cover
Contact Name
Muhammad Anggie J. Daulay
Contact Email
anggie.fbsunimed@yahoo.com
Phone
+6281370069751
Journal Mail Official
jurnalsasindounimed@unimed.ac.id
Editorial Address
Program Studi Sastra Indonesia Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Medan Jalan Willem Iskandar Pasar 5 Medan Estate Kode Pos 20221 Provinsi Sumatra Utara
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Sastra Indonesia
urnal Sastra Indonesia (Sasindo) merupakan media publikasi hasil penelitian dan kajian konseptual dalam bidang sastra, media pembelajaran sastra, linguistik, seni budaya, multimedia senimatografi, dan kajian media massa. Bidang sastra memuat tentang ilmu sastra, sejarah sastra, kritik sastra, dan apresiasi sastra serta pembelajarannya. Bidang lingustik memuat kajian fonologi, morfologi, sintaksis, semantik, serta terapannya. Bidang seni budaya berkaitan dengan dunia kesusastraan. Bidang multimedia senimatografi memuat kajian film dan dasar-dasar senimatografi, serta pada bidang media massa meliputi kajian jurnalistik sastrawi.
Articles 3 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2 (2016): JURNAL SASINDO" : 3 Documents clear
ANALISIS SEMIOTIKA WACANA IKLAN SABUN MANDI DAN SAMPO PADA MAJALAH BOBO Ferry Anggriawan
JURNAL SASTRA INDONESIA (SASINDO) Vol 5, No 2 (2016): JURNAL SASINDO
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/sasindo.v5i2.4137

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan makna dalam iklan sabun mandi dan sampo pada Majalah Bobo menggunakan peta tanda semiotik Barthes, serta mendeskripsikan jenis wacana ditinjau dari tujuan komunikasi yang terdapat dalam iklan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah derngan menggunakan dokumentasi poto iklan-iklan sabun mandi dan sampo yang terdapat pada Majalah Bobo. Teknik analisis data adalah mengumpulkan dan mendokumentasikan objek kajian, mengidentifikasi data, menganalisis secara deskriptif dengan teori semiotik, dan kemudian melakukan kesimpulan. Hasil penelitian mendeskipsikan makna-makna yang terkandung di dalam iklan sabun mandi dan sampo Kodomo Kids Series, Cussons Kids versi Buat Cerita Seru Saat Mandi, dan Zwitsal Kids versi Hadiah Langsung, baik itu makna denotasi dan makna konotasi.Pada masing-masing iklan tersebut memiliki makna denotasi yang sama yakni memperkenalkan produk baru dari masing-masing iklan yang dipromosikan. Makna konotasi pada setiap iklan sangat beragam, penentuan makna atau interpretasi sangat tergantung dari pengetahuan, pengalaman, latar belakang, dan bahkan emosi dari pembaca. Serta mendeskripsikan jenis wacana ditinjau dari tujuan komunikasi yang terdapat dalam iklan tersebut, yakni wacana deskripsi dan persuasi.   Kata kunci: analisis semiotika, wacana, iklan  
NILAI SOSIOLOGIS SASTRA DALAM CERITA RAKYAT SI BAROAR MANDAILING SUMATERA UTARA Sulaiman Siregar; Ita Khairani
JURNAL SASTRA INDONESIA (SASINDO) Vol 5, No 2 (2016): JURNAL SASINDO
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/sasindo.v5i2.3947

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai sosiologis sastra dalam cerita rakyat Si Baroar Mandailing Sumatera Utara.Responden penelitian ini adalah masyarakat desa Panyabungan Tonga, Mandailing Sumatera Utara yang terdiri dari usia muda (15-25) tahun, usia menengah (26-49) tahun, usia tua(50 tahun ke atas) dengan jumlah respondensebanyak 10 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodedeskriptif kualitatif.Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian meliputiunsur intrinsik yang terdiri dari, tema yang terkandung di dalamnya yaitu saktinya seorang anak setelah mengalami berbagai gejolakkehidupan.Alur dalam cerita Si Baroar ini merupakan alur campuran.Tokoh utama adalah Si Baroar, tokoh tambahan yaitu Sutan Pulungan, Si Sauwa, Sri Mayapada, dan Hulubalang.Latar yang dipakai dalam cerita ini adalah latar tempat, latar waktu, dan latar suasana.Sementara sudutpandangnya adalah menggunakan orang ketiga serba tahu. Dan yang terakhir gaya bahasa yang digunakan antara lain mengunakanmajas hiperbola, personifikasi, dan klimaks. Dalam cerita rakyat Si Baroar terdapat nilai sosiologis masyarakat, baik itu secara material dan spiritual (kebenaran, kebaikan, keindahan dan religi).Sedangkan nilai vital tidak ditemui dalam cerita Si Baroar.Dan yang terakhir cerita Si Baroar ada yang relevan dan ada yang tidak relevan terhadap masyarakat Mandailing.Nilai materil dan nilai spiritual yang masih relevan.karena masyarakat sudah mengalami perubahan dalam pola berfikir.Nilai-nilai sosiologi yang terdapat didalamnya tidak terlepas dari pola kehidupan yang semakin maju. Kata kunci:Unsur Intrinsik, Nilai Sosiologis, Fakta Sosial
MAKNA TUTUR DALAM “MANGUPA-NGUPA” PADA PERKAWINAN ADAT BATAK MANDAILING DI KECAMATAN MEDAN DENAI : SUATU KAJIAN PRAGMATIK. Yeni Yuvita Siregar; Inayah Hanum
JURNAL SASTRA INDONESIA (SASINDO) Vol 5, No 2 (2016): JURNAL SASINDO
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/sasindo.v5i2.3948

