cover
Contact Name
Ahmad Ulil Albab Al Umar
Contact Email
ahmadulil.asfebi@gmail.com
Phone
+6282211345348
Journal Mail Official
journalnusantara130@gmail.com
Editorial Address
Slendro rt 02/01,gesi,sragen
Location
Kab. sragen,
Jawa tengah
INDONESIA
Ulil Albab
Published by CV ULIL ALBAB CORP
ISSN : -     EISSN : 28100581     DOI : 10.56799
ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisplin menerbitkan artikel bidang multidisiplin, termasuk : Pendidikan, Hukum, Ekonomi, Agama, Pendidikan, Kesehatan, Teknik, Kebijakan Publik, Pariwisata, Sosial dan Politik, Budaya, Seni, Pertanian, Peternakan, Ilmu Komputer, ilmu humaniora dan bidang ilmu lainnya. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin terbit setiap bulan atau 12 kali dalam setahun.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 84 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 8: Juli 2024" : 84 Documents clear
Peran Hardiness Sebagai Moderator Fear of Failure Terhadap Intensi Berwirausaha Pada Mahasiswa Universitas Negeri Makassar Fauziah Nurhidayah; Dian Novita Siswanti; Syamsul Bachri Thalib
ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol. 3 No. 8: Juli 2024
Publisher : CV. Ulil Albab Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/jim.v3i8.3608

Abstract

This research is a quantitative study to determine the role of hardiness in moderating the influence of fear of failure on the entrepreneurial intentions of Makassar State University students. Participants in this research were 335 Makassar State University students, Class of 2023. This research uses the Intrinsic Entrepreneurial Intention Questionnaire (EIQ) to measure Entrepreneurial Intention, the Performance Failure Appraisal Inventory (PFAI) scale to measure Fear of Failure, and the Personal Views Survey III-R scale to measure Hardiness. Analysis of this research data using moderation analysis through the process model developed by Hayes (2018) to see the moderating role of hardiness in seeing the relationship between fear of failure and students' entrepreneurial intentions. The research results show that there is a negative influence between fear of failure on entrepreneurial intentions (β=-0.127, t=-5.925, p<0.05). This shows that an increase in fear of failure is followed by a decrease in entrepreneurial intentions, and vice versa. Meanwhile, hardiness has a positive effect on entrepreneurial intentions (β=0.164, t=4.506, p<0.05). This shows that an increase in hardiness is also accompanied by an increase in entrepreneurial intentions. However, there was no moderating role of hardiness in the relationship between fear of failure and students' entrepreneurial intentions (β=-0.003, t=-1.100, p>0.05).
Implementasi Kelas Kolaborasi Bersama Praktisi Mengajar pada Mata Kuliah Perencanaan Pengajaran Geografi Novita Sariani
ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol. 3 No. 8: Juli 2024
Publisher : CV. Ulil Albab Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/jim.v3i8.3689

Abstract

Pembelajaran yang menyenangkan menjadi kunci awal kesuksesan ketercapaian tujuan pembelajaran. Tujuan kajian untuk mengetahui proses kegitan kelas kolaborasi dan respon mahasiswa pada kelas yang melibatkan praktisi mengajar. Subjek penelitian yaitu seluruh mahasiswa Prodi Pendidikan Geografi semester 3 tahun ajaran 2023/2024 di Angkatan 3 pada program praktisi mengajar berjumlah 34 mahasiswa. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dan alat pengumpulan data berupa observasi, kuisioner dan dokumentasi. Analisis data menggunakan kondensasi data (penggabungan dan penguatan data), penyajian data serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Waktu pelaksanaan dari bulan September hingga Desember 2023. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa mahasiswa sangat antusias dalam kegiatan belajar dibuktikan dengan hasil monitoring yang dilakukan secara berkala. Pelaksanaan kelas kolaborasi sebaiknya dilakukan di jam akhir mata kuliah agar tidak menggeser waktu
Peran Keterampilan Menjelaskan Guru Al-Qur’an dan Hadis dalam Pembelajaran Aktif Siswa Kelas VII MTs Insan Cendekia Eva Safitri; Ahmad Anshari; Laila Laila; Ema Pariati; Faelasup Faelasup
ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol. 3 No. 8: Juli 2024
Publisher : CV. Ulil Albab Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/jim.v3i8.3923

