Jurnal Portal Sipil
Jurnal Portal Sipil merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Teknik Sipil dan Program Studi Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) - Universitas Sains dan Teknologi Jayapura (USTJ) dan dikelola di bawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM). Terbit pertama kali pada tahun 2012 dengan volume terbitan perdana edisi Bulan Desember Tahun 2012. Jurnal Portal Sipil diterbitkan dua kali dalam setahun, yaitu pada bulan Juni dan Desember. Disiplin ilmu yang dapat menerbitkan artikelnya melalui jurnal ini adalah: Rekayasa Struktural, Rekayasa & Manajemen Konstruksi, Rekayasa Geoteknik, Rekayasa Sumber Daya Air, Rekayasa Transportasi dan Rekayasa Kelautan, atau bidang ilmu lainnya yang berkaitan dengan ilmu Teknik Sipil, serta bidang ilmu Teknik Lingkungan, atau yang berkaitan dengan pembangunan infrastruktur berkelanjutan.
Articles
105 Documents
PERENCANAAN SISTEM DRAINASE KELURAHAN KOYA TIMUR DISTRIK MUARA TAMI KOTA JAYAPURA
Junus Bothmir;
Ahmad Rifai
Jurnal PORTAL SIPIL Vol 7 No 1 (2018): Jurnal Portal Sipil
Publisher : Universitas Sains dan Teknologi Jayapura
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (563.251 KB)
Secara umum, sistem drainase dapat didefinisikan sebagai serangkaian bangunan air yangberfungsi untuk mengurangi atau membuang kelebihan air dari suatu kawasan atau lahan, sehinggalahan dapat difungsikan secara optimal.Perencanaan sistem drainase kelurahan Koya Timur adalah perencanaan sistem drainase yangbertujuan untuk mengatasi permasalahan yang terjadi pada drainase kelurahan Koya Timur,dikarenakan drainase tersebut tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya sehingga terjadi genanganair dibeberapa tempat, terjadinya penumpukan sedimentasi yang mengakibatkan tertutupnya salurandrainase, begitu hujan besar selama beberapa hari genangan air yang tergenang meluap sampaimenutupi halaman rumah warga karena pekarangan rumah warga memiliki elevasi yang lebih rendahdari jalan.Oleh karena itu dalam kajian ini yang akan adalah dibahas kondisi dari saluran drainase yangterdapat pada kelurahan koya timur yaitu untuk membuat perencanaan sistem drainase kelurahankoya timur, menganalisa debit limpasan air yang terjadi, serta membuat perencanaan detailpenampang saluran serta bangunan pelengkap lainnya yang di perlukan.
EVALUASI KINERJA BIAYA DAN WAKTU DENGAN METODE NILAI HASIL (EARNED VALUE)
Santje M Iriyanto;
Muhammad Azis
Jurnal PORTAL SIPIL Vol 7 No 1 (2018): Jurnal Portal Sipil
Publisher : Universitas Sains dan Teknologi Jayapura
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (323.552 KB)
Pelaksanaan kegiatan proyek sering tidak sesuai dengan rencana awal, sehigga banyakterjadi penyimpangan. Oleh sebeb itu perlu dilakukan pengendalaian proyek, salah satu carapengendalian biaya dan waktu adalah analisa nilai hasil (earned value) yang dapatmengintegrasikan biaya dan waktu secara cepat. Tujuan dari penelitian adalah ini adalah untukmendapatkan hasil kinerja waktu dan biaya pada pelaksanaan Proyek Pembangunan GedungArsip UPPD/SAMSAT Kota Jayapura berdasarkan metode earned value.Metode Earned Valueini dapat memberikan peringantan dini mengenai hal-hal yang mungkin terjadi padapelaksanaan proyek. Hasil yang didapat dari pengukuran kinerja proyek Pembangunan GedungArsip UPPD/SAMSAT pada minggu akhir adalah nilai BCWS (Budgeted Cost of WordSchedule) Rp 3.062.034.333,18. Nilai BCWP (Budgeted Cost of Word Performed) Rp3.062.646.740. Nilai ACWP (Actual Cost Word Performed) Rp 3.042.482.508Berdasarkanparameter BCWS, BCWP, dan ACWP diperoleh nilai CV (Cost Variance) Rp 20.164.232. NilaiSPI (Scedule Performance Index) 0.8635.Nilai ECD (Estimated Complection Date) 196 Hari >TAC (Target At Completion) 182 Hari. Hasil tersebut menunjukan proyek mengalamiketerlambatan waktu dan penyusutan biaya dari yang telah direncanakan
