cover
Contact Name
Jeperson Hutahaean
Contact Email
bhb.jurnalteknologipendidikan@gmail.com
Phone
+6282399206294
Journal Mail Official
bhb.jurnalteknologipendidikan@gmail.com
Editorial Address
Jl. Acces Road Kuala Tanjung Inalum No. 29 Dusun: Bahagia Kelurahan: Pakam Raya Selatan Kecamatan: Medang Deras Kabupaten: Batubara KP. 21258 Provinsi : Sumatera Utara
Location
Kab. batu bara,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Teknologi Pendidikan
ISSN : -     EISSN : 29643767     DOI : https://doi.org/10.56854/tp.v1i2
Core Subject : Education,
Jurnal Teknologi Pendidikan adalah jurnal yang ditebitkan PT. Bangun Harapan Bangsa untuk memuat dan menyebarluaskan hasil penelitian lapangan atau studi literatur dengan ruang lingkup teknologi pendidikan dengan kajian pengembangan kurikulum terutama disain, pengembangan, pemanfaatan berbagai sumber belajar, implementasi, dan penilaian program dan hasil belajar. Jurnal Teknologi Pendidikan diterbitkan dengan nomor E-ISSN 2964-3767 dan SK: 005.29643767/K.4/SK.ISSN/2022.11. Jurnal Teknologi Pendidikan diterbitkan dua kali dalam setahun, di bulan Juni dan bulan Desember. Jurnal ini diterbitkan oleh PT. Bangun Harapan Bangsa. Jurnal yang di-submit ke Jurnal Teknologi Pendidikan akan melalui proses Peer-Review. Jurnal yang diterima akan tersedia untuk di-download secara online. Bahasa yang digunakan adalah bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Focus & Scope Fokus publikasi jurnal ini dalam bidang ilmu Teknologi Pendidikan dan bidang lainnya dengan kajian yang relevan dengan Teknologi Pendidikan yang meliputi hasil penelitian dosen, mahasiswa, dan praktisi dari berbagai lembaga pendidikan, lembaga penelitian, dan departemen. Bidang Kajian meliputi 1. Pengembangan Kurikulum terutama Disain 2. Pemanfaatan Berbagai Sumber Belajar 3. Implementasi dan 4. Penilaian Program dan Hasil Belajar
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 1: Juni 2022" : 5 Documents clear
Strategi Blended Learning Dalam Pembelajaran PAK di SMP Negeri 1 Tombariri Kabupaten Minahasa Nancy E. Polak; Erwin Sianturi; Veren V. Horimu; Grace N. Birahim; Michael F. Polii
Jurnal Teknologi Pendidikan Vol. 1 No. 1: Juni 2022
Publisher : PT. Bangun Harapan Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56854/tp.v1i1.1

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran Strategi Blended Learning di masa pandemik covid-19 di SMP Negeri 1 Tombariri. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil analisis dan interpretasi data diperoleh bahwa: (1) Peneliti menemukan bahwa Strategi Blended Learning dalam pembelajaran PAK di SMP Negeri 1 Tombariri, yaitu : Dalam perencanaan pelaksanaan Blended Learning di SMP Negeri 1 Tombariri sesuai dengan tahapan pelaksanaan Blended Learning yaitu pembuatan perangkat pembelajaran seperti RPP, dan jadwal pembelajaran baik online maupun offline. Guru juga sudah menyiapkan terlebih dahulu media pembelajaran seperti, video pembelajaran, link pembelajaran dll. Dan materi pembelajaran sudah disederhanakan sesuai dengan kebutuhan siswa dimasa pandemik saat ini. (2) Faktor penghambat dalam pelaksanaan Blended Learning di SMP Negeri 1 Tombariri, yaitu : tidak semua siswa mempunyai fasilitas dalam pembelajaran online, jaringan yang kurang baik dan kurangnya kehadiran siswa dalam pembelajaran online maupun offline, sehingga ini menjadi faktor penghambat yang menonjol dalam pelaksanaan Blended Learning dan mengakibatkan kesulitan bagi guru dalam penyusunan penilaian. Berdasarkan hasil temuan tersebut maka direkomendasikan untuk guru PAK agar terus mengasah kompetensi juga untuk berinovasi dan kreatif dalam pembelajaran PAK meskipun dalam masa pandemic sekarang ini. Orang tua juga harus terus melaksanakan tugas dan tanggung jawab dalam pendidikan anak.
Penerapan Media Audio-Visual Dalam Pembelajaran PAK di SMK Regenerasi Tateli Kecamatan Mandolang Kabupaten Minahasa Febri Kurnia Manoppo; Erwin Sianturi; Sugijanti Supit; Elfin Mulaki; Hasia Mamonto
Jurnal Teknologi Pendidikan Vol. 1 No. 1: Juni 2022
Publisher : PT. Bangun Harapan Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56854/tp.v1i1.2

