Jurnal Informatika Atma Jogja			
            
            
            
            
            
            
            
            We aim to share high-quality research in Informatics, providing valuable insights and innovations for academics, IT specialists, computer scientists, and industry practitioners. We strive to encourage a lively knowledge exchange within the global IT community. Jurnal Informatika Atma Jogja publishes original research articles and systematic reviews in Informatics. Informatics involves studying the design, development, and management of informatics systems and technologies to support organizational and societal goals. The journal covers a wide range of topics, including: Computational Science Graphics and Visualization Human-Computer Interaction Information Management Information Assurance and Security Platform-based Development Parallel and Distributed Computing Software Engineering
            
            
         
        
            Articles 
                10 Documents
            
            
                            
                
                    Search results for 
                     
                     
                     
                    , issue 
"Vol. 3 No. 2 (2022): Jurnal Informatika Atma Jogja - November" 
                    
                    : 
10 Documents 
                    
clear       
                        
                        
                            Pembangunan Sistem Informasi Galeri Portofolio Mahasiswa Arsitektur Universitas Atma Jaya Yogyakarta Berbasis Website 
                        
                        Stevani Lilyani Saputri; 
Stephanie Pamela Adithama; 
Albertus Joko Santoso                        
                         Jurnal Informatika Atma Jogja Vol. 3 No. 2 (2022): Jurnal Informatika Atma Jogja - November 
                        
                        Publisher : Universitas Atma Jaya Yogyakarta 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.24002/jiaj.v3i2.6778                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Abstrak. Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) memiliki departemen Arsitektur. Arsitektur adalah ilmu yang mengaitkan seni pada perancangan bangunan menghasilkan produk luaran berupa poster, video, dokumen penelitian. Di UAJY hasil karya mahasiswa disimpan oleh masing-masing mahasiswa dalam bentuk media yang berbeda dan membuat mahasiswa tidak memiliki rekam digital, serta mahasiswa sulit untuk mengelompokkan proyek yang pernah dikerjakannya. Hal ini membuat mahasiswa tidak memiliki portofolio dan Departemen Arsitektur tidak memiliki dokumentasi hasil karya mahasiswa yang dapat ditunjukkan ke masyarakat. Maka dari itu dibuatlah sistem informasi galeri portofolio berbasis website yang menggunakan backend Laravel dan frontend framework Vue.Js. Sistem dibangun untuk membantu mulai pengelolaan data pendukung portofolio hingga pengunggahan berkas hasil karya. Sistem menyediakan fitur share agar pengguna dapat membagikan portofolio kepada masyarakat luar.Sistem Informasi Galeri Portofolio berhasil dibangun dan memudahkan mahasiswa Arsitektur UAJYdalam berbagai hal serta memudahkan mahasiswa memamerkan dan membagikan hasil karya kepada masyarakat umum dan membantu departemen arsitektur menunjukkan kualitas pendidikannya.Kata Kunci: Arsitektur, Portofolio, Galeri, Sistem Informasi, Website
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            Pembangunan Sistem Informasi Manajemen Rapat (Studi Kasus : Universitas Atma Jaya Yogyakarta) 
                        
                        Ezra Audivano Dirfa; 
Joanna Ardhyanti Mita N.; 
Stephanie Pamela Adithama                        
                         Jurnal Informatika Atma Jogja Vol. 3 No. 2 (2022): Jurnal Informatika Atma Jogja - November 
                        
                        Publisher : Universitas Atma Jaya Yogyakarta 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.24002/jiaj.v3i2.6779                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Abstrak. Rapat merupakan sebuah pertemuan yang menjadi sarana efisien yang digunakan untuk melakukan pertukaran informasi diantara dua atau lebih orang. Dalam kegiatan rapat dibutuhkan manajemen rapat yang menjadi sebuah proses perencanaan, mengorganisir, dan pengelolaan elemen rapat. Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) merupakan instansi yang tidak lepas dari kegiatan rapat. Masalah yang timbul adalah saat proses pengelolaan elemen rapat yang ada di UAJY dilakukan secara manual sehingga dianggap tidak efektif karena memiliki resiko untuk hilang dan sulit dicari. Selain itu, jika rapat diakhiri dengan sebuah penugasan akan sulit melakukan kontrol terhadap penugasan tersebut. Untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi, penulis membangun sistem informasi manajemen rapat yang dapat memudahkan prosedur pelaksanaan rapat dan pengelolaan elemen rapat. Hasil dari penelitian ini adalah sistem informasi yang sesuai dengan kebutuhan pelaksanaan kegiatan rapat di UAJY. Sistem juga sudah melalui masa uji coba dan sudah diimplementasikan untuk penggunaan secara luas oleh seluruh bagian di UAJY.Kata Kunci: Sistem Informasi, Rapat, Manajemen Rapat
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            Pengujian Website EPOS PT XYZ Menggunakan Metode Black Box Testing 
                        