KAJIAN PERENCANAAN BETON RINGAN MENGGUNAKAN STYROFOAM
Dominggus Bakarbessy;
Rizki Nanto
Jurnal PORTAL SIPIL Vol 7 No 1 (2018): Jurnal Portal Sipil
Publisher : Universitas Sains dan Teknologi Jayapura
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (286.278 KB)
Pembangunan dalam bidang kontruksi di era modern menunjukkan perkembangan yangsangat pesat, sehingga menuntut teknologi beton yang semakin inovatif. Penambahan styrofoamdalam campuran beton akan membentuk rongga sehingga mengurangi berat beton secarakeseluruhan dan terbentuk beton ringan dengan berat volume ≤ 1900 kg/m³ .Berkaitan dengan hal tersebut, diadakan penelitian yang menggunakan styrofoam sebagaibahan tambah pada campuran beton sebesar 1%, 3%, dan 5% terhadap volume beton. Jumlahbenda uji masing-masing 3 buah setiap variasi. Pengujian sifat mekanik beton dilakukan padaumur 7, 14, dan 28 hari untuk uji kuat tekan beton,. Kuat tekan beton meningkat seiring denganbertambahnya umur, namun mengalami penurunan dengan penambahan volume styrofoam.Sehingga penambahan styrofoam tergantung pada karakteristik beton yang diinginkan.Dengan digunakannya styrofoam pada campuran beton, maka secara total berat beton akanlebih ringan serta nilai guna styrofoam akan bertambah, namun hal ini akan berpengaruh padakekuatan beton tersebut seiring dengan penambahan styrofoam pada campuran beton.
PENGARUH KEMBANG SUSUT TANAH DASAR TERHADAP KONSTRUKSI PERKERASAN JALAN RUAS JALAN ALTERNATIF KOTA JAYAPURA
Dewi Anggraeni;
Reinhard Steven L Balle
Jurnal PORTAL SIPIL Vol 7 No 1 (2018): Jurnal Portal Sipil
Publisher : Universitas Sains dan Teknologi Jayapura
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (443.565 KB)
Kemajuan pembangunan yang terjadi biasanya berdampak pada bertambahnya kendaraan.keadaan ini memaksa pemerintah untuk mengembangkan fasilitas pendukung yaitu ruasjalan.dalam pelaksanaan yang ada fasilitas tersebut tidak luput dari kelemahan dankerusakan.Kerusakan jalan ini dapat di pengaruhi oleh kualitas tanah yang memiliki sifat kembangsusut (swelling). Kembang Susut biasanya terjadi pada tanah lempung yang di pengaruhi olehkandungan air yang terdapat pada tanah tersebut.Jika kandungan air pada tanahmengalami peningkatan maka akan terjadi peningkatan struktur tanah begitupun sebaliknya jiakkadar air tanah menurun maka akan terjadi penyusutan struktur tanah yang ada.Tujuan daripenelitian ini adalah untuk mengetahui klasifikasi tanah berdasarkan sifat fisik dan mekanik tanahyang ada juga untuk mengetahui nilai kembang susut aktifitas tanah dasar yang terkandung padatanah tersebut.metode pengumpulan data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah Studilapangan. dilakukan dengan mengadakan observasi lapangan dilokasi penelitian EksperimentalLaboratorium terdri dari data sifat Fisis yaitu : Kadar Air,Berat Isi,Berat Jenis,Plastisitas,danGradasi Sifat Mekanis yaitu : Pemadatan,CBR Laboratorium,kuat-tekan,dan rembesan.Berdasarkan hasil penelitian di dapatkan bahwa jenis tanah ruas jalan alternative kotaJayapura adalah tanah “LEMPUNG” dan hasil pemeriksaan nilai kembang susut menyatakanbahwa tanah termasuk klasifikasi swelling yang rendah.
