Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi
Musytari: Neraca Manajemen, Akuntasi, Ekonomi, adalah jurnal nasional peer-review yang diterbitkan oleh CV Anugrah Anggota IKAPI. Musytari: Neraca Manajemen, Akuntasi, Ekonomi membahas ekonomi dan bisnis dalam ruang lingkup berbagai disiplin ilmu ekonomi, manajemen, dan akuntansi. Tim editorial menyambut baik seluruh masyarakat, terutama akademisi dan peneliti, untuk menyumbangkan dedikasi intelektualnya dalam bentuk artikel asli yang diterbitkan dalam jurnal ini yang belum pernah dipublikasikan di media manapun. Artikel dapat berupa hasil penelitian maupun kajian ilmiah lainnya.
Articles
15 Documents
Search results for
, issue
"Vol. 2 No. 8 (2023): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi"
:
15 Documents
clear
Pemanfaatan Analisis Risiko Instrumen Keuangan Derivatif Pada Pasar Modal: Literatur Review
Trisniyati;
Dita Dwi Puspitasari;
Yusni Kartika Cahyaningtyas;
Endang Kartini Panggiarti
Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 2 No. 8 (2023): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi
Publisher : CV SWA Anugrah
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.8734/musytari.v2i8.1336
Perkembangan dan munculnya permasalahan pada pasar keuangan Indonesia yang berkaitan dengan derivatif diatur dalam perundang-undangan tentang Pasar Modal Indonesia. Pentingnya analisis risiko derivatif di pasar modal, investor yang tidak memahami atau mengabaikan risiko yang terkait dengan derivatif rentan terhadap kerugian finansial yang signifikan. Pada penelitian ini, kami menggunakan metode studi literatur yang merupakan serangkaian kegiatan pengumpulan data pustaka, membaca, dan mencatat juga mengelola bahan penelitian. Berdasarkan tinjauan literatur dari 5 jurnal yang telah meninjau diperoleh hasil analisis risiko terhadap instrumen keuangan derivatif di pasar modal menunjukkan bahwa instrumen tersebut memiliki beberapa risiko yang perlu diperhatikan oleh para pelaku pasar. Oleh karena itu, untuk mengelola risiko instrumen keuangan derivatif secara lebih efektif, penting untuk memiliki pemahaman mendalam mengenai risiko tersebut dan menerapkan pendekatan yang tepat.
ANALISIS PENGELOLAAN ASET TETAP PADA BADAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH KOTA MAGELANG
Muhammad Muhaiminul Azizul Khakim;
Dimas Oktavian Purnomo
Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 2 No. 8 (2023): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi
Publisher : CV SWA Anugrah
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.8734/musytari.v2i8.1338
Asset tetap daerah merupakan salah satu unsur pendukung pemerintah daerah dalam membantu memberikan pelayanan public yang mana harus dikelola dengan baik agar dapat memberikan informasi yang unggul bagi laporan keuangan daerah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Memperoleh pemahaman yang mendalam tentang aspek yang terkait dengan objek penelitian. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwasannya BPKAD Kota Magelang sebagai organisasi perangkat daerah yang memiliki fungsi pengelolaan barang milik daerah secara ketersediaan asset, sebagian besar kebutuhan asset BPKAD Kota Magelang telah terpenuhi walaupun masih terdapat beberapa asset dalam kondisi yang tidak baik sehingga dapat menggaggu operasional BPKAD.
PENGGUNAAN APLIKASI SALESFORCES BERBASIS WEB DALAM RECRUITMENT MITRA BISNIS RETAILER (SPBU SHELL DI SUMATERA UTARA)
Moudy Fitria Respati;
Parapat Gultom
Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 2 No. 8 (2023): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi
Publisher : CV SWA Anugrah
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.8734/musytari.v2i8.1340
Rekrutmen adalah kegiatan menarik, menyaring dan memilih kumpulan calon (karyawan/mitra bisnis) yang paling cocok dalam keterampilan, pengalaman dan kompetensi. Proses rekrutmen konvensional menghabiskan lebih banyak waktu dan biaya serta organisasi terbaik dalam mempekerjakan karyawan terbaik dengan biaya terendah. Hal tersebut menjadi sebuah keharusan dalam bersaing demi meraih keunggulan kompetitif di dunia industri. Seiring berjalannya waktu, proses rekrutmen sudah berubah dari metode konvensional menjadi metode dengan penerapan teknologi seperti melalui rekrutmen berbasis website, job street, linked-in dan social media. Aplikasi Sosial Media Linkedin adalah platform Media Sosial professional dengan 443 juta pengguna di sekitar 200 negara. Dengan menggunakan media social professional Linkedin sebagai alat untuk rekrutmen, para pencari kerja dan para perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja akan dipermudah. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui kesesuaian antara pencari kerja dengan kriteria yang dibutuhkan perusahaan dalam rangka proses rekrutmen tenaga kerja. Pengumpulan data akan digunakan pada para pencari kerja di area Sumatera Utara dan akan disesuiakan dengan para calon mitra bisnis yang bersedia menjadi pengelola SPBU Shell yang akan dibuka di Sumatera Utara. Hasil Penelitan juga menunjukkan hubungan signifikan bahwa variable personal - organisasi, personal - kelompok dan Variable Personal - Pekerjaan dapat menghasilkan kinerja organisasi yang tinggi untuk suksesnya SPBU Shell mengemabangkan bisnisnya di Sumatera Utara. Penerapan penelitian ini diharapkan menjadi solusi bagi para calon mitra bisnis dan SPBU Shell di Sumatera Utara dalam menjaring Mitra Bisnis. Sehingga dapat terjadi efisiensi dalam proses dan rekrutmen
PENERAPAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT PADA PERUSAHAAN KFC INDONESIA
Putri Delya;
Rahmanisa Rahmanisa;
M. Farhan Mahyansyah;
Satrio Bimo Syahputro
Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 2 No. 8 (2023): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi
Publisher : CV SWA Anugrah
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.8734/musytari.v2i8.1341
Pada perusahaan KFC Customer Relationship Management sangat dibutuhkan karna CRM sendiri mempunyai peran penting dalam menjalin hubungan dengan pelanggan. Tujuan dari penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana sistem penerapan CRM pada KFC apakah sudah baik atau belum. Metode yang kami gunakan pada penelitian adalah menggunakan metode studi leteratur. Pada penerapan CRM pada Perusahaan KCF sudah cukup baik sesuai dengan teori yang mendukung keberhasilan penerapan tersebut yang meliputi Memperoleh Pelanggan Baru, Meningkatkan nilai pelanggan, Mempertahankan Pelanggan yang ada untuk mempertahankan pelanggan yang sudah ada, menggunakan stempel pelanggan, aplikasi menunjukan lokasi cabang terdekat dan menyediakan wifi gratis, menggunakan aplikasi merekan prilaku dan kebiasaan serta melakukan evaluasi pada Customer Relationship Management KFC.
PENERAPAN PSAK 65 DAN HUBUNGANNYA DENGAN PSAK 22 TENTANG KOMBINASI BISNIS PADA PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN KONSOLIDASI
Refa Indriani;
Khoirunisa Azahra;
Afni Rahmania;
Reza Aryantina;
Endang Kartini Panggiarti
Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 2 No. 8 (2023): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi
Publisher : CV SWA Anugrah
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.8734/musytari.v2i8.1342
Strategi kombinasi bisnis memberikan peluang untuk menggabungkan sumber daya, keahlian, potensi pertumbuhan dari berbagai entitas, dan membuka jalan bagi transformasi yang signifikan sehingga tercapai efisiensi yang tinggi dalam suatu bisnis. Perusahaan yang melakukan kombinasi bisnis biasanya menggunakan sistem akuntansi yang terus menghasilkan laporan keuangan pada akhir periode akuntansi. International Financial Reporting Standards (IFRS) dan Generally Accepted Accounting Principles (GAAP) mengharuskan penyajian laporan keuangan konsolidasi yang disusun oleh induk perusahaan. Standar yang mengatur laporan keuangan konsolidasi terdapat pada PSAK 65 (revisi 2013). Selain itu, terdapat PSAK lain yang mengatur penyusunan Laporan Keuangan Konsolidasian yaitu PSAK 22 tentang Akuntansi Penggabungan Usaha. PSAK 65 membimbing perusahaan dalam mengenali dan mengukur aset, kewajiban, dan ekuitas yang diperoleh dari kombinasi bisnis, sementara PSAK 22 memberikan arahan khusus untuk situasi di mana entitas yang terlibat memiliki pengendalian bersama. Artikel ini menjelaskan tentang penerapan kedua PSAK tersebut dalam penyusunan Laporan Keuangan Konsolidasian.
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MENDORONG PERUSAHAAN PT. ASTRA INTERNASIONAL TBK MEREVALUASI ASET TETAP TAHUN 2018-2022
Qurrota A’yunin;
Syifa Hanin Khusnunnisa;
Lintang Yulfiani;
Endang Kartini Panggiarti
Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 2 No. 8 (2023): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi
Publisher : CV SWA Anugrah
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.8734/musytari.v2i8.1343
Keputusan untuk merevaluasi asset tetap merupakan Langkah yang perlu dipertimbangkan dengan matang atas berbagai faktor. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang menjadi pertimbangan utama dalam proses pengambilan keputusan untuk merevaluasi asset. Metode penelitian yang digunakan peneliti yaitu dengan melibatkan studi literatur dan faktor-faktor kunci yang pada umumnya dipertimbangkan oleh organisasi dalam mengambil keputusan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa factor-faktor yang mempengaruhi keputusan merevaluasi aset tetap yaitu leverage, arus kas operasi, dan ukuran Perusahaan. Penelitian ini memberikan pandangan yang komprehensf terhadap factor-faktor yang harus dipertimbangkan dalam keputusan untuk merevaluasi asset tetap, memberikan kontribusi pada pemahaman lebih lanjut tentang strategi pengelolaan aset tetap dan pengambilan keputusan yang efektif dalam lingkungan bisnis yang dinamis.
