cover
Contact Name
T Heru Nurgiansah
Contact Email
therunurgiansah@gmail.com
Phone
+6281322551635
Journal Mail Official
therunurgiansah@gmail.com
Editorial Address
Perumahan Puri Nirwana Bangunjiwo No.A-5 Dusun Kenalan Kelurahan Bangunjiwo Kecamatan Kasihan Kabupaten Bantul Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta
Location
Kab. bantul,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
SAKOLA: Journal of Sains Cooperative Learning and Law
Published by CV. Rayyan Dwi Bharata
ISSN : 3046787X     EISSN : 30467179     DOI : https://doi.org/10.57235
SAKOLA: Journal of Sains Cooperative Learning and Law dengan nomor ISSN terdaftar 3046-787X (Cetak - Print) dan 3046-7179 (Online - Elektronik) adalah jurnal akses terbuka ilmiah yang diterbitkan oleh CV Rayyan Dwi Bharata. SAKOLA: Journal of Sains Cooperative Learning and Law bertujuan untuk mempublikasikan hasil penelitian asli dan review hasil penelitian pada lingkup: 1. Sains, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 2. Pendidikan dan Pembelajaran, Penelitian Tindakan Kelas, 3. Hukum, Sosial, Politik, Budaya, Antropologi 4. Akuntansi, Ekonomi, Bisnis, Manajemen SAKOLA: Journal of Sains Cooperative Learning and Law diterbitkan 1 tahun 2 kali terbit pada bulan April & Oktober
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 200 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2025): April 2025" : 200 Documents clear
PTUN vs Arbitrase: Analisis Efektivitas Dalam Penyelesaian Sengketa Rasji, Rasji; Sugara, Maria Vianney Lourdes; Sari, Emmanuela Komala; Estellin, Emmanuella Audry
SAKOLA: Journal of Sains Cooperative Learning and Law Vol 2, No 1 (2025): April 2025
Publisher : CV. Rayyan Dwi Bharata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57235/sakola.v2i1.5907

Abstract

Dalam konteks penyelesaian sengketa yang melibatkan negara, pilihan antara litigasi kenegaraan melalui Peradilan Tata Usaha Negara (PTUN) dan mekanisme arbitrase merupakan isu yang semakin krusial. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas kedua mekanisme tersebut dalam menangani sengketa, dengan menitikberatkan pada pengaruh kompleksitas perkara terhadap preferensi pemilihan antara litigasi kenegaraan dan arbitrase. Dalam konteks hukum administrasi negara, sengketa seringkali melibatkan isu-isu yang kompleks dan beragam, yang memerlukan pendekatan penyelesaian yang tepat. Penelitian ini mengeksplorasi kelebihan dan kekurangan masing-masing mekanisme penyelesaian, serta menilai sejauh mana efektivitasnya dalam konteks sengketa negara. Penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis normatif dengan metode analisis kualitatif terhadap peraturan perundang-undangan, putusan pengadilan, serta studi kasus arbitrase yang relevan.
Analisis Validitas dan Reliabilitas Soal Uraian Berbasis Google Form Dalam Menilai Kreativitas Ilmiah Siswa SMA Simbolon, Elisabeth Endang Permata; Lingga, Loni Ignasia; Gomes, Margareth Jacoba Da; Jannah, Miftahul; Batubara, Rizki Salsabila; Mihardi, Satria; Bunawan, Wawan
SAKOLA: Journal of Sains Cooperative Learning and Law Vol 2, No 1 (2025): April 2025
Publisher : CV. Rayyan Dwi Bharata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57235/sakola.v2i1.5681

