cover
Contact Name
Muhammad Anggie J. Daulay
Contact Email
anggie.fbsunimed@yahoo.com
Phone
+6281370069751
Journal Mail Official
jurnalsasindounimed@unimed.ac.id
Editorial Address
Program Studi Sastra Indonesia Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Medan Jalan Willem Iskandar Pasar 5 Medan Estate Kode Pos 20221 Provinsi Sumatra Utara
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Sastra Indonesia
urnal Sastra Indonesia (Sasindo) merupakan media publikasi hasil penelitian dan kajian konseptual dalam bidang sastra, media pembelajaran sastra, linguistik, seni budaya, multimedia senimatografi, dan kajian media massa. Bidang sastra memuat tentang ilmu sastra, sejarah sastra, kritik sastra, dan apresiasi sastra serta pembelajarannya. Bidang lingustik memuat kajian fonologi, morfologi, sintaksis, semantik, serta terapannya. Bidang seni budaya berkaitan dengan dunia kesusastraan. Bidang multimedia senimatografi memuat kajian film dan dasar-dasar senimatografi, serta pada bidang media massa meliputi kajian jurnalistik sastrawi.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Sasindo" : 10 Documents clear
PENGARUH MODEL JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VIII SMP TAMAN SISWA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014 Andika Syahputri Harahap
JURNAL SASTRA INDONESIA (SASINDO) Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Sasindo
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/sasindo.v2i2.656

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih jelas pengaruh Model Jigsaw dalam meningkatkan kemampuan menulis teks berita. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Taman Siswa Medan dengan jumlah 144 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 36 siswa yang diambil secara homogen dengan random sampling. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah penugasan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, tepatnya Quasi eksperimenKata Kunci: Pengaruh –Model Jigsaw–Menulis Teks Berita
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROPES TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS X SMA NEGERI 14 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014 Dame Yanti C. Silitonga
JURNAL SASTRA INDONESIA (SASINDO) Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Sasindo
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/sasindo.v2i2.637

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ROPES l terhadap kemampuan menulis cerpen siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Negeri 14 Medan dengan jumlah 325 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 72 siswa yang diambil secara homogen dengan random sampling (acak) kelas. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah penugasan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen.Kata kunci : Pengaruh-Model Pembelajaran ROPES-Menulis Cerpen
KEMAMPUAN MENGAPRESIASI DONGENG “SRIKANTI, SI BATU YANG MENANGIS” SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 SIBOLGA TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013 MEIDARNI EVIYANTI SIMATUPANG
JURNAL SASTRA INDONESIA (SASINDO) Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Sasindo
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/sasindo.v2i2.652

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kemampuan mengapresiasi dongeng “Srikanti, Si Batu yang Menangis”. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 4 Sibolga tahun pembelajaran 2012/2013 yang berjumlah 200 orang. Sampel penelitian ini diambil 20% dari jumlah populasi, yaitu 20% dari 200 orang adalah 40 orang yang ditemukan secara acak.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik yang digunakan adalah teknik analisis persentase. Dari 40 siswa yang diteliti diperoleh data-data penilaian untuk setiap aspek yaitu aspek pokok-pokok isi dongeng sebesar 83,25 (berada pada tingkat baik) dan aspek relevansi isi dongeng dengan situasi sekarang sebesar 42,67 (berada pada tingkat kurang mampu).Ditinjau dari distribusi persentase nilai, maka dari 40 siswa yang menjadi sample diperoleh 4 siswa (10%) termasuk dalam kategori sangat baik, 7 siswa (17,5%) termasuk dalam kategori baik, 21 siswa (52,5%) termasuk dalam kategori cukup, 8 siswa (20%) termasuk dalam kategori kurang, dan tidak seorang siswapun mendapat kategori sangat kurang.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan mengapresiasi dongeng “Srikanti, Si Batu yang Menangis” siswa kelas VII SMP Negeri 4 Sibolga tahun pembelajaran 2012/2013 sebesar 65,78 dapat dikategorikan cukup baik.Kata Kunci: mengapresiasi dongeng, dongeng, unsur-unsur dongeng, peranan dongeng
Pengaruh Teknik Pembelajaran Round Robin (merespon bergiliran) terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kisaran Tahun Pembelajaran 2013/2014 DIAN SURYA NINGSIH
JURNAL SASTRA INDONESIA (SASINDO) Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Sasindo
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/sasindo.v2i2.639

