cover
Contact Name
Yudhi Nugroho Adi
Contact Email
library@tekomuniversity.ac.id
Phone
+628128000110
Journal Mail Official
library@telkomuniversity.ac.id
Editorial Address
Jl. Telekomunikasi No. 1 Gedung Manterawu Lt. 5
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
eProceedings of Art & Design
Published by Universitas Telkom
ISSN : 23559349     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Humanities, Art,
Merupakan media publikasi karya ilmiah lulusan Universitas Telkom yang berisi tentang kajian Art & Design. Karya Tulis ilmiah yang diunggah akan melalui prosedur pemeriksaan (reviewer) dan approval pembimbing terkait.
Articles 193 Documents
Search results for , issue "Vol. 12 No. 1 (2025): Februari 2025" : 193 Documents clear
APLIKASI SEBAGAI MEDIA EDUKASI PENGENALAN SIKLUS MENSTRUASI UNTUK REMAJA PUTRI DI LIMBANGAN (GARUT) hanan taj, Fauziyyah; kusuma, Paku; Suprayogi, Bambang Melga
eProceedings of Art & Design Vol. 12 No. 1 (2025): Februari 2025
Publisher : Telkom University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Menstruasi dini dapat menimbulkan kebingungan dan kecemasan, baik bagi remaja maupun orang tua mereka. Penelitian ini dilakukan di Garut dengan metode kualitatif, melalui observasi media sosial, kuesioner, dan wawancara dengan anak perempuan usia 10-11 tahun. Aplikasi yang dirancang diharapkan dapat membantu remaja memahami menstruasi, mengurangi kecemasan, dan mempersiapkan diri. Teori DKV terkait UI/UX dan media edukasi digunakan untuk menyesuaikan aplikasi dengan kebutuhan edukasi kesehatan remaja usia 10-15 tahun. Fitur utama aplikasi mencakup penjelasan siklus menstruasi, penggunaan alat menstruasi, dan perawatan kesehatan, dengan desain visual yang menarik dan ramah pengguna. Kata kunci: menstruasi, edukasi kesehatan, dan remaja perempuan.
BUKU ILUSTRASI Heroza, Maisie; Kadarisman, Asep; Hidayat, Syarip
eProceedings of Art & Design Vol. 12 No. 1 (2025): Februari 2025
Publisher : Telkom University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Indonesia memiliki wilayah perairan yang luas seperti salah satunya pulau Sumatra, dari provinsi Aceh hingga lampung dikelilingi oleh perairan, terutama kepulauan atau laut lepas. dari wilayah perairan ini lah timbulnya keragaman wisata alam yang beragam. tereksposnya pariwisata perairan di Sumatra menjadi potensi besar bagi pariwisata daerah Sumatra. salah satu wilayah Sumatra yang menjadi daerah konservasi yaitu Teluk Kiluan, pentingnya pengenalan daerah konservasi Teluk Kiluan, Lampung pada masyarakat lampung, khususnya pada generasi muda. anak-anak usia pelajar dasar supaya mereka lebih mengenali, menjaga, serta mencintai daerah perairan mereka sendiri. Mengenai pengetahuan umum media literasi berperan penting dalam pembelajaran pokok dan umum anak-anak. Media literasi berupa buku dapat membantu perkembangan kognitif dan motorik. Banyak dari anak-anak sekolah dasar khususnya umur 10-12 tahun sudah mengerti yang mereka inginkan seperti kegemaran dan genre dari suatu buku. Anak - anak juga menyukai sesuatu yang bergambar dan bisa di sentuh pada anak sehingga buku ilustrasi interaktif menjadi media yang menarik untuk membahas topik daerah konservasi Teluk Kiluan untuk anak. Kata kunci: daerah konservasi, media literasi , anak-anak
DESAIN BUKU ILUSTRASI MENGHADAPI KECEMASAN MEMASUKI DUNIA KERJA UNTUK LULUSAN BARU: (FRESH GRADUATE) Nida Atqiya, Hanun; Kadarisman, Asep; Hidayat, Syarip
eProceedings of Art & Design Vol. 12 No. 1 (2025): Februari 2025
Publisher : Telkom University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Fresh graduate atau lulusan baru merupakan mahasiswa yang baru menyelesaikan jenjang pendidikan di perguruan tinggi dan akan memasuki dunia kerja. Fase ini sering dihadapkan pada ketidakpastian dan tantangan sehingga menimbulkan kecemasan pada fresh graduate. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan melakukan studi pustaka, observasi, wawancara, dan kuesioner. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis matriks perbandingan dan analisis SWOT untuk menentukan strategi perancangan media informasi. Berdasarkan hasil penelitian, sebagian besar fresh graduate mengalami kecemasan. Perancangan media informasi berupa buku ilustrasi dapat membantu fresh graduate dalam mengatasi kecemasan ketika menghadapi dunia kerja. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya adalah mengembangkan konten buku yang lebih spesifik dan melakukan evaluasi efektivitas buku ilustrasi tersebut dalam mengatasi kecemasan pada fresh graduate. Kata kunci: lulusan baru, kecemasan, dunia kerja, buku ilustrasi
