cover
Contact Name
St Maryam H
Contact Email
stmaryam@umi.ac.id
Phone
+628982908899
Journal Mail Official
stmaryam@umi.ac.id
Editorial Address
Jl. Urip Sumoharjo No.km.5, Panaikang, Kec. Panakkukang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90231
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
UNDERPASS Journal of Civil Engineering, Applied Sciences, and Technology
ISSN : 25974815     EISSN : 27986500     DOI : -
Core Subject : Engineering,
UNDERPASS Journal of Civil Engineering, Applied Sciences, and Technology is an international language national journal that publishes the best peer-reviewed research in all fields of science and technology based on originality, importance, interdisciplinary interest, timeliness, accessibility, elegance and surprising conclusions. UNDERPASS provides fast, authoritative, insightful and engaging news and interpretations and interpretations of topical and upcoming trends that will impact science, scientists and society at large. UNDERPASS Journal of Civil Engineering, Applied Sciences, and Technology is an electronic journal (e-ISSN) in 2021 which is an improvement change from the flyover journal which previously used the Print ISSN (p-ISSN) starting in 2017.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 2 (2019): Flyover Vol 3 Issue 2 November 2019" : 8 Documents clear
ANALYSIS OF THE NEED FOR GIANT EXTRA DEPART PARKING SPACE UNIT. STORE AT JL AP. MAKASSAR CITY PETTARANI Maryam H; Rabiul Awal R; Lambang Basri Said
UNDERPASS Journal of Civil Engineering, Applied Sciences, and Technology Vol. 3 No. 2 (2019): Flyover Vol 3 Issue 2 November 2019
Publisher : Moeslim Indonesian University (UMI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (549.343 KB)

Abstract

kurangnya pengetahuan serta tidak adanya kesadaran tentang tata cara parkir mengakibatkan pengaturan kendaraan masih dilakukan sepenuhnya oleh pemilik kendaraan. Keadaan tersebut berpengaruh terhadap tingkat kelancaran pelayanan pada jalan di depan Giants Pettarani. Namun pada suatu pusat perbelanjaan, pengaturan kendaraan dilakukan oleh Pengelola. Maka ketersediaan ruang untuk parkir sangat perlu di tata dengan sebaik-baiknya agar ketersediaan lahan tersebut dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin karena parkir yang kurang nyaman seringkali menjadi sebab digunakannya badan jalan (on street) sebagai ruang untuk parkir dan tentunya menimbulkan masalah keselamatan dan kemacetan karena menutup satu atau dua buah lajur, mempersempit ruang jalan, dan mengurangi jarak pandang Pengendara. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan analisis kuantitatif merupakan jenis studi kasus dengan survey dan observasi langsung di lapangan guna mengetahui satuan ruang parkir Giants Extra Dept. Store di JL AP Pettarani Kota Makassar. Hasil penelitian menunjukkan karakteristik parkir : volume puncak sebesar 920, akumulasi parkir kumulatif sebesar 54, durasi parkir kumulatif selama 9 jam 40 menit, rata-rata durasi parkir selama 2 jam 35 menit, pergantian parkir pada basemen area sebesar 0.29 dan untuk pelataran parkir roda dua sebesar 0.2 dan jumlah ruang parkir yang dibutuhkan untuk sepeda motor sebanyak 17 ruang dengan indeks parkir kumulatif sebesar 0.081081 dan dapat disimpulkan bahwa area parkir sekarang masih dapat menampung kendaraan parkir. Hal ini ditunjukkan bahwa area parkir yang tersedia seluas 2016 m2 > area parkir yang digunakan yakni 1232,5 m2.
EVALUATION OF MAIN CHANNEL SECTION CAPACITY SANREGO IRRIGATION AREA, BONE DISTRICT Hermin Mandio Bundu; Ratna Musa; hanafi ashad
UNDERPASS Journal of Civil Engineering, Applied Sciences, and Technology Vol. 3 No. 2 (2019): Flyover Vol 3 Issue 2 November 2019
Publisher : Moeslim Indonesian University (UMI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (598.64 KB)

