Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi			
            
            
            
            
            
            
            
            EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi merupakan jurnal yang diterbitkan oleh CV ULIL ALBAB CORP. EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi menerbitkan artikel hasil penelitian dan kajian literatur dari bidang ekonomi, manajemen, akuntansi baik dari perspektif konvensional dan/atau Islam namun juga tidak terbatas pada bidang ilmu-ilmu sosial. EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi terbit setahun 6 kali tiap tahun. Jurnal ini merupakan wadah bagi para akademisi, praktisi, mahasiswa, maupun lapisan masyarakat lain untuk mempublikasikan hasil penelitian dan pemikirannya. Jurnal ini menerima artikel dengan seleksi secara ketat dan berkomitmen menjaga kualitas artikel.
            
            
         
        
            Articles 
                37 Documents
            
            
                            
                
                    Search results for 
                     
                     
                     
                    , issue 
"Vol. 1 No. 2: Juni 2022" 
                    
                    : 
37 Documents 
                    
clear       
                        
                        
                            Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Belanja Daerah Kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Barat 
                        
                        Nailis Safaah; 
Zulfia Syani; 
Fajaryant Aprilianto; 
Saiful Anwar                        
                         EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi Vol. 1 No. 2: Juni 2022 
                        
                        Publisher : CV. Ulil Albab Corp 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.56799/ekoma.v1i2.23                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD), Dana Bagi Hasil (DBH), Jumlah Penduduk (JP) terhadap Belanja Daerah (BD) kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Barat. Populasi dari penelitian ini yakni delapan kabupaten di Provinsi Kalimantan Barat. Sedangkan untuk penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi data panel. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, dapat ditarik kesimpulan bahwa secara parsial pendapatan asli daerah tidak berpengaruh signifikan terhadap belanja daerah. Sedangkan jumlah penduduk secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap belanja daerah. Kemudian secara simultan pendapatan asli daerah, dana bagi hasil dan jumlah penduduk berpengaruh signifikan terhadap belanja daerah. Penelitian ini memberikan implikasi bahwa pemerintah daerah khususnya Provinsi Kalimantan Barat agar lebih memaksimalkan potensi sumber daya yang ada guna meningkatkan pemberdayaan dan kesejahteraan penduduk sehingga dapat meningkatkan penerimaan daerah dan mengurangi ketergantungan dana transfer dari pemerintah pusat.
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Bagian Perencanaan Pembangunan Di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Sumatera Utara 
                        
                        Muhammad Ihsan Nasution; 
Muhammad Ikhsan Harahap                        
                         EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi Vol. 1 No. 2: Juni 2022 
                        
                        Publisher : CV. Ulil Albab Corp 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.56799/ekoma.v1i2.245                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan. Jenis penelitian yang digunakan adalah survei. Jumlah sampel dalam penelitian ini 15 orang karyawan di bagian perencanaan pembangunan di BAPPEDASU. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskritif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan analisis deskriptif menunjukkan bahwa mayoritas responden menyetujui lingkungan kerja fisik dan lingkungan kerja non fisik yang ada diperusahaan sudah baik sehingga kinerja karyawan meningkat. Hasil analisis regresi linear berganda menunjukan bahwa secara parsial lingkungan kerja fisikmempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kinerja karyawan dan lingkungan kerja non fisik juga mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Kinerja Karyawan. Hasil uji simultan menunjukkan lingkungan kerja fisik dan lingkungan kerja non fisik mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kinerja karyawan.
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            Strategi Penanganan Pembiayaan Bermasalah Pada PT. BPRS Puduarta Insani Di Era Covid-19 
                        
                        Fira Annisa; 
Mustapa Khamal Rokan                        
                         EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi Vol. 1 No. 2: Juni 2022 
                        