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapa media audio visual sebagai salah satu alat perantara yang bisa membantu pendidik dalam proses pembelajaran khususnya pendidikan agama Kristen. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi yang dilakukan di SMK Regenerasi Tateli Kecamatan mandolang Kabupaten Minahasa 2021.Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara, dari hasil analisis dan interpretasi data diperoleh indikasi bahwa guru PAK kurang kreatif dalam memanfaatkan media pembelajaran audio visual dalam pembelajaran PAK dan media pembelajaran audio visual jarang digunakan. Hambatan dalam penggunaan media audio visual karena kurangnya ketersediaan media pembelajaran di sekolah. Namun ada upaya yang dilakukan oleh sekolah termasuk di dalamnya guru-guru untuk menyediakan media pembelajaran dalam menunjang dan memperlengkai proses pembelajaran untuk mencapai tujuan.
Inovasi Pendekatan Kelompok Kecil dalam Sistem Pembelajaran Anak Bangsawan (PAB) pada SMP N 3 Touluaan Kabupaten Minahasa Tenggara di Masa Pandemi Deflita R.N Lumi; Yehezkiel Situmorang; Prayer Legi; Michael Fabio Polii
Jurnal Teknologi Pendidikan Vol. 1 No. 1: Juni 2022
Publisher : PT. Bangun Harapan Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56854/tp.v1i1.3

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik melalui pendekatan pembelajaran kelompok kecil. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi yang dilakukan di SMP N 3 Touluaan. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara, dari hasil analisis dan interpretasi data diperoleh indikasi bahwa: peserta didik lebih tertarik dengan sistem pembelajaran anak bangsawan dengan menggunakan pendekatan pembelajaran kelompok kecil dibandingkan pembelajaran online. Hal ini ditandai dengan peningkatan hasil belajar peserta didik. Begitupun dengan pendidik, pendidik bisa lebih memahami sifat dan kepribadian dari peserta didik dan bisa terjalin keakraban antara peserta didik dan pendidik. Dari hasil temuan tersebut maka direkomendasikan untuk lebih mengembangkan lagi sistem pembelajaran anak bangsawan dengan menggunakan pendekatan pembelajaran kelompok kecil, sebagai alternative dalam pembelajaran dimasa pandemi.
Pemanfaatan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di SMA Negeri 7 Manado Olivia Wuwung; Grace Birahim; Refelindo Pangemanan; Bryan Kaurouw
Jurnal Teknologi Pendidikan Vol. 1 No. 1: Juni 2022
Publisher : PT. Bangun Harapan Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56854/tp.v1i1.4