ANALISA DEBIT PADA LUAS TANGKAPAN KAWASAN PEMUKIMAN
Elfince Wonda;
Junus Bothmir
Jurnal PORTAL SIPIL Vol 7 No 1 (2018): Jurnal Portal Sipil
Publisher : Universitas Sains dan Teknologi Jayapura
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (290.823 KB)
Secara alami sebagian air hujan yang jatuh kepermukaan tanah akan meresap ke dalamtanah dan selebihnya akan menjadi limpasan permukaan. Pemahaman mengenai limpasan airpada permukaan tanah terbuka merupakan masalah yang seharusnya di atasi karena akanmengakibatkan pengikisan atau longsoran.Dengan adanya permasalahan yang terjadi pada kawasan pemukiman akan dilakukan suatupenelitian sesuai dengan tujuan yang diharapkan yaitu dengan menganalisa berapa besar debitakibat limpasan air hujan pada luas tangkapan . Debit adalah suatu koefesien yang menyatakanbanyaknya air yang mengalir dari suatu sumber persatuan waktu, biasanya diukur dalam satuanm3/dtk .Pengukuran debit air dilakukan dengan metode pengumpulan data dengan surveydilapangan dan dengan menganalisa debit air pada pengujian yang dilakukan di laboratoriumfluida dan hidrolika. Dengan analisa yang dilakukan diperoleh hasil sebagai berikut debittertinggi terjadi pada kemiringan 5,25° sebesar 0,0190 m3/dtk saat hujan sangat deras danyang terendah pada kemiringan 1,75° sebesar 0,0008 m3/dtk saat hujan normal . Hasilpengukuran menunjukan bahwa kemiringan mempengaruhi tinggi dan rendahnya debit air padapermukaan tanah.
ANALISA WAKTU DAN BIAYA MENGGUNAKAN METODE FAST TRACK PADA PELAKSANAAN PROYEK KONSTRUKSI
Elvira Watofa;
Pascal B. Mantulameten
Jurnal PORTAL SIPIL Vol 7 No 1 (2018): Jurnal Portal Sipil
Publisher : Universitas Sains dan Teknologi Jayapura
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (1709.428 KB)
TRAKKetepatan menyelesaikan suatu proyek merupakan salah satu aspek yang dinilai pelanggan. Olehsebab itu setiap perusahaan memberi perhatian khusus dalam masalah penanganan danpengendalian suatu proyek agar dapat mencapai target penyelesain tanpa mengurangi kualitasyang telah di rencanakan.. Dan salah satu cara dengen metode Fast Track yang dapatmengintegrasikan biaya dan waktu secara tepat. Tujuan dari penelitian ini adalah untukmendapatkan waktu dan biaya paling optimal pada Pembanguna Ruang Polikeknik Rumah SakitKab.Puncak Jaya, dengan memodifikasi bangunan dari 1 lantai menjadi 2 lantai.Berdasarkan hasil analisa yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa, setelah dilakukanmodifikasi didapatkan waktu rencana 144 hari kalender (hari kerja) dengan biayaRp.10.449.550.000,00. Dan setelah dilakukan percepatan didapatkan waktu dan biaya optimalyaitu 120 hari kalender (hari kerja) dan biaya sebesar Rp. 10.325.892.750,92. Dari hasil inidapat disimpulkan bahwa setelah dilakukan percepatan terjadi pengurangan biaya sebesar Rp.123.706.347,27 dengan total waktu 120 hari, dengan jumlah pengurangan waktu sebesar 24hari.
SIMULASI NUMERIK UJI TARIK BAJA
Leary Pakiding
Jurnal PORTAL SIPIL Vol 7 No 1 (2018): Jurnal Portal Sipil
Publisher : Universitas Sains dan Teknologi Jayapura
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (334.834 KB)
Artikel ini memaparkan prosedur untuk memodelkan dan menganalisa uji tarik baja dengan kekuatanleleh 1100 MPa secara numerik dengan metode elemen hingga. Permodelan dilakukan menggunakan tipeelemen tiga dimensi dan analisa dilakukan hingga bahan uji baja mengalami keruntuhan yang ditandai olehfenomena “necking”. Perbandingan hasil-hasil antara analisa numerik dan teori dalam bentuk kurvategangan-regangan sangat konsisten satu sama lain.
