cover
Contact Name
Annisa Nur Firdausyi
Contact Email
firdausyiannisa@gmail.com
Phone
+628985312178
Journal Mail Official
jurnalthufulah9@gmail.com
Editorial Address
Universitas Muhammadiyah Metro Jl. Ki Hajar Dewantara No.116,Iringmulyo, Kota Metro, Lampung, Sumatera - Indonesia
Location
Kota metro,
Lampung
INDONESIA
Thufulah: Jurnal Ilmiah Mahasiswa
ISSN : 28287843     EISSN : 28287061     DOI : https://doi.org/10.24127
Thufulah: Jurnal Ilmiah Mahasiswa is early childhood study journal, are articles of research results such as research and development, quantitative, qualitative, experiment, literature studies, application of theory, critical analysis studies, and islamic studies of childrens education in PAUD and childrens growth and development such as: Development of moral and religious values, Physical motor development, Emotional social development, Cognitive development, Language development, Artistic and creative development, Parenting, Management institution of early childhood education, Early child development assessment, evaluation of learning in early childhood education Child development psychology, Child empowerment, Learning strategy, Educational tool play, instructional media, Innovation in early childhood education and various fields related to Early Childhood Education. Earlychildhood study journal (Thufulah) is managed by the Islamic Early Childhood Islamic Education Study Program, Muhammadiyah Metro University.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2023): FEBRUARI" : 5 Documents clear
PENERAPAN TEKNIK BERCERITA FABEL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK DI PAUD AQILA BANDAR LAMPUNG Wahyutina, Ambar; Tisnawati, Nina; Firdausyi, Annisa Nur
Thufulah: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Vol. 2 No. 1 (2023): FEBRUARI
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/thufulah.v2i1.5199

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Teknik bercerita fabel dalam meningkatkan kemampuan berbahasa anak di PAUD Aqila Bandar Lampung. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif, data yang di gunakam adalah: wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan teknik analisis yang digunakan reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini 1). Penerapan teknik bercerita fabel dalam meningkatkan kemampuan berbahasa anak di PAUD Aqila Bandar Lampung sudah cukup baik perkembangan bahasa anak dengan menggunakan cerita fabel,pertama teknik yang digunakan antara lain pemilihan tema yang menarik, menggunakan APE sesuai dengan tema yang diceritakan menggunakan Intonasi yang berubah-rubah sesuai dengan tema perkembangan bahasa secara umum sudah berkembang dengan baik, namun secara khusus masih ada beberapa anak yang harus di bimbing dan di monitor dalam tahap perkembangan bahasanya, 2).Menerapkan bercerita fabel ada beberapa tahapan yang di lakukan tahap persiapan atau perencanaan, tahap pelaksanaan merupakan realisasi dari persiapan atau perencanaan, tahap evaluasi berhasilkah metode cerita fabel dengan melihat hasil capaian peserta didik.
PENERAPAN POP UP BOOK TERHADAP LITERASI SAINS PADA KELOMPOK B DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL Nuryani, Nuryani; Noormawanti, Noormawanti; Marlisa, Lusi
Thufulah: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Vol. 2 No. 1 (2023): FEBRUARI
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/thufulah.v2i1.5200

Abstract

Upaya pembinaan pada anak sejak lahir sampai usia enam tahun. Pendidikan pada anak usia dini di sampaikan secara menyenangkan, menggunakan media Pop-Up Book, Media ini merupakan sebuah alat peraga tiga dimensi yang dapat menstimulasi imajinasi anak dan menambah pengetahuan. Tujuan penelitian adalah: untuk mengetahui bagaimana penerapan media Pop-Up Book terhadap literasi Sains dalam pembelajaran tema keluargakudan untuk mengetahui efektifitas penerapan media Pop-Up Book terhadap literasi Sains dalam pembelajaran tema keluargaku pada kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kalirejo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Tehnik pengumpulan data yang dugunakan adalah transkrip hasil wawancara, catatan lapangan, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa media Pop-Up Book memberikan kemudahan tersendiri bagi guru sebagai alat peraga pembelajaran memperkenalkan sains, penerapan media Pop-Up Book di TK ABA Kalirejo sekaligus meningkatkan kreatifitas pendidikdalam proses mpembuatannya.Faktor penghamba tdan pendukung dalam penerapan media pembelajaran Pop-Up Book di TK ABA Kalirejo menjadi tantangan tersendiri bagi parapendidiknya.
UPAYA GURU MENGEMBANGKAN BAHASA ANAK MELALUI METODE BERNYANYI DI KB CERIA AISYIYAH KALIREJO LAMPUNG TENGAH Komariyah, Siti; Noormawanti, Noormawanti; Tisnawati, Nina
Thufulah: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Vol. 2 No. 1 (2023): FEBRUARI
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/thufulah.v2i1.5201

