cover
Contact Name
Peny Husna Handayani
Contact Email
jurnalusiadini.fipunimed@gmail.com
Phone
+6282216797714
Journal Mail Official
jurnalusiadini.fipunimed@gmail.com
Editorial Address
Program Studi PG- PAUD FIP UNIMED Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Usia Dini
ISSN : 2301914X     EISSN : 25027239     DOI : https://doi.org/10.24114/jud.v7i1
Core Subject : Education,
Ruang lingkup Jurnal Usia Dini, yaitu: 1. Penelitian di bidang Pendidikan Anak Usia Dini (tumbuh kembang anak usia dini, pola asuh anak usia dini, gizi anak usia dini) 2. Inovasi pembelajaran di bidang Pendidikan Anak Usia Dini 3. Pengembangan perangkat pembelajaran di bidang Anak Usia Dini 4. Evaluasi dan asesmen di bidang Pendidikan Anak Usia Dini 5. Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini 6. Tren Pendidikan Anak Usia Dini
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1: Juni 2018" : 6 Documents clear
Pengaruh Kegiatan Menggunting Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Anak Bangsa Mandiri, Kecamatan Labuhan Deli T.A 2017/2018 Sri Rezeki
Jurnal Usia Dini Vol 4, No 1: Juni 2018
Publisher : PG PAUD FIP UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (382.779 KB) | DOI: 10.24114/jud.v4i1.14641

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan menggunting terhadap kemampuan motorik halus anak usia 5-6 tahun. Jenis penelitian ini adalah Pre-Experimental Design dengan menggunakan One Group Pretest-Postest Design dengan sampel 20 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dalam bentuk kisi-kisi kemampuan motorik halus anak yang terdiri dari 3 indikator dan 9 deskriptor. Berdasarkan analisa data diperoleh skor rata-rata posttest di kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan skor rata-rata pretest. Pada waktu kegiatan bernyanyi berlangsung dilakukan pengamatan terhadap anak dan seluruh kegiatan anak pada hari itu. Dari hasil uji normalitas pada tahap pretes dan posttest diketahui data berdistribusi normal. Selanjutnya dilakukan uji homogenitas pada tahap pretes dan tahap posttest diketahui bahwa keduanya berasal dari kelompok yang homogen. Untuk menguji hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh thitung>ttabel pada taraf signifikan α = 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada “Pengaruh Kegiatan Menggunting Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun di TK Anak Bangsa Mandiri Kecamatan Labuhan Deli T.A  2017/2018”. Kata Kunci : Kegiatan Menggunting, Motorik Halus
Pengaruh Kegiatan Bermain Melempar Bola Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 4-5 Tahun di TK Assisi Medan T.A 2017/2018 Ernis Hiasinta Ginting; Damaiwaty Ray
Jurnal Usia Dini Vol 4, No 1: Juni 2018
Publisher : PG PAUD FIP UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (454.077 KB) | DOI: 10.24114/jud.v4i1.14637

Abstract

Abstrak: Dalam penelitian ini yang menjadi masalah adalah masih rendahnya keterampilan motorik kasar anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan bermain melempar bola terhadap perkembangan motorik kasar anak usia 4-5 tahun di Tk Assisi Medan T.A 2017/2018.  Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksprimen dengan rancangan penelitian Quasi Exprerimental Design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Penentuan sampel kelas dilakukan secara acak (random) kelas A1 dijadikan kelas kontrol berjumlah 22 orang anak  dan kelas A2 dijadikan kelas eksprimen berjumlah 22 orang. Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi. Instrumen penelitian berupa panduan observasi berbentuk kisi-kisi instrumen yang berisi daftar jenis kegiatan atau perilaku yang timbul yang akan diamati. Analisis data statistik yang digunakan ialah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis.  Hasil analisis deskriptif menunjukan permainan melempar bola lebih baik dibandingkan kelas kontrol, nilai tertinggi 18 sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai tertinggi 14, rata-rata pada kelas eksprimen 14,54 dan untuk kelas kontrol 10,68. Jumlah anak yang mendapat nilai diatas rata-rata di kelas eksprimen ada 11 anak (50%) sedangkan pada kelas kontrol anak yang mendapat nilai diatas rata-rata ada 8 anak (36,36%), sebaliknya jumlah anak di kelas kontrol yang mendapat nilai dibawah rata-rata lebih banyak (54,54%) dibandingkan di kelas eksprimen (45,5%).  Berdasarkan hasil data tersebut menyatakan bahwa data berdistribusi normal dan mempunyai varians yang sama atau homogen terpenuhi untuk kedua kelompok data. Hasil uji hipotesis diketahui  6,012 >  1,685. Hal ini menunjukkan ada pengaruh yang signifikan antara kegiatan bermain melempar bola terhadap perkembangan motorik kasar anak usia 4-5 tahun di TK ASSISI MEDAN T.A 2017/2018.Kata Kunci : Perkembangan Motorik Kasar, Melempar Bola
Pengaruh Permainan Tradisional Engklek Modifikasi Terhadap Kemampuan Calistung Anak Kelompok A (Usia 4-5 Tahun) di TK Negeri Pembina 1 Medan T.A 2017- 2018 Nurul Hamidah; Kamtini Kamtini
Jurnal Usia Dini Vol 4, No 1: Juni 2018
Publisher : PG PAUD FIP UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (399.739 KB) | DOI: 10.24114/jud.v4i1.14638