Abstract

Menurut Peraturan Pemerintah No. 20 tahun 2006 tentang Irigasi dinyatakan bahwa fungsi irigasi adalah untuk mendukung produktivitas pertanian dalam rangka ketahanan pangan nasional dan kesejahteraan masyarakat khususnya kepada para petani. Guna lebih mengoptimalkan kondisi yang ada untuk keberhasilan system irigasi secara terus menerus serta mengupayakan keberlangsungan sistem irigasi maka hal tersebut perlu tetap ditumbuh kembangkan dan ditingkatkan untuk mengoptimalkan produksi pertanian demi kesejahteraan rakyat khususnya masyarakat di daerah studi. Daerah Irigasi Sanrego yang terletak di Kecamatan Kahu, Kabupaten Bone. Dari perencanaan awal luas areal potensialnya 9457 ha namun layanannya tidak meliputi seluruh areal yang direncanakan. Jaringan utama hanya melayani areal potensial seluas 6579 ha yang dilayani oleh air dari Bendung Sanrego sedangkan areal potensial yang terletak di bagian hilir seluas 2878 ha belum terlayani masih berupa sawah tadah hujan karena keterbatasan ketersediaan air yang ada di Bendung Sanrego. Dengan telah dilaksanakannya Studi Kelayakan Pembangunan Bendungan Sanrego tahun 2015 dimana dari hasil analisis keseimbangan air, dengan tampungan waduk yang direncanakan mampu melayani areal rencana awal yakni seluas 9457 ha sudah termasuk areal potensial seluas 2.878 ha pada bagian hilir maka perlu dievaluasi kembali dimensi penampang saluran Induk Sarego yang merupakan penghubung ke areal potensial pada bagian hilir Daerah Irigasi Sanrego yang disesuaikan dengan kebutuhan air irigasi di sawah kondisi saat ini
STUDY OF THE EFFECT OF LAND COVER CHANGES ON SEDIMENTATION IN LAKE TEMPE WITH ARCSWAT MODEL Mohammad Fatkhur Rohman; Ratna Musa; hanafi ashad
UNDERPASS Journal of Civil Engineering, Applied Sciences, and Technology Vol. 3 No. 2 (2019): Flyover Vol 3 Issue 2 November 2019
Publisher : Moeslim Indonesian University (UMI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (597.579 KB)

Abstract

Akumulasi jumlah sedimen dalam jumlah besar yang masuk ke dalam danau merupakan masalah serius yang dapat mengancam kelestarian danau, sebagaimana yang terjadi pada Danau Tempe. Salah satu penyebab meningkatnya erosi dan sedimentasi adalah adanya perubahan penutupan lahan pada DAS. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pola perubahan penutupan lahan pada DAS Bila-Walanae pada tahun 1990, 2000, 2009, dan 2016, menganalisis dampak perubahan tersebut terhadap debit aliran, dan sedimen yang masuk ke Danau Tempe, serta untuk menilai kinerja pengelolaan DAS. Hasil simulasi dengan model ArcSWAT menunjukkan bahwa perubahan penutupan lahan menyebabkan pada meningkatnya debit aliran dan hasil sedimen. Debit aliran rata-rata tahunan yang masuk ke Danau Tempe sebesar 175.1 m3/dt pada kondisi penutupan lahan tahun 1990, meningkat berturut-turut menjadi 223.2 m3/dt, 223.5 m3/dt dan 223.9 m3/dt, pada kondisi penutupan lahan tahun 2000, 2009, dan 2016. Jumlah sedimen yang masuk ke danau rata-rata sebesar 1.61 juta ton/tahun pada kondisi penutupan lahan tahun 1990, meningkat berturut-turut menjadi 1.86 juta ton/tahun, 1.88 juta ton/tahun dan 1.92 juta ton/tahun, pada kondisi penutupan lahan tahun 2000, 2009, dan 2016. Penilaian kinerja pengelolaan DAS Bila Walanae dari penggunaan lahan masuk dalam katagori sedang, dari pengendalian erosi dan sedimentasi masuk kategori jelek, dari kriteria tata air bisa dikategorikan baik.
RISK MANAGEMENT ANALYSIS OF THE SP. ROAD CONSTRUCTION PROJECT. PERDAU – PLB. ROGGANG (SANGKULIRANG) REGENCY. EAST KUTAI, EAST KALIMANTAN abd karim hadi; Gatot Suwarto
UNDERPASS Journal of Civil Engineering, Applied Sciences, and Technology Vol. 3 No. 2 (2019): Flyover Vol 3 Issue 2 November 2019
Publisher : Moeslim Indonesian University (UMI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (453.489 KB)