                        Publisher : CV. Ulil Albab Corp 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.56799/ekoma.v1i2.256                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Masa pandemi covid-19 merupakan wabah penyakit yang membawa perekonomian masyarakat menurun drastis karena dari wabah ini berakibat pada berhentinya roda usaha masyarakat dan tidak hanya itu sektor perbankan, industry dan lain sebagainya mendapatkan imbasnya. Sehingga income masyarakat menurun dan berakibat juga pada pemenuhan kewajiban terutama pada pembayaran angsuran pembiayaan di Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Puduarta Insani. Dalam penelitian ini merupakan sebuah jenis penelitian kualitatif deskriptiv yang mana peneliti melakukan studi lapang untuk mendapatkan informasi yang akurat dengan melakukan wawancara, dari hasil tersebut dilakukanlah analisis data dan kreadibilitas data guna mendapatkan hasil yang baik. Sehingga menghasilkan bahwa Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Puduarta Insani memberikan kelonggaran dan tidak semuanya tergantung pada masing-masing lembaga keuangan yang memiliki kebijakan tersendiri, mulai dari pengurangan jumlah bayar angsuran.
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            Generasi Muda Indonesia Dalam Pusaran Pencucian Uang 
                        
                        Dedy Triyono                        
                         EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi Vol. 1 No. 2: Juni 2022 
                        
                        Publisher : CV. Ulil Albab Corp 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.56799/ekoma.v1i2.269                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Generasi muda Indonesia dalam masalah yang pelik, sebab banyak orang yang tidak bertanggung jawab menggunakan keluguan bahkan keserakahan anak-anak muda yank cepat menikmati kekayaan di usia muda. Padahal aktivitas yang para anak-anak muda Indonesia ini bisa saja digunakan untuk aktivitas money laundry uang-uang kotor yang ada di sekitar kita dengan cara memindah-midah dana-dana tersebut. Selain itu Tax Haven Country yang sengaja dibuat oleh negar-negara yang menginginkan kestabilan moneter juga turut menyuburkan kegiatan tidak terpuji ini. Dan sekarang pencucian uang juga berubah bentuk dalam bentuk Cryptocurrency yang makin digemari. Untuk itu kita senagai generani muda Indonesia harus lebih awas dan tidak muda tergiur untuk menjadi kaya dalam waktu dan cara yang instan dengan selainkan merugikan negara dan masyarakat umum, tentunya juga bisa merugikan diri sendiri dan hukuman pidana juga mengincar.
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Surflus Underwriting Dana Tabarru' Studi Kasus AJB BumiPutra 1912 Cabang Medan 
                        
                        Ayub Tambak; 
Atika                        
                         EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi Vol. 1 No. 2: Juni 2022 
                        
                        Publisher : CV. Ulil Albab Corp 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.56799/ekoma.v1i2.270                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Abstract This study aims to determine the factors that affect the underwriting surplus on the tabarru' fund in the sharia insurance company AJB Bumiputra1912 Syariah Medan branch. The factors contained in this study are the net contribution, claims expense, and the results of this research investment using descriptive qualitative research methods. By using analysis and interview methods and with previous data, this research was conducted so that the company could be stable in managing the underwriting surplus in tabarru funds, and could improve the quality and quality of the company, especially Ajb bumiputra1912 sharia field branch. Keyword: Surplus underwriting, sharia life insurance, tabarru' funds net contribution, claims and investment
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            Strategi Pemasaran Perusahaan Asuransi Takaful Keluarga Untuk Mendorong Generasi Milenial Menggunakan Produk Asuransi Syariah 
                        
                        Aulia Chintya Dewi Simamora; 
Atika                        
                         EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi Vol. 1 No. 2: Juni 2022 
                        