PENGARUH U – TURN (PUTAR BALIK ARAH) TERHADAP KINERJA ARUS LALU – LINTAS RUAS JALAN ABEPURA KOTA JAYAPURA
Dewi Anggraeni;
Muhammad Rifai Supono
Jurnal PORTAL SIPIL Vol 6 No 1 (2017): Jurnal Portal Sipil
Publisher : Universitas Sains dan Teknologi Jayapura
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (525.713 KB)
Bukaan median dengan fasilitas u-turn tidak secara keseluruhan mengatasi masalahkonflik, sebab gerak u-turn itu sendiri akan menimbulkan masalah konflik tersendiri dalambentuk hambatan terhadap arus lalu lintas searah dan juga arus lalu lintas yang berlawanan arah.Salah satu pengaruh ketika melakukan gerak u-turn yaitu terhadap kecepatan kendaraan di manakendaraan akan melambat atau berhenti. Perlambatan ini akan mempengaruhi arus lalu lintaspada arah yang sama. Metode penelitian ini mempelajari tundaan kendaraan searah bagikendaraan yang tidak akan melakukan u-turn akibat kendaraan yang melakukan u-turn dibukaan median. Lokasi yang diamati pada ruas jalan 4/2 D, yaitu bukaan median Jln. Abepura,Persimpangan Sosiri sampai Persimpangan Ramayana, di Kota Jayapura. Dari hasil perhitunganwaktu tempuh rata-rata kendaraan yang akan melakukan u-turn sangat dipengaruhi oleh jumlahlajur dan arah serta bukaan median, memiliki 4 lajur 2 arah
MANAJEMEN PENGELOLAAN PARKIR JASA PUBLIK ( STUDI KASUS LOKASI PASAR IKAN HAMADI )
Thelly S.H Sembor;
Estina Fransiska Wanggai
Jurnal PORTAL SIPIL Vol 6 No 1 (2017): Jurnal Portal Sipil
Publisher : Universitas Sains dan Teknologi Jayapura
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (1124.83 KB)
Penyediaan lahan parkir di Pasar Ikan Hamadi Kota Jayapura belum tertata rapih, hal initerlihat dari kendaraan yang masuk ke Pasar Ikan Hamadi baik llyitu Kendaraan para Penjualmaupun para pembeli atau pengunjung parkir tidak pada tempatnya selain itu juga belumadanya penertiban tarif parkir yang ditetapkan oleh Pemerintah atau belum adanya manajemenpengelolaan parkir yang baik.Tujuan dari penulisan ini adalah untuk menghitung volume kendaraan baik pada hari liburmaupun hari kerja, menganalisa dan mendesain parkiran pasar ikan hamadi serta mendapatkanmanajemen pengelolaan parkir jasa publik pada lokasi pasar ikan hamadi kota jayapura.Dari hasil survey dan pengolahan data diperoleh volume kendaraan tertinggi yaitu padahari libur dimana untuk kendaraan roda 2 sebanyak 473 kendaraan dan roda 4 sebanyak 444kendaraan. Sedangkan untuk kapasitas parkir kendaraan roda 2 yang tadinya 76 petar parkirmenjadi 135 petak parkir dan kendaraan roda 4 yang sebelumnya 25 petak parkir menjadi 30petak parkir.Sebagai saran dan rekomendasi, perlu adanya keseriusan Pemerintah Kota Jayapura dalamhal ini Dispenda Kota Jayapura yang bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi dalam mengaturtentang pengelolaan manajemen parkir yang didalamnya termasuk Retribusi Parkir Kendaraansebagai salah satu Sumber PAD (Pendapatan Asli Daerah).
KAJIAN DAYA DUKUNG PONDASI BORED PILE PADA PEMBANGUNAN GEDUNG BANK INDONESIA JAYAPURA PAPUA
Irianto Irianto;
Georgiana Lidwina Karma
Jurnal PORTAL SIPIL Vol 6 No 1 (2017): Jurnal Portal Sipil
Publisher : Universitas Sains dan Teknologi Jayapura
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (357.455 KB)
Pembangunan gedung Bank Indonesia yang terletak dijalan Samratulangi Jayapura Papua,dibangun dengan konstrksi empat tingkat tiga lantai, gedung tersebut dibangun menggunakanpondasi bored pile tunggal. Tujuan penulis yaitu untuk memperoleh daya dukung pondasi yangingin dicapai dan besar nilai penurunan tanah yang diakibatkan pondasi bored\pile.Metode - metode yang digunakan penulis ialah Mohr – Coulomb, Vesic, Reese dan O’Neil,Terzaghi, dan Taylor. Dalam analisis daya dukung pondasi bored pile penulis menggunakanhasil penyelidikan tanah dilapangan yaitu CPT (Cone Penetration Test) dengan menggunakannilai tahanan kerucut (qc) yang paling besar untuk menghitung daya dukung pondasi bored pile.Hasil yang diperoleh ialah daya dukung pondasi 18.337,6 ton, besar penurunan tanah 2.738x 10-7 cm. dari hasil tersebut dapat disempulkan bahwa pondasi bored pile tunggal aman dandapat digunakan pada pembangunan gedung Bank Indonesia Jayapura Papua.