cover
Contact Name
Syarif Hidayatullah
Contact Email
jurnaltesla@unmer.ac.id
Phone
+6282141415790
Journal Mail Official
syarif_ok@yahoo.com
Editorial Address
Jl. Bandung No. 1, Kota Malang, Jawa Timur, 65146, Indonesia Phone: 082141415790
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Pariwisata Tourista
ISSN : -     EISSN : 30636876     DOI : -
Jurnal Perhotelan, Destinasi dan Perjalanan Wisata (Jurnal Tesla) is published by the Diploma Program in Tourism at the Merdeka University of Malang as a periodical which provides information and analysis of tourism issues (Hospitality, Tourism Destinations and Travel). This journal is open to academics, practitioners and is devoted to student research (thesis) that has been completed and final exam revisions. This journal is popular scientific in nature which includes theoretical thoughts and empirical research. The editorial team accepts scientific works in the form of research results or articles, including development ideas, especially in the field of tourism.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2024): April 2024" : 6 Documents clear
Pengaruh Citra Destinasi Dan Electronic Words Of Mouth Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Di Kampung Adat Raja Prailiu Dengan Minat Berkunjung Sebagai Variabel Mediasi Riwu, Rexine Yeralvany; Anggraini, Dhita Paramita; Anam, Mochammad Musafa'ul
Jurnal Pariwisata Tourista Vol 4, No 1 (2024): April 2024
Publisher : University of Merdeka Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26905/jt.v4i1.13502

Abstract

Kampung Adat Raja Prailiu merupakan desa wisata yang terletak di Kabupaten Sumba Timur yang masih terus mempertahankan budaya dan adat istiadatnya secara turun temurun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh citra destinasi dan electronic words of mouth terhadap keputusan berkunjung wisatawan di Kampung Adat Raja Prailiu dengan minat berkunjung sebagai variabel mediasi. Populasi dalam penelitian ini adalah wisatawan mancanegara dan domestik yang berkunjung ke Kabupaten Sumba Timur tahun 2022 sejumlah 34.896 wisatawan. Penarikan jumlah sampel dengan menggunakan rumus Slovin sehingga diperoleh sejumlah 100 responden. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Analisis Jalur (Path Analysis). Hasil analisis diperoleh citra destinasi berpengaruh terhadap minat berkunjung wisatawan, electronic words of mouth berpengaruh terhadap minat berkunjung wisatawan, citra destinasi tidak berpengaruh terhadap keputusan berkunjung wisatawan, electronic words of mouth berpengaruh terhadap keputusan berkunjung wisatawan, minat berkunjung wisatawan berpengaruh terhadap keputusan berkunjung wisatawan, citra destinasi berpengaruh terhadap keputusan berkunjung wisatawan melalui minat berkunjung wisatawan, electronic words of mouth berpengaruh terhadap keputusan berkunjung wisatawan melalui minat berkunjung wisatawan.
Pengaruh Attraction, Accessibility, Amenity, Ancillary Terhadap Minat Berkunjung Kembali Wisatawan Di Destinasi Wisata Pantai Gemah Kabupaten Tulungagung Pangayomaningrum, Sephia Lintang; Astuti, Widji; Krisnanda, Rulli
Jurnal Pariwisata Tourista Vol 4, No 1 (2024): April 2024
Publisher : University of Merdeka Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26905/jt.v4i1.13742

Abstract

Jawa Timur memiliki banyak tempat tujuan wisata yang memiliki potensi besar salah satunya wisata pantai. Salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan di Kabupten Tulungagung ialah Wisata Pantai Gemah. Penelitian ini menguji pengaruh Attraction, Accessibility, Amenity, Ancillary Destinasi Wisata Pantai Gemah terhadap Minat Berkunjung Kembali Wisatawan. Populasi penelitian adalah wisatawan yang telah berkunjung ke Wisata Pantai Gemah Tulungagung dengan sampel sejumlah 100 responden. Teknik analisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian diperoleh bahwa variabel attraction dan ancillary berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap minat berkunjung wisatawan, sedangkan accessibility dan amenity berpengaruh signifikan secara parsial terhadap minat berkunjung wisatawan. Keempat variabel bebas memiliki pengaruh simultan terhadap minat berkunjung wisatawan, dan pada pengujian hipotesis diketahui bahwa attraction merupakan variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap minat berkunjung wisatawan ke wisata pantai gemah Tulungagung. Hal ini dapat disimpulkan bahwa ketika wisatawan berminat untuk mengunjungi wisata gemah Tulungagung yang paling diinginkan adalah melihat dan menikmati atraksi wisata yang ada di wisata pantai tersebut.
Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Revisit Intention Wisatawan Di Taman Edelweis Wonokitri Effsash, Frea Kalyanera; Puspitasari, Reny; Setioko, Muhammad Danang
Jurnal Pariwisata Tourista Vol 4, No 1 (2024): April 2024
Publisher : University of Merdeka Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26905/jt.v4i1.13761

