cover
Contact Name
Yannice Luma
Contact Email
portalsipilustj@gmail.com
Phone
+628114825372
Journal Mail Official
portalsipil@ustj-jayapura.ac.id
Editorial Address
Universitas Sains dan Teknologi Jayapura (USTJ) Jln. Raya Sentani, Padang Bulan, Heram, Kota Jayapura 99351, Papua, Indonesia
Location
Kota jayapura,
P a p u a
INDONESIA
Jurnal Portal Sipil
ISSN : 23023457     EISSN : 29648890     DOI : https://doi/10.58839/portal.v11i2.1119
Core Subject : Social, Engineering,
Jurnal Portal Sipil merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Teknik Sipil dan Program Studi Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) - Universitas Sains dan Teknologi Jayapura (USTJ) dan dikelola di bawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM). Terbit pertama kali pada tahun 2012 dengan volume terbitan perdana edisi Bulan Desember Tahun 2012. Jurnal Portal Sipil diterbitkan dua kali dalam setahun, yaitu pada bulan Juni dan Desember. Disiplin ilmu yang dapat menerbitkan artikelnya melalui jurnal ini adalah: Rekayasa Struktural, Rekayasa & Manajemen Konstruksi, Rekayasa Geoteknik, Rekayasa Sumber Daya Air, Rekayasa Transportasi dan Rekayasa Kelautan, atau bidang ilmu lainnya yang berkaitan dengan ilmu Teknik Sipil, serta bidang ilmu Teknik Lingkungan, atau yang berkaitan dengan pembangunan infrastruktur berkelanjutan.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 2 (2017): Jurnal Portal Sipil" : 6 Documents clear
ANALISA KINERJA PERSIMPANGAN IFAR GUNUNG DI KABUPATEN JAYAPURA Thelly S.H Sembor; Emanuel E Puaka
Jurnal PORTAL SIPIL Vol 6 No 2 (2017): Jurnal Portal Sipil
Publisher : Universitas Sains dan Teknologi Jayapura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (274.877 KB)

Abstract

Transportasi merupakan salah satu masalah utama yang di hadapi. Bagian jalan yang seringmenimbulkan permasalahan lalu lintas biasanya terjadi pada persimpangan yang merupakantempat sumber konflik lalu lintas yang rawan terhadap kecelakaan dikarenakan terdapatpergerakan lalulintas menerus dan saling memotong antara kendaraan yang satu dengankendaraan yang lainnya dan mencakup pergerakan perputaran yang mengakibatkan gangguanlalu lintas simpangan yang di tunjukan dengan nilai kapasitas, tundaan, dan peluang antrian.Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh denganpengambilan data lalu lintas selama 6 hari dan dilakukan dari jam 07.00–17.00 WIT sertapengukuran secara langsung kondisi geometrik simpang di lokasi penelitian. Data sekunderberupa data jumlah penduduk Kabupaten Jayapura. Analisa data dalam penelitian iniberdasarkan pada MKJI 1997 dengan bantuan MS. Exel 2010.Hasil analisis penelitian ini menunjukan bahwa arus lalu lintas terpadat terjadi pada hariSenin dengan volume lalu lintas (Q) sebesar 3627.22 smp/jam, derajat kejenuhan (DS) sebesar0.84 (>0,75), tundaan lalu lintas simpang (DT1) sebesar 9.92 dtk/smp, tundaan lalu lintas jalanutama (DTMA) sebesar 7.25 dtk/smp, tundaan lalu lintas jalan minor (DTMI) sebesar 56.20dtk/smm, tundaan simpang (D) sebesar 13.82 dtk/smp, dan peluang antrian (QP) sebesar28.39%- 56.17%. Hal ini menunjukan bahwa simpang tersebut mempunyai tingkat operasional yangcukup tinggi sehingga perlu dilakukan evaluasi dan penanganan yang tepat terhadap simpangtersebut.
ANALISA PERENCANAAN WAKTU DENGAN METODE PERT PADA PELAKSANAAN PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG NEGARA PROVINSI PAPUA Santje M. Iriyanto; Sopater Yosep Oktovianus Hommy
Jurnal PORTAL SIPIL Vol 6 No 2 (2017): Jurnal Portal Sipil
Publisher : Universitas Sains dan Teknologi Jayapura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (555.689 KB)