Abstract

This research focuses on the role of Qur'an and Hadith teachers' explanatory skills, the application of active student learning, and its implications. A qualitative approach with field research was conducted through observations, interviews, and document analysis in grade VII of MTs Insan Cendekia. The results show that the explanatory skills of Qur'an and Hadith teachers enhance student engagement and understanding in religious education. The application of active learning methods, such as group discussions, simulations, and the use of technology, makes students more engaged and better understand the material. This active learning increases student participation, deep understanding, motivation, and social skills, thereby improving the effectiveness of Islamic religious education.
Analisis Penyebaran Berita Hoax Melalui Media Sosial TikTok Darryl Edra Prayitno
ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol. 3 No. 8: Juli 2024
Publisher : CV. Ulil Albab Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/jim.v3i8.3931

Abstract

Media sosial semakin mengalami perkembangan pesat dan banyak sekali digunakan oleh masyarakat dalam berkomunikasi, salah satunya aplikasi TikTok. Kini TikTok bukan hanya digunakan sebagai media komunikasi dan hiburan, melainkan TikTok digunakan untuk membuat dan menyebarkan berita haox. Akun TikTok terkadang membuat dan menyebarkan berita melalui konten video. Akun-akun penyebar berita hoax juga memberikan dampak negatif bagi sebagian khalayak yang menggunakan aplikasi tersebut. Khalayak akun media sosial TikTok banyak yang belum berusia dewasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengalaman yang dialami khalayak aktif terhadap berita hoax di aplikasi Tiktok. Penelitian ini menggunakan teori media baru. Teori ini digunakan untuk menganalisis penyebaran berita hoax di TikTok dengan memahami karakteristik unik platform media sosial ini dan bagaimana karakteristik tersebut memfasilitasi penyebaran informasi yang salah. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif-kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa berita hoax cenderung menyebar dengan cepat di TikTok melalui mekanisme sharing dan dukungan dari khalayak tertentu. Penyebaran berita di media sosial TikTok juga sangat pesat saat ini. Penelitian ini berpotensi menjadi landasan penyusunan strategi mitigasi dan pendekatan pencegahan untuk mengatasi permasalahan penyebaran berita hoax di platform ini.
Penerapan Teknik Ecoprint pada Kain Katun untuk Pembuatan Vest Atina Khoiron Nisa; Dasining Dasining; Chairunisa Wiji Hidayati; Vina Laili Mawadah
ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol. 3 No. 8: Juli 2024
Publisher : CV. Ulil Albab Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/jim.v3i8.3989

Abstract

The ecoprinting technique, which employs a method of directly imparting color and shape to fabric, is one of the new discoveries that have led to the development of the natural material dyeing technique. The foundation for supporting appearance is outer. There are many different types of outerwear made, such as vests, blazers, and jackets. Worn either after a shirt or before a jacket, a vest completes the outfit. There are two different lengths of vests: one that falls below the breasts and the other that falls between the waist and the hips. The purpose of this study is to identify the ecoprint method that uses alum and tunjung mordant as well as how vests are made using this method on cotton fabric. The natural ingredients consist of kenikir leaves, meat crumble leaves, waru flowers, and bridal tears flowers. The outcome showed that while the motif was good, it was disorganized and some motifs were hidden because the fabric had been folded during the rolling process.
Kekerasan Dalam Rumah Tangga Dwi Sumardianti; Abdul Qadir Gassing; Abd. Rahman
ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol. 3 No. 8: Juli 2024
Publisher : CV. Ulil Albab Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/jim.v3i8.3990