Abstract

This study aims to analyze the validity and reliability of Google Form-based descriptive questions in assessing the scientific creativity of high school science students. Scientific creativity is an essential skill in science learning that includes flexibility of thinking, originality of ideas and elaboration in developing concepts and solving problems. By increasing the use of digital technology in learning evaluation, Google form becomes one of the platforms that offers convenience in compiling questions, collecting data in real-time and analyzing results systematically. This study uses a quantitative descriptive method by testing the validity and reliability of the descriptive question instrument through statistical analysis. The results of this study indicate that the Google Form-based assessment instrument has high validity with an average correlation value above 0.5 and good reliability with a consistency level above 0.7. In addition, this instrument is able to measure students' scientific creativity in answering questions based on three main indicators, namely flexibility, originality, and elaboration. This study shows that Google form can be used as a valid and reliable evaluation tool in assessing the scientific creativity of high school science students, but collaboration with other assessment methods is still needed to optimize the measurement of aspects of idea exploration and problem solving in more depth.
Pertanggungjawaban Pelaku Tindak Pidana Penggelapan Kendaran Roda Dua (Studi Putusan Nomor: 71/Pid. B/2024/ PN. Tjk) Wibowo, Hycal Asmara; Zaini, Zulfi Diane
SAKOLA: Journal of Sains Cooperative Learning and Law Vol 2, No 1 (2025): April 2025
Publisher : CV. Rayyan Dwi Bharata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57235/sakola.v2i1.5304

Abstract

Tindak pidana penggelapan adalah penyalahgunaan hak atau penyalahgunaan kepercayaan oleh seorang yang mana kepercayaan tersebut diperolehnya tanpa adanya unsur melawan hukum, dengan penyebutan penyalahgunaan hak atau penyalahgunaan kepercayaan akan memberikan kemudahan bagi setiap orang untuk mengetahui perbuatan apa sebenarnya yang dilarang dan diancam pidana dalam ketentuan tersebut. Adapun yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah, Faktor Penyebab Pelaku Tindak Pidana Penggelapan Kendaran Roda Dua Berdasarkan Putusan Nomor: 71/Pid. B/2024/ PN. Tjk? Dan Pertanggungjawaban Pelaku Tindak Pidana Penggelapan Kendaran Roda Dua  Berdasarkan Putusan Nomor: 71/Pid. B/2024/ PN. Tjk? Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian skripsi ini ialah Pedekatan yuridis normatif dan pendekatan empiris. Data sekunder adalah data yang diperoleh melalui studi kepustakaan (library research) seperti buku-buku literatur dan karya ilmiah yang berkaitan dengan permasalahan penelitian. Data sekunder terdiri dari 3 (tiga) Bahan Hukum, yaitu, bahan Hukum Primer, sekunder dan tersier. Data Prime adalah data yang diperoleh dari hasil penelitian dilapangan secara langsung pada objek penelitian (field research) yang dilakukan dengan cara observasi dan wawancara secara langsung mengenai kepada objek dalam penulisan skripsi ini. Berdasarkan hasil penelitian yang didapat, disimpulkan bahwa Faktor Penyebab Pelaku Tindak Pidana Penggelapan Kendaran Roda Dua Berdasarkan Putusan Nomor: 71/Pid. B/2024/ PN. Tjk di dasarkan pada 2 (dua) faktor pendorong yakni faktor internal yang mana pelaku memiliki pengendalian diri yang kurang serta keimanan yang lemaha dan jauh dari Maha kuasa sehingga pelaku terjerumus dan melakukan tindak Pidana penggelapan.  Selain Faktor internal tersebut faktor ekseternal juga sangat berpengaruh besar terhadap terjadi tindak pidana pengelapan yang di lakukan pelaku. Dan Pertanggungjawaban Pelaku Tindak Pidana Penggelapan Kendaran Roda Dua  Berdasarkan Putusan Nomor: 71/Pid. B/2024/ PN. Tjk. adalah  Terdakwa   di hukum dengan  2 (dua) tahun  6 (enam) bulan penjara  karena terbukti melakukan tindak pidana Penggelapan sebagaimana diatur dan diancam pidana Pasal 372 KUHP dalam surat dakwaan alternatif Kedua. Adapun saran dalam penelitian ini Untuk masyarakat agar lebih berhati-hati serta waspada dalam memberikan pinjaman kepada orang terutama kendara bermotor, karena kita tidak tahu apakah orang yang tersebut memiliki inat baik atau buruk hal sehingga supanya menciptakan rasa aman terhadapa kendaran bermotar sebaiknya kita memberikan pinjaman kepada orang yang benar benar terpecaya dan memilik latar belakang yang baik .dan Untuk aparat penegak hukum untuk dapat menindak dengan tepat terkait kejahatan tindak pidana penggelapan dengan memberikan sanksi hukum yang tegas, dikarenakan tindak pidana pengelapan yang dilakukan terdakwa sangat merugikan orang, namun sanksi yang diberikan hanya 2 (dua) tahun  6 (enam) bulan saja yang seharusnya bisa lebih berat agar memberikan efek jera terahadap pelaku.
Pengembangan Media Video Pembelajaran Akuntansi pada Materi Akuntansi Perusahaan Jasa di Kelas XI AKL SMK PGRI Pekanbaru Rupiyanto, Viona; Fitriani, Fitriani
SAKOLA: Journal of Sains Cooperative Learning and Law Vol 2, No 1 (2025): April 2025
Publisher : CV. Rayyan Dwi Bharata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57235/sakola.v2i1.5855

