cover
Contact Name
Yannice Luma
Contact Email
portalsipilustj@gmail.com
Phone
+628114825372
Journal Mail Official
portalsipil@ustj-jayapura.ac.id
Editorial Address
Universitas Sains dan Teknologi Jayapura (USTJ) Jln. Raya Sentani, Padang Bulan, Heram, Kota Jayapura 99351, Papua, Indonesia
Location
Kota jayapura,
P a p u a
INDONESIA
Jurnal Portal Sipil
ISSN : 23023457     EISSN : 29648890     DOI : https://doi/10.58839/portal.v11i2.1119
Core Subject : Social, Engineering,
Jurnal Portal Sipil merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Teknik Sipil dan Program Studi Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) - Universitas Sains dan Teknologi Jayapura (USTJ) dan dikelola di bawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM). Terbit pertama kali pada tahun 2012 dengan volume terbitan perdana edisi Bulan Desember Tahun 2012. Jurnal Portal Sipil diterbitkan dua kali dalam setahun, yaitu pada bulan Juni dan Desember. Disiplin ilmu yang dapat menerbitkan artikelnya melalui jurnal ini adalah: Rekayasa Struktural, Rekayasa & Manajemen Konstruksi, Rekayasa Geoteknik, Rekayasa Sumber Daya Air, Rekayasa Transportasi dan Rekayasa Kelautan, atau bidang ilmu lainnya yang berkaitan dengan ilmu Teknik Sipil, serta bidang ilmu Teknik Lingkungan, atau yang berkaitan dengan pembangunan infrastruktur berkelanjutan.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 7 No 2 (2018): Jurnal Portal Sipil" : 7 Documents clear
RELIABILITAS JANGKA PANJANG DARI PENAMPANG BETON BERTULANG YANG MENGALAMI PERKARATAN Leary Pakiding
Jurnal PORTAL SIPIL Vol 7 No 2 (2018): Jurnal Portal Sipil
Publisher : Universitas Sains dan Teknologi Jayapura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (692.436 KB)

Abstract

Pendekatan berbasis reliabilitas jangka panjang untuk optimalisasi penampang beton bertulangdalam lingkungan yang korosif dipaparkan dalam artikel ini. Kinerja struktur jangka panjangdievaluasi dengan menggunakan metodologi umum untuk analisis struktur beton bertulang yangtulangannya mengalami perkaratan yang bervariasi dengan waktu. Simulasi “Monte Carlo”digunakan untuk menyelidiki kinerja reliabilitas dari penampang beton bertulang yang telahdioptimalkan untuk meminimalkan biaya material. Simulasi ini diterapkan pada desain yang tidakbergantung pada variasi waktu dan pada desain yang bersifat jangka panjang. Hasil yangdiperoleh menunjukkan bahwa dalam desain berorientasi jangka panjang, jumlah dan lokasitulangan baja dan tebal selimut beton memainkan peran penting dalam mencapai kinerja strukturyang optimal.
EVALUASI GEOMETRI JALAN ANGKUT TAMBANG PADA PT ADIKARYA TANRISAU KAMPUNG DOSAY DISTRIK SENTANI BARAT KABUPATEN JAYAPURA PROVINSI PAPUA Hans Yohanes Elrix Doirebo
Jurnal PORTAL SIPIL Vol 7 No 2 (2018): Jurnal Portal Sipil
Publisher : Universitas Sains dan Teknologi Jayapura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (175.306 KB)

Abstract

Hal yang menjadi latar belakang dari penelitian ini adalah karena sempitnya jalan angkut(jalan tambang) di PT Adikarya Tanrisau. Berdasarkan latar belakang penelitian ini, makaadapun tujuan dari penelitian, yaitu untuk mengevaluasi lebar jalan angkut di PT AdikaryaTanrisau dengan memperhatikan geometri jalan angkut.Untuk dapat mencapai tujuan dari penelitian ini, dilakukan pengambilan data dengan teknikpengambilan data observasi (pengukuran), wawancara, dan studi pustaka. Melalui teknikpengambilan data yang digunakan, terkumpul data primer berupa geometri jalan angkut (lebarjalan lurus, lebar jalan tikungan), juntai depan dan belakang dari alat angkut, jejak roda, danjarak antara jejak roda, serta kecepatan rata-rata alat angkut di jalan tikungan. Sedangkan datasekunder berupa peta topografi, keadaan geologi, spesifikasi alat angkut, iklim dan curah hujan,serta struktur organisasi perusahaan. Data-data inilah yang kemudian di analisis dengan caramenggabungkan antara teori dengan datadata lapangan, sehingga dari keduanya didapatpendekatan penyelesaian masalah.Dari hasil analisis data yang dilakukan, dibuat dalam suatu pembahasan yang manamenujukan bahwa agar alat angkut dumptruck Colt diesel HD 125 PS yang digunakan di PTAdikarya Tanrisau dapat bekerja secara efektif untuk menujang produksi, maka diperlukan lebarjalan minimum pada jalan lurus adalah 7 meter, dan lebar jalan minimum pada jalan tikunganadalah 13,3 meter. Selain itu agar jalan angkut di PT Adikarya Tanrisau tidak tergenang danaman untuk dilalui alat angkut, maka perlu dibuat kemiringan jalan pada jalan lurus setinggi 4cm, dan superelevasi pada jalan tikungan setinggi 0,53 meter.
KAJIAN KUAT TEKAN BETON MENGGUNAKAN CAMPURAN TEPUNG SARI SAGU SEBAGAI BAHAN TAMBAH AGREGAT HALUS Dewi Anggraeni; Jean Marzel Ngantung
Jurnal PORTAL SIPIL Vol 7 No 2 (2018): Jurnal Portal Sipil
Publisher : Universitas Sains dan Teknologi Jayapura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (972.938 KB)