Abstract

pengelolaan risiko dari awal dimulainya suatu proyek hingga selesai yang dimulai dari identifikasi risiko secara aktif, lalu menilai tingkat level risiko-risiko tersebut sehingga didapatkan prioritas pengelolaannya, serta menentukan langkah-langkah penanganannya agar risiko dapat ditekan semaksimal mungkin. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengidentifikasi risiko selama pengerjaan proyek Rekonstruksi Jalan Sp.Perdau – Plb. Ronggang (Sangkulirang), (2) Menganalisa risiko yang paling dominan yang terjadi pada proyek Rekonstruksi Jalan Sp. Perdau – Plb. Ronggang (Sangkulirang) dalam rangka meningkatkan kinerja mutu proyek dan (3) Mengetahui respon risiko dari risiko yang paling dominan yang terjadi pada proyek Rekonstruksi Jalan Sp. Perdau – Plb. Ronggang (Sangkulirang). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Didapatkan 53 dari 95 variabel risiko yang terjadi pada pengerjaan proyek Preservasi rekonstruksi sp. Perdau-ma. Lembak-pelabuhan ronggang (sangkulirang), (2) risiko yang dominan pada proyek ini adalah dengan menggunakan tabel Probablity x Impact terhadap biaya maupun terhadap waktu. Dari analisa tersebut didapatkan 9 variabel risiko yang terjadi dan menimbulkan dampak yang signifikan terhadap biaya
PERFORMANCE ANALYSIS OF THE NATIONAL ROAD NETWORK: CASE STUDY OF MAROS - PANGKEP Maryam H; Lambang Basri Said; Muhammad Ahyuddin
UNDERPASS Journal of Civil Engineering, Applied Sciences, and Technology Vol. 3 No. 2 (2019): Flyover Vol 3 Issue 2 November 2019
Publisher : Moeslim Indonesian University (UMI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (359.14 KB)

Abstract

Terganggunya kelancaran lalu lintas ini disebabkan oleh aktifitas keluar masuknya kendaraan dari atau menuju Grand Mall Maros dan hambatan samping yang menyebabkan berkurangnya lebar efektif badan jalan, turunnya kinerja ruas jalan, konflik lalu lintas dan meningkatnya hambatan atau delay. Data yang diperlukan pada studi ini berupa : (a) Data primer yang diperoleh dari hasil survai langsung di lapangan. (b) Data sekunder yang diperoleh dari instansi pemerintah atau swasta. Dalam analisis kinerja ruas jalan menggunakan panduan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (1997). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja ruas jalan Poros Makassar Maros tepatnya di Km 23+000 dengan beroperasinya grand Mall Maros, diwaktu tertentu diperoleh nilai derajat kejenuhan 1,57 atau 157% dari kapasitas Jalan yang ada dan tidak memenuhi syarat derajat kejenuhan MKJI 1997 pada tingkat pelayanan F dimana sering terjadi kemacetan.
ANALYSIS OF FACTORS AFFECTING DELAYS IN PRESERVATION PROJECTS ROADS GUSIQ - SP. BLUSUH abd karim hadi; hanafi ashad; Taufiq Ramadhan
UNDERPASS Journal of Civil Engineering, Applied Sciences, and Technology Vol. 3 No. 2 (2019): Flyover Vol 3 Issue 2 November 2019
Publisher : Moeslim Indonesian University (UMI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (337.627 KB)

Abstract

Suatu proyek cenderung akan mengalami keterlambatan apabila perencanaan dan pengendalian tidak dilakukan dengan tepat. Berbagai hal dapat terjadi dalam proyek konstruksi yang dapat menyebabkan bertambahnya waktu pengerjaan, sehingga penyelesaian proyek menjadi terlambat. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengidentifikasi Peristiwa-peristiwa risiko yang masuk dalam kategori tinggi pada pelaksanaan proyek Preservasi Jalan Gusiq -Sp. Blusuh, (2) Menganalisis dampak peristiwa resiko tersebut terhadap pelaksanaan proyek Preservasi Jalan Gusiq -Sp. Blusuh. Dan (3) Menganalisis Tindakan yang harus diambil untuk mengatasi risiko-risiko terhadap pelaksanaan proyek Preservasi Jalan Gusiq -Sp. Blusuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Peristiwa-peristiwa risiko yang masuk dalam kategori tinggi pada pelaksanaan proyek Preservasi Jalan Gusiq -Sp. Blusuh adalah Keterlambatan pengiriman bahan Ke lokasi proyek (X1) dan (X24) Organisasi yang jelek pada kontraktor dan konsultan;, (2) Adapun tindakan yang harus diambil untuk mengatasi risiko-risiko pada semua aspek pelaksanaan tersebut, yaitu dimulai ketika proses planning, dimana semua aspek harus direncanakan dengan sebaik-baiknya agar tidak terjadi kesalahan yang berimbas pada saat pelaksanaan. Pada proses executing agar semua yang telah direncanakan akan menjadi acuan pelaksanaan, akan tetapi tidak semua apa yang direncanakan akan berjalan sesuai dengan kondisi saat pelaksanaan, hal itu bisa terjadi oleh kondisi lapangan yang berbeda dengan ketika pada saat perencanaan, atau terdapat kesalahan dalam perencanaan. Untuk itu perlu dilakukan proses controlling untuk memastikan bahwa apa yang direncanakan sesuai dengan yang dilaksanakan. Monitoring dan evaluasi akan menjadi tools dan pertimbangan untuk melakukan tindakan yang diperlukan dalam pelaksanaan pekerjaan. Lalu Perlu dibuat prosedur dan instruksi kerja pada setiap aktifitas, baik pada proses perencanaan, pelaksanaan, maupun proses pengendalian. Prosedur dan instruksi kerja tersebut dipastikan dipahami dan dijalankan oleh semua pihak yang terlibat dengan cara sosialisasi dan audit dari implementasinya.
PERFORMANCE ANALYSIS OF ROAD PROVINCE MAKASSAR - GOWA: (Case Study Jl. Tun Abdul Razak) Km. 11+500 – Km. 12+ 500 Maryam H; Arif Ali
UNDERPASS Journal of Civil Engineering, Applied Sciences, and Technology Vol. 3 No. 2 (2019): Flyover Vol 3 Issue 2 November 2019
Publisher : Moeslim Indonesian University (UMI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (511.776 KB)