Abstract

Perkembangan teknologi menyebabkan seorang guru harus memahami teknologi tersebut untuk menciptakan beberapa inovasi baru yang akan di terapkan di sekolah dengan tujuan meningkatkan kualitas pendidikan. Guru harus menguasai penggunanaan teknologi karena dalam penyampaian materi tidak lagi menggunakan papan tulis saja tetapi mengunakan media. Maka dari itu, guru tidak lagi menyampaikan materi secara manual melainkan menggunakan media untuk menyampaikan bahan ajar. Tujuan dari peneltian ini yaitu untuk mengembangkan media video pembelajaran akuntansi pada materi siklus akuntansi perusahaan jasa. Metode penelitian ini menggunakan metode pengembangan dengan pendekatan model ADDIE, yang terdiri dari analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Instrumen penilaian kelayakan yang digunakan berupa lembar telaah ahli media dan materi, lembar validasi ahli media dan materi serta angket respon peserta didik. Data yang didapat akan diolah dan analisis menggunakan teknik prosentase secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran video animasi untuk materi akuntansi perusahaan jasa yang dikembangkan dengan model ADDIE hingga tahap pengembangan memiliki tingkat kevalidan tinggi. Validasi ahli materi mencapai 87,5% (sangat valid), ahli media 87% (valid), dan ahli isi soal 94% (sangat valid). Uji kepraktisan oleh 19 siswa XI AKL SMK PGRI Pekanbaru memperoleh skor 91% (sangat praktis). Efektivitas media mencapai 82% berdasarkan KKM. Dengan demikian, video animasi ini valid, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran akuntansi jasa.
Kemampuan Membaca Puisi Siswa Kelas XI SMAN 1 Pangean Julia, Sandra; Septyanti, Elvrin; Charlina, Charlina
SAKOLA: Journal of Sains Cooperative Learning and Law Vol 2, No 1 (2025): April 2025
Publisher : CV. Rayyan Dwi Bharata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57235/sakola.v2i1.5562

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan membaca puisi siswa kelas XI SMAN 1 Pangean. Kemampuan membaca puisi melibatkan aspek utama seperti intonasi, penghayatan, ekspresi, dan bahasa tubuh. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan sampel sebanyak 30 siswa kelas XI B. Data dikumpulkan melalui tes membaca puisi dan observasi langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan membaca puisi siswa berada dalam kategori sedang dengan nilai rata-rata 76,66. Analisis lebih lanjut menunjukkan bahwa aspek ekspresi dan penghayatan memiliki kontribusi yang lebih signifikan dibandingkan aspek intonasi dan bahasa tubuh terhadap kualitas pembacaan puisi. Siswa yang lebih sering berlatih menunjukkan performa yang lebih baik dalam membaca puisi. Faktor lain yang mempengaruhi kemampuan membaca puisi meliputi metode pembelajaran, penggunaan media pembelajaran seperti rekaman audiovisual, serta motivasi siswa dalam memahami puisi. Diharapkan bahwa metode pembelajaran interaktif, seperti penggunaan media audiovisual dan latihan rutin, dapat meningkatkan keterampilan membaca puisi siswa. Guru juga perlu memberikan bimbingan individu bagi siswa yang mengalami kesulitan dalam membaca puisi agar mereka lebih percaya diri dalam mengekspresikan puisi secara mendalam.
Proses Balik Nama Sertifikat Hak Milik Atas Tanah Kepada Ahli Waris Sebagai Akibat Pemilik Meninggal Dunia (Studi Putusan Nomor 52/Pdt.G/2024/PN Tjk) Zaini, Zulfi Diane; Yovanita, Valen
SAKOLA: Journal of Sains Cooperative Learning and Law Vol 2, No 1 (2025): April 2025
Publisher : CV. Rayyan Dwi Bharata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57235/sakola.v2i1.5957

