Tapanuli Tengah apakah faktor motivasi siswa dalam menghafal Alquran di MTs Negeri 1 Tapanuli Tengah  apakah  faktor penyebab siswa lupa dengan hafalan Alquran yang sudah di hafal siswa MTs Negeri 1 Tapanuli Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program Tahfizul Quran di MTs Negeri 1 Tapanuli Tengah untuk mengetahui faktor motivasi siswa dalam menghafal Alquran di MTs Negeri 1 Tapanuli Tengah untuk mengetahui penerapan hafalan ayat  Alquran siswa MTs Negeri 1 Tapanuli Tengah. Jenis penelitian ini penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan pengumpulan data yaitu: Wawancara, Observasi, Dokumentasi. Subjek penelitian kelas 3 MTs Negeri 1 Tapanuli Tengah. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu langkah-  langkah penerapan Program Tahfizul Quran di MTs Negeri 1Tapanuli Tengah. Memberi motivasi dan membimbing siswa menghafal quran sehingga terjalankan program tahfizul quran. Mulai dari menghafal quran hingga menyetor hafalan serta diberi fasilitasi pondok dan disediakan Alquran bila tidak membawa Alquran. 

Page 1 of 1 | Total Record : 5