                        Wendy Winata; 
Andi Wahju Rahardjo Emanuel; 
Herlina                        
                         Jurnal Informatika Atma Jogja Vol. 3 No. 2 (2022): Jurnal Informatika Atma Jogja - November 
                        
                        Publisher : Universitas Atma Jaya Yogyakarta 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.24002/jiaj.v3i2.6780                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Abstrak. PT XYZ merupakan salah satu perusahaan yang mengadopsi website untuk membantu produktivitas bisnisnya. Oleh karena itu, website yang digunakan memerlukan pengujian terlebih dahulu untuk memastikan fungsionalitas website dapat berjalan sesuai dengan tujuan dan terhindar dari bug atau masalah. Penelitian ini berfokus dalam melakukan pengujian pada website secara manual dan otomatis, menggunakan metode black box testing dan teknik equivalence partitioning. Pengujian akan dimulai dengan membangun test case terlebih dahulu agar bisa mendapatkan hasil yang terstruktur dan terarah. Hasil dari pengujian akan digunakan untuk melihat bagaimana presentase keberhasilan dari fungsionalitas yang ada pada website. Selain mendapatkan presentase keberhasilan dari pengujian, penelitian ini juga akan melihat bagaimana kelebihan dan kekurangan dari pengujian otomatis dan pengujian manual berdasarkan beberapa parameter perbandingan.Kata Kunci: Pengujian, Black Box Testing, Equivalence Partitioning, Pengujian Otomatis, Pengujian Manual
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            Pengembangan Sistem Pemesanan Makanan di Roemah Soto Berbasis Web Service Dengan Penerapan Payment Gateway 
                        
                        Lawrenxius Benny; 
Joseph Eric Samodra; 
Yonathan Dri Handarkho                        
                         Jurnal Informatika Atma Jogja Vol. 3 No. 2 (2022): Jurnal Informatika Atma Jogja - November 
                        
                        Publisher : Universitas Atma Jaya Yogyakarta 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.24002/jiaj.v3i2.6781                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Abstrak. Proses bisnis yang berjalan di Roemah Soto belum memanfaatkan teknologi internet yang berkembang. Dengan proses bisnis tersebut, data yang berkaitan dengan Roemah Soto tidak tercatat dalam sebuah sistem, sehingga proses pengelolaan data di Roemah Soto menjadi sulit untuk dilakukan. Selain itu, sistem pembayaran yang tersedia hanya menggunakan tunai, yang mana memberikan kesusahan bagi customer yang tidak membawa tunai. Oleh karena itu, Roemah Soto memerlukan sistem yang mampu mencatat semua data yang ada di Roemah Soto serta menyediakan sistem pembayaran selain tunai. Pembangunan sistem di Roemah Soto menggunakan metode waterfall. Hasil akhir dari penelitian ini adalah sebuah sistem yang memiliki aplikasi mobile android yang dapat digunakan oleh customer untuk melakukan proses pemesanan makanan yang terhubung dengan payment gateway sehingga tersedia sistem pembayaran selain tunai dan website admin yang dapat digunakan untuk mengelola data Roemah Soto sehingga dapat menunjang proses bisnis di Roemah Soto.Kata Kunci: Waterfall, Android, Payment Gateway, Website.
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            Pembangunan Sistem Informasi dengan Visualisasi Data pada Gereja Santa Maria Dengan Tidak Bernoda Asal Tulungagung 
                        
                        Owen; 
B. Yudi Dwiandiyanta; 
Suryanti Ch.                        
                         Jurnal Informatika Atma Jogja Vol. 3 No. 2 (2022): Jurnal Informatika Atma Jogja - November 
                        
                        Publisher : Universitas Atma Jaya Yogyakarta 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.24002/jiaj.v3i2.6785                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Abstrak. Belum semua Gereja mengikuti perkembangan teknologi yang ada. Proses dokumentasi, pengolahan data, dan penyebaran informasi Gereja pada umumnya masih dilakukan secara konvensional. Pengambilan keputusan pengurus Gereja yang membutuhkan data masih dikelola dengan mencari data satu persatu. Berdasarkan permasalahan yang ada, maka ditemukan sebuah solusi yaitu membangun sebuah sistem informasi. Sistem informasi yang dibangun digunakan untuk melakukan proses dokumentasi secara digital, mengelola data serta menampilkannya pada grafik, dan menampilkan informasi Gereja secara online. Sistem dibangun dengan basis website. Penulisan kode menggunakan bahasa pemrograman PHP dan JavaScript. Bagian backend dibangun menggunakan framework Laravel, bagian frontend dibangun menggunakan library ReactJS, dan basis data yang digunakan adalah MySQL. Hasil penelitian menghasilkan sistem yang terdiri dari bagian admin dan bagian umat. Sistem yang dibangun dapat memudahkan pengguna dalam melakukan proses dokumentasi, pengolahan data, dan pengambilan keputusan. Selain itu sistem juga membantu umat dalam mencari informasi hasil distribusi Gereja.Kata Kunci: Dokumentasi, Pengolahan Data, Informasi, Website, Sistem Informasi
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            Pengembangan Game Simulasi Memasak untuk Memperkenalkan Makanan Khas Daerah Indonesia kepada Siswa Tingkat SD 
                        