Abstract

Pariwisata mempunyai peranan penting bagi pertumbuhan ekonomi suatu daerah. Salah satu tujuan wisata yang saat ini sedang banyak diminati wisatawan adalah taman wisata. Taman Wisata Edelweis menjadi salah satu tujuan wisata yang terletak di kawasan konservasi Bromo Tengger Semeru. Taman wisata ini menawarkan keindahan alam disekitar tempat wisata dan mengajarkan tentang edukasi tanaman edelweis. Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Revisit Intention Wisatawan Di Tamamn Edelweis Wonokitri. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif melalui penyebaran kuesioner. Sampel dipilih dengan metode Simple Random Sampling diperoleh 100 responden melalui rumus Slovin. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan produk dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung kembali ditunjukkan dengan hasil sebesar 26,7% dan promosi adalah variabel paling berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung kembali ke Desa Wisata Edelweis Wonokitri Pasuruan.
Pengaruh Promosi Sosial Media Terhadap Minat Berkunjung Di Museum Mpu Purwa Kota Malang Sepira, Assy; Estikowati, Estikowati; Alvianna, Stella; Lasarudin, Alwin
Jurnal Pariwisata Tourista Vol 4, No 1 (2024): April 2024
Publisher : University of Merdeka Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26905/jt.v4i1.13503

Abstract

Museum Mpu Purwa Kota Malang memiliki akun media sosial berupa Instagram bernama @museum_mpupurwa. Akun tersebut memiliki berbagai artikel, gambar, dan video yang diunggah dengan informasi tentang Museum Mpu Purwa. Promosi Sosial Media menjadi salah satu faktor yang berperan besar terhadap minat berkunjung di Museum Mpu Purwa Kota Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh promosi media sosial terhadap minat berkunjung di Museum Mpu Purwa Kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini adalah membagikan kuesioner melalui google form dengan menggunakan skala likert. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan kriteria responden berusia 17 tahun ke atas. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 80 responden. Metode uji yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan pada promosi sosial media terhadap minat berkunjung di Museum Mpu Purwa Kota.
Pengaruh Media Sosial Instagram Dan Citra Destinasi Terhadap Kepuasan Berkunjung Wisatawan Ke Objek Wisata Kelabba Madja Sabu Raijua (Nusa Tenggara Timur) Wenyi, Novita Indahsari; Sugeha, Anisa Zuhria; 'Ulya, Ayu Fitriatul; Asrofi, Asrofi
Jurnal Pariwisata Tourista Vol 4, No 1 (2024): April 2024
Publisher : University of Merdeka Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26905/jt.v4i1.13498

Abstract

Pertumbuhan teknologi yang semakin meningkat di era modern saat ini menjadikan setiap orang sangat bergantung pada gadget dan media sosial guna mencari indormasi dalam bidang apapun, salah satunya dalam bidang pariwisata. Wisatawan akan mencari informasi melalui media sosial khususnya instagram terkait tempat wisata yang akan dikunjungi. Dengan adanya media sosial instagram akan mempermudah wisatawan mendapatkan informasi terkait objek wisata Kelabba madja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengannalisis Pengaruh media Sosial Instagram dan Citra Destinasi Terhadap kepuasan Berkunjung Wisatawan. Populasii dalam penelitian ini adalah pengunjung yang pernah datang ke objek wisata Kelabba Madja sebesar 95 responden. Data yang diperoleh merupakan hasil dari penyebaran kuesioner dan diolah menggunakan SPSS. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan Analisis Deskriptif Responden, Deskriptif Variabel, Uji Validitas dan Realibilitas, Uji Asumsi Klasik, Uji Regresi Linear Berganda, dan Uji Hipotesis. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa variabel Media Sosial (X1) dan Citra Destinasi (X2) secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Wisatawan (Y).
Pengaruh Harga, Atraksi Wisata dan Customer Experience Terhadap Kepuasan Pengunjung Outbound Training Di Appel Sun Learning Center, Bumiaji, Kota Batu Eviviani, Salvonia; Rachmadian, Aprillia; Puspawigati, Ani; Sandhubaya, Gilang
Jurnal Pariwisata Tourista Vol 4, No 1 (2024): April 2024
Publisher : University of Merdeka Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26905/jt.v4i1.13499

Abstract

Objek wisata yang banyak bermunculan akan menyebabkan banyak pesaing dalam usaha pariwisata, sehingga setiap perusahaan atau para pelaku usaha pariwisata harus mengambil langkah-langkah strategis untuk meningkatkan daya saing perusahaan, karena di era modernisasi ini persaingan usaha pariwisata semakin ketat, oleh karena itu diperlukan inovasi dan strategi yang tepat untuk meningkatkan jumlah pengunjung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui apakah harga, atraksi wisata, customer experience berpengaruh terhadap kepuasan pengunjung outbound training di Appel Sun Learning Center, Bumiaji, Kota Batu. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pengunjung yang berkunjung ke wisata outbound di Appel Sun Learning Center dengan sampel sebanyak 100 orang responden. Data yang diperoleh merupakan hasil dari penyebaran kuesioner dan diolah melalui aplikasi SPSS. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa variabel harga (X1) secara parsial maupun simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengunjung (Y). Variabel atraksi wisata (X2) secara parsial maupun simultan berpengaruh signifikan kepuasan pengunjung (Y). Variabel customer experience (X3) menunjukkan bahwa secara parsial maupun simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengunjung (Y). Semua variabel independen yaitu harga, atraksi wisata dan customer experience bernilai positif terhadap kepuasan pengunjung outbound training di Appel Sun Learning Center, Bumiaji, Kota Batu.

Page 1 of 1 | Total Record : 6