cover
Contact Name
Trisnawati Hutagalung
Contact Email
trisnawati.hutagalung@yahoo.co.id
Phone
-
Journal Mail Official
trisnawati.hutagalung@yahoo.co.id
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Asas: Jurnal Sastra
ISSN : 23015896     EISSN : 2580894X     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Asas:Jurnal Sastra merupakan jurnal yang menerbitkan artikel mengenai pendidikan, bahasa dan sastra Indonesia. Jurnal ini juga dihadirkan untuk mendukung pengembangan akademika di Jurusan Bahasa, sastra Indonesia. Jurnal ini terbit sebanyak empat kali dalam setahun pada bulan April, Juni, September dan November.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 3 (2014): asas jurnal" : 6 Documents clear
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Dua Tinggal Dua Tamu Terhadap Kemampuan Menemukan Nilai Moral Dalam Cerpen “Si Cacat” Karya Aisyah Wulansari Siswa Kelas X SMANegeri 1 Tanjung Tiram Tahun Pembelajaran 2012/2013 Luthfi Hirmainy
Asas: Jurnal Sastra Vol 3, No 3 (2014): asas jurnal
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/ajs.v3i3.1567

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaanmodelPembelajaran Kooperatif Tipe Dua Tinggal Dua Tamu TerhadapKemampuan Menemukan Nilai Moral Dalam Cerpen “Si Cacat” Karya AisyahWulansari Siswa Kelas X SMA Negeri I Tanjung Tiram Tahun Pembelajaran2012/2013. Sampel penelitian ini berjumlah 30 orang di kelas eksperimen dan30 orang di kelas kontrol, dari 177 populasi yang terdiri dari 5 kelas. Teknikyang digunakan dalam penentuan sampel adalah teknik sampel acak kelas. Kelaseksperimen dikenai perlakuan dengan model kooperatif tipe Dua Tinggal DuaTamu, sedangkan kelas kontrol dikenai perlakuan dengan modelkonvensional.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodeeksperimen dengan desain penelitian two group post test desaign.Untukmemperoleh data digunakan tes essay menemukan nilai moral dalamcerpen.Hasil analisis data menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen adalah81,16 sedangkan untuk kelas kontrol adalah 67,53. Berdasarkan hasil analisisdata, dapat disimpulkan bahwa penerapan model tipe Dua Tinggal Dua Tamuberpengaruh positif terhadap kemampuan menemukan nilai moral dalam cerpen“Si Cacat” karya Aisyah Wulansari pada siswa kelas X SMA Negeri 1 TanjungTiram Tahun Pembelajaran 2012/ 2013.Kata Kunci: Pengaruh–Model Dua Tinggal Dua Tamu–Menemukannilai moral cerpen
Hubungan Kemampuan Menyimak Lagu, Kemampuan Menulis Cerpen, hubungan antara kemampuan menyimak lagu dengan kemampuan menulis cerpen oleh siswa kelas X MAS As-Syarif Desa Kuala Beringin Tahun Pembelajaran 2013/2014 rama wadi
Asas: Jurnal Sastra Vol 3, No 3 (2014): asas jurnal
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/ajs.v3i3.1568

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menyimaklagu, kemampuan menulis cerpen, hubungan antara kemampuam menyimak lagudengan kemampuan menulis cerpen oleh siswa X MAS As-Syarif Desa KualaBeringin Tahun Pembelajaran 2013/2014.Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa X MAS As-Syarif DesaKuala Beringin Tahun Pembelajaran 2013/2014 yang berjumlah 157 orang siswa.Sampel penelitian ini sebanyak 31 siswa yang mewakili dari jumlah seluruhpopulasi yang ada. Metode penelitian ini bersifat kolerasi.Dari pengolahan data diperoleh variabel X dengan rata-rata = 75.80standar deviasi 8.76 dan termasuk kategori sangat baik 16.12 , kategori baik48.38 , kategori cukup 22.58 dan kategori kurang 12.90 . Hasil Variabel Ydengan rata-rata 77.09, standar deviasi 8.60, dan termasuk kategori sangat baik29.03 , kategori baik 38.70 , dan kategori cukup 32.25 . Dari uji data hasilvariabel X dan Y didapat kedua hasil berdistribusi normal. Dari homogenitasdidapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelahuji normalitas, uji homogenitas dan selanjutnya iju hipotesis atau rxy = 0.17 setelahrxy diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan rtabel pada taraf signifikan 5dan 1 dengan df = N-1 = 31-1= 30, dari df = 30 diperoleh taraf signifikan 5= 0.355 dan 1 r= 0.456 ternyata rxy lebih besar rtabel yaitu 0.355 0.17 0.456maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.Akhirnya dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara menyimaklagu dengan menulis cerpen siswa kelas X MAS As-Syarif Desa Kuala BeringinTahun Pembelajaran 2013/2014.Keyword: Menyimak Lagu, Menulis Cerpen.
PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PETA PIKIRAN (MIND MAP) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI OLEH SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 SIDIKALANG KAB. DAIRI TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014 sondang atmaja samosir
Asas: Jurnal Sastra Vol 3, No 3 (2014): asas jurnal
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/ajs.v3i3.1569