Abstract

Beton merupakan salah satu pilihan bahan konstruksi dalam hal pembangunan yang menuntutadanya peningkatan kekuatan beton pada saat ini. Didaerah Papua khususnya di Jayapuramerupakan daerah penghasil sagu tetapi pemanfaatan sagu sendiri sebagai bahan tambah padacampuran beton belumlah ada yang menggunakannya. Hal ini merupakan alasan mengapadipilihnya material tepung sari sagu sebagai bahan tambah untuk dijadikan sebagai campuran beton.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan perbadingan campuran beton normal danbeton yang menggunakan bahan tambah tepung sari sagu dan juga mendapatkan kuat tekan betonyang terbaik pada beton normal dan beton yang menggunakan bahan tambah tepung sari sagu.Metode perencanaan campuran dalam penelitian ini adalah metode DOE.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perbandingan komposisi campuran yang masuk dalamspesifikasi adalah beton normal = 1 semen : 2,44 pasir : 3,71 batupecah : 0,64 air dan beton denganbahan tambah tepung sari sagu 10% = 1 semen : 1,88 pasir : 3,71 batupecah : 0,65 tepung sari sagu :0,64 air dan hasil pengujian kuat tekan dengan penambahan tepung sari sagu 10% memiliki nilaikuat tekan rata-rata paling tinggi sebesar 21,12 Mpa dan masuk dalam mutu beton yang disyaratkanyaitu mutu beton K225 sedangkan untuk penambahan 13% dan 15% yang mempunyai kuat tekanrata-rata sebesar 17,20 Mpa dan 16,33 Mpa mengalami penurunan dan tidak masuk dalam mutubeton yang disyaratkan. Dengan demikian 10% adalah nilai maksimum untuk penambahan bahantambah tepung sari sagu.
SINTESIS DAN KARAKTERISASI STRUKTUR MOLEKUL: (E)-3-(2-(3,4-dimetoksifenil)-2-oksoetilidina-5-fluoroindolin-2-on Anna Maria F. Rumabar
Jurnal PORTAL SIPIL Vol 7 No 2 (2018): Jurnal Portal Sipil
Publisher : Universitas Sains dan Teknologi Jayapura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (197.646 KB)

Abstract

Telah disintesis molekul hibrid (E)-3-(2-(3,4-dimetoksifenil)-2-oksoetilidina-5-fluoroindolin-2-on dengan mereaksikan 5-fluoroisatin dengan 1-(3,4-dimetoksifenil)etanon melalui reaksikondensasi aldol. Reaksi berlangsung dalam dua tahap. Tahap pertama menggunakan pelarutetanol dan katalis dietilamin, reaksi berjalan selama 60 menit. Tahap kedua berlangsung selama30 menit dengan menggunakan katalis HCl 37 % dan sedikit asam asetat glasial. Hasil sintesisdidapatkan senyawa berbentuk kristal berwarna putih dengan titik leleh sebesar 212 – 213 °C.Rendemen yang dihasilkan sebesar 78 %. Hasil sintesis yang didapat diuji kemurniannyadengan menggunakan kromatografi lapis tipis (KLT) dan dianalisis strukturnya denganspektrofotometer IR dan 1H – NMR. Massa hasil sintesis dianalisis dengan menggunakan HRESI-MS dengan metode ionisasi negatif dan menunjukkan puncak pada m/z 326,0831.
KAJIAN MATERIAL TANAH KARANG OKSIBIL DAN SIRTU KALI OKSIBIL UNTUK STABILISASI TANAH DASAR PADA RUAS JALAN DALAM KOTA OKSIBIL ( KABUPATEN PEGUNUNGAN BINTANG ) Junus Bothmir; Moristus Taplo
Jurnal PORTAL SIPIL Vol 7 No 2 (2018): Jurnal Portal Sipil
Publisher : Universitas Sains dan Teknologi Jayapura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (520.72 KB)