Abstract

Abstrak. Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih kurangnyakemampuan calistung anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan permainan tradisional Engklek Modifikasi terhadap kemampuan calistung anak kelompok A (usia 4-5 tahun) di TK. Negeri Pembina 1 Medan T.A. 2017/2018.  Metode dalam penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif (eksperimen) yaitupre-Experimental Design, dengan bentuk One Group Pretest-Postes Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh Kelompok A dan dengan sampel seluruhnya juga yaitu yang berjumlah 20 orang anak di TK. Negeri Pembina 1 Medan T.A. 2017/2018.Variabel bebas adalah permainan tradisional Engklek Modifikasi sedangkan variabel terikat adalah kemampuan calistung anak.Instrumen pengumpulan data adalah pedoman observasi. Data dianalisis dengan metode deskriptif dan uji hipotesis dengan uji t yang dilanjutkan dengan uji signifikan pada taraf nyata α = 0,05.  Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa data postest anak memiliki nilai tertinggi 12, nilai terendah 7 dan nilai rata-rata 9,85 yang lebih tinggi dibandingkn dengan skor data pretest yang memiliki nilai tertinggi 9, nilai terendah 4 dan nilai rata-rata 6,05. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan calistung anak yang hanya diberikan perlakuan dua kali dalam seminggu lebih baik dibandingkan anak yang hanya diberikan  perlakuan sekali dalam seminggu. Dari hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh  = 8,04 dengan dk = 38 ; α = 0,05, sehingga diperoleh  yaitu 8,04 1,7074.  Dengan demikian hipotesis  ditolak dan  diterima. Hal ini menunjukkan “Ada pengaruh yang signifikan dari permainan tradisional engklek modifikasi terhadap kemampuan calistung anak kelompok A (usia 4-5 tahun) di TK Negeri Pembina 1 Medan T.A 2017/2018”.Kata Kunci : Kemampuan Calistung, Permainan Engklek Modifikasi
Pengaruh Permainan Tradisional Congklak Terhadap Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia 4-5 Tahun di KB Tunas Harapan Kecamatan Sunggal Kab. Deli Serdang Putri Budiani Dolok Saribu; Jasper Simanjuntak
Jurnal Usia Dini Vol 4, No 1: Juni 2018
Publisher : PG PAUD FIP UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (496.329 KB) | DOI: 10.24114/jud.v4i1.14639

Abstract

Abstrak.  Masalah penelitian ini adalah mengenai pengaruh permainan tradisional congklak terhadap kemampuan berhitung permulaan anak usia 4-5 tahun di kb tunas harapan T.A 2018/2019. Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang muncul dilapangan mengenai permainan tradisional congklak untuk mengembangkan kemampuan berhitung permulaan anak yang belum berkembang sesuai harapan dan guru belum belum menggunakan permainan congklak untuk mengembangkan kemampun berhitung permulaan dalam kegiatan pembelajaran, tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui peningkatan kemampuan berhitung dengan menggunakan permainan congklak. Jenis penelitian one- Group Pretest- Prosttest Design yang termasuk jenis penelitian eksperimen. Penentuan sampel kelas dilakukan secara acak (random sampling) dengan jumlah sampel 20 anak. Variabel bebas adalah permainan tradisional congklak sedangkan variabel terikat adalah kemampuan berhitung permulaan. Instrumen pengumpulan data menggunakan pedoman observasi. Hasil analisis data menunjukkan nilai rata-rata anak kelas eksperimen yang mengunakan kemampuan berhitung 8,3 tergolong dalam katagori baik sekali. Sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol tanpa menggunakan media gambar yaitu 5,6 tergolong dalam katagori baik. Terlihat kemampuan permulaan berhitung anak kelas eksperimen lebih tinggi di bandingkan kelas kontrol. Berdasarkan hasil tersebut hipotesis diperoleh >   dengan taraf α= 0,05. Dengan demikian penggunaan kemampuan berhitung berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berhitung berpengaruh secara signifikat terhadap kemampuan berhitung permulaan anak usia 4-5 tahun di KB TUNAS HARAPAN KECAMATAN SUNGGAL KAB. DELI SERDANG.Kata Kunci : Kemampuan Berhitung Permulaan, Permainan Traditional Congklak
Pengaruh Permainan Tradisional Galah Asin Terhadap Karakter Anak Usia 5-6 Tahun di TK Al-Alaq Dewantara Kabupaten Aceh Utara T.A 2017-2018 Rizkie Yusza; Sariana Marbun
Jurnal Usia Dini Vol 4, No 1: Juni 2018
Publisher : PG PAUD FIP UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (459.41 KB) | DOI: 10.24114/jud.v4i1.14640

