cover
Contact Name
Muchlis
Contact Email
najwamuchlis@gmail.com
Phone
+6282182456622
Journal Mail Official
muchlis@rumahriset.id
Editorial Address
Jln. Gotong Royong RT. 02 RW. 03 Kel. Karang Raja, Prabumulih, Sumatera Selatan
Location
Kota prabumulih,
Sumatera selatan
INDONESIA
EDUCATE : Journal of Education and Culture
Published by Rumah Riset ID
ISSN : -     EISSN : 29857988     DOI : https://doi.org/10.61493/educate.v1i1
Core Subject : Education, Social,
Editors accept theory-based and research articles. The scientific scope of this journal includes Education, Socio-cultural Anthropology, Literature, Applied Linguistics, History, Art, Architecture and Urban and Regional Planning, Religion and Philosophy. Articles can come from any of the following areas: Linguistics: phonology, morphology, syntax, semantics, pragmatics, sociolinguistics, conversational analysis, critical discourse analysis Literature: contemporary literature, comparative literature, interdisciplinary approach in literature, literary criticism, literature and history, literature and media, literature and other arts, poetry and prose Philosophy: epistemology, metaphysics, ethics, aesthetics, theology Psychology: educational psychology, social psychology, counseling psychology. Education: instruction, teaching and training, guidance and counselling, learning studies. Cultural Studies, Social
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 02: Mei, 2024" : 10 Documents clear
Moderasi Agama dan Memahami Fenomena Radikalisme di Indonesia Sopian Ahmad; Ahmad Arifai; Januariansyah Arfaizar
EDUCATE : Journal of Education and Culture Vol. 2 No. 02: Mei, 2024
Publisher : Rumah Riset Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61493/educate.v2i02.89

Abstract

Revolusi Industri 4.0 telah menyebabkan gangguan yang luas di berbagai sektor bisnis dan berlanjut ke bidang-bidang lainnya, termasuk pendidikan, pemerintahan, hukum, budaya, politik, sosial, dan juga agama. Dalam konteks agama, perkembangan teknologi dan tren zaman telah mengganggu pelaksanaan peribadatan, yang pada gilirannya dapat berdampak negatif pada nasionalisme. Oleh karena itu, institusi gereja perlu merespons situasi ini dengan bijak. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan konsep moderasi agama dan radikalisme yang tersebar melalui berbagai platform teknologi informasi yang tak terbatas. Metode penelitian yang digunakan adalah studi pustaka dan pengamatan terhadap tindakan-tindakan radikal di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gerakan radikalisme di Indonesia muncul akibat persoalan domestik dan dinamika politik internasional yang dianggap telah merugikan kehidupan sosial-politik umat Islam. Dalam menghadapi hal ini, gereja tidak boleh mengabaikan atau acuh tak acuh. Sebaliknya, gereja harus menerapkan pendekatan yang mendalam terhadap ajaran agama Kristen yang ditekankan dalam kitab suci, yaitu "kasih", serta mengadopsi sikap pluralis terhadap agama dan masyarakat. Dengan demikian, gereja perlu menjadi proaktif dalam menyikapi tantangan zaman ini. Mengembangkan pemahaman yang mendalam terhadap ajaran agama, mempromosikan sikap saling menghormati dan berbagi pemahaman antaragama, serta berperan dalam membangun kerukunan sosial dan politik akan menjadi langkah-langkah penting yang dapat diambil oleh gereja dalam menghadapi disrupsi yang disebabkan oleh Revolusi Industri 4.0
Implementation of Ki Hajar Dewantara's Leadership Trilogy at the University Sevti Qomariyah; Tasurun Amma; Habib Hidayat
EDUCATE : Journal of Education and Culture Vol. 2 No. 02: Mei, 2024
Publisher : Rumah Riset Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61493/educate.v2i02.116