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih jelas perubahanyang signifikan dari penggunaan model peta pikiran (mind map)terhadap kemampuan menulis karangan deskripsi. Populasi dalampenelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI AP SMK Negeri 1Sidikalang dengan jumlah 117 siswa. Sampel dalam penelitian iniberjumlah 40 siswa yang diambil dengan cara menentukan satu kelasyang dijadikan wakil populasi untuk diteliti. Metode yang digunakandalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan model desainpenelitian one group pre-test post-test design yang hanya dilaksanakanpada satu kelas (kelompok). Dalam desain ini pengukuran dilakukansebanyak dua kali, yaitu sebelum eksperimen dan sesudah eksperimen.Kata Kunci: -Peta Pikiran (Mind Map) -Menulis Karangan Deskripsi
PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN HYPNOTEACHING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS X SMA SWASTA PAB 6 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014 sri pratiwi
Asas: Jurnal Sastra Vol 3, No 3 (2014): asas jurnal
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/ajs.v3i3.1565

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penerapan metode hypnoteaching terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas X SMA Swasta PAB 6 Medan. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 84 siswa kelas X SMA Swasta PAB 6 Medan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 56 orang yang diambil dengan teknik random. Yaitu kelas X1 dan X2. Instrument yang digunakan untuk menjaring data adalah dengan menulis cerpen dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode Hypnoteaching. Dari pengolahan data diperoleh hasil kelas eksperimen dan kelas control. Adapun nilai rata-rata kelas eksperimen dengen metode pembelajaran hypnoteaching = 76,60, dengan standar deviasi = 5,91 standar eror = 1,13 dan termasuk dalam kategori sangat baik. Sedangkan nilai rata-rata kelas control dengan penerapan model ekspositori = 63,39 dengan standar deviasi = 7,67 dan standar eror = 1,47 dan termasuk dalam kategori cukup. Dari uji homogenitas diperoleh bahwa X2 (Chi Kuadrat) hitung sebesar 6,33. Harga X2 tabel pada taraf kepercayaan 95% dengan dk 27 adalah 40,1. Ternyata X2 hitung < X2 tabel yaitu 6,33<40,1. Hal ini membuktikan bahwa varians populasi adalah homogen. Setelah t0 diperoleh, selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikan 5% dengan dk = (N1 + N2) – 2 = (28+ 28) – 2 = 54. Pada tabel t dengan dk = 54 diperoleh taraf signifikan 5% = 2,00. Oleh karena t0 yang diperoleh lebih besar dari ttabei, yaitu 2,00 < 7,19 > 2,65 maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.Kata Kunci : Pengaruh Metode Pembelajaran Hypnoteaching-Menulis Cerpen
PENGARUH PENERAPAN MODEL CONCEPT SENTENCE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS WACANA NARASI PADA SISWA KELAS XI SMK MULTI KARYA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013 sri devi hariza
Asas: Jurnal Sastra Vol 3, No 3 (2014): asas jurnal
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/ajs.v3i3.1570