DESAIN BUKU ILUSTRASI STOP TOXIC RELATIONSHIP BAGI REMAJA aulia, rizky putri; Hidayat, Syarip; Kadarisman, Asep
eProceedings of Art & Design Vol. 12 No. 1 (2025): Februari 2025
Publisher : Telkom University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Toxic relationship merupakan suatu hubungan yang dimana menyebabkan suatu dampak tidak sehat, baik itu bagi fisik maupun bagi kondisi mental seseorang. Orang yang terlibat dalam hubungan berbahaya dapat mengalami depresi karena kondisi psikologis dan hati yang buruk. Korban juga dapat membenci dirinya sendiri karena perlakuan negatif yang diberikan pasangannya kepadanya. Hal ini menyebabkan kondisi fisik dan mental yang dapat menyebabkan konflik internal, yang dapat menyebabkan depresi dan kecemasan. Kadang- kadang, remaja tidak menyadari bahwa mereka terjebak dalam hubungan yang tidak sehat, tetapi mereka memilih untuk melanjutkannya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik pengambilan data melalui wawancara, observasi, dan studi pustaka. Perancangan buku visual self-help merupakan sebuah media edukatif untuk remaja khusunya perempuan yang bertujuan untuk mengedukasi para remaja untuk meningkatkan kesadaran diri mereka serta menghindari dan menghindari hubungan yang tidak sehat. Media ini membahas definisi hubungan berbahaya hingga hubungan yang sehat. Selain membantu proses penyampaian, ilustrasi disertakan untuk menarik perhatian pembaca. Kata kunci: toxic relationship, remaja, buku self-help
DESAIN BUKU ILUSTRASI maharani, sarah putri; Kadarisman, Asep; Hidayat, Syarip
eProceedings of Art & Design Vol. 12 No. 1 (2025): Februari 2025
Publisher : Telkom University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Berbagai jenis kekerasan pada anak terutama kekerasan seksual masih sering terjadi, undang-undang telah ditetapkan untuk melindungi anak. Perawatan anak (child grooming) baru-baru ini muncul sebagai motif dalam jenis kejahatan seksual baru yang dilakukan terhadap anak di bawah umur, paling utamanya menargetkan anak-anak yang berada dalam kelompok usia 9-12 tahun. Atas dasar tersebut, diperlukan solusi media buku ilustrasi yang berfungsi sebagai sarana komunikasi antara orangtua dengan anak yang mampu memberikan informasi mengenai bentuk perlindungan diri dari kekerasan pada anak yang dikhawatirkan dapat berpotensi mengarah pada child grooming yang akan berdampak secara fisik maupun psikis yang berkelanjutan hingga dewasa. Dalam menguatkan pondasi penelitian, digunakan metode kualitatif dengan acuan teori-teori desain komunikasi visual, analisis perbandingan proyek sejenis dan SWOT, serta melibatkan wawancara dengan lembaga perlindungan anak, psikolog klinis anak dan penulis buku cerita anak. Buku ilustrasi menghadirkan ilustrasi dengan warna yang disukai oleh anakanak dan font yang mudah dibaca sehingga buku ilustrasi merupakan media yang tepat dalam memberikan edukasi terkait suatu topik sensitif dan dapat mengajarkan tentang panduan moral yang dapat menumbuhkan ketertarikan dalam meningkatkan kesadaran terhadap isu yang dekat dalam lingkungan mereka dan diharapkan dapat membantu melawan atas tindakan kekerasan pada anak. Kata kunci: kekerasan anak, perawatan anak, perlindungan diri, buku ilustrasi
DESAIN BUKU KOMIK EDUKASI CERITA RAKYAT SITU GEDE TASIKMALAYA UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR putri, Vina Preissilia Suryana; Kadarisman, Asep; Hidayat, Syarip
eProceedings of Art & Design Vol. 12 No. 1 (2025): Februari 2025