Abstract

Trilogi kepemimpinan Ki Hajar Dewantara merujuk pada tiga prinsip dasar kepemimpinan yaitu Ing Ngarsa Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa, dan Tut Wuri Handayani. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian diketahui bahwa Implementasi Trilogi kepemimpinan Ki Hajar Dewantara, Ing Ngarsa Sung Tuladha di Perguruan Tinggi diimplementasikan dengan; Ketua sebagai teladan, penerapan kode etik, transparansi, memberdayakan SDM, menekankan nilai-nilai humanis, pengembangan karakter dan keterlibatan komunitas. Konsep Ing Madya Mangun Karsa; pengembangan visi strategi, peningkatan kualitas tridharma, program inovatif, kerjasama, pemikiran strategis, dan pengembangan kepemimpinan. Konsep Tut Wuri Handayani diimplementasikan melalui; mentor, pengembangan keterampilan dan potensi, program pengembangan karir.
Peningkatan Kemampuan Mengenal Warna Melalui Pemanfaatan Tutup Botol Minuman Sebagai Media Pembelajaran Pada Anak RA Permata Hati Sidokumpul Guntur Demak Fu'ad Arif Noor; Istikomah
EDUCATE : Journal of Education and Culture Vol. 2 No. 02: Mei, 2024
Publisher : Rumah Riset Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research aims to determine the implementation of recognizing colors through the use of drink bottle caps at RA Permata Hati Guntur Demak and to determine the implementation of using drink bottle caps in order to improve color recognition at RA Permata Hati Guntur Demak. Data collection techniques in this research are through observation and documentation techniques . This type of research is classroom action research with qualitative descriptive data analysis. The subjects used were students of RA Permata Hati Guntur Demak with a population of 10 children. Data sources come from educators and educational staff. The results of the research show that the ability to recognize colors can be increased by using drink bottle caps. The research results increased gradually. In addition to being able to recognize colors, this media also gives students interest in learning and can recognize concrete objects. There was an increase in the ability to recognize colors by using drink bottle caps in the pre-cycle of 3 students, with an average score of 45.6 and a percentage of 30%, in the first cycle there was an increase of 4 children with an average score of 55.55 and a percentage of 40%. cycle II increased by 5 children with an average score of 72 and a percentage of 50% and cycle III increased by 9 children with an average score of 87.5 and a percentage of 90%.
Pendidikan Pelestarian Lingkungan dan Pengelolaan Sampah Plastik Menjadi Barang Ekonomis Bagi Anak Sekolah Dasar Titania Mukti; Ahyakudin; Sujai; Nurul Fadhilah
EDUCATE : Journal of Education and Culture Vol. 2 No. 02: Mei, 2024
Publisher : Rumah Riset Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61493/educate.v2i02.118

Abstract

Pencemaran lingkungan akibat sampah plastik telah menjadi isu global. Sekolah menjadi salah satu tempat dengan produksi sampah plastik yang berasal dari kemasan makanan ringan dan minuman yang dikonsumsi anak-anak saat jam istirahat. Tujuan dari penelitian ini adalah mengimplementasikan pendidikan pelestarian lingkungan dan pengelolaan sampah plastik menjadi barang bernilai ekonomis bagi anak Sekolah Dasar Negeri Merak 1, Banten. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode kualitatif deskriptif. Sumber data primer didapatkan dari hasil observasi dan program pelatihan langsung. Metode pelatihan yang digunakan adalah model deduktif yang ditujukan pada anak-anak sekolah dasar (usia 7-12 tahun). Hasil pelatihan menunjukan bahwa program pelatihan pelestarian lingkungan dan daur ulang sampah plastik menjadi barang ekonomis mampu membimbing anak sekolah dasar untuk sadar akan membuang sampah di tempat yang telah disediakan dan diklasifikasikan menjadi sampah organik maupun sampah anorganik, kemudian anak-anak antusias dan mampu mempraktikan pembuatan ecobrik dan kerajinan tangan dari sampah plastik yang dapat dijadikan hiasan kelas, celengan, dan berbagai barang kerajinan.
Kedudukan dan fungsi Majelis Desa Pakraman (MDP) dalam Penyelesaian Kasus- Kasus Adat Anak Agung
EDUCATE : Journal of Education and Culture Vol. 2 No. 02: Mei, 2024
Publisher : Rumah Riset Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61493/educate.v2i02.120