Abstract

Proses balik nama sertifikat hak milik atas tanah kepada ahli waris merupakan prosedur hukum yang dilakukan setelah pemilik tanah meninggal dunia, dengan tujuan untuk mengalihkan kepemilikan tanah kepada ahli waris yang sah. Proses ini penting untuk memastikan bahwa status kepemilikan tanah beralih sesuai dengan ketentuan hukum waris yang berlaku, baik melalui warisan berdasarkan undang-undang atau wasiat. Tahapan balik nama dimulai dengan pengajuan permohonan kepada Badan Pertanahan Nasional (BPN) yang disertai dengan dokumen-dokumen pendukung, seperti akta kematian, surat keterangan waris, identitas ahli waris, serta sertifikat tanah yang asli. Setelah BPN melakukan verifikasi dan pemeriksaan terhadap dokumen tersebut, sertifikat tanah akan diterbitkan atas nama ahli waris yang sah. Proses ini bertujuan untuk memberikan kepastian hukum terhadap pengalihan hak milik tanah, menghindari sengketa waris, serta memastikan bahwa tanah dikelola dan dipergunakan oleh pihak yang berhak sesuai ketentuan yang berlaku.
Pengaruh Pemberian Sanksi Terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas IX SMP Negeri 40 Pekanbaru Baizura, Baizura; Hambali, Hambali; Arianto, Jumili
SAKOLA: Journal of Sains Cooperative Learning and Law Vol 2, No 1 (2025): April 2025
Publisher : CV. Rayyan Dwi Bharata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57235/sakola.v2i1.5474

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya tingkat kedisiplinan siswa di sekolah. Pemberian Sanksi merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh sekolah untuk meminimalisir permasalahan tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh Pemberian Sanksi Terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas IX SMP Negeri 40 Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah terdapat pengaruh Pemberian Sanksi terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas IX SMP Negeri 40 Pekanbaru. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif kausal. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, kuisioner (angket), wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini diperoleh bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pengaruh Pemberian Sanksi Terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas IX SMP Negeri 40 Pekanbaru. Hal tersebut menunjukkan bahwa nilai ????ℎ???????????????????? 13,93 ≥ ???????????????????????? 4,06 dan nilai signifikan 0,001 ≤ 0,05. Maka, dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga secara simultan Pemberian Sanksi (X) berpengaruh signifikan terhadap Kedisiplinan Siswa (Y) Kelas IX SMP Negeri 40 Pekanbaru. Hasil analisis uji koefisien determinasi pengaruh Pemberian Sanksi (X) terhadap Kedisiplinan Siswa (Y) sebesar 23,6% sedangkan 76,4% disebabkan oleh pengaruh dari faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Analisis Yuridis Terkait Penyelewengan Wewenang oleh Hakim Konstitusi Pada Putusan MK Nomor 90/PUU-XXI/2023 Studi Kasus: Ketentuan Syarat Usia Capres-Cawapres Rasji, Rasji; Vedora, Sheren Regina; Putri, Nadiva Azzahra; Laapen, Calinka Princess Belinda
SAKOLA: Journal of Sains Cooperative Learning and Law Vol 2, No 1 (2025): April 2025
Publisher : CV. Rayyan Dwi Bharata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57235/sakola.v2i1.5940