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan media pembelajaran PAK, hambatan-hambatan yang terjadi dalam pemanfaatan media pembelajaran PAK, dan upaya dalam menerapkan pembelajaran menggunakan media pembelajaran PAK di SMA Negeri 7 Manado. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data penelitian diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta melalui literatur buku, jurnal, foto, dan lain-lain. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari tiga langkah, yakni kondensasi data, penyajian data, serta kesimpulan dan verfikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Media pembelajaran digunakan oleh guru PAK sebagai alat bantu untuk menyampaikan materi ajar kepada siswa agar mereka dapat menerima dan memahami pesan dengan mudah dan jelas. Adapun media pembelajaran PAK yang digunakan di SMA Negeri 7 Manado, di antaranya meliputi: media pembelajaran cetak, seperti buku, koran, dan majalah; media pembelajaran visual, seperti gambar, foto, powerpoint; media pembelajaran audio visual, seperti laptop, proyektor LCD, speaker, dan alat pemutar film; serta media pembelajaran internet. 2) Hambatan-hambatan yang terjadi ketika memanfaatkan media pembelajaran PAK, yakni keterbatasan fasilitas seperti laptop, serta proyektor LCD dan alat pendukungnya (kabel dan speaker). Hal tersebut dikarenakan fasilitas (proyektor LCD) yang ada di sekolah masih kurang, dan juga untuk menggunakannya harus secara bergantian. Selain itu, pembelajaran juga terhambat karena pemadaman listrik yang sering terjadi di lingkungan sekolah yang membuat penyampaian bahan ajar melalui media dan teknologi seperti LCD menjadi terhambat; 3) Upaya dalam menerapkan media pembelajaran PAK dalam kegiatan pembelajaran di kelas tergantung pada masing-masing guru yang melakukan pemanfaatan media pembelajaran. Selain itu guru juga membuat media pembelajaran yang menarik serta menggunakan media pembelajaran yang cocok dan sesuai untuk digunakan di dalam kelas agar tujuan pembelajaran dapat tercapai.
Pemanfaatan Smartphone Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di SMK Negeri 1 Motoling Timur Heldy J. Rogahang; Jiffry Kawung; Astri Pelle; Maria Keren Oroh
Jurnal Teknologi Pendidikan Vol. 1 No. 1: Juni 2022
Publisher : PT. Bangun Harapan Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56854/tp.v1i1.5

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pemanfaatan Smartphone sebagai media pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di SMK Negeri 1 Motoling Timur. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang dilaksanakan di SMK Negeri 1 Motoling Timur. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumnetasi. Dari hasil analisis dan interpretasi data diperoleh indikasi bahwa: (1) Pemanfaatan smartphone sebagai media pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di SMK N 1 Motoling Timur yaitu: dapat menambah wawasan dengan mengakses informasi secara lebih bebas dan luas terkait materi bahan ajar di internet, dapat mencari buku-buku pelajaran dengan menggunakan buku elektronik sehingga, lebih memudahkan membuat tugas-tugas pelajaran yang ada didalam kelas maupun tugas rumah, dapat, dan dapat mengirim tugas yang sudah dikerjakan kepada guru. (2) Dampak positif pemanfaatan smartphone khususnya dalam kegiatan pembelajaran. Dengan menggunakan smartphone dalam pembelajaran yaitu: peserta didik dapat menambah informasi pengetahuan secara lebih mudah, lebih bebas dan lebih luas terkait materi bahan ajar di internet. Dampak negatif dalam pemanfaatan smartphone yaitu: peserta didik menjadi malas belajar dan tidak terkadang tidak fokus mengikuti pembelajaran didalam kelas dengan baik karena keasikan bermain smartphone pada saat kegiatan pembelajaran sedang berlangsung, peserta didik dapat melakukan kecurangan pada saat ujian baik mencontek dengan mengakses jawaban di internet. (3) Upaya yang dilakukan terkait pemanfaatan smartphone oleh peserta didik yaitu, Guru harus selalu memperhatikan dan membimbing peserta didik dalam memanfaatkan smartphone dengan memberikan batasan-batasan waktu tertentu ketika diizinkan oleh guru tersebut, dan guru harus memberi sanksi atau mengambil smartphone yang digunakan oleh peserta didik ketika peserta didik melakukan suatu pelanggaran yang berat dalam proses pembelajaran sedang berlangsung.

Page 1 of 1 | Total Record : 5