cover
Contact Name
Rokibullah
Contact Email
jurnalindonesiasosialsains@gmail.com
Phone
+6285797454195
Journal Mail Official
jurnalindonesiasosialsains@gmail.com
Editorial Address
Greendland Sendang Residence Blok H.1 Sendang, Kec. Sumber, Kab. Cirebon , Cirebon, Provinsi Jawa Barat
Location
Kab. cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Indonesia Sosial Sains
ISSN : 27236595     EISSN : 27236692     DOI : 10.36418
The Jurnal Indonesia Sosial Sains is a scientific journal in the form of research and can be accessed openly. This journal is published once a month by CV. Publikasi Indonesia. The Jurnal Indonesia Sosial Sains provides a means for ongoing discussion of relevant issues that fall within the focus and scope of the journal that can be empirically examined. The journal publishes research articles covering all aspects of social sciences, ranging from Management, Economics, Culture, Law, Geography, and Education that belong to the social context. Published articles are from critical and comprehensive research, studies or scientific studies on important and current issues or reviews of scientific books.
Articles 18 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 02 (2020): Jurnal Indonesia Sosial Sains" : 18 Documents clear
Analisis Pengaruh Modal Intelektual Terhadap Keunggulan Bersaing Patria Arsani Putra Arsani; Widyo Nugroho
Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 1 No. 02 (2020): Jurnal Indonesia Sosial Sains
Publisher : CV. Publikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (463.948 KB) | DOI: 10.59141/jiss.v1i02.12

Abstract

The portal of berita-banten.com is an online media under the auspices of PT Fajar Pikiran Rakyat. Launched in 2018, berita-banten.com is a digital media business development unit. The online media beritabanten.com presents news and articles with diverse content, mostly on a regional scale in Banten Province, and nationally and internationally. The purpose of this study is to determine the effect of human capital on Kabar Banten Competitive Advantage, the influence of Structural Capital on Kabar Banten Competitive Advantage, the influence of Customer Capital on the Competitive Advantage of Kabar Banten, and the influence of Human Capital, Structural Capital and Relational Capital simultaneously against the Competitive Advantage Kabar Banten.   Based on this research, the results of simultaneous testing (f test) show that together the independent variables have a significant effect on the dependent variable. The result of the partial test (t test) states that the variables of human capital and structural capital and customer capital have a significant effect on competitive advantage.
Pengaruh Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Kerajinan Tenun Gedongan Di Desa Pringgasela Selatan Lombok Timur Masbullah; Salmi Yuniar Bahri
Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 1 No. 02 (2020): Jurnal Indonesia Sosial Sains
Publisher : CV. Publikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (361.225 KB) | DOI: 10.59141/jiss.v1i02.13

Abstract

Dalam penelitian ini tujuan yang ingin dicapai yaitu untuk mengetahui Pengaruh promosi dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada konsumen kerajinan tenun gedongan di desa pringgasela selatan lombok timur (studi pada kelompok nine penenun (KNP) desa pringgasela selatan). Metode teknik analisis data yang digunakan adalah menguji reliabilitas dan validitas, menguji asumsi klasik, regresi linier berganda dan uji hipotesis dengan uji F dan uji T. Menguji reliabilitas dan validitas dilakukan terhadap hasil jawaban dari responden dan menggunakan metode penghitungan statistik. menguji asumsi klasik yang dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu menguji multikolinearitas, menguji normalitas dan menguji heteroskedastisitas. Regresi linier berganda untuk menggambarkan model hubungan antara variabel bebas dan variabel terikat. Menguji F sering disebut uji simultan, yang digunakan untuk menguji apakah variabel independen yang digunakan dalam model dapat menjelaskan perubahan nilai variabel dependen atau tidak. Menguji T digunakan untuk mengetahui pengaruh dari masing-masing variabel independen yang terdiri dari promosi dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada konsumen kerajinan tenun gedongan di desa pringgasela selatan lombok timur (studi pada kelompok nine penenun (KNP) desa pringgasela selatan). Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh promosi dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada konsumen kerajinan tenun gedongan di desa pringgasela selatan lombok timur, studi pada kelompok nine penenun (KNP) desa pringgasela selatan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian kerajinan kain tenun di kelompok nine penenun (KNP) desa pringgasela selatan Lombok Timur.
Analisis Pengendalian Internal Atas Persediaan Barang Dagang Pada Toko Alfamart Rika Regina Rika
Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 1 No. 02 (2020): Jurnal Indonesia Sosial Sains
Publisher : CV. Publikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (287.573 KB) | DOI: 10.59141/jiss.v1i02.14