TANTANGAN DAN DAMPAK AKUISISI DAN MERGER BAGI PENINGKATAN KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN
Arella Laticia Br Perangin Angin;
Rona Khonsa Hanifah;
Ayu Alfina Wijiyanti;
Endang Kartini Panggiarti
Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 2 No. 8 (2023): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi
Publisher : CV SWA Anugrah
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.8734/musytari.v2i8.1344
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengkaji proses akuisisi di perusahaan, yang dapat dilihat dari tantangan yang dihadapi perusahaan dan dampak bagi kinerja keuangan perusahaan itu sendiri. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif yaitu literature review. Sumber data yang diperoleh yaitu merupakan data sekunder, dari penelitian – penelitian terdahulu dan sumber – sumber kepustakaan yang relevan. Dari penelitian yang dilakukan menghasilkan kesimpulan bahwa akuisisi merukapan strategi efektif yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk meningkatkan nilai perusahaan. Dalam akuisisi perusahaan terdapat tantangan yang harus dihadapi perusahaan dan dampak bagi kinerja keuangan perusahaan.
DAMPAK DARI PELAKSANAAN DESKRIPSI PEKERJAAN (JOB DESCRIPTION) TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI PT. DOMAS SAWIT INTI PERDANA
Nurhadiah Nurhadiah;
Suhairi Suhairi
Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 2 No. 8 (2023): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi
Publisher : CV SWA Anugrah
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.8734/musytari.v2i8.1347
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efek dari pelaksanaan deskripsi pekerjaan (job description) terhadap kinerja karyawan. Metode penelitian yang dipergunakan merupakan survei dengan kuesioner menjadi instrumen pengumpulan data. Responden pada penelitian ini ialah karyawan dari beberapa perusahaan di Indonesia yang sudah menerapkan job description. hasil penelitian memperlihatkan bahwa pelaksanaan job description mempunyai dampak positif yang signifikan terhadap kinerja karyawan, terutama pada hal peningkatan produktivitas serta kualitas kerja. Namun, terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi efektivitas dari job description, seperti kesesuaian antara deskripsi pekerjaan dengan tugas yang sebenarnya dilakukan oleh karyawan dan dukungan manajemen dalam pelaksanaannya. Oleh karena itu, perusahaan perlu memperhatikan faktor-faktor tersebut dalam menerapkan job description agar dapat memaksimalkan dampak positifnya terhadap kinerja karyawan.
PENGARUH UMKM TERHADAP PEREKONOMIAN DI INDONESIA
Dwi Ratna Anjani;
Mutiara Wibowo Pane;
Rony Edward Utama
Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 2 No. 8 (2023): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi
Publisher : CV SWA Anugrah
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.8734/musytari.v2i8.1348
Peranan Usaha Kecil Menegah (UKM) dalam mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi sangat penting, hal ini dapat dilihat dari kontribusi terhadap neraca pembayaran melalui kegiatan ekspor dan mampu menyerap tenaga kerja dalam jumlah banyak yaitu 70% dari total tenaga kerja di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh perkembangan Usaha Kecil Menengah (UKM) terhadap pertumbuhan ekonomi pada sektor UKM di Indonesia. Pada penelitian ini digunakan metode data panel dengan Fixed Effect Model. Data yang digunakan adalah data sekunder berupa nilai PDB UKM, tenaga kerja UKM, ekspor UKM, jumlah unit UKM, dan investasi UKM dari tahun 2000-2009. Hasil analisis dengan menggunakan metode regresi data panel menunjukkan bahwa ekspor UKM, jumlah unit UKM, dan investasi UKM berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi pada sektor UKM. Sedangkan variabel tenaga kerja UKM tidak berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi pada sektor UKM karena tenaga kerja yang diserap tidak sebanding dengan nilai tambah yang dihasilkan.
ANALISIS PENERAPAN ISAK 35 PADA LAPORAN KEUANGAN RSUD KOTA YOGYAKARTA
Alifah Nurul Fadhilah;
Effien Ailsa Cahyaningtyas;
Fenny Puspitasari;
Rizka Luthfia Anisah
Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 2 No. 8 (2023): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi
Publisher : CV SWA Anugrah
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.8734/musytari.v2i8.1350
Penelitian ini dilakukan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD Kota Yogyakarta) yang bertujuan untuk mengetahui Penyajian Laporan Keuangan pada RSUD Kota Yogyakarta tentang Penyajian Laporan Keuangan entitas berorientasi nonlaba. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data melalui pengamatan data statistik dan tinjauan literatur, sedangkan analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dengan membandingkan antara teori dengan praktik dalam penyusunan laporan keuangan organisasi. Hasil menunjukkan bahwa Rumah Sakit Umum Daerah Kota Yogyakarta menyajikan Laporan Posisi Keuangan, Catatan Atas Laporan Keuangan, dan Laporan Realisasi Anggaran.