Abstract

Penelitian ini membahas tentang makna tuturan yang terdapat dalam mangupa-ngupa pada perkawinan adat Batak Mandailing, bertujuan untuk mengetahui apa saja jenis tindak tutur yang digunakan pada upacara perkawinan adat Batak Mandailing di Kecamatan Medan Denai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif.Teknik pengumpulan data adalah dengan teknik wawancara, teknik observasi dan teknik dokumentasi.Teknik analisis data adalah dengan mempersiapkan objek kajian, mengidentifikasi dan menerjemahkan data kedalam bahasa Indonesia, melakukan pengamatan terhadap kata ataupun kalimat, mengklasifikikasikan data, dan kemudian melakukan kesimpulan.Hasil penelitian ditemukan jenis tindak tutur lokusi terdiri dari bentuk pernyataan dan bentuk pertanyaan dengan jumlah sebanyak 3 tuturan, tindak tutur ilokusi terdiri dari ilokusi assertif, ilokusi direktif, ilokusi komisif, ilokusi ekspresif dan ilokusi deklaratif dengan jumlah sebanyak 10 tuturan dan tindak tutur perlokusi terdiri dari perlokusi verbal dengan jumlah sebanyak 2 tuturan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa, tindak ilokusi lebih mendominasi dibandingkan dengan tindak lokusi dan perlokusi.   Kata kunci:Upacara, Mangupa, Tindak Tutur

Page 1 of 1 | Total Record : 3


Filter by Year

2016 2016


Filter By Issues
All Issue Vol. 14 No. 2 (2025): JURNAL SASTRA INDONESIA (SASINDO) EDISI AGUSTUS Vol. 14 No. 1` (2025): JURNAL SASTRA INDONESIA (SASINDO) EDISI APRIL Vol. 13 No. 3 (2024): JURNAL SASTRA INDONESIA (SASINDO) EDISI DESEMBER Vol 13, No 2 (2024): JURNAL SASTRA INDONESIA (SASINDO) EDISI AGUSTUS Vol. 13 No. 2 (2024): JURNAL SASTRA INDONESIA (SASINDO) EDISI AGUSTUS Vol. 13 No. 1 (2024): JURNAL SASTRA INDONESIA (SASINDO) EDISI APRIL Vol 13, No 1 (2024): JURNAL SASTRA INDONESIA (SASINDO) EDISI APRIL Vol 12, No 3 (2023): JURNAL SASTRA INDONESIA (SASINDO) EDISI DESEMBER Vol. 12 No. 3 (2023): JURNAL SASTRA INDONESIA (SASINDO) EDISI DESEMBER Vol 12, No 2 (2023): JURNAL SASTRA INDONESIA (SASINDO) EDISI AGUSTUS Vol. 12 No. 2 (2023): JURNAL SASTRA INDONESIA (SASINDO) EDISI AGUSTUS Vol 12, No 1 (2023): JURNAL SASTRA INDONESIA (SASINDO) EDISI APRIL Vol 11, No 2 (2022): JURNAL SASINDO Vol 11, No 1 (2022): JURNAL SASINDO Vol 10, No 2 (2021): JURNAL SASINDO Vol 10, No 1 (2021): JURNAL SASINDO Vol 9, No 2 (2020): JURNAL SASINDO Vol 9, No 1 (2020): JURNAL SASINDO Vol 8, No 2 (2019): JURNAL SASINDO Vol 8, No 1 (2019): JURNAL SASINDO Vol 7, No 2 (2018): JURNAL SASINDO Vol 7, No 1 (2018): JURNAL SASINDO Vol 6, No 2 (2017): Jurnal Sasindo Vol 6, No 1 (2017): Jurnal Sasindo Vol 5, No 2 (2016): JURNAL SASINDO Vol 5, No 1 (2016): JURNAL SASINDO Vol 4, No 3 (2015): JURNAL SASINDO Vol 4, No 2 (2015): JURNAL SASINDO Vol 4, No 1 (2015): JURNAL SASINDO Vol 3, No 4 (2014): JURNAL SASINDO Vol 3, No 3 (2014): JURNAL SASINDO Vol 3, No 2 (2014): JURNAL SASINDO Vol 3, No 1 (2014): JURNAL SASINDO Vol 2, No 4 (2013): Jurnal Sasindo Vol 2, No 3 (2013): Jurnal Sasindo Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Sasindo Vol 2, No 1 (2013): Jurnal Sasindo Vol 1, No 01 (2012): Jurnal Sasindo Vol 1, No 3 (2012): Jurnal Sasindo Vol 1, No 2 (2012): Jurnal Sasindo More Issue