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Penerapan Pengendalian Internal yang diterapkan oleh perusahaan pada Toko Alfamart. 2) Peranan Pengendalian Internal Terhadap Persediaaan Barang Dagang pada Toko Alfamart. 3) Kendala dan Solusi dalam menerapkan Pengendalian Internal Persediaan Barang Dagang pada Toko Alfamart. Variabel terdiri dari Pengendalian sebagai variabel independen, variabel Persediaan sebagai variabel dependen. Metode peneltian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dan wawancara dengan pihak-pihak yang terlibat Pengendalian Persediaan Barang Dagang. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa pengendalian internal atas persediaan barang yang mencakup lingkungan pengendalian, penilaian risiko, aktivitas pengendalian, informasi dan komunikasi, dan monitoring sudah berjalan dengan baik. Namun mengenai kedisiplinan karyawan toko alfamart masih adanya yang tidak mematuhi aturan sehingga menghambat kepada proses pengendalian internal atas persediaan barang dagang.
Penegakan Hukum Pidana Pengembalian Kerugian Keuangan Negara Melalui Perampasan Aset Hasil Tindak Pidana Korupsi Yang Dikuasai Pihak Ketiga Juangga Saputra Dalimunthe
Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 1 No. 02 (2020): Jurnal Indonesia Sosial Sains
Publisher : CV. Publikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (295.201 KB) | DOI: 10.59141/jiss.v1i02.15

Abstract

Tindak pidana korupsi yang terjadi di Indonesia menjadi ancaman tersendiri bagi bangsa ini untuk mewujudkan tujuan nasional yang telah diamanatkan dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945. Undang-Undang Tindak Pidana Korupsi diharapkan mampu memenuhi dan mengantisipasi perkembangan kebutuhan hukum masyarakat dalam rangka mencegah dan memberantas secara lebih efektif setiap bentuk tindak pidana korupsi yang sangat merugikan Keuangan Negara atau perekonomian negara pada khususnya serta masyarakat pada umumnya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: pertama, Bagaimana pengaturan pengembalian kerugian keuangan negara hasil tindak pidana korupsi?, kedua, Bagaimana mekanisme perampasan aset terhadap hasil tindak pidana korupsi yang dikuasai pihak ketiga?, ketiga, Bagaimana pertimbangan hakim dalam putusan pengadilan negeri nomor:06/Pid.Tipikor/2012/PN.TTE? Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian hukum normatif yaitu penelitian yang mengacu kepada norma¬-norma dan asas-asas hukum yang terdapat dalam peraturan perundang-undangan dan putusan pengadilan. Alasannya didasarkan pada paradigma hubungan dinamis antara teori, konsep-konsep dan data yang merupakan umpan balik atau modifikasi yang tetap dari teori dan konsep yang didasarkan pada data yang dikumpulkan. Saran yang diperoleh bahwa perlunya Pemerintah Republik Indonesia didalam membuat peraturan tentang aturan dan mekanisme perampasan aset dalam pemberantasan tindak pidana korupsi pada setiap pasal-pasal yang terkait dengan pengembalian kerugian keuangan negara harus dipertegas dan dipertajam lagi agar menjadi pedoman bagi penegak hukum kedepannya. Pertimbangan hakim dalam suatu putusan haruslah berlaku seadil-adilnya.
Pertanggungjawaban Pidana Advokat Yang Melakukan Penyuapan Dalam Proses Pemberian Jasa Hukum Di Pengadilan Miftahul Jannah
Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 1 No. 02 (2020): Jurnal Indonesia Sosial Sains
Publisher : CV. Publikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (457.808 KB) | DOI: 10.59141/jiss.v1i02.16

Abstract

Penelitian Jurnal ini membahas pertanggungjawaban pidana advokat yang melakukan penyuapan dalam proses pemberian jasa hukum di Pengadilan Untuk Menjawab faktor-faktor penyebab advokat melakukan penyuapan dalam proses pemberian jasa hukum di dalam pengadilan, pertanggungjawaban pidana nya, serta kebijakan hukum pidana terhadap penanggulanganya di masa mendatang.
Pengaruh Harga Jual Dan Biaya Promosi Terhadap Pendapatan Sri Fitri Handayani
Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 1 No. 02 (2020): Jurnal Indonesia Sosial Sains
Publisher : CV. Publikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (442.217 KB) | DOI: 10.59141/jiss.v1i02.17

