cover
Contact Name
Andri Putra Kesmawan
Contact Email
journal@idpublishing.org
Phone
+6281990251989
Journal Mail Official
journal@idpublishing.org
Editorial Address
Perumahan Sidorejo, Jl. Sidorejo Gg. Sadewa No.D3, Sonopakis Kidul, Ngestiharjo, Kapanewon, Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55184
Location
Kab. bantul,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Emergent: Journal of Educational Discoveries and Lifelong Learning (EJEDL)
ISSN : -     EISSN : 27760995     DOI : https://doi.org/10.47134/emergent
Core Subject : Education,
Emergent Journal of Educational Discoveries and Lifelong Learning (EJEDL) is a scholarly peer-reviewed international Journal. The journal implements a double-blind peer review for articles. The research manuscript must pass through the plagiarism check before being allotted to the reviewers. The open-access journal ensures the quality of published articles. Educators and researchers over the world are invited to publish their original discoveries in educational practices from the perspective of lifelong learning.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 4 (2023): June" : 5 Documents clear
Pengaruh Media Boneka Tangan terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas III di SD Muhammadiyah 11 Randegan Tanggulangin Sa’adah, A’imatus; Liansari, Vevy
Emergent: Journal of Educational Discoveries and Lifelong Learning (EJEDL) Vol. 4 No. 4 (2023): June
Publisher : Indonesian Journal Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47134/emergent.v2i2.22

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan adanya “Pengaruh Media Boneka Tangan terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas III di SD Muhammadiyah 11 Randegan Tanggulangin”. Media Boneka tangan dipilih karena pada dasarnya anak senang mendengarkan cerita. Jenis penelitian menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan desain One Group Pretest Posttest. Subjek penelitian yaitu seluruh siswa kelas III SD Muhammadiyah 11 Randegan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes, dimana ada pretest (tes awal) dan postest (tes akhir). Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah apabila sekurang-kurangnya 80% dari jumlah anak mendapat mendapat nilai baik. Data yang diperoleh nilai thitung (16.040) ttabel (2,008). Sedangkan hasil dari uji signifikan Effect size diperoleh hasil 0,64 yang berartinya terdapat pengaruh yang tidak begitu besar antara Media Boneka Tangan terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas III di SD Muhammadiyah 11 Randegan Tanggulangin.
Peningkatan Keterampilan Menulis dengan Menggunakan Media Video Animasi pada Siswa Kelas II di Madrasah Ibtidaiyah Bilingual Al Ikhlas Kepanjen Setyowati, Dewi; Anwar, Najih
Emergent: Journal of Educational Discoveries and Lifelong Learning (EJEDL) Vol. 4 No. 4 (2023): June
Publisher : Indonesian Journal Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47134/emergent.v2i2.23

Abstract

Media pembelajaran sangat berperan penting dalam proses pembelajaran. Pemilihan media pembelajaran yang tepat dapat meningkatkan hasil kemampuan siswa, khususnya dalam keterampilan menulis siswa dalam bahasa arab. Salah satu alternatif media yang dapat digunakan yaitu media video animasi. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana penggunaan media video animasi dalam pembelajaran maharah kitabah dan bagaimana penggunaan media video animasi dapat meningkatkan maharah kitabah pada siswa kelas II di MI Bilingual Al Ikhlas Kepanjen. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penggunaan media video animasi dalam pembelajaran keterampilan menulis dan untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa dalam pembelajaran bahasa arab kelas II di Madrasah Ibtidaiyah Bilingual Al Ikhlas Kepanjen. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus. Pada pra siklus memperoleh persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 62,06%. Siklus I memperoleh persentase kentuntasan belajar klasikal siswa sebesar 72,41% dan siklus II sebesar 89,65%.
Pengaruh Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Qawaid Siswi MTs Muhammadiyah 15 Al-Mizan Lamongan Hadiyanti, Febriana; Fauji, Imam
Emergent: Journal of Educational Discoveries and Lifelong Learning (EJEDL) Vol. 4 No. 4 (2023): June
Publisher : Indonesian Journal Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47134/emergent.v2i2.24