Abstract

Ketepatan menyelesaikan suatu proyek merupakan salah satu aspek yang dinilai pelanggan.Oleh sebab itu perusahaan memberi perhatian khusus dalam masalah penanganan dan pengendaliansuatu proyek agar dapat mencapai target penyelesain tanpa mengurangi kualitas yang telah direncanakan.Dalam proyek pembangunan gedung Negara, perencanaan akan aktivitas produksi sangatlahpenting. Suatu proyek tidak akan terlaksana dengan baik apabila proyek tersebut tidak memilikiperencanaan yang baik. Karena dengan perencanaan yang kurang baik maka perusahaan akanmengalami kegagalan, dan itu akan membuat perusahaan akan mengalami kerugian baik dari segiwaktu, biaya dan juga tenaga.Permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimana cara mendapatkan perencanaanpenjadwalan dengan menggunakan bantuan program MS Project dan mendapatkan waktu yangoptimum atau prosentase penyelesaian pada proyek pembangunan gedung Negara Provinsi Papuadengan metode PERT. Dengan tujuan untuk Mendapatkan jadwal pekerjaan dengan MicrosoftProject dan Mendapatkan waktu yang optimum (mendapatkan besarnya prosentase penyelesaianproyek apabila waktu dipercepat) dengan metode PERT.Penelitian ini dilakukan dengan mengambil data Rencana Angaran Biaya (RAB) dari PTMARTA TEKNIK TUNGGAL – PT. SINAR INDAH TOROA, JO yang menangani pekerjaan fisikpada Gedung Negara. Dengan data tersebut dapat dihitung jumlah total hari dengan MetodePrecedence Diagram (PDM) dengan menggunakan bantuan Program MS Project. Pada metodePDM tahap-tahap penyelesaiannya yaitu menghitung durasi, membuat saling ketergantungan antaraktivitas, membuat jaringan kerja PDM dengan bantuan Program MS Project 2013, menentukanjalur kritis dengan MS Project 2013, membuat Kurva S Rencana. Dalam Analisa PERT tahap –tahap yang di lakukan yaitu menentukan nilai waktu optimum, waktu normal dan waktu pesimis,menentukan jalur kritis, menghitung waktu rata- rata dari ketiga dugaan waktu tersebut, Identifikasikegiatan kritis, menghitung variasi nilai pada tiap – tiap item pekerjaan, menghitung nilai deviasistandar pada tiap – tiap item yang berada pada jalur kritis.Dari hasil analisis penjadwalan proyek pembangunan gedung Negara Provinsi Papua denganmetode PDM didapatkan waktu peleksanaan untuk waktu Optimis adalah 136 hari, waktu mungkin193 hari dan waktu pesimis adalah 212 hari. Probabilitas kemungkinan berhasil untuk waktuoptimis 136 hari adalah 0 %, untuk waktu mungkin adalah 50 % dan untuk waktu pesimis adalah100 %.
KAJIAN PENGGUNAAN LATASIR PADA LAPIS PERKERASAN JALAN KAMPUNG SUWIAM – FATEGOMI KABUPATEN MAYBRAT PROPINSI PAPUA BARAT Franky Edwin Lapian; Herlina Nauw
Jurnal PORTAL SIPIL Vol 6 No 2 (2017): Jurnal Portal Sipil
Publisher : Universitas Sains dan Teknologi Jayapura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (520.984 KB)

Abstract

Latasir merupakan jenis konstruksi perkerasan jalan yang terdiri dari campuran aspal, pasirdan bahan tambahan filler dan screen yang berfungsi untuk menambah stabilitas atau daya dukungdari perkerasan Latasir. Penggunaan perkerasan Latasir merupakan jenis konstruksi yang barukarena pada umumnya dikabupaten Maybrat menggunakannya. Stabilitas merupakankemampuan lapis keras untuk menahan deformasi akibat beban lalu lintas yang bekerja diatasnyatanpa mengalami perubahan bentuk tetap seperti gelombang (wash boarding) dan alur (rutting).Nilai stabilitas yang disyaratkan ≥ 800 kg dan nilai kelelehan yag disyaratkan yaitu ≥ 2.
PERENCANAAN DRAINASE DISTRIK DEKAI KABUPATEN YAHUKIMO Junus Bothmir; Rizky Tri Jayanti
Jurnal PORTAL SIPIL Vol 6 No 2 (2017): Jurnal Portal Sipil
Publisher : Universitas Sains dan Teknologi Jayapura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (330.348 KB)