Abstract

Mengembangkan Bahasa anak usia dini membuat anak memiliki pembendaharaan kosa kata yang mumpuni. Melalui metode bernyanyi anak-anak akan lebih mudah menambah kosa akta kesehariannya. Metode bernyanyi mengajarkan anak untuk melafalkan syair-syair sederhana dalam lagu. Anak juga dapat berpikir kritis ketika memahami makna yang terhadap di dalam lagu sesuai dengan kehidupan nyata. Tujuan dari penelitian ini antara lain untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam mengembangkan Bahasa anak melalui metode bernyanyi pada anak usia dini di KB Ceria Aisyiyah Kalirejo. Tujuan peneilitian ini juga untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat upaya guru dalam mengembangkan Bahasa anak melalui metode bernyanyi pada anak usia dini di KB Ceria Aisyiyah Kalirejo. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer berupa hasil wawancara, observasi, dan data sekunder berupa dokumentasi. Upaya guru dalam mengembangkan kemampuan Bahasa anak usia dini melalui metode bernyanyi berdampak positif bagi peserta didik KB Ceria Aisyiyah Kalirejo Lampung tengah dengan menetapkan tujuan dan tema yang dipilih untuk kegiatan bernyanyi. Upaya yang dilakukan guru antara lain sebelum pembelajaran mempersiapkan RPPH, media pembelajaran dan bahan ajar. Penggunaan metode bernyanyi memudahkan guru dalam penyampaikan materi di KB Ceria Asiyiyah Kalirejo. Hasil penelitian menunjukkan keberhasilan dalam penggunaan metode bernyanyi dengan mendapatkan hasil pencapaian perkembangan anak berkembang sesuai harapan (BSH). Ada faktor pendukung dan penghambatnya dalam mengembangkan Bahasa anak usia dini. Penggunaan metode bernyanyi merupakan pilihan yang tepat agar anak usia 3-4 tahun mudah mengingat, dan bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-sehari sesuai dengan pengembangan Bahasa anak usia dini.
MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI MEDIA PLASTISIN DI KELOMPOK BERMAIN BAITUROHMAN SUKOSARI KALIREJO LAMPUNG TENGAH Rahayu, Rahayu; Noormawanti, Noormawanti; Firdausyi, Annisa Nur
Thufulah: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Vol. 2 No. 1 (2023): FEBRUARI
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/thufulah.v2i1.5202

Abstract

Pentingnya kemampuan motorik halus bagi masa perkembangan anak usia dini. Salah satu media pembelajaran yang dapat diterapkan adalah dengan media plastisin. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan media plastisin dalam meningkatkan kreativitas anak di Kelompok Belajar Baiturrohman Sukosari. Jenis penelitian yang ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini berjumlah 18 anak. Teknik pengumpulan data yakni wawancara, observasi dan dokumentasi. Indikator keberhasilan yaitu pembelajaran dikelas dapat dinyatakan tuntas apabila 14 dari 18 siswa mencapai perkembangan (BSH) untuk kreativitas anak, apabila tindakan dikatakan berhasil jika kreativitas anak mengalami peningkatan mencapai lebih dari 78% dari jumlah siswa.Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa hasil pada siklus 1 mengalami peningkatan dalam aspek orisinal 39%, aspek bentuk 44,5%, dan aspek warna 50%. Hasil penelitian di siklus 2, aspek orisinal naik menjadi 78%, aspek bentuk 83%, dan aspek warna 78%, maka dapat disimpulkan bahwa di siklus 2 dalam peningkatan kreatifitas anak telah berhasil karena sudah sesuai dengan nilai rata-rata 78%. Pelaksanaan tindakan kelas dengan diadakannya siklus I, dan siklus II memberikan peningkatan kreativitas pada anak melalui kegiatan plastisin.
IMPLEMENTASI METODE KETELADANAN DALAM PEMBELAJARAN AKHLAQ DAN IBADAH ANAK USIA 5-6 TAHUN KELAS B PAUD AL MUHSIN METRO UTARA Salmawati, Nita; Tisnawati, Nina; Islahuddin, Ahmad Noor
Thufulah: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Vol. 2 No. 1 (2023): FEBRUARI
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/thufulah.v2i1.5203

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk mengetahui implementasi pembelajaran akhlaq dan ibadah anak melalui metode keteladanan di PAUD Al Muhsin Metro, bagaimana implementasi dan faktor yang mempengaruhinya. Era globalisasi semakin berkembang, kini guru mempunyai peran dan partisipasi penting dalam proses pembentukan nilai akhlaq dan ibadah. Oleh karena itu, upaya yang dilakukan oleh seorang guru dalam meningkatkan ghirah anak-anak dalam membentuk akhlak dan ibadah yaitu dengan membangun pembiasaan sebagai metode dalam pembentukkan nilai ibadah dan akhlak anak. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yaitu menganalisis, menggambarkan dan meringkas berbagai kondisi, situasi dari berbagai data yang dikumpulkan dalam bentuk wawancara atau pengamatan mengenai masalah yang diteliti yang terjadi di lapangan. Hasil penelitian menujukan bahwa nilai yang diterapkan PAUD Al Muhsin dalam pembelajaran ada 3 nilai akhlak dan ibadah yang merupakan sebagai metode pembiasaan dalam implementasi pendidikan akhlak dan ibadah di PAUD Al-Muhsin yaitu akhlak dan ibadah terhadap Allah, akhlak dan ibadah terhadap sesama manusia dan akhlak dan ibadah terhadap lingkungan. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa: pembentukan akhlak dan ibadah mampu menghasilkan orang-orang bermoral, sedari usia dini, laki-laki maupun perempuan, jiwa bersih, cita-cita yang benar dan ahlak yang tinggi, mengetahui kewajiban dan pelaksanaan.

Page 1 of 1 | Total Record : 5