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa tentang Potensi Hukum Adat Bali dalam Pelaksanaan Pembangunan Hukum Nasional dan kedudukan dan fungsi Majelis Desa Pakraman (MDP) Di Provinsi Bali Dalam Pemban- gunan Hukum NasionalPenelitian ini merupakan penelitian Socio-legal dengan menggunakan perangkat analisis hukum berupa hermeneutika hukum dan dianalisis melalui teori pluralisme hukum, teori sistem hukum serta teori pembangunan hukum.Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa Majelis Desa Pakraman Bali dalam pembangunan hukum nasional- berkedudukan sebagai lembaga independen dan/atau berada di luar sistem Pemerintah Daerah Provinsi Bali yang berfungsi untuk melakukan koordinasi baik dengan pemerintah maupun desa pakraman dalam rangka melakukan penguatan, pember- dayaan dan pembinaan hukum adat dan budaya Bali. Apabila dikaitkan dengan proses pembentukan produk hukum, baik itu produk hukum nasional maupun produk hu- kum daerah, kedudukan dan fungsi MDP adalah sebagai masyarakat yang berfungsi untuk memberikan masukan baik secara tertulis maupun lisan dalam proses pembentukan produk hukum sebagaimana amanat Pasal 96 ayat (1) UU 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan peraturan perundang-undangan. Secara sosiologis MDP senantiasa dilibatkan dalam proses pembahasan Rancangan Peraturan Perundang-undangan dan Rancangan Peraturan daerah. Selanjutnya dalam konteks penyelesaian kasus adat, kedudukan dan fungsi MDP Bali adalah: pertama, berkedudukan sebagai Sabha Kerta (Hakim Perdamain Desa) yang berfungsi memutus kasus adat dengan tatacara dan mekanisme yang telah ditentukan. Kedua, MDP berkedudukan sebagai mediator (penengah) dan berfungsi untuk mendamaikan para pihak yang bersengketa. Dengan menganalisis potensi hukum adat Bali, kedudukan dan fungsi MDP maka memberi arah pada peran MDP Bali dalam pembangunan Hukum Nasional
Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Amalia Nurjannah
EDUCATE : Journal of Education and Culture Vol. 2 No. 02: Mei, 2024
Publisher : Rumah Riset Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61493/educate.v2i02.121

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana analisis implementasi kurikulum merdeka belajar di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif.Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah menggunakan teknik triangulasi data, pengecekan data, dan ketercukupan referensi. Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa Kurikulum merdeka belajar ini sudah diimplementasikan  dengan baik di sekolah. Guru mempunyai peran penting dalam penerapan dan keberhasilan dalam implementasi kurikulum merdeka ini. Proses pembelajaran sudah melaksanakan projek penguatan profil pancasila walaupun pelaksanaannya menyesuaikan dengan sarana dan prasarana yang tersedia di sekolah. Meskipun sudah banyak sekolah menerapkan kurikulum merdeka ini dengan baik, masih ada sekolah yang   menghadapi permasalahan dalam pelaksanaannya yaitu terkendala akses internet dan sarana prasarana.
The Effect of Discovery Learning Method on Mathematics Learning Outcomes in View of Student Learning Motivation: Pengaruh Metode Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Sinta Widya Ningtias -
EDUCATE : Journal of Education and Culture Vol. 2 No. 02: Mei, 2024
Publisher : Rumah Riset Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61493/educate.v2i02.122