                        Gabriella Henviani; 
Joseph Eric Samodra; 
Vinindita Citrayasa                        
                         Jurnal Informatika Atma Jogja Vol. 3 No. 2 (2022): Jurnal Informatika Atma Jogja - November 
                        
                        Publisher : Universitas Atma Jaya Yogyakarta 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.24002/jiaj.v3i2.6786                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Abstrak. Makanan khas daerah adalah budaya Indonesia yang juga merupakan identitas bangsa yang penting. Oleh sebab itu, makanan khas daerah sebaiknya dipelajari oleh masyarakat Indonesia, dimulai dari anak pada periode intelektual yaitu pada usia 6 – 12 tahun. Mempelajari makanan khas daerah juga meliputi cara memasaknya, tetapi pembelajaran memasak pada anak sulit dilakukan. Penelitian ini bertujuan mengembangkan game simulasi memasak “Dapur Mungil Nusantara” untuk memperkenalkan makanan khas daerah Indonesia kepada anak berusia 6 – 12 tahun. Dalam game ini, pemain dapat memasak lima jenis makanan khas daerah Indonesia. Selain itu, pemain dapat melihat informasi dan gambar dari setiap bahan yang digunakan. Game simulasi memasak “Dapur Mungil Nusantara” telah berhasil dikembangkan dan dapat memberikan pengaruh positif kepada anak berusia 6 – 12 tahun yaitu meningkatkan wawasan tentang memasak, bahan masakan, dan makanan khas daerah Indonesia, serta meningkatkan minat belajar memasak.Kata Kunci: Game, Simulasi, Memasak, Makanan Khas Daerah Indonesia
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            Perancangan User Interface dan User Experience pada Aplikasi Mobile E-Lintas dengan Menggunakan Metode User-Centered Design 
                        
                        Maria Joanessa Mercyani Klau; 
Eduard Rusdianto; 
Yonathan Dri Handarkho                        
                         Jurnal Informatika Atma Jogja Vol. 3 No. 2 (2022): Jurnal Informatika Atma Jogja - November 
                        
                        Publisher : Universitas Atma Jaya Yogyakarta 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.24002/jiaj.v3i2.6787                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Abstrak. Teknologi adalah bagian kehidupan manusia yang tidak dapat dipisahkan. Berbagai bidang kehidupan manusia sudah menerapkan teknologi untuk membantu mobilisasi sehari-hari. Pengembang memandang hal ini sebagai tantangan untuk merancang aplikasi yang memenuhi kebutuhan pengguna. Pengguna dari desain aplikasi ini adalah masyarakat umum DIY. Penelitian ini adalah melakukan perancangan User Interface dan User Experience aplikasi E-Lintas yang diinginkan oleh Dinas Perhubungan DIY untuk digunakan oleh masyarakat DIY dengan menggunakan metode User-Centered Design. Merancang aplikasi dengan metode ini membutuhkan pengujian dengan rumus SUS (System Usability Scale). Pengujian ini untuk mengetahui seberapa besar nilai usabilitas dan penerimaan dari pengguna. Hasil pengujian mendapatkan nilai SUS sebesar 66. Nilai ini menunjukkan bahwa aplikasi E-Lintas memiliki tingkat Acceptability Range pada kategori Marginal High, tingkat Grade Scale pada kategori D, dan tingkat Adjective Rating pada kategori OK. Hal ini berarti desain aplikasi E-Lintas dapat diterima dengan cukup baik oleh pengguna dan perlu dilakukan pengembangan agar penggunaan lebih optimal.Kata Kunci: User Interface, User Experience, E-Lintas, User-Centered Design, System Usability Scale
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            Clustering untuk Efektivitas Promosi Produk Melalui Media Sosial pada UMKM Kota Yogyakarta Menggunakan Fuzzy C-Means 
                        
                        Yosia Galih Yudhistira; 
Albertus Joko Santoso; 
Pranowo                        
                         Jurnal Informatika Atma Jogja Vol. 3 No. 2 (2022): Jurnal Informatika Atma Jogja - November 
                        