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Teknik Round Robin dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kisaran Tahun Pembelajaran 2013/2014.. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan model desain penelitian One Group Pre-test Post-test Design yang hanya dilaksanakan pada satu kelas (kelompok) saja. Di dalam desain ini pengukuran dilakukan sebanyak dua kali yaitu sebelum eksperimen dan sesudah eksperimen. Dari pengolahan data diperoleh nilai rata-rata pretest 64,52, standar deviasi 6,26, penyebaran nilai siswa terbanyak adalah 65 sebanyak (9 orang )atau sekitar 29,03 %. Nilai rata-rata postest 73,7, standar deviasi 8,32, penyebaran nilai siswa terbanyak adalah 75, 7 orang atau sekitar 20,59%. Berdasarkan uji normalitas, hasil pre-test dan post-test dinyatakan berdistribusi normal. Sampel penelitian berjumlah 31 orang yang diambil dengan cara persuasip random sampling dari populasi yang berjumlah 328 orang.Kata Kunci: Pengaruh–Teknik Round Robin–Menulis puisi
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DEMONSTRASI BISU (SILENT DEMONSTRATION) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS X SMA SWASTA TELADAN SEI RAMPAH TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013 Mustika Wati Siregar
JURNAL SASTRA INDONESIA (SASINDO) Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Sasindo
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/sasindo.v2i2.653

Abstract

Mustika Wati Siregar. NIM 209311026. Pengaruh Model PembelajaranDemonstrasi Bisu (Silent Demonstration) terhadap Kemampuan MenulisCerpen Siswa Kelas X SMA Swasta Teladan Sei Rampah TahunPembelajaran 2012/2013. Program Studi Pendidikan Bahasa dan SastraIndonesia. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Bahasa danSeni. Universitas Negeri Medan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajarandemonstrasi bisu (silent demonstration) terhadap kemampuan menuliscerpen siswa kelas X SMA Swasta Teladan Sei Rampah TahunPembelajaran 2012/2013.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimendengan desain post-test only control design. Instrumen yang digunakanadalah tes produk dalam bentuk penugasan menulis cerpen. Nilai rata-ratapost-test kelas kontrol (Ekspositori) adalah 65,66, sedangkan untuk posttestkelas eksperimen (Silent Demonstration) adalah 79,9. Dengandemikian, dapat dikatakan bahwa nilai rata-rata kemampuan menuliscerpen siswa dengan menerapkan model Silent Demonstration lebih tinggidari pada nilai menulis cerpen siswa dengan menerapkan modelekspositoriPengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Dariperhitungan uji hipotesis diperoleh t hitung = 6,71, kemudiandikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikasi 5 % = 2,01. Karena thitung = 6,71 > t tabel = 2,01 maka hipotesis nihil (H o ditolak, sedangkanhipotesis alternatif (H a ) diterima. Hal ini membuktikan bahwa modelsilent demonstration mempengaruhi kemampuan menulis cerpen siswakelas X SMA Swasta Teladan Sei Rampah.Kata Kunci: Model Silent Demonstration, Menulis Cerpen.
UNSUR RETORIKA DALAM NOVEL “MAESTRO” KARYA ALEX SUHENDRA (TINJAUAN STILISTIKA) Sri Marintan Marpaung
JURNAL SASTRA INDONESIA (SASINDO) Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Sasindo
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/sasindo.v2i2.643

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui unsur-unsur retorika; berupa pemajasan, penyiasatan dan pencitraan dengan tinjauan stilistika pada novel “Maestro” karya Alex Suhendra. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, mengutamakan makna dan konteks, menuntut peran peneliti yang tinggi. Sumber data novel “Maestro” karya Alex Suhendra. Berdasarkan hasil penelitian novel Maestro, adapun unsur- usur retorika yang terdapat dalam novel “Maestro” yaitu: (1) bentuk pemajasan berdasarkan unsur retorika yang terdapat pada novel ”Maestro” yaitu simile, metafora, personifikasi, metonimia, sinekdoke, hiperbola, dan paradoks. (2) bentuk penyiasatan struktur yang terdapat pada novel “Maestro” yaitu, repetisi, anafora, pararelisme, asidenton, polisidenton, antithesis, dan aliterasi, sedangkan klimaks, antiklimaks, dan pertanyaan retoris tidak terdapat pada novel “Maestro”. (3) bentuk-bentuk pencitraan yang terdapat pada novel “Maestro” yaitu citraan penglihatan, pendengaran, citraan gerak, citraan rabaan, dan citraan penciuman.Kata Kunci: sastra, novel, retorika, stilistika
Penggunaan Media Pembelajaran Poster terhadap Kemampuan Menulis Puisi oleh Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Rantau Tahun Pembelajaran 2012/2013 LESTIKA DEWI
JURNAL SASTRA INDONESIA (SASINDO) Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Sasindo
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/sasindo.v2i2.654