Publisher : Telkom University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Jawa Barat, sebuah provinsi di Indonesia, kaya akan warisan budaya, di antaranya cerita rakyat yang menjadi bagian esensial dari kehidupan masyarakatnya. Situ Gede, sebuah danau di Tasikmalaya, adalah salah satu obyek wisata yang terkenal di wilayah tersebut. Di sekitar danau ini, terdapat cerita rakyat yang memiliki pesan moral baik, namun masih belum banyak diketahui orang karena hanya disampaikan secara lisan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang komik edukasi berdasarkan cerita rakyat Si Layung dan Si Kohkol dari Situ Gede untuk meningkatkan pemahaman sikap sopan santun di kalangan siswa sekolah dasar. Metode penelitian ini melibatkan observasi, wawancara, kuesioner, dan studi pustaka. Hasil dari penelitian ini yaitu menghasilkan sebuah komik edukasi adaptasi cerita rakyat Si Layung dan Si Kohkol. Komik ini menggunakan media visual yang menghibur dan menarik untuk menyampaikan pesan moral tentang sikap sopan santun kepada siswa sekolah dasar. Komik ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan penerapan sikap sopan santun di kalangan siswa sekolah dasar, sekaligus melestarikan warisan budaya cerita rakyat Situ Gede. Kata kunci: komik edukasi, situ gede, sopan santun
DESAIN DESTINATION BRANDING OBJEK WISATA EMBUNG TERPADU Ramadhan, Zidane Luigi; Hidayat, Syarip; Kadarisman, Asep
eProceedings of Art & Design Vol. 12 No. 1 (2025): Februari 2025
Publisher : Telkom University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Embung Terpadu adalah destinasi wisata terletak di Desa Dayun, Kecamatan Dayun, Kabupaten Siak, Provinsi Riau. Dengan ragam macam aktivitas tempat wisata, mulai dari wisata alam, wisata bersejarah, budaya, pendidikan, kuliner, dan lainnya. Sampai saat ini masih banyak masyarakat luar Riau masih belum mengetahui Embung terpadu, wisatawan mendapat informasi destinasi wisata ini hanya dari mulut ke mulut dan orang-orang sekitar, masalah tersebut Embung Terpadu belum memiliki brand image yaitu destination branding, wisata ini belum menyadari potensi wisata untuk Embung Terpadu, kurangnya promosi yang dilakukan Desa Dayun. Fenomena tersebut harus dirumuskan masalah yaitu bagaimana merancang identitas visual yang dapat meningkatkan value dari Embung Terpadu, dengan adanya identitas visual bertujuan untuk mempresentasikan citra dan sejarah dari embung terpadu untuk mempromosikan pariwisata Embung Terpadu dan meningkatkan citra Embung Terpadu sebagai destinasi wisata. Untuk membantu penelitian ini menggunakan metode kuantitatif serta menggunakan perbandingan sejenis yaitu analisis SWOT. Dengan mendapatkan strategi destination branding untuk Embung Terpadu dengan media yaitu visual logo beserta turunannya. Dengan adanya perancangan brand destinasi sebagai media untuk mempromosikan identitas Embung Terpadu agar lebih dikenal luas oleh masyarakat luar dan mengundang lebih banyak wisatawan yang berkunjung ke Embung Terpadu, dan bisa meningkatkan citra ditengah persaingan dengan destinasi wisata lainnya yang ada di Indonesia. Kata kunci: Alam, Kultur, Keluarga
DESAIN IDENTITAS VISUAL DAN PLACEMAKING BRANDING BANGUNAN BERSEJARAH BIOSKOP DIAN BANDUNG Ahzam, Muhammad Akmal; Kadarisman, Asep; Hidayat, Syarip
eProceedings of Art & Design Vol. 12 No. 1 (2025): Februari 2025
Publisher : Telkom University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Bangunan eks-Bioskop Dian merupakan sebuah landmark bersejarah di Kota Bandung, sekaligus saksi dari memori serta perjalanan panjang industri perfilman di Indonesia. Namun setelah masa jayanya pada tahun 1960-an, Bioskop Dian mulai kehilangan pamornya dan terpaksa berhenti beroperasi karena kalah saing dengan munculnya bioskop yang lebih modern di pusat perbelanjaan. Meski demikian, Bangunan Cagar Budaya Golongan A di Kota Bandung ini masih berdiri kokoh di Jalan Dalem Kaum No.58. Ironis, kosongnya fungsi bangunan membuatnya terlihat kumuh dan tidak terawat. Beberapa upaya untuk revitalisasi sudah diinisiasikan, misalnya pameran seni "Dian Lentera Budaya" oleh Tisna Sanjaya untuk menjadikan Bioskop Dian sebagai pusat kegiatan kebudayaan di masa depan. Melihat lokasinya yang sangat strategis juga dekat dengan pusat kegiatan pemerintahan Kota Bandung. Adanya revitalisasi Bioskop Dian berpeluang mengembalikan warisan budaya dan pengetahuan serta kejayaan dan posisinya, yaitu menjadi ruang publik kreatif sekaligus perkembangan ekonomi kreatif. Desain Identitas Visual dan Placemaking Branding dapat menjadi kunci dalam menentukan fungsi yang sesuai untuk Bioskop Dian, yakni merangkul komunitas kreatif dan perfilman di Kota Bandung. Didukung dengan penerapan Adaptive Reuse dalam bidang Arsitektur, bangunan eks-Bioskop Dian diharapkan dapat kembali berpotensi menjadi tempat istimewa di hati masyarakat kreatif Kota Bandung. Kata kunci: Bandung, Bioskop Dian, Identitas Visual, Placemaking Branding, Revitalisasi