Abstract

Penelitian ini mengkaji secara mendalam aspek yuridis terkait dugaan penyelewengan wewenang yang dilakukan oleh hakim konstitusi dalam Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 90/PUU-XXI/2023, yang membahas ketentuan syarat usia calon presiden dan wakil presiden. Dengan menerapkan pendekatan yuridis normatif yang mengintegrasikan analisis terhadap peraturan perundang-undangan, serta kode etik hakim konstitusi, penelitian ini mengidentifikasi sejumlah permasalahan kritis. Pertama, mengenai mengapa implementasi sanksi berat kepada Hakim MK tidak diterapkan secara keseluruhan sesuai dengan pasal 19 ayat 4 huruf c dan d Peraturan Bersama Mahkamah Agung Republik Indonesia dan Komisi Yudisial Republik Indonesia Nomor 02/PB/MA/IX/2012 tentang panduan penegakan kode etik dan pedoman perilaku hakim, kemudian mekanisme kepastian hukum secara normatif bagi hakim-hakim lainnya yang bertugas di lingkungan Mahkamah Konstitusi dalam upaya mencegah terjadinya pelanggaran kode etik yang serupa. Hasil penelitian menunjukkan perlunya pengawasan yang lebih ketat dan mekanisme penegakan kode etik yang efektif untuk menjaga independensi dan integritas Mahkamah Konstitusi dalam sistem ketatanegaraan Indonesia.
Strategi Efektif dalam Evaluasi Pembelajaran Berbasis Kompetensi: Kajian Literature Review Harahap, Nur Adawiyah; Zahra, Karina; Simamora, Vailimlim; Simatupang, Simeon Adrian; Dalimunthe, Muhammad Bukhori
SAKOLA: Journal of Sains Cooperative Learning and Law Vol 2, No 1 (2025): April 2025
Publisher : CV. Rayyan Dwi Bharata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57235/sakola.v2i1.5797

Abstract

This article aims to identify in depth the effective strategies in competency-based education evaluation. By using effective evaluation strategies, not only will the quality of learning improve, but students will also be better prepared to face real-world challenges with adequate skills. This study uses a literature review method, which aims to examine and analyze various scientific sources regarding effective strategies in competency-based learning evaluation. The results of this study indicate that evaluation in learning has a very important role in assessing the extent to which students have achieved the competencies set out in the curriculum. Based on previous research, it can be seen that implementing technology will help teachers identify student learning patterns and adjust evaluation strategies to better suit individual needs, so that competency-based evaluation becomes more accurate.
Penerimaan Akta Pengakuan Utang Sebagai Alat Bukti Dalam Kasus Wanprestasi: Studi Kasus Putusan Nomor 402/Pdt.G/2023/Pn Sby Kabalmay, Brinet Lydia; Erdiyanto, Rizqy Pratama; Muslih, Sarazatin Ananda
SAKOLA: Journal of Sains Cooperative Learning and Law Vol 2, No 1 (2025): April 2025
Publisher : CV. Rayyan Dwi Bharata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57235/sakola.v2i1.5912

Abstract

Dalam praktik perdata, akta pengakuan utang sering dijadikan alat bukti utama dalam perkara wanprestasi. Namun, penerimaannya tidak serta-merta dianggap mutlak oleh pengadilan, melainkan tetap harus memenuhi syarat formil dan materil. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerimaan akta pengakuan utang sebagai alat bukti terhadap pertanggungjawaban debitur atas wanprestasi menurut KUHPerdata, serta untuk mengkaji pertimbangan hukum hakim dalam Putusan Nomor 402/Pdt.G/2023/PN Sby. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis normatif dengan menganalisis peraturan perundang-undangan dan dokumen putusan pengadilan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akta pengakuan utang yang dibuat secara autentik memiliki kekuatan pembuktian sempurna, sepanjang memenuhi unsur kesepakatan, kepastian objek, serta tidak bertentangan dengan hukum. Akta tersebut dapat dijadikan dasar hukum oleh hakim dalam menilai adanya wanprestasi dan menetapkan pertanggungjawaban debitur.

Page 1 of 20 | Total Record : 200