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pengaruh media pembelajaran poster terhadap kemampuan menulis puisi oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Rantau Utara. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Rantau Utara tahun pembelajaran 2012/2013 yang berjumlah 213 orang. Data penelitian ini sebagai sampel penelitian. Penelitian ini bersifat eksperimen dengan model one group pretes postes design. Dari pengolahan data diperoleh hasil pretes dengan rata-rata 63.07, standar deviasi 6.23, dengan berkategori baik 13.33% dan berkategori cukup 80%; Sedangkan hasil postes di peroleh rata-rata 71.77, standar deviasi 7.61, dengan berkategori sangat baik 6.67%, berkategori baik 63.33%, dan berkategori cukup 30%. Dari uji homogenitas didapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, didapatlah to sebesar 4.78; setelah to diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikasi 5% dengan dk = (N1 + N2) – 2 = (30+30) – 2 = 58, dari df= 29 diperoleh taraf signifikan 5% = 2.01 dan taraf signifikan 1% = 2.68. karena to yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 4.78>2.01, hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan analisis data di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan media poster berpengaruh secara posistif dan signifikan terhadap kemampuan menulis puisi oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Rantau Utara Tahun Pembelajaran 2012/2013.Kata Kunci: Pengaruh–Media Poster- Menulis- Puisi
PENERAPAN METODE PANGALIRAN IMAJI (IMAGE STREAMING) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWAKELAS X SMA NEGERI 7 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014 MARYAM SIREGAR
JURNAL SASTRA INDONESIA (SASINDO) Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Sasindo
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/sasindo.v2i2.645

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh metode imaji (image streaming) dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi oleh siswa kelas X SMA Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 7 Medan yang berjumlah 280 orang yang terbagi ke dalam tujuh kelas. Sampel dalam penelitian berjumlah 40 orang. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dan instrumen yang digunakan adalah tes menulis karangan narasi dalam bentuk penugasan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan siswa menulis karangan narasi dengan menggunakan metode imaji (image streaming) adalah 75,25 dalam kategori baik, sedangkan nilai rata-rata kemampuan siswa menulis karangan narasi sebelum menggunakan metode imaji adalah 63,87 dalam kategori cukup.Perhitungan uji hipotesis diperoleh to = 2,02 yang dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikan 5% atau 1% dengan df = (N-1) = (40-1) = 39; pada tabel t dengan dk = 39 diperoleh taraf signifikan 5% = 2,02 dan taraf signifikan 1% = 2,02. Artinya to yang diperoleh lebih besar daripada ttabel, yaitu 7,29>2,02. Dengan demikian, Ha diterima. Artinya metode imaji (image streaming) berpengaruh terhadap kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas X SMA Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014.Kata Kunci: metode pengaliran imaji(image Streaming),kemampuan menulis karangan narasi
PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA BLOG TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 PEMATANGSIANTAR TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013 Prengky Manihuruk
JURNAL SASTRA INDONESIA (SASINDO) Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Sasindo
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/sasindo.v2i2.655

Abstract

Agar siswa dapat belajar dengan baik, maka media dalam mengajar harus diusahakan yang setepat, seefektif, dan seefisien mungkin. Waktu guru mengajar bila hanya menggunakan satu media maka akan membosankan. Siswa tidak akan tertarik pada pelajaran. Dengan bervariasinya media dalam mengajar dapat meningkatkan kegiatan belajar siswa. Oleh karena itu, pemilihan dan penggunaan media dalam mengajar sangat penting karena menyangkut kelancarab proses pembelajaran.Kata kunci : Media Blog, Menulis Cerita Pendek
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KALIMAT KONSEP TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI OLEH SISWA KELAS X SMA SWASTA JOSUA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013 MARLINA PANGAPOI
JURNAL SASTRA INDONESIA (SASINDO) Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Sasindo
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/sasindo.v2i2.648