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Harga Jual dan Biaya Promosi Terhadap Pendapatan. Skala yang digunakan adalah skala rasio. Metode yang adalah kuantitatif. Yang menjadi variabel penelitian Harga Jual (X1) Biaya Promosi (X2) dan Pendapatan (Y). Jenis data yang digunakan adalah data sekunder. Data yang berhasil dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan Uji Asusmsi Klasik yaitu Uji Normalitas, Uji Multikolonieritas, Uji Heteroskedastisitas, Uji Auto Korelasi, Analisis Regresi Linier Berganda, Uji korelasi, pengujian Hipotesis menggunakan Uji t, Uji F dan Uji Koefisien Determinasi. Hasil Uji Asumsi Klasik yaitu Uji Normalitas menunjukan bahwa Harga Jual dan Biaya Promosi terhadap pendapatan berdistribusi normal. Hasil Uji-t menunjukan bahwa harga jual tidak berpengaruh terhadap pendapatan, sedangkan biaya promosi berpengaruh signifikan terhadap pendapatan. Hasil Uji-f menunjukkan bahwa secara simultan Harga Jual Dan Biaya Promosi berpengaruh terhadap Pendapatan.
The Way To Overcome Students’ Hesitation In Speaking English At The 10 Th Grade Of Senior High School In Bekasi Grediana Rumlus
Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 1 No. 02 (2020): Jurnal Indonesia Sosial Sains
Publisher : CV. Publikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (350.029 KB) | DOI: 10.59141/jiss.v1i02.18

Abstract

English as an international language needs to be used in daily communication so that speakers are accustomed to using it. But the facts show that many people, especially class X students at one of the high schools in Bekasi, find it difficult to speak English for fear of being wrong. So this paper aims to find out the causes of difficulties for students to speak English. The author conducted research in 2 classes with 60 students. The first step is to hold a group discussion using an English textbook in the two classes. The second stage uses the control class and the experimental class. The control class still uses English textbooks as discussion material, while the control class watches 2 films in English and each group tells the contents of the film according to their understanding. Each group member in the experimental class tells the contents of the film very actively and enthusiastically, while the control class only talk by the group leader. The observations showed that audiovisual and learning techniques with stories were very significant in the experimental class students. It can be proven by the activity of each group member speaking. It was concluded that audiovisual and simple learning techniques were very enjoyable and increased the speaking activity in one of high school students at grade X in Bekasi.
Analisis Pengaruh Manajemen Pengetahuan Dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Organisasi (Studi Empiris Pada Surat Kabar Online Kabar-Banten.Com) Pretty Christin; Widyo Nugroho
Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 1 No. 02 (2020): Jurnal Indonesia Sosial Sains
Publisher : CV. Publikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (415.043 KB) | DOI: 10.59141/jiss.v1i02.19

Abstract

Portal kabar-banten.com merupakan media online di bawah naungan PT Fajar Pikiran Rakyat. Diluncurkan sejak 2018, kabar-banten.com menjadi salah satu unit pengembangan bisnis media digital. Media online kabar-banten.com menyajikan berita dan artikel dengan konten beragam, sebagian besar dalam skala regional Provinsi Banten, dan nasional serta internasional. Tujuan dari Penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh Manajemen Pengetahuan dan Gaya Kepemimpinan terhadap Kinerja Organisasi surat kabar online Kabar Banten. Berdasarkan penelitian ini, hasil dari pengujian simultan (uji f) menunjukkan bahwa secara bersama-sama variable independen memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variable dependen. Hasil dari pengujian parsial (uji t) menyatakan bahwa variabel Manajemen Pengetahuan dan Gaya Kepemimpinan berpengaruh terhadap Kinerja Organisasi.
Analisis Pembayaran Non Tunai Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus UMKM Pantai Tanjung Pakis) Iman Sulaeman
Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 1 No. 02 (2020): Jurnal Indonesia Sosial Sains
Publisher : CV. Publikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (166.963 KB) | DOI: 10.59141/jiss.v1i02.597