Abstract

Kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) merupakan fenomena sosial yang serius dan kompleks, mencakup berbagai bentuk kekerasan fisik, emosional, seksual, dan ekonomi yang terjadi dalam lingkup rumah tangga. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penyebab, dampak, dan upaya penanggulangan KDRT dalam konteks hukum dan sosial di Indonesia. KDRT disebabkan oleh berbagai faktor seperti ketidaksetaraan gender, tekanan ekonomi, dan budaya patriarki. Dampak KDRT meliputi kerusakan fisik dan psikologis yang signifikan bagi korban, serta disfungsi keluarga. Penelitian ini juga mengeksplorasi berbagai upaya yang dilakukan oleh pemerintah dan organisasi non-pemerintah dalam menangani dan mencegah KDRT, termasuk peran undang-undang Perlindungan Perempuan dan Anak serta penyediaan layanan dukungan bagi korban. Kesimpulannya, meskipun telah ada berbagai upaya penanggulangan, diperlukan kerja sama yang lebih sinergis antara berbagai pihak untuk secara efektif mengatasi KDRT dan melindungi hak-hak korban.
Sejarah dan Dinamika Perkembangan Wacana Kronologi Al-Qur’an Kaum Orientalis Muhammad Abdul Ghofur
ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol. 3 No. 8: Juli 2024
Publisher : CV. Ulil Albab Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/jim.v3i8.4022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan sejarah dan dinamika perkembangan kronologi al-Qur’an dalam perspektif kaum orientalis dan pengaruhnya terhadap kajian al-Qur’an sarjana muslim modern. Hal ini dirasa penting melihat dinamika kajian al-Qur’an yang tidak hanya terfokus pada kecenderungan keagamaan, namun telah berkembang menjadi diskusi akademis yang mencoba melihat dinamika al-Qur’an secara holistik. Jika demikian, sudah seharusnya kita melihat hal tersebut dalam perspektif kaum orientalis sebagai contoh daripada kecenderungan akademis tersebut dengan maksud mengambil manfaat dari buah pemikiran mereka, bahkan melengkapi dan memberikan catatan, dalam hal ini mengenai kronologi al-Qur’an. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif-komparatif. Penelitian ini menemukan bahwa melalui uraian mengenai sejarah dan dinamika perkembangan kronologi al-Qur’an dalam wacana kaum orientalis, dan dikomparasikan dengan kajian para sarjanawan muslim, peneliti menilai bahwa kajian yang dilakukan oleh keduanya bersifat spekulatif karena keterbatasan data yang digali.
Pengaruh Media Ponapen Berbasis Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Materi Pecahan Senilai SDN 3 Sidorejo Rika Umaniar Panisa; Panca Dewi Purwati
ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol. 3 No. 8: Juli 2024
Publisher : CV. Ulil Albab Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/jim.v3i8.4023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan pengaruh media ponapen berbasis model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa kelas IV materi pecahan senilai SDN 3 Sidorejo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif pre-eksperimental design dengan bentuk one-group prestest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 3 Sidorejo. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media ponapen berbasis model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IV materi pecahan senilai SDN 3 Sidorejo. Hal ini dapat terlihat melalui pengujian hipotesis menggunakan uji t dan diperoleh hasil bahwa nilai thitung sebesar -11,65 dan ttabel  sebesar 2,085 dimana nilai thitung berada pada daerah penolakan H0 sehingga H1 dapat dikatakan diterima.
Pengaruh Inflasi dan Suku Bunga Terhadap Profitabilitas Bank Swasta yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2021-2022 Riza Marines Putri Santoso; Maria Entina Puspita
ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol. 3 No. 8: Juli 2024
Publisher : CV. Ulil Albab Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/jim.v3i8.4031

Abstract

Penelitian ini menguji pengaruh inflasi dan suku bunga terhadap profitabilitas bank swasta yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2021-2022. Dengan menggunakan sampel pada bank swasta yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2021-2022. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik analisis regresi linier berganda dan metode pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan pengujian pada uji t, uji F dan koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian ini menemukan bahwa inflasi tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas, sedangkan suku bunga berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas. Pengujian secara simultan menunjukkan inflasi dan suku bunga secara simultan berpengaruh terhadap profitabilitas bank swasta di BEI periode 2021 – 2022.
Implementasi Manajemen Pengelolaan Kelas dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MTS Insan Cendekia Ida Laila; Safitri Safitri; Nur Hasyikin; Faelasup Faelasup
ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol. 3 No. 8: Juli 2024
Publisher : CV. Ulil Albab Corp

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56799/jim.v3i8.4035

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membahas 1) bagaimana implementasi manajemen pengelolaan kelas dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs Insan Cendekia, 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan pengelolaan kelas dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs Insan Cendekia. Penelitian ini  memuat jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriftif.  Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan pengelolaan kelas dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs Insan Cendekia dilihat dari dua ruang lingkup pengelolahan kelas yaitu pengelolahan kelas secara fisik dan secara non fisik. Pengelolahan kelas secara fisik yang dilakukan di MTs Insan Cendekia adalah dengan menyusun tempat duduk siswa dan guru, memberikan pencahayaan serta udara segar masuk kedalam ruang kelas dengan membuka jendela, memperindah ruangkelas dengan meletakan hiasan dinding, serta membersikan ruangan kelas setiap hari sesuai jadwal yang telah diberikan. Sedangkan pengelolahan kelas secara non fisik yang dilakukan guru MTs Insan Cendekia adalah dengan menjalin hubungan baik dengan siswa siswi, pada saat pembelajaran guru juga menyelipkan beberapa candaaan serta hiburan, mengajar dengan menggunakan suara yang tegas, jelas, intonasi yang sesuai serta bahasa tubuh, dan  pembagian waktu atau manajemen waktu  yang baik. Begitupula ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi pengelolahan kelas dalam meningkatkan motivasi belajar siswa MTs Insan Cendekia adalah 1) Kualitas dan kompetensi guru, 2) Lingkungan fisik kelas, 3) Pendekatan Individual, dan 4) Program Ekstrakulikuler.