Abstract

Abstrak.  Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih kurangnya karakter anak usia 5-6 tahun. belum berkembang. Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan permainan tradisional galah asin terhadap karakter anak usia 5-6 tahun di TK AL-ALAQ Aceh Utara T.A. 2017/2018.  Metode dalam penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif (eksperimen) yaitu pre-Experimental Design, dengan bentuk One Group Pretest-Postes Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh Kelompok B yang ada di TK AL-ALAQ Aceh Utara. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik porposive random sampling dengan sampel 10 anak. Variabel bebas adalah permainan tradisional galah asin sedangkan variabel terikat adalah karakter anak. Instrumen pengumpulan data menggunakan pedoman observasi. Data dianalisis dengan metode deskriptif dan uji hipotesis dengan uji t yang dilanjutkan dengan uji pada taraf nyata α = 0,05.  Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa data postest anak memiliki nilai tertinggi 10, nilai terendah 4 dan nilai rata-rata 5,9 yang lebih tinggi dibandingkn dengan skor data pretest yang memiliki nilai tertinggi 6, nilai terendah 2 dan nilai rata-rata 3,6. Hal ini menunjukkan bahwa karakter anak yang hanya diberikan perlakuan dua kali dalam seminggu lebih baik dibandingkan anak yang hanya diberikan  perlakuan sekali dalam seminggu. Dari hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh  = 5,111 dengan dk = n-1 = 9 ; α = 0,05, sehingga diperoleh  yaitu 5,111 1,833.  Dengan demikian hipotesis  ditolak dan  diterima. Hal ini menunjukkan “Ada pengaruh dari permainan tradisional galah asin terhadap karakter anak usia 5-6 tahun di TK AL-ALAQ Aceh Utara T.A 2017/2018”. Kata Kunci : Karakter Anak Usia 5-6 tahun, Permainan Tradisional Galah Asin
Pengaruh Permainan Ular Tangga Terhadap Kecerdasan Logika Matematika Anak Usia 4-5 Tahun di TK Anak Bangsa Mandiri Kecamatan Labuhan Deli Serdang T.A. 2017/2018 Dewi Pahwani
Jurnal Usia Dini Vol 4, No 1: Juni 2018
Publisher : PG PAUD FIP UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (481.658 KB) | DOI: 10.24114/jud.v4i1.14636

Abstract

Abstrak : Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya permainan-permainan dalam proses pembelajaran pada anak usia dini dalam meningkatkan kecerdasan logika matematika anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan ular tangga terhadap kecerdasan logika matematika anak usia 4-5 tahun di TK Anak Bangsa Mandiri T.A 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah Pre-Experimental Design dengan menggunakan One Group Pretest-Postest Design dengan populasi seluruh anak kelas A dengan sampel penelitian 20 anak. Kelas A menjadi kelas ekperimen dengan menggunakan permainan ular tangga, instrumen yang digunakan adalah observasi dalam bentuk kisi-kisi kecerdasan logika matematika anak dengan indikator 4 dan deskriptor berjumlah 12. Berdasarkan analisa data diperoleh skor rata-rata posttest di kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan skor rata-rata pretest. Pada waktu permainan ular tangga berlangsung dilakukan pengamatan terhadap anak dan seluruh kegiatan anak pada hari itu. Dari hasil uji normalitas pada tahap pretes dan posttest diketahui data berdistribusi normal. Selanjutnya dilakukan uji homogenitas pada tahap pretes dan tahap posttest diketahui bahwa keduanya berasal dari kelompok yang homogen. Untuk menguji hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh thitung>ttabel pada taraf signifikan α = 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada “Pengaruh Permainan Ular Tangga Terhadap Kecerdasan Logika Matematika Anak Usia 4-5 Tahun di TK Anak Bangsa Mandiri Kecamatan Labuhan Deli T.A 2017/2018” Kata Kunci : Kecerdasan logika matematika, Ular tangga

Page 1 of 1 | Total Record : 6