DESAIN IDENTITAS VISUAL MEJA MAKAN PERUSAHAAN RINTIS JASA KULINER SEHAT DAN TERJANGKAU anwar, naufal; Hidayat, Syarip; Kadarisman, Asep
eProceedings of Art & Design Vol. 12 No. 1 (2025): Februari 2025
Publisher : Telkom University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Jasa Layanan atau Service Branding adalah proses membangun sebuah brand pada sebuah jasa/layanan. Service Branding memiliki tujuan untuk membuat orang menggunakan layanan yang disediakan dan membuat mereka sadar akan keunikannya. Hal ini juga membantu Service Brand tersebut membedakan layanan sendiri dari pesaing lainnya, menjadikannya elemen penting dalam pemasaran layanan. Berbeda dengan Product Brand karena produk dapat dipasarkan berdasarkan fitur-fiturnya, namun layanan adalah pengalaman tak berwujud yang diciptakan oleh perusahaan untuk pelanggan. Penting untuk memahami layanan yang brand tawarkan dan bagaimana layanan tersebut selaras dengan harapan pelanggan. Service Brand yang dirancang dengan baik dapat membantu perusahaan menjangkau audiens baru, menarik pelanggan, menghasilkan promosi penjualan, dan meningkatkan tingkat retensi pelanggan. Proses pengumpulan data ini meliputi dari 4 metode yakni Observasi, Kuesioner, Wawancara dan Studi Pustaka yang kemudian akan dianalisis menggunakan metode Matriks Perbandingan dengan 3 teori yaitu, Branding, Brand Identity dan Desain Komunikasi Visual. Kajian teori tersebut bertujuan untuk memahami bagaimana melakukan perancangan identitas visual terhadap sebuah startup brand sehingga dapat memahami sehingga dapat dapat memenuhi tujuan yang telah ditentukan. Kata kunci: branding, brand identity, jasa layanan masyarakat
DESAIN KOMIK DIGITAL MEDIA EDUKASI PENGEMBANGAN DIRI DAN PERSIAPAN KERJA DI INDONESIA UNTUK GENERASI Z qolbun, elwi zakia; Kadarisman, Asep; hidayat, syarip
eProceedings of Art & Design Vol. 12 No. 1 (2025): Februari 2025
Publisher : Telkom University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Generasi Z di Indonesia dihadapkan pada tantangan serius dalam persiapan karier mereka. Masalah lowongan kerja yang meningkat dan fenomena istilah 8mental lembek9 pada Generasi Z menjadi perhatian utama dalam perancangan ini. Perancangan ini bertujuan untuk merancang sebuah komik digital yang berfungsi sebagai media edukasi untuk mengatasi masalah tersebut. Melalui pendekatan media edukasi dengan media visual komik digital ini menyajikan informasi tentang strategi pengembangan diri dan persiapan kerja yang relevan dengan keadaan Indonesia saat ini. Penggunaannya diharapkan dapat memberikan solusi yang inovatif yaitu motivasi dan pemahaman yang lebih baik kepada Generasi Z tentang langkah-langkah yang dapat mereka ambil untuk mempersiapkan diri menghadapi tantangan dalam dunia kerja, dan memperkuat mental mereka. Perancangan ini menggunakan pendekatan kualitatif yang mencakup proses pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi pustaka. Analisis perancangan dari data yang telah didapat akan dilakukan dengan metode analisis deskriptif dan matriks. Hasil analisis kemudian dijadikan landasan dasar untuk konsep komik digital yang dirancang. Komik digital disebar melalui media sosial Instagram yang mana adalah salah satu media sosial yang sudah teruji sebagai media visual yang efektif untuk menyampaikan pesan secara mudah, menarik dan efisien kepada Generasi Z sebagai target audiens perancangan komik digital ini. Kata kunci: komik, ilustrasi, persiapan kerja, pengembangan diri, generasi z

Page 1 of 20 | Total Record : 193