Abstract

Pembelajaran dengan menggunakan metode discovery learning merupakan suatu metode pembelajaran matematika yang melatih siswa untuk menemukan sendiri materi pembelajarannya. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui adanya pengaruh metode pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa SMP. 2) untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa. 3) untuk mengetahui adanya interaksi antara metode discovery learning dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. Hasil analisis anova dua jalan sel tak sama diperoleh, pada hipotesis pertama dan maka Ho ditolak berarti ada perbedaan rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran discovery learning dengan metode konvensional. Hipotesis kedua dan maka Ho ditolak berarti ada pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar. Hipotesis ketiga dan maka Ho ditolak berarti ada interaksi antara metode discovery learning dan motivasi belajar terhadap hasil belajar.
Sikap Bahasa Siswa MAN 1 Kota Serang Dan Implikasinya Terhadap Berpikir Kreatif Kholid Jarnudi
EDUCATE : Journal of Education and Culture Vol. 2 No. 02: Mei, 2024
Publisher : Rumah Riset Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61493/educate.v2i02.123

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrpisikan sikap bahasa (language attitude) siswa MAN 1 Kota Serang, Indonesia dan mengivestigasi pengaruh sikap bahasa (language attitude) dengan berpikir kreatif (creative thinking). Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan menggunakan metode analisis data regresi sederhana. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 1 Kota Serang, Banten, Indonesia dan penentuan jumlah sampel dilakukan dengan menggunakan formula Isaac dan Michael pada taraf kesalahan 5%. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen penilaian diri (self assesment) dan instrumen tes. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa terdapat hubungan yang signifikan sikap bahasa (language attitude) terhadap berpikir kreatif (creative thinking). Sikap bahasa yang positif, yang mencakup pemahaman dan apresiasi terhadap bahasa sebagai alat komunikasi, dapat memberikan stimulasi dan memfasilitasi kreativitas berpikir. Sikap bahasa yang positif dapat membantu individu lebih percaya diri dalam berkomunikasi dan berekspresi serta mendukung eksplorasi ide-ide baru.
Metode Pengajaran Bahasa Arab di Pesantren Modern Darussalam Cambai Kota Prabumulih Mukmin; Marini
EDUCATE : Journal of Education and Culture Vol. 2 No. 02: Mei, 2024
Publisher : Rumah Riset Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61493/educate.v2i02.124

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi metode pembelajaran Bahasa Arab yang diterapkan di Pondok Pesantren Darussalam Prabumulih. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, seperti pada pesantren-pesantren lainnya, Bahasa Arab merupakan mata pelajaran yang wajib diikuti di Pondok Pesantren Darussalam Prabumulih. Pembelajaran Bahasa Arab di pondok ini dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu (1) pembelajaran tata bahasa Arab (Nahwu dan Sharaf), dan (2) pembelajaran percakapan Bahasa Arab (Muhadatsah). Pembelajaran percakapan Bahasa Arab dilakukan dengan menciptakan lingkungan berbahasa Arab dan hari berbahasa Arab. Setiap santri diwajibkan untuk berkomunikasi dalam Bahasa Arab di lingkungan dan pada hari yang telah ditentukan. Sanksi akan diberlakukan kepada santri yang melanggar aturan ini dan tidak menggunakan Bahasa Arab.
Analisis Permasalahan Dalam Manajemen Perpustakaan Pusat UII (Universitas Islam Indonesia) Aprilina Selly Crussita Bella; Iin Roikhatul Jannah
EDUCATE : Journal of Education and Culture Vol. 2 No. 02: Mei, 2024
Publisher : Rumah Riset Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61493/educate.v2i02.126

Abstract

In its implementation in schools, the library has been systematically arranged in a room so that it can help students and teachers in the learning process. The UII (Indonesian Islamic University) Library provides services to users according to their needs, namely by providing excellent service in order to achieve user satisfaction. Increasingly sophisticated technology means that librarians must keep up with developments in order to know about current user needs. In particular, user visits to the library must be increased by providing encouragement first to attract users to come to the library. And in this article it is explained how important the role of library management is in the management and problems that occur in libraries, especially at the UII central library. The aim of this writing is to describe and analyze library management comprehensively. The method used in this report uses a library research method or approach, library research can be interpreted as a series or activities related to library data collection methods, reading and recording and processing research material. Library management is the effort of a school organization or library agency to achieve the goals stated in the organization's vision and mission through a process carried out jointly or in groups.

Page 1 of 1 | Total Record : 10