                        Publisher : CV. Ulil Albab Corp 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.56799/ekoma.v1i2.273                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran yang dilakukan oleh PT Asuransi Takaful Keluarga dalam mendorong generasi milenial menggunakan produk asuransi syariah. pengkajian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. generasi ini lebih sering menggunakan teknologi dalam aktivitas sehari-hari, sehingga generasi ini lebih pandai menggunakan digitalisasi teknologi daripada generasi sebelumnya. sebagaimana yang diketahui, saat ini minimnya tingkat kesadaran generasi milenial akan membaca dan masih kurangnya pemasaran terkait asuransi syariah tentu menjadi faktor utama perkembangan asuransi syariah di indonesia masih lambat dibanding dengan perbankan syariah. maka dari itu, butuh strategi pemasaran yang sesuai agar para generasi milenial ini tertarik menggunakan produk asuransi syariah. untuk dapat mencapai target pasar generasi ini, maka diperlukan promosi pemasaran melalui digitalisasi, seperti yang dilakukan para pengusaha saat ini, yaitu membuat video iklan menarik yang kemudian di sebar ke social media seperti instagram, facebook, twitter, tiktok dan lain sebagainya yang sangat cepat diketahui oleh generasi milenial bahkan masyarakat lainnya. akan tetapi banyak perusahaan asuransi syariah sudah memiliki social media terkait perusahaannya, tetapi pemasaran yang dilakukan masih kurang menarik sehingga pemasaran asuransi kembali dilakukan oleh para agen asuransi yang dimilikinya. sehingga hal itu membuat perkembangan asuransi syariah di indonesia masih kurang diketahui masyarakat. Kata Kunci : Pemasaran, Produk, Asuransi Syariah, Generasi Milenial
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            Strategi Marketing Public Relation Pt Asuransi Takaful Keluarga Dalam Pemasaran Produk Al-Khairat 
                        
                        Atika; 
Marlina                        
                         EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi Vol. 1 No. 2: Juni 2022 
                        
                        Publisher : CV. Ulil Albab Corp 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.56799/ekoma.v1i2.274                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Al-Khairat product is a program from PT Asuransi Takaful Keluarga in providing benefits partial in the form of compensation payments to heirs if the participant is destined to die during the agreement period. This product provides 100% Basic Takaful Benefits that will be paid if the Participant dies within the validity period of the Policy, and also Personal accident compensation, or suffers a permanent record (total and) due to an accident. This study aims to (1) determine the proper role of public relations in marketing Al-Khairat products at PT Asuransi Takaful Keluarga Setia Budi Medan Branch. (2) To find out how the strategy of Public Relations to get used to being future-oriented in marketing problems to the community so that the communication delivered is right on the desired target. The approach used in this research is a qualitative approach, coupled with data collection techniques through interviews and literature study. Keywords: Public Relations, Al-Khairat Products, marketing
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            Tafsir Riba di Media Sosial Perspektif Roy Shakti dan Arli Kurnia 
                        
                        Luqman Hakim                        
                         EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi Vol. 1 No. 2: Juni 2022 
                        
                        Publisher : CV. Ulil Albab Corp 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.56799/ekoma.v1i2.300                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Para ulama selama ini berfatwa sebatas hukum mengenai riba. Hukum riba bank menjadi khilafiyah antara halal, haram, dan syubhat. Mayoritas ulama umumnya memberi solusi dengan sistem bank syariah, tetapi solusi ini pun menjadi polemik karena bunga bank syariah yang lebih tinggi daripada bank konvensional dan sistem mudlorobah yang belum diterapkan secara benar di semua bank syariah di Indonesia. Namun, belakangan ini muncul beberapa akun media sosial yang membahas penafsiran riba dan memberikan langkah-langkah kongkrit agar masyarakat terhindar dari jeratan riba. Dua influencer terbesar yang penulis teliti adalah Arli Kurnia dan Roy Shakti. Kedua tokoh ini sama-sama berlatar belakang pebisnis dan pernah terjerat bunga bank hingga kemudian bisa bangkit kembali. Arli Kurnia sangat anti riba. Ia memaparkan cara berbisnis tanpa modal bank, teknik melunasi hutang, dan cara membangun rumah tanpa KPR. Sedangkan Roy Shakti sangat pro riba. Ia menyarankan nasabah bank untuk menggunakan kartu kredit dan pinjaman berbunga rendah sebagai modal usaha. Ia pun menunjukkan cara membayar cicilan dengan dana talangan ketika belum mempunyai dana, dan cara menghadapi bank dan debt collector ketika usaha bangkrut. Adapun penulis kemudian mensintesis langkah-langkah dari kedua tokoh tersebut dengan metode fiqih awlawiyyat dan mengkritisi secara kontekstual atas al-Qur’an dan hadis mengenai riba.
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            Analisis Prosedur Pengajuan Klaim Jaminan Pensiun Pada Bpjs Ketenagakerjaan Cabang Medan Kota 
                        