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode mind mapping terhadap hasil belajar qawaid siswi MTs Muhammadiyah 15 Al-Mizan Lamongan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode mind mapping berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswi. Hal ini dapat diketahui dari perhitungan hasil uji independent sample t-test yang menunjukkan nilai thitung sebesar 2,113 dan nilai ttabel pada taraf signifikansi sebesar 1,686 sehingga diketahui bahwa thitung > ttabel . Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar qawaid siswi MTs Muhammadiyah 15 Al-Mizan Lamongan.
Pengaruh Media Augmented Reality terhadap Peningkatan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 SDN Gelam 1 Candi Wahyuni, Febriyani Intin; Wachidah, Kemil
Emergent: Journal of Educational Discoveries and Lifelong Learning (EJEDL) Vol. 4 No. 4 (2023): June
Publisher : Indonesian Journal Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47134/emergent.v2i2.25

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Augmented Reality terhadap peningkatan membaca permulaan siswa kelas 1 SD. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pre-experimental one group pretest-postes design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SDN Gelam 1 Candi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket yang menggunakan skala Likert yang diberikan melalui pretest dan posttest. Data dari penelitian ini dianalisis menggunakan uji prasyarat dengan uji normalitas. Dari hasil penelitian diketahui hasil uji t-test yang telah dilakukan dengan program SPSS, maka didapat pada nilai signifikansi (2-tailed) yaitu 0,00 yang artinya lebih kecil dari 0,05. Maka dilihat dari dasar pengambilan keputusan uji t yaitu jika nilai signifikan (2-tailed) lebih kecil dari 0,05, maka Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh pada Augmented Reality terhadap peningkatan membaca permulaan siswa kelas 1 SD.
Analysis of Nahwu Learning by Using the Book of Al-Ajurumiyah at Madrasah Aliyah Bilingual Junwangi Riska, Lailatul Maulidah; Fauji, Imam
Emergent: Journal of Educational Discoveries and Lifelong Learning (EJEDL) Vol. 4 No. 4 (2023): June
Publisher : Indonesian Journal Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47134/emergent.v2i2.26

Abstract

Qowaid nahwiyah merupakan salah satu ilmu yang harus dipelajari di kalangan pesantren. Ilmu nahwu adalah jenis mata pelajaran yang diajarkan di Madrasah Aliyah Bilingual Junwangi. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui sistematika dan isi kitab al-Ajurumiyah yang digunakan di kelas 10 Sanggar Kutub at-Turost (SKT) Madrasah Aliyah Bilingual, untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran nahwu dengan menggunakan kitab al-Ajurumiyah di kelas Sanggar Kutub at-Turost (SKT) Madrasah Aliyah Bilingual, untuk mengetahui alasan mengapa Madrasah Aliyah Bilingual sebagai pondok pesantren modern masih menggunakan kitab-kitab kuning (klasik) sebagai media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subyek penelitian yaitu koordinator program SKT, guru pengampu nahwu, dan santri kelas 10 SKT. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa susunan materi ilmu nahwu dalam kitab al-Ajurumiyah berjumlah 25 pembahasan. Pembelajaran nahwu dengan menggunakan kitab al-Ajurumiyah di kelas 10 Sanggar Kutub at-Turost (SKT) terdapat tiga tahapan yaitu perencanaan, proses pembelajaran, dan evaluasi. Alasan Madrasah Aliyah Bilingual tetap mempelajari kitab kuning yaitu mengacu kepada pondasi pendidikan Rasulullah SAW. Karena pendidikan modern tidak boleh meninggalkan warisan ilmu yang telah disampaikan oleh Nabi dan Ulama Salafiyah.

Page 1 of 1 | Total Record : 5