cover
Contact Name
Rofiqoh Firdausi
Contact Email
rofiqoh.firdausi@uniramalang.ac.id
Phone
+62341-399099
Journal Mail Official
ebtida@uniramalang.ac.id
Editorial Address
Fakultas Ilmu Keislaman, Universitas Islam Raden Rahmat, Malang. Jl. Raya Mojosari No. 02, Kepanjen - Malang, Jawa Timur
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
EBTIDA' : Jurnal Pendidikan Dasar Islam
ISSN : 27988309     EISSN : 27987531     DOI : https://doi.org/10.33379/ebtida.v1i1
Core Subject : Education, Social,
EBTIDA: Journal of Islamic Basic Education is an open peer-reviewed journal published by the Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education Study Program (PGMI) Faculty of Islamic Sciences, Raden Rahmat Islamic University (UNIRA) Malang. This journal contains scientific manuscripts on Islamic Basic Education studies, both literature studies and field studies published in Indonesian with two abstracts: Indonesian and English. This journal is published twice a year, Juny and December. We invite researchers, lecturers, students, teachers, professionals, and anyone else to share their knowledge in the form of theoretical and empirical research papers on Islamic Basic Education.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 1 (2024): June 2024" : 7 Documents clear
Crossword Puzzle Gambar sebagai Sarana Peningkatan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi pada Pembelajaran Tematik Istiqomah, Hijatul Hana; Khaeroni, Khaeroni; Meiliawati , Fithri
EBTIDA': Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol 4 No 1 (2024): June 2024
Publisher : Universitas Islam Raden Rahmat Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33379/ebtida.v4i1.4403

Abstract

Pemanfaatan media yang sesuai dengan preferensi siswa, yang ditandai dengan keterlibatan dan stimulasi, memiliki implikasi signifikan bagi pengembangan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa, yang berpotensi memengaruhi kelangsungan keterampilan berpikir tingkat rendah di antara siswa. Dalam konteks pembelajaran tematik, tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan menghasilkan Crossword Puzzle Gambar sebagai bentuk media untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Metode penelitian dan pengembangan menggunakan desain pengembangan model ADDIE. Kuesioner kelayakan produk digunakan untuk memverifikasi validitas produk dan desain pembelajaran, serta kuesioner keterampilan berpikir tingkat tinggi untuk mengevaluasi efektivitas produk. Dengan skor IRR sebesar 90%, temuan menunjukkan bahwa nilai kelayakan produk berada dalam kisaran sangat layak. Media Crossword Puzzle Gambar secara efektif meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa seperti yang dibuktikan dengan skor rata-rata 3,75 dan TCR sebesar 93,75% pada tes kemampuan berpikir tingkat tinggi
Enhancing Reading Skills Using Word Card Media in Elementary Schools Anggraini, Sabina Aulia; Zahroh, Siti Fatimatul; Juwanda, Azi; Juhji, Juhji
EBTIDA': Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol 4 No 1 (2024): June 2024
Publisher : Universitas Islam Raden Rahmat Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33379/ebtida.v4i1.4404

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan media kartu kata untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa sekolah dasar. Metodologi yang digunakan melibatkan tinjauan literatur yang komprehensif, menggabungkan analisis kritis dari berbagai sumber akademis yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media kartu kata secara signifikan meningkatkan minat dan kemampuan membaca siswa. Peningkatan ini dibuktikan dengan kemajuan penting dalam kecepatan membaca, pemahaman teks, dan antusiasme belajar secara keseluruhan. Media kartu kata menciptakan lingkungan belajar yang interaktif dan menyenangkan, yang pada gilirannya meningkatkan keterlibatan dan motivasi siswa. Selain itu, penggunaan kartu kata memfasilitasi pengajaran yang berbeda, memenuhi beragam kebutuhan belajar siswa dan memungkinkan pengalaman belajar yang dipersonalisasi. Sifat interaktif dari kegiatan kartu kata mendorong kolaborasi teman sebaya dan partisipasi aktif, yang selanjutnya memperkuat keterampilan membaca dan menumbuhkan sikap positif terhadap pembelajaran. Oleh karena itu, disarankan agar pendidik mengintegrasikan media kartu kata ke dalam strategi pembelajaran mereka untuk mengatasi tantangan literasi secara efektif dan meningkatkan kinerja akademik siswa sekolah dasar.
IMPLEMENTASI METODE PJBL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS PADA SISWA SEKOLAH DASAR mutiarani, shopia; Haerunnisa; Oman Farhurohman
EBTIDA': Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol 4 No 1 (2024): June 2024
Publisher : Universitas Islam Raden Rahmat Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33379/ebtida.v4i1.4441