                        Publisher : Universitas Atma Jaya Yogyakarta 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.24002/jiaj.v3i2.6788                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan tingkat korelasi antara promosi produk dengan penjualan dan pendapatan UMKM serta untuk melihat tingkat efektivitas promosi produk yang diperoleh. Penelitian ini menggunakan teknik analisis korelasi berganda doulittle serta metode clustering mengimplementasikan algoritma fuzzy c-means. Melalui perhitungan korelasi, akan ditemukan tingkat korelasi yang berhasil diraih antara promosi dengan pendapatan UMKM. Kemudian, penelitian ini ingin menguji algoritma fuzzy c-means dalam clustering UMKM serta menghitung tingkat efektivitas promosi yang berhasil diraih oleh setiap cluster. Dataset terdiri atas 100 data dengan 7 macam variabel. Hasil penelitian mendapatkan tingkat korelasi antar variabel sebesar 68.093, pusat cluster berupa matriks Vkj, terbentuknya 2 buah cluster, serta tingkat efektivitas pada setiap cluster dengan 90.11% untuk cluster 2 dan 56.55% untuk cluster 1. Setelah menentukan tingkat efektivitas pada setiap cluster maka dapat menentukan cluster mana yang lebih efektif dalam melakukan promosi produk melalui media sosial.Kata Kunci: UMKM, Clustering, Promosi, Korelasi Berganda Doulittle, Fuzzy C-Means
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            Pembangunan Aplikasi Pemesanan Makanan dan Minuman pada Restoran Berbasis Android 
                        
                        Stanley; 
Findra Kartika Sari Dewi; 
Patricia Ardanari                        
                         Jurnal Informatika Atma Jogja Vol. 3 No. 2 (2022): Jurnal Informatika Atma Jogja - November 
                        
                        Publisher : Universitas Atma Jaya Yogyakarta 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.24002/jiaj.v3i2.6789                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Abstrak. Proses pemesanan yang sudah sangat umum dilakukan oleh restoran-restoran yang ada adalah dengan cara order secara manual yaitu pelayan akan menghampiri meja pengunjung untuk memberikan menu, lalu pelayan tersebut mencatat menu makanan dan minuman yang dipesan oleh pengunjung dan terakhir adalah menyerahkan catatan pesanan tersebut ke bagian dapur untuk diproses. Proses pemesanan ini juga dapat dilakukan secara langsung oleh pelayan dengan memberikan menu makanan dan membiarkan pengunjung untuk menulis pesanannya mereka sendiri dikertas. Sebuah restoran yang menggunakan sistem order secara manual akan membutuhkan banyak waktu dan tenaga kerja. Salah satu sistem operasi yang sangat banyak digunakan saat ini adalah Android. Peran smartphone yang menggunakan sistem operasi Android disini adalah sebagai client dimana para pengunjung memesan menu makanan melalui smartphone yang telah terhubung dengan pihak restoran. Agar meningkatkan pelayanan dari sebuah restoran salah satunya adalah dengan merancang sebuah apilkasi yang dapat membantu pihak restoran dalam menangani layanan pemesanan makanan dan minuman. Kata Kunci: Android, aplikasi, smartphone, restoran, pemesanan.
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            Pengenalan Ekspresi Wajah Menggunakan Convolutional Neural Network 
                        
                        AL Sigit Guntoro; 
Edy Julianto; 
Djoko Budiyanto                        
                         Jurnal Informatika Atma Jogja Vol. 3 No. 2 (2022): Jurnal Informatika Atma Jogja - November 
                        
                        Publisher : Universitas Atma Jaya Yogyakarta 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.24002/jiaj.v3i2.6790                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Abstrak. Wajah adalah bagian tubuh manusia yang berfungsi sebagai pusat ekspresi, pengenalan dan juga komunikasi. Dalam bersosialisasi juga wajah merupakan alat utama yang digunakan untuk pendukung secara langsung. Ekspresi wajah sendiri timbul dari emosi yang dialami seseorang yang mengakibatkan pergerakan otot pada wajah. Uniknya perbedaan emosi dapat menimbulkan perbedaan pergerakan otot pada wajah. Bentuk tersebut lalu dikalsifikasikan menjadi tujuh macam ekspresi universal menurut sebuah penelitian. Klasifikasi tersebut menjadi dasar pengolahan dataset yang nantinya akan dilatih untuk mengenali pola ekspresi wajah pada manusia. Pada penelitian ini dataset dilatih menggunakan model Convolutional Neural Network. Metode ini adalah bagian dari machine learning supervised yang memiliki 3 hidden layer. Machine learning sendiri adalah bagian dari artificial intelligence dengan ciri khasnya mempelajari sendiri dari data. Kasus pengenalan ekspresi pada wajah manusia menggunakan data berupa citra. Alur dari pengembangan model machine learning ini adalah data pre-prosesing, pembuatan model, pelatihan dan evaluasi, dan terakhir pengujian, model.Kata kunci: Pengenalan Ekspresi Wajah Manusia, Convolutional Neural Network, Machine learning, Deep Learning, Dataset