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe kalimat konsep terhadap kemampuan menulis karangan deskripsi oleh siswa kelas X SMA Swasta Josua Tahun Pembelajaran 2012/2013. Sampel penelitian berjumlah 60 orang dari 160 populasi yang ada. Ampel diambil dari populasi yang terdiri dari empat kelas. Pengambilan data diambil dari instrumen tes dalam bentuk penugasan yaitu menulis karangan deskripsi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian two group only post test design.Pengolahan data diperoleh dengan nilai rata-rata kelompok eksperimen adalah 72,16, standar deviasi = 8,54 dan termasuk kategori sangat baik sebanyak 18 orang atau 60%, kategori cukup sebanyak 25% sebanyak 10 orang. Nilai rata-rata kelompok kontrol adalah 59,33, standar deviasi 7,83 dan termasuk kategori baik sebanyak 3 orang atau 10%. Kategori cukup sebanyak 20 orang atau 67%.Dengan demikian kemampuan kelompok eksperimen lebih tinggi daripada kelompok kontrol dalam menulis karangan deskripsi.Berdasarkan hasil uji analisis data dengan menggunakan uji “t” diperoleh thitung = 5, 940 pada taraf signifikan 5% dari daftar distribusi N = 60 maka diperoleh ttabel = 1,6710. Jadi, thitung>ttabel , 5, 940 > 1,6710 maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Artinya, terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe kalimat kosep dalam menulis karangan deskripsi.Berdasarkan data di atas, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe kalimat konsep berpengaruh signifikan dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas X SMA Swasta Josua Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013.Kata Kunci : model pembelajaran kooperatif tipe kalimat konsep, menulis karangan deskripsi

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2013 2013


Filter By Issues
All Issue Vol. 14 No. 2 (2025): JURNAL SASTRA INDONESIA (SASINDO) EDISI AGUSTUS Vol. 14 No. 1` (2025): JURNAL SASTRA INDONESIA (SASINDO) EDISI APRIL Vol. 13 No. 3 (2024): JURNAL SASTRA INDONESIA (SASINDO) EDISI DESEMBER Vol. 13 No. 2 (2024): JURNAL SASTRA INDONESIA (SASINDO) EDISI AGUSTUS Vol 13, No 2 (2024): JURNAL SASTRA INDONESIA (SASINDO) EDISI AGUSTUS Vol 13, No 1 (2024): JURNAL SASTRA INDONESIA (SASINDO) EDISI APRIL Vol. 13 No. 1 (2024): JURNAL SASTRA INDONESIA (SASINDO) EDISI APRIL Vol 12, No 3 (2023): JURNAL SASTRA INDONESIA (SASINDO) EDISI DESEMBER Vol. 12 No. 3 (2023): JURNAL SASTRA INDONESIA (SASINDO) EDISI DESEMBER Vol. 12 No. 2 (2023): JURNAL SASTRA INDONESIA (SASINDO) EDISI AGUSTUS Vol 12, No 2 (2023): JURNAL SASTRA INDONESIA (SASINDO) EDISI AGUSTUS Vol 12, No 1 (2023): JURNAL SASTRA INDONESIA (SASINDO) EDISI APRIL Vol 11, No 2 (2022): JURNAL SASINDO Vol 11, No 1 (2022): JURNAL SASINDO Vol 10, No 2 (2021): JURNAL SASINDO Vol 10, No 1 (2021): JURNAL SASINDO Vol 9, No 2 (2020): JURNAL SASINDO Vol 9, No 1 (2020): JURNAL SASINDO Vol 8, No 2 (2019): JURNAL SASINDO Vol 8, No 1 (2019): JURNAL SASINDO Vol 7, No 2 (2018): JURNAL SASINDO Vol 7, No 1 (2018): JURNAL SASINDO Vol 6, No 2 (2017): Jurnal Sasindo Vol 6, No 1 (2017): Jurnal Sasindo Vol 5, No 2 (2016): JURNAL SASINDO Vol 5, No 1 (2016): JURNAL SASINDO Vol 4, No 3 (2015): JURNAL SASINDO Vol 4, No 2 (2015): JURNAL SASINDO Vol 4, No 1 (2015): JURNAL SASINDO Vol 3, No 4 (2014): JURNAL SASINDO Vol 3, No 3 (2014): JURNAL SASINDO Vol 3, No 2 (2014): JURNAL SASINDO Vol 3, No 1 (2014): JURNAL SASINDO Vol 2, No 4 (2013): Jurnal Sasindo Vol 2, No 3 (2013): Jurnal Sasindo Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Sasindo Vol 2, No 1 (2013): Jurnal Sasindo Vol 1, No 01 (2012): Jurnal Sasindo Vol 1, No 3 (2012): Jurnal Sasindo Vol 1, No 2 (2012): Jurnal Sasindo More Issue