Abstract

Consumer satisfaction is one of the goals of service in every MSME. Consumer satisfaction is one of the determinants of purchasing decisions for products sold by SMEs. The convenience of non-cash payments is one way to increase customer satisfaction. Non-cash payments available to SMEs on Tanjung Pakis beach still need to be improved because there are not many non-cash payment methods used. Thus, it is very necessary to conduct further research on the analysis of non-cash payments on consumer satisfaction at MSMEs at Tanjung Pakis Beach. This study aims to analyze non-cash payments on customer satisfaction. Informants in this study were MSME entrepreneurs on the coast of Tanjung Pakis, Kerawang Regency. This type of research used a qualitative approach, with data collection techniques using interviews and observations. In this research. Data analysis technique in this research is using spiral data analysis technique. The results showed that non-cash payments used for MSMEs on the coast of Tanjung Pakis were still not varied, because in general they only allowed through transfers. Consumers in general support and are very happy with the facilities provided by MSMEs to make payment transactions.
Analisis Pengaruh Modal Intelektual Terhadap Keunggulan Bersaing Arsani, Patria Arsani Putra; Widyo Nugroho
Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 1 No. 02 (2020): Jurnal Indonesia Sosial Sains
Publisher : CV. Publikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59141/jiss.v1i02.12

Abstract

The portal of berita-banten.com is an online media under the auspices of PT Fajar Pikiran Rakyat. Launched in 2018, berita-banten.com is a digital media business development unit. The online media beritabanten.com presents news and articles with diverse content, mostly on a regional scale in Banten Province, and nationally and internationally. The purpose of this study is to determine the effect of human capital on Kabar Banten Competitive Advantage, the influence of Structural Capital on Kabar Banten Competitive Advantage, the influence of Customer Capital on the Competitive Advantage of Kabar Banten, and the influence of Human Capital, Structural Capital and Relational Capital simultaneously against the Competitive Advantage Kabar Banten.   Based on this research, the results of simultaneous testing (f test) show that together the independent variables have a significant effect on the dependent variable. The result of the partial test (t test) states that the variables of human capital and structural capital and customer capital have a significant effect on competitive advantage.

Page 1 of 2 | Total Record : 18


Filter by Year

2020 2020


Filter By Issues
All Issue Vol. 6 No. 10 (2025): Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 6 No. 9 (2025): Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 6 No. 8 (2025): Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 6 No. 7 (2025): Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 6 No. 6 (2025): Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 6 No. 5 (2025): Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 6 No. 4 (2025): Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 6 No. 3 (2025): Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 6 No. 2 (2025): Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 6 No. 1 (2025): Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 5 No. 12 (2024): Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 5 No. 11 (2024): Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 5 No. 10 (2024): Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 5 No. 09 (2024): Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 5 No. 08 (2024): Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 5 No. 07 (2024): Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 5 No. 06 (2024): Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 5 No. 05 (2024): Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 5 No. 04 (2024): Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 5 No. 03 (2024): Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 5 No. 02 (2024): Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 5 No. 01 (2024): Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 4 No. 12 (2023): Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 4 No. 11 (2023): Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 4 No. 10 (2023): Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 4 No. 09 (2023): Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 4 No. 08 (2023): Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 4 No. 07 (2023): Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 4 No. 06 (2023): Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 4 No. 05 (2023): Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 4 No. 04 (2023): Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 4 No. 03 (2023): Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 4 No. 02 (2023): Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 4 No. 01 (2023): Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 3 No. 12 (2022): Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 3 No. 11 (2022): Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 3 No. 10 (2022): Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 3 No. 09 (2022): Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 3 No. 08 (2022): Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 3 No. 07 (2022): Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 3 No. 06 (2022): Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 3 No. 05 (2022): Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 3 No. 04 (2022): Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 3 No. 03 (2022): Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 3 No. 02 (2022): Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 3 No. 01 (2022): Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 2 No. 12 (2021): Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 2 No. 11 (2021): Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 2 No. 10 (2021): Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 2 No. 09 (2021): Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 2 No. 08 (2021): Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 2 No. 07 (2021): Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 2 No. 06 (2021): Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 2 No. 05 (2021): Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 2 No. 04 (2021): Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 2 No. 03 (2021): Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 2 No. 02 (2021): Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 2 No. 01 (2021): Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 1 No. 05 (2020): Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 1 No. 04 (2020): Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 1 No. 03 (2020): Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 1 No. 02 (2020): Jurnal Indonesia Sosial Sains Vol. 1 No. 01 (2020): Jurnal Indonesia Sosial Sains More Issue