Abstract

Distrik Dekai yang terletak di Kabupaten Yahukimo merupakan daerah beriklim basahyang artinya sering terjadi hujan di wilayah tersebut. Air hujan yang turun ke wilayah ini akanmengganggu kegiatan beraktifitas masyarakat sehari-hari dikarenakan genangan air hujanapalagi jika debit air hujan yang sangat besar yang akan memungkinkan terjadinya banjir. Selainitu, genangan air yang berlebih juga dapat merusak infrastruktur berupa jalan raya dan tempattempat usaha masyarakat sekitar.Berdasarkan hasil observasi di lapangan, didapati bahwa belum adanya saluran drainaseyang tersedia di Distrik Dekai dan hanya terdapat galian tanah di sisi-sisi jalan raya sehingga airhujan yang turun ke wilayah ini akan menggenangi jalan raya dan daerah sekitarnya. Denganbertambahnya jumlah penduduk yang menempati Distrik Dekai, maka volume sampah jugabertambah sehingga masyarakat akan membuang sampah sembarangan ke sungai-sungai yangada. Bak sampah yang tersedia sangat jarang ditemui di daerah tersebut dan itu merupakanalasan masyarakat membuang sampah sembarangan ke sungai-sungai terdekat. Bahkan pernahterjadi banjir di pemukiman warga walaupun tidak semua daerah terkena dampak banjir. Darifakta di atas, maka pentinglah perencanaan drainase itu di adakan. Metode analisis yangditerapkan meliputi analisis hidrologi yang bertujuan menghitung debit rencana dan analisahidrolika untuk menghitung kapasitas debit saluran baru.Dari hasil perhitungan analisis di atas, maka akan didapatkan desain saluran drainase yangberfungsi menampung air hujan secara optimal dan diharapkan agar di masa depan tidak akanterjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
PERENCANAAN JARINGANAN AIR BERSIH DI KAMPUNG BOLAKME DAN LANI TIMUR DISTRIK BOLAKME KABUPATEN JAYAWIJAYA Rana Wenda; Thelly S. H. Sembor
Jurnal PORTAL SIPIL Vol 6 No 2 (2017): Jurnal Portal Sipil
Publisher : Universitas Sains dan Teknologi Jayapura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (298.21 KB)

Abstract

Air merupakan unsur utama bagi kehidupan manusia. Kekurangan suplai air bersih akanberpengaruh pada berbagai faktor kehidupan manusia. Metode yang dipakai adalah metodeobservasi yakni teknik pengambilan data melalui pengamatan langsung di lapangan baikpengukuran debit, pengukuran topografi maupun metode dokumentasi dan wawancara yakni teknikpengambilan data dengan mengambil teori-teori, rumus-rumus ,peraturan dan ketetapan yangmenunjang dalam penelitian ini dan data-data yang diperoleh dari lokasi penelitian. Metode yangdigunakan dalam perhitungan proyeksi jumlah penduduk menggunakan Metode Aritmatik, MetodeGeometrik dan Metode Eksponensial. Hasil proyeksi jumlah penduduk Kampung Bolakme DanLani Timur tahun 2021 adalah 1.181 jiwa. Besar kebutuhan air pada tahun rencana adalah 0,605ltr/dtk. Debit Mata Air Dari Kali Wenabur adalah 1,017 ltr/dtk. Jenis pipa yang digunakan adalahjenis pipa HDPE Wavin Black, dengan diameter pipa DISTRIBUSI d = 2 inchi = 5.08 cm dan PipaTranmisi d= 4 inchi = 10.16 cm.Volume bak penangkap mata air (broncaptering) 31.5 m3 , volumebak penampung (reservoir) 36 m3 dan terdapat 3 unit hidran umum (HU). Teknis operasionalmenyangkut hal-hal teknik yakni rincian kebutuhan operasional dan pemeliharaan, pelaku danketerampilan yang dibutuhkan.
TINJAUAN PERKERASAN JALAN PADA RUAS JALAN NASIONAL PROVINSI PAPUA Dewi Anggraeni; Bobby Stanley Herling Baneftar
Jurnal PORTAL SIPIL Vol 6 No 2 (2017): Jurnal Portal Sipil
Publisher : Universitas Sains dan Teknologi Jayapura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (341.125 KB)

Abstract

Perkerasan jalan adalah merupakan salah satu unsur konstruksi jalan raya sangat pentingdalam rangka kelancaran transportasi darat sehingga memberikan kenyamanan dan keamananbagi penggunanya. Ruas Jalan Nasional Yetty – Senggi – Usku merupakan daerah yangdikembangkan oleh Pemerintah. Dalam Penelitian ini bertujuan untuk meninjau ulang tebalperkerasan lentur (flexible pavement) dan estimasi biaya yang dibutuhkan denganmengkomparasi menggunakan metode Bina Marga dan metode AASHTO 1993. Hasilperhitungan tebal perkerasan yang didapatkan dengan menggunakan metode Bina Marga adalahLapis Permukaan 10 cm, Lapisan Pondasi Atas 20 cm, Lapisan Pondasi Bawah 25 cm. Tebalperkerasan yang didapatkan dengan menggunakan metode AASHTO’93 adalah Permukaan 5cm, Lapisan Pondasi Atas 15 cm, Lapisan Pondasi Bawah 25 cm.

Page 1 of 1 | Total Record : 6