Abstract

Sri Devi Hariza. NIM 209311075. Pengaruh Penerapan Model Concept Sentenceterhadap Kemampuan Menulis Wacana Narasi Siswa Kelas XI SMK Multi Karya Medan.Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas NegeriMedan.Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan antara hasil belajar siswa dalammenulis wacana narasi sebelum penerapan model pembelajaran concept sentence dan sesudahditerapkan model pembelajaran concept sentence kelas XI SMK Multi Karya Medan.Populasi dalam penelitian ini berjumlah 250 siswa kelas XI SMK Multi Karya Medan.Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan caramenentukan satu kelas yang dijadikan wakil populasi untuk diteliti.Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan model desainpenelitian One Group Pre-test Post-test Design yang hanya dilaksanakan pada satu kelas(kelompok) saja. Di dalam desain ini pengukuran dilakukan sebanyak dua kali yaitu sebelumeksperimen dan sesudah eksperimen. Pengukuran yang dilakukan sebelum eksperimendisebut pre-test dan pengukuran sesudah eksperimen disebut post-test.Dari pengolahan data pre-test memiliki rata-rata 66,46, standar deviasi 10,95 dansiswa termasuk kategori sangat baik sebanyak 3 orang atau 10%, kategori baik sebanyak 5orang atau 16,66%, kategori cukup sebanyak 13 orang atau 43,33%, kategori kurangsebanyak 6 orang atau 20% dan kategori sangat kurang sebanyak 3 orang atau 10%.Kemudian pada hasil post test diperoleh nilai mean sebesar 78,43, standar deviasi sebesar8,73 dan standar error sebesar 1,62. Adapun kategori pencapaian pada nilai post test adalahsebagai berikut : kategori sangat baik sebanyak 9 orang atau 30%, kategori baik sebanyak 14orang atau 46,66%, kategori cukup sebanyak 5 orang atau 16,67%, kategori kurang sebanyak2 orang atau 6,67% dan kategori sangat kurang tidak ada sama sekali atau 0%.Berdasarkan uji normalitas pre test memperoleh harga Lo (Lhitung) = 0,15. TernyataLhitung <Ltabel yaitu 0,15 < 0,161. Hal ini membuktikan bahwa data hasil pembelajaran menuliswacana narasi dengan model Concept sentence berdistribusi normal. Post-test memperolehharga Lo (Lhitung) = 0,13. Ternyata Lhitung <Ltabel yaitu 0,13 < 0,161. Hal ini membuktikanbahwa data hasil pembelajaran menulis wacana narasi dengan model Concept Sentenceberdistribusi normal.Hasil perhitungan uji homogenitas pre-test yang diteliti diperoleh Fhitung =1,57 danFtabel = 1,86. Hal ini membuktikan bahwa varians populasi adalah homogen. Hasilperhitungan uji ”t” diperoleh to lebih besar dari ttabel yaitu 4,61 > 2,04. Perhitungan ujihipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa modelConcept Sentence berpengaruh signifikan terhadap kemampuan menulis wacana narasi siswakelas XI SMK Multi Karya Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013.Kata kunci: Concept Sentence, Menulis, Wacana Narasi
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERPADU MEMBACA DAN MENULIS TERHADAP KEMAMPUAN MENEMUKAN GAGASAN UTAMA DALAM WACANA ARGUMENTASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SEI RAMPAH KABUPATEN SERDANG BEDAGAI TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013 sri Yanti Siregar
Asas: Jurnal Sastra Vol 3, No 3 (2014): asas jurnal
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/ajs.v3i3.1566

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model PembelajaranKooperatif Terpadu Membaca dan Menulis terhadap KemampuanMenemukan Gagasan Utama dalam Wacana Argumentasi Siswa Kelas VIISMP Negeri 1 Sei Rampah Kabupaten Serdang Bedagai Tahun Pembelajaran2012/2013. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri1 Sei Rampah Kabupaten Serdang Bedagai Tahun Pembelajaran 2012/2013,yang berjumlah 341 orang dan yang menjadi sampel penelitian sebanyak 80orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara sampel bertujuan yaitumenunjuk dua kelas.Metode penelitian yang digunakan adalah metodeeksperimen dengan model desain penelitian Post-test Only Control DesignGroup. Nilai rata-rata kelas kontrol 68,65, sedangkan di kelas eksperimen75,675. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa nilai rata-rata kemampuanmenemukan gagasan utama dalam wacana argumentasi dengan menerapkanmodel kooperatif terpadu membaca dan menulis lebih tinggi daripada nilaimenemukan gagasan utama dalam wacana argumentasi dengan menggunakanmodel pembelajaran konvensional. Pengujian hipotesis dilakukan denganmenggunakan uji “t” didapatlah To 3,054 > Tt 2,65 maka Ho ditolak dan Haditerima membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara modelpembelajaran kooperatif terpadu membaca dan menulis dengan kemampuanmenemukan gagasan utama dalam wacana argumentasi siswa kelas VII SMPNegeri 1 Sei Rampah Kabupaten Serdang Bedagai Tahun Pembelajaran2012/2013.Kata Kunci: Pengaruh-model pembelajaran kooperatif terpadu membaca danmenulis-model pembelajaran konvensional-gagasan utama.

Page 1 of 1 | Total Record : 6