Abstract

Fokus tujuan studi ini adalah untuk melihat bagaimana model pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di sekolah dasar dengan membuat mereka berpartisipasi aktif berpartisipasi dalam pembelajaran dan memasukkan kemampuan berpikir kritis mereka ke dalam proyek yang relevan. Selain itu, penelitian ini juga menyelidiki literatur yang relevan tentang bagaimana model ini berhasil meningkatkan kemampuan siswa untuk berpikir kritis. Namun, masalah seperti kesiapan guru dan perencanaan yang cermat juga muncul saat menerapkan model ini. Studi ini juga memberi tahu guru tentang cara menggunakan model pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar.
PERAN DAN RAGAM JENIS BAHAN AJAR (CETAK DAN NON CETAK) YANG RELEVAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA DAN SENI BUDAYA DI SDI SURYA BUANA MALANG Dwi Hasanah, Kartini; Dewi Anita Silvina Wahab; Jazilatun Nawali; Helda Ivtari Savika; Mohammad Zubad Nurul Yaqin
EBTIDA': Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol 4 No 1 (2024): June 2024
Publisher : Universitas Islam Raden Rahmat Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33379/ebtida.v4i1.4478

Abstract

Abstrack This research will explore information about the importance of the role and various types of teaching materials (printed and non-printed) that are relevant in learning language and arts and culture at the basic education level, especially at the elementary school level, namely at SDI Surya Buana Malang. The research method used is qualitative research and literature study. Data was obtained through in-depth interviews with teachers, classroom observations, documentation, academic journals, books, articles and relevant research reports. The findings from the research show that there are various types of printed and non-printed teaching materials, supporting factors and challenges that influence the implementation of printed and non-printed teaching materials, the positive impact of the implementation of printed and non-printed teaching materials, and the implementation of teaching materials that are integrated between printed and non-printed. print language and arts and culture learning in Class 2 of SDI Surya Buana Malang. The aim of this research is to provide scientific treasures and an in-depth understanding of the role and various types of teaching materials (print and non-print) that are relevant in language and arts and culture learning at SDI Surya Buana Malang. In conclusion, the role of printed and non-printed teaching materials is very important to implement in the learning of Indonesian language and arts and culture at primary level schools, so that they are appropriate and achieve learning objectives. Therefore, it is recommended that all levels understand the role and implement printed and non-printed teaching materials in the learning process. Keywords: Variety, Role, Teaching Materials Abstrak Penelitian ini akan mengeksplor informasi tentang pentingnya peran dan ragam jenis bahan ajar (cetak dan non cetak) yang relevan dalam pembelajaran bahasa dan seni budaya dalam tingkat pendidikan dasar, khususnya di tingkat sekolah dasar yaitu di SDI Surya Buana Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dan studi literatur. Data diperoleh melalui wawancara mendalam dengan guru, observasi kelas, dokumentasi, jurnal akademik, buku, artikel, dan laporan penelitian yang relevan. Hasil temuan dari penelitian menunjukkan bahwa ragam jenis bahan ajar cetak dan non cetak, factor pendukung dan tantangan yang mempengaruhi implementasi bahan ajar cetak dan non cetak, dampak positif dari implementasi bahan ajar cetak dan non cetak, dan Implementasi bahan ajar yang diintegrasikan antara cetak dan non cetak pembelajaran Bahasa dan seni budaya di Kelas 2 SDI Surya Buana Malang. Tujuan dari penelitian ini memberikan khazanah keilmuan dan pemahaman yang mendalam tentang peran dan ragam jenis bahan ajar (cetak dan non cetak) yang relevan dalam pembelajaran bahasa dan seni budaya di SDI Surya Buana Malang. Kesimpulannya, bahwa peran bahan ajar cetak dan non cetak ini sangat penting diimplementasikan pada pembelajaran bahasa Indonesia dan Seni Budaya disekolah tingkat dasar, agar sesuai dan tercapai tujuan pembelajaran. Oleh karena itu, disarankan agar semua tingkat memahami peran dan menimpelemntasikan bahan ajar cetak dan non cetak pada proses pembelajaran. Kata kunci: Ragam, Peran, Bahan Ajar
IMPLEMENTASI HIDDEN CURRICULUM DALAM PEMBINAAN ADAB DAN AKHLAKUL KARIMAH SISWA Yulia Ayu Pramitasari; Saifuddin
EBTIDA': Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol 4 No 1 (2024): June 2024
Publisher : Universitas Islam Raden Rahmat Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33379/ebtida.v4i1.4580

Abstract

Kemerosotan akhlak merupakan femonena yang terjadi pada generasi bangsa Indonesia, baik pada anak-anak maupun pemuda hingga usia dewasa. Peran pendidikan bersifat fundamental dalam perbaikan akhlak untuk generasi yang akan datang. MI Sunan Kalijogo Karangbesuki Malang hadir dalam membersamai proses perbaikan tersebut melalui program pembinaan adab. Tujuan dari penelitian ini adalah: mendeskripsikan perencanaan program Hidden Curriculum proses pembinaan adab dalam membentuk akhlak karimah pada siswa Madrasah Ibtidayah Sunan Kalijogo Karangbesuki Malang; mendeskripsikan proses implementasi Hidden Curriculum pembinaan adab dalam membentuk akhlakul karimah siswa; mendeskripsikan proses evaluasi Hidden Curriculum pembinaan adab dalam membentuk akhlakul karimah siswa; mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat implementasi Hidden Curriculum pembinaan adab dalam membentuk akhlakul karimah siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis kualitatif model Miles dan Huberman dan Saldana. Hasil penelitian ini adalah pembinaan adab di MI Sunan Kalijogo Karangbesuki Malang telah terealisasikan melalui 3 tahap yaitu: 1). perencanaan berupa perumusan visi misi, rapat kerja yang bertujuan pembentukan program; 2). pelaksanaan, berupa kegiatan yang dilakukan di skeolah dan di rumah; dan 3). evaluasi program pembinaan adab tersebut evaluasi di dalam kelas melalui observasi yang nantinya akan dilaporkan dalam lembar monitoring adab siswa.
IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK DAN PENINGKATAN KINERJA GURU DI MI AL-KHOIRIYAH Lutfiatur Rofiah; Saifuddin
EBTIDA': Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol 4 No 1 (2024): June 2024
Publisher : Universitas Islam Raden Rahmat Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33379/ebtida.v4i1.4582