                        Rindiani; 
Atika Tambusai                        
                         EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi Vol. 1 No. 2: Juni 2022 
                        
                        Publisher : CV. Ulil Albab Corp 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.56799/ekoma.v1i2.301                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Dana pensiun dirancang untuk menjaga taraf hidup yang layak bagi pekerja dan ahli warisnya dengan memberikan penghasilan setelah peserta mencapai usia pensiun, mengalami cacat total tetap atau meninggal dunia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses klaim di BPJS Ketenagakerjaan cabang Medan Kota. Menjadikannya panduan yang disosialisasikan, menjadi tolak ukur dan wawasan bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan dalam proses pengajuan jaminan pensiun, akan membantu mendorong perkembangan keilmuan khususnya dalam proses pengajuan jaminan pensiun. Penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis normatif. Penggunaan metode dan pendekatan tersebut sesuai dengan tujuan utama penelitian, yaitu mempelajari, mendeskripsikan, dan menganalisis data dan informasi sesuai kebutuhan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prosedur klaim BPJS Ketenagakerjaan merupakan sistem yang cukup kompleks, namun dibuat sesederhana mungkin untuk kemudahan implementasi di lapangan. Mengajukan klaim ke BPJS Ketenagakerjaan melalui prosedur yang berlaku dalam peraturan perundang-undangan.Dana pensiun dirancang untuk menjaga taraf hidup yang layak bagi pekerja dan ahli warisnya dengan memberikan penghasilan setelah peserta mencapai usia pensiun, mengalami cacat total tetap atau meninggal dunia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses klaim di BPJS Ketenagakerjaan cabang Medan Kota. Menjadikannya panduan yang disosialisasikan, menjadi tolak ukur dan wawasan bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan dalam proses pengajuan jaminan pensiun, akan membantu mendorong perkembangan keilmuan khususnya dalam proses pengajuan jaminan pensiun. Penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis normatif. Penggunaan metode dan pendekatan tersebut sesuai dengan tujuan utama penelitian, yaitu mempelajari, mendeskripsikan, dan menganalisis data dan informasi sesuai kebutuhan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prosedur klaim BPJS Ketenagakerjaan merupakan sistem yang cukup kompleks, namun dibuat sesederhana mungkin untuk kemudahan implementasi di lapangan. Mengajukan klaim ke BPJS Ketenagakerjaan melalui prosedur yang berlaku dalam peraturan perundang-undangan.
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Produk Pada PT Jaminan Pembiayaan Askrindo Syariah KC Medan 
                        
                        Etikarahmi Siregar; 
Atika                        
                         EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi Vol. 1 No. 2: Juni 2022 
                        
                        Publisher : CV. Ulil Albab Corp 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.56799/ekoma.v1i2.302                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
PT Askrindo Financing Guarantee is a financing guarantee company and one of the State-Owned Enterprises (BUMN) engaged in Insurance or Sharia Guarantee with the aim of developing the National Economy and playing an active role in the global market, the company is present as a pioneer. This study aims to analyze the marketing strategy undertaken by PT Guarantee Financing Askrindo Syariah KC Medan in improving a product marketing to Islamic Banks (Makful Lahu). The method used is descriptive qualitative method. With the analysis method with interview factors and previous data. This research was conducted so that the company PT Guarantee Financing Askrindo Syariah continues to be more and more consistent as a financing guarantee institution in the marketing strategy of a product. Meanwhile, the problem is at PT Askrindo Syariah Financing Guarantee KC Medan Product marketing such as promotion to Islamic banks (Makful Lahu). This problem is due to the lack of knowledge of Islamic banks regarding the existence of a financing guarantee. Keywords: strategy, marketing, product