Abstract

Perencanaan struktur dasar pada jalan dan bangunan merupakan suatu prasarana yangsangat berperan penting dalam kebutuhan manusia nantinya akan berpengaru terhadapkebutuhan sehari-hari.Penelitian ini berkoordinat pada tingkat kerusakan akibat tanah dasar perencanaan struktur baikjalan maupun bangunan dalam Kota Oksibil.Data diperoleh melalui pengambilan data primer survey tingkat kerusakan jalan. Setelahdata diperoleh, maka selanjutnya dilakukan analisis data untuk mendapatkan nilai kondisitersebut untuk stabilisasi yang akurat melalui survey tersebut dan merekomendasikan untukmerubah sistem perencanaan yang digunakan saat ini oleh Dinas pekerjaan Umum (PU)Kabupaten Pegunungan Bintang.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kerusakan yang terjadi pada ruas jalan dalam kotaoksibil kabupaten pegunungan bintang lebih tinggi dari batas umur perencanaan strukturmenurut binamarga.
ANALISA WAKTU DAN BIAYA PROYEK PEMBANGUNAN BANGUNAN BAWAH JEMBATAN BOOMPAY VII DI KAB. KEEROM Santje M. Iriyanto; Rizal Tambun
Jurnal PORTAL SIPIL Vol 7 No 2 (2018): Jurnal Portal Sipil
Publisher : Universitas Sains dan Teknologi Jayapura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (526.611 KB)

Abstract

Pelaksanaan suatu proyek dapat berhasil apabila sumber daya yang di gunakan secaraefektif dan efisien.Terbatasnya sumber daya yang tersedia menyebabkan keterlambatan padadurasi proyek. Durasi kegiatan suatu proyek berkaitan erat dengan pembiayaan.Memperpendekdurasi durasi proyek terhadap durasi normal memerlukan peningkatan sumberdaya sepertitenaga kerja, material, dan lain sebagainya yang beresiko terjadinya penambahan biayalangsung.Optimasi perlu di lakukan untuk memperpendek durasi proyek dengan mengeluarkan biayaseminimal mungkin. Menggunakan metode CPM dapat mempermudah dalam prosesperencanaan Penjadwalan, pengendalian dan, monitoring. Hasil keluaran dari metode CPMberupa Kurva S, tabel, biaya langsung, tak langsung, dan percepatan waktu dan biaya.Hasil dari penggunaan metode CPM pada tahap Perencanaan normal biaya sebesar Rp3,658,247,008.98 sedangkan dengan umur proyek 224 hari. Sedangkan hasil perencanaanmenggunakan metode CPM dengan penambahan jam lembur dan penambahan biaya langsungmenjadi sebesar Rp 3,968,327,242.69 dan dengan optimasi waktu 166 hari kerja. Dapat diasumsikan bahwa jika terjadi penambahan waktu maka biaya yang di perlukan akan mengalamipenambahan, dan apabila biaya di kurangi maka akan terjadi keterlambatan pekerjaan.
OPTIMASI WAKTU DAN BIAYA PENYELESAIAN PROYEK AKIBAT ADANYA KETERLAMBATAN PELAKSANAAN PEKERJAAN STUDI KASUS PEMBANGUNANJALAN USAHA TANI DISTRIK NIMBONGKRANG KABUPATEN JAYAPURA Rita Eka Sari; Aldo Fernando Kallem
Jurnal PORTAL SIPIL Vol 7 No 2 (2018): Jurnal Portal Sipil
Publisher : Universitas Sains dan Teknologi Jayapura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (239.788 KB)

Abstract

Proyek pembangunan Jalan Usaha Tani Distrik Nimbongkrang pada dasarnyamempunyai rencana pelaksanaan dan jadwal pelaksanaan yang sudah di tetapkan, kapanpelaksanaan proyek tersebut harus dimulai, kapan proyek tersebut harus diselesaikan,bagaimana proyek tersebut akan dikerjakan, serta bagaimana penyediaan sumber dayanya.Pembuatan rencana proyek pembangunan Jalan Usaha Tani selalu mengacu pada perkiraanyang ada pada saat rencana pembangunan jadwal tersebut dibuat, karena itu masalah dapattimbul apabila ada ketidaksesuaian antara rencana yang telah dibuat dengan pelaksanaPembangunan Jalan UsahaUsaha Tani Distrik Nimbongkrang. Sehingga dampak yang seringterjadi adalah keterlambatan waktu pelaksanaan proyek yang disertai dengan meningkatnyabiaya pelaksanaan proyek.

Page 1 of 1 | Total Record : 7