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan komponen kinerja guru Pendidikan Agama Islam MI Al-Khoiriyah Putukrejo Kecamatan Gondanglegi Kabupaten Malang yang disupervisi oleh kepala Madrasah.(2) Mendeskripsikan strategi/tehnik supervisi akademik kepala MI Al-Khoiriyah Putukrejo Kecamatan Gondanglegi Kabupaten Malang dalam meningkatkan kinerja Guru Pendidikan Agama Islam (3) Mendeskripsikan tindak lanjut supervisi akademik kepala MI Al-Khoiriyah Putukrejo Kecamatan Gondanglegi Kabupaten Malang dalam meningkatkan kinerja Guru Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis rancangan studi kasus. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tiga metode yaitu observasi, interview, dan dokumentasi. Analisis data melalui reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan kesimpulan data atau verifikasi (consclution drawing & verifying). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) komponen kinerja guru Pendidikan Agama Islam MI Al-Khoiriyah Putukrejo Kecamatan Gondanglegi Kabupaten Malang yang disupervisi oleh kepala madrasah: (a) kemampuan merencanakan pembelajran,(b) kemampuan melaksanakan pembelajaran,dan(c) kemampuan penilaian atau evaluasi pembelajaran(2) strategi /tehnik kepala MI Al-Khoiriyah Putukrejo Kecamatan Gondanglegi Kabupaten Malang dalam meningkatkan kinerja guru Pendidikan Agama Islam: Dalam melakukan proses supervisi kepala madrasah mengkolaborasikan antara teknik kelompok dengan teknik individu yang telah diterapkan di MI Al-Khoiriyah Putukrejo Kecamatan Gondanglegi Kabupaten Malang. (3) tindak lanjut supervisi akademik kepala MI Al-Khoiriyah Putukrejo Kecamatan Gondanglegi Kabupaten Malang dalam meningkatkan kinerja guru Pendidikan Agama Islam:(a) memberikan pengarahan pembinaan dan pembibingan tentang perencanaan pembelajaran yang direncanakan, pelaksanakan pembelajaran, pembuatan evaluasi pembelajaran. (b) kepala Madrasah memberikan kesempatan kepada guru Pendidikan Agama Islam mengikuti pelatihan pembuatan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan pembuatan evaluasi pembelajaran.
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN PADA SISWA KELAS 3 MI NAHDLATUL ULAMA BULULAWANG Lucky Muttaqin
EBTIDA': Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol 4 No 1 (2024): June 2024
Publisher : Universitas Islam Raden Rahmat Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33379/ebtida.v4i01.6905

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran matematika materi perasi hitung perkalian dan pembagian pada siswa kelas 3 di MI Nahdlatul Ulama Bululawang. Beberapa faktot yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar adalah : 1). Metode dan cara pembelajarannya yang belum berkembang, 2). Minimnya antusias dan minat peserta didik dalam pembelajaran matematika. Maka untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti menerapkan metode pembelajaran Numbered Heads Together ( NHT ). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas ( PTK ) dengan menggunakan pendekatan campuran yang menggunakan model PTK Kemmis dan Taggart. Dengan menggunakan model tersebut, ada 4 langkah sebagai berikut : 1). Perencanaan, 2). Pelaksanaan Tindakan, 3). Pengamatan, 4). Refleksi. Peneliti melaksanakan penelitian melalui dua siklus yaitu : Siklus I dan Siklus II. Innstrumen penelitian yang digunakan yaitu tes kognitif dan lembar observasi.Pada saat sebelum dilakukan penelitian dilakukan pre-test dengan nilai rata-rata 51 dan presentase ketuntasan adalah 35 %. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan nilai rata-rata siswa adalah 77 dengan presentase ketuntasan 71 %. Pada siklus II menunjukkan nilai rata-rata 91 dan presentase ketuntasan adalah 88 %. Maka disimpulkan bahwa penerapan metode Numbered Heads Together pada penelitian tindakan kelas ini dapat dikatakan “ BERHASIL “ dalam meningkatakn hasil belajar siswa pada materi perkalian dan pembagian.

Page 1 of 1 | Total Record : 7