Abstract

Jalan Tun Abdul Razak dengan panjang 1,0 km mulai dari Km 11 + 500 sampai dengan Km 13+ 500, merupakan Jalan Propinsi yang menjadi wewenang Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Sulsel ibukota Propinsi Sulawesi Selatan dengan beberapa Propinsi di Sulawesi diantaranya Kabupaten Gowa dan Kota Makassar Letak Jl. Tun Abdul Razak / Gowa yang menjadi titik penelitian pada tesis ini Penelitian ini adalah sebagai berikut : panjang antrian , waktu tundaan rata-rata yang terjadi akibat adanya aktivitas kendaraan memutar arah serta menganalisis kapasitas dan kinerja lalu lintas pada ruas jalan( 1 ).Bagaimana fenomena panjang antrian pada ruas jalan Jl. Tun Abdul Razak kabupaten Gowa mulai STA 11 + 500 sampai STA 12 + 500 (2.) Waktu tundaan rata – rata yang terjadi akibat adanya aktivitas kendaraaan memutar arah dikarenakan hanya terdapat 1 U-Turn. Tujuan dari penulisan ini adalah(1)Menganalisa fenomena antrian dari pola pergerakan kendaraan Jl. Tun Abdul Razak / Gowa (Km 11+500 – Km 12+500) saat ini.(2)Menganalisis waktu tundaan rata-ratayang terjadi akibat kendaraan putar balik arah ( U- Turn )(3).Merumuskan jangka pendek, menengah serta jangka panjang dalam pengembangan kinerja jalan tersebut. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut(1)Tingkat Antrian yang terjadi pada Jam Puncak pada Ruas Jalan Tun Abdul Razak Km 11+500 sampai 12+500 sangat Panjang dikarenakan lebar badan jalan yang masih sempit yaitu 5,22 m dan tempat untuk memutar balik kendaraan ( U – Turn ) hanya terdapat 1 tempat.(2)Jumlah kendaraan yang dipengaruhi dan tundaan yang terjadi mengikuti distribusi poison, analisa dilakukan untuk setiap arus lalu lintas.
ANALYSIS OF STRESS IN CONCRETE SECTIONS USING THE FINITE ELEMENT METHOD hanafi ashad; abd karim hadi; Ahmad Yani
UNDERPASS Journal of Civil Engineering, Applied Sciences, and Technology Vol. 3 No. 2 (2019): Flyover Vol 3 Issue 2 November 2019
Publisher : Moeslim Indonesian University (UMI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (684.134 KB)

Abstract

Secara umum Analisa Tegangan Pada Penampang Beton Dengan Methoda Elemen Hingga dapat dijumpai pada beberapa macam analisa jenis tegangan, salah satu adalah perilaku struktur pada balok beton, ditinjau dari segi pembebanan baik vertikal maupun horizontal memerlukan beberapa transformasi tahapan yang sangat signifikan dengan penganalisaan struktur balok beton.Tujuan dari penulisan ini adalah : 1.Memperkenalkan methoda Elemen Hingga pada balok tinggi (deep beam) dengan perbandingan antara tinggi dan bentang lebih dari 2/5 untuk balok menerus dan lebih dari 4/5 untuk balok atas dua tumpuan.2. Mengidentifikasi selisih besaran tegangan yang terjadi dalam menganalisa penampang beton(balok) dengan methoda elemen hingga. Hasil dari penulisan ini menunjukkan bahwa Analisa Tegangan Pada penampang Beton Dengan Metoda Elemen Hingga adalah sebagai berikut :Besaran tegangan yang terjadi pada elemen 1 dan elemen 2 mempunyai besaran yang berbeda, tapi dengan bahan yang sama.,Besaran tegangan dan sifat yang terjadi pada elemen 1 dan elemen 2 mempunyai besaran dan sifat yang berbeda.

